alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Games / Games /
5 hal yang harus dikembangkan agar E-sport menjadi Profesi !
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd919e19252330d638b4568/5-hal-yang-harus-dikembangkan-agar-e-sport-menjadi-profesi

5 hal yang harus dikembangkan agar E-sport menjadi Profesi !

5 hal yang harus dikembangkan agar E-sport menjadi Profesi !


5 hal yang harus dikembangkan agar E-sport menjadi Profesi !


Olahraga E-sport mulai berkembang pesat di Indonesia terutama setelah munculnya pengakuan e-sport sebagai salah satu kompetisi pertandingan asian games 2018 di Indonesia seta beberapa kompetisi internasional. Perkembangan e-sport yang sudah mulai dilirik di Indonesia menuai pro dan kontra terutama mengenai apakah e-sport ini dapatkah menjadi suatu profesi bagi masyarakat di Indonesia. Masyarakat tentu masih didominasi pemikiran bahwa e-sport yang pada umumnya berupa permainan interaktif atau game belum dapat menjadi alternatif profesi bagi masyarakat. Sejak lama kita sudah tercetak di pikiran kita bahwa game membawa dampak negatif bagi masyarakat.

Menilik dari hal itu, seharusnya kita tidak pesimis seperti itu karena beberapa negara maju seperti US, China, dan lainnya sudah mengembangkan  potensi sektor e-sport ini. Mungkin saja apabila Negara Indonesia maupun swasta mengembangkan ini dengan sungguh – sungguh dapat menjadi peluang bagus bagi bangsa dan negara ini lowh. Nah saya akan merangkum hal – hal yang menurut saya pribadi harus dikembangkan agar e-sport ini menjadi profesi sesungguhnya.  Berikut 5 hal yang harus dikembangkan agar e-sport menjadi profesi :

Spoiler for e-sport:



1.  Hadirkanlah pekerjaan di bidang e-sport

Spoiler for kerja:



Poin ini merupakan yang terpenting yaitu menghadirkan pekerjaan yang menghasilkan uang secara rutin di bidang e-sport. Tidak hanya menjadi pemain namun bisa menjadi manajemen, bintang iklan, pelatih, assistant dan lain – lainnya. Doronglah perusahaaan game besar maupun kecil di Indonesia agar memiliki  kinerja keuangan dan penghasilan yang stabil. Doronglah agar game – game buatan mereka tidak hanya berkembang 1 atau 2 tahun tapi bisa berkembang beberapa tahun lamanya. Dengan menghadirkan pekerjaan bagi masyarakat dan tentunya berpenghasilan tetap dan rutin, maka e-sport bisa menjadi suatu profesi. Nah untuk sekarang , saya lihat sudah beberapa ada yang menjalankan dari pihak swasta namun beberapa lainnya sebatas hanya dibayar per periode pertandingan.  Ketika ada pekerjaan maka pendidikan, pelatihan, regulasi dsbnya bisa diatur.

2. Badan profesi e-sport dan regulasi.

Spoiler for iespa:



Setelah negara maupun swasta berhasil memberikan pekerjaan bagi masyarakatnya maka barulah diatur regulasi maupun badan profesi yang mengatur tentang e-sport. Jangan regulasi dan pengaturannya sudah ada, malahan pekerjaannya yang tidak ada. Regulasi ini justru untuk mengatur apabila sudah banyak yang bergelut di bidang e-sport. Nah regulasi ini juga dapat mengatur jam kerja, jam pelatihan, upah pekerja e-sport, pajak, badan usaha dan aturan pertandingan dsbnya. Ketika e-sport sudah disupport dengan penuh maka tidak mungkin akan menjadi salah satu profesi di masyarakat. Regulasi ini juga bisa mengatur hak dan kewajiban para pemain e-sport yah agar lebih sejahtera dan tidak disewenang – wenangkan.

3.  Mengubah pandangan dan cara berpikir masyarakat

Spoiler for epsort:



Pandangan masyarakat yang negatif harus mulai diedukasi agar para orang tua tidak khawatir ketika anaknya bergelut di bidang e –sport. Hal ini sama dengan fenomena beberapa puluh tahun lalu ketika seniman dan artis dipandang sebelah mata oleh masyrakat. Lalu apa yang terjadi sekarang ? pandangan masyarakat memang tidak terlalu positif dengan artis tapi begitu banyaknya orang yang ingin menjadi seniman dan artis karena mereka merasa bahwa artis memiliki kehidupan yang makmur dan layak. Nah inilah contoh nyata bahwa mengubah pandangan masyarakat itu bisa namun memerlukan waktu. Sama halnya dengan e-sport menjadi profesi maka dibutuhkannya waktu .

4.  Jaminan Kesejahteraan bagi profesi e-sport

Spoiler for esport jaminan:



Pekerjaan di bidang e-sport mungkin sudah ada tapi bagaimana menjamin agar para pekerja itu sejahtera dan dapat hidup layak juga tidak kalah penting. Pekerja e-sport harus mendapatkan jaminan atau solusi agar hidup mereka terjamin secara keuangan maupun secara sosial. Seperti halnya petani, negara menjamin kesejahteraan petani dllnya. Kapan yah hal ini bisa tercapai?

5.  Pendidikan dan Ketrampilan bagi pekerja e-sport

Spoiler for esport:



Mayoritas para pekerja e-sport belajar mandiri dari latihan selama beberapa tahun. Nah apabila e-sport ingin menjadi profesi di salah satu masyarakat maka harus adanya pelatihan khusus bagi pekerja e-sport seperti panduan bermain. Teknik creeping dan teknik combo dan sebagainya. Semua teknik dipelajari secara khusus. Nah tambahan dariku bahwa pemain e-sport jg harus diberikan ketrampilan tambahan sehingga ketika mereka gagal menjadi pekerja atau pemain e-sport. Mereka dapat beralih bekerja di bidang lain dengan ketrampilan tersebut
 
Membanyangkan e-sport menjadi profesi sedikit masih jauh dari angan – angan saya tapi saya optimis bahwa e-sport kedepannya akan seperti profesi seniman dan artis yang dulu dipandang sebelah mata. E-sport akan menjadi profesi yang menarik dan menyenangkan bagi masyarakat kita.
Semangat
 
Openjuan






pertamax diamankan

telat bikin thread bru ada waktu hahaha


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di