alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Meski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di Dunia
3.87 stars - based on 15 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd8dcf29e74040c528b4575/meski-sering-kecelakaan-pesawat-terbang-adalah-transportasi-teraman-di-dunia

Meski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di Dunia

Meski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di DuniaMeski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di Dunia
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Meski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di Dunia

Senin, 29 Oktober 2018 menjadi hari memilukan bagi 189 penumpang (termasuk kru) pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610 jurusan Jakarta - Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Bagaimana tidak? Pesawat yang take off dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 06.20 WIB dan dijadwalkan landing di bandara tujuan pada pukul 07.20 ini mengalami hilang kontak 13 menit pasca pesawat mengudara.

Hingga akhirnya pesawat yang diproduksi oleh pabrikan Amerika Serikat, Boeing ini diketahui jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat. Meski hingga tulisan ini dibuat badan pesawat belum ditemukan, namun serpihan badan pesawat, maupun barang - barang para penumpang sudah banyak ditemukan, termasuk beberapa bagian tubuh korban.

Meski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di DuniaMeski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di Dunia
Seperti yang kita ketahui, kecelakaan yang melibatkan moda transportasi pesawat terbang bukan kali pertama terjadi, dan tak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Akhir 2014, pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan QZ8501 jurusan Kuala Lumpur - China juga hilang kontak dan bahkan hingga kini tak diketahui keberadaan bangkai pesawat beserta penumpangnya. Tragedi ini bahkan menarik perhatian seluruh dunia, bantuan dari berbagai pihak mengalir untuk dapat menemukan badan pesawat. Pencarian berlangsung hingga bertahun - tahun, dan wilayah pencarian pun diperluas hingga mendekati Australia, namun hasilnya nihil.

Melihat kenyataan seperti ini, sebagian dari kita merasa was - was dan takut ketika akan bepergian menggunakan moda transportasi udara. Bayang - bayang kecelakaan pesawat yang sudah sering kita saksikan di media massa tentu akan menjadi momok tersendiri bagi kita. Padahal jika dirunut lebih mendalam, dibanding jenis moda transportasi lainnya, pesawat terbang merupakan moda transportasi paling aman di dunia.

Kenapa bisa begitu? Bukankah kecelakaan pesawat terbang paling banyak merenggut korban jiwa? Memang benar kecelakaan pesawat terbang sering menimbulkan banyak korban dan terkadang hampir disetiap terjadi kecelakaan semua penumpang dan krunya tidak ada yang selamat. Namun karena frekuensi terjadinya kecelakaan lebih sedikit dibanding dengan moda transportasi lainnya, sehingga akumulasi jumlah korbannya pun relatif lebih sedikit.

Meski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di DuniaMeski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di Dunia
Sebagai contoh, dalam sehari saja di Indonesia ini ada berapa banyak korban jiwa akibat kecelakaan menggunakan moda transportasi darat, baik sepeda motor, mobil, kendaraan umum dan sebagainya. Kemudian hitung pula berapa banyak korban dalam satu bulan. Lalu bandingkan dengan jumlah korban kecelakaan pesawat yang belum tentu satu bulan sekali terjadi kecelakaan. Maka dari sini cukup bisa mematahkan asumsi kita selama ini bahwa moda transportasi udara lebih banyak menelan korban.

Meski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di DuniaMeski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di Dunia
Sebagaimana di kutip dari Republika.co.id, menurut data yang dikumpulkan Asosiasi Keselamatan Perjalanan Darat Internasional ada sekitar 3.287 orang meninggal akibat kecelakaan mobil setiap harinya, atau sekitar total 1,3 juta jiwa setiap tahunnya. Pada 2001, Universitas Northwestern juga pernah mengadakan penelitian tentang perbandingan jumlah korban kecelakaan mobil dan pesawat. Hasilnya, dalam setiap satu miliar mil perjalanan menggunakan mobil terdapat 7,2 orang yang meninggal, sedang untuk jarak yang sama hanya 0,07 orang saja jika menggunakan pesawat.

Tingginya tingkat keamanan pesawat ini tentu harus didukung regulasi yang ketat, standar operasional prosedur (SOP) harus dijalankan secara berkala, pengecekan baik sebelum lepas landas maupun setelah mendarat harus benar - benar dijalankan. Orang - orang yang terlibat dalam pengoperasiannya juga harus dipastikan orang - orang yang mempunyai kompetensi. Sedangkan pemerintah yang dalam hal ini sebagai pengawas dan regulator haruslah bisa memastikan kesemuanya itu dijalankan oleh maskapai untuk menjamin keselamatan penumpang.


Meski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di Dunia

Meski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di Dunia

Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini
Sumur Gambar : Om Google




Meski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di Dunia

Halaman 1 dari 9
Meski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di Dunia
PertamaxforTS

Meski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di Dunia
Meski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di Dunia

Meski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di Dunia
iya gan,kalau di akumulasi kan jumlah korban berbanding cukup jauh
Alon alon asal kelakon
Mmmmm gimana ya
sebenernya berbanding lawan perspektif antara jumlah korban dengan jumlah kecelakaan
pesawat sekalinya kecelakaan, korban banyak dan menjadi situasi darurat media nasional maupun internasional


Skalian mampir ke trit ane ya emoticon-Cendol Gan

Meski Sering Kecelakaan, Pesawat Terbang Adalah Transportasi Teraman Di Dunia
| ++UPDATE | DESAIN GRAFIS EXPERIMENTAL |
agak deg deg an
kalau pesawat dibandingin sama modal transportasi darat secara umum ya sudah jelas hasilnya

karena dari transportasi darat yg rawan kecelakaan yaitu motor dan mobil

mungkin bisa dibandingkan lebih detail lagi modal transportasinya, misalkan pesawat dengan kereta
betul juga, kecelakaan di penerbangan lebih sedikit dibanding di darat, sebenernya mau darat, laut, udara ya ada resiko fatal nya masing2, tinggal dari masalah teknis atau non teknis aj yg tiba2 muncul
tapi kalo meninggal gak ketemu gan emoticon-Frown
Pintu kemana saja milik doraemon itu yang paling aman. Ane aja ga pernah lihat Nobita kecelakaan.
kalo dilihat dari perkejadian emang lebih besar pesawat... sekali terjadi langsung semua kena...

tapi kalo akumulatif transportasi udara lebih rendah ketimbang moda transportasi yg lain
Takdir gak bisa dihindari
ane tetep masih percaya untuk menggunakan pesawat sebagai alat transportasi utama. apalagi jarak kampung halaman ane yg cukup jauh bila harus menggunakan jalur darat.
wajar gan lbh sedikit korbannya, karena jumlah pesawat di udara ga sebanyak mobil di darat..
Balasan post whitepoint
Quote:


Lek arep miber kudu banter, ga iso alon alon
Mobil = Sering kecelakaan tapi masih bisa selamet, minimal luka2.

Pesawat = Jarang kecelakaan, tapi sekalinya kecelakaan udah pasti fatal, mati atau luka berat. Korban ga utuh/hilang.
Diubah oleh pamungkasbayu16
tp sekali nya kecelakaan nyesek nya teasa bgt ya gan emoticon-Berduka (S)
kata "sering kecelakaan" tidak bisa dipadankan dengan kata "teraman"

Pesawat memang mode transportasi teraman karena tidak sering kecelakaan. Yang membuat kecelakaan pesawat jadi berita besar karena jumlah korban dalam sekali kecelakaan bisa lebih dari 100 orang
Bandinginnya dengan jumlah alat tranportasinya..klu jumlah pesawat sebanyak jumlah tranportasi darat pasti lain ceritanya. Yang pasti tiap kecelakaan pesawat korban selamat hampir nggak ada..
tutup dulu
Halaman 1 dari 9


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di