alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Berkendara Saat Hujan? Perhatikan 5 Hal ini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd8d65c98e31b3a2f8b457a/berkendara-saat-hujan-perhatikan-5-hal-ini

Berkendara Saat Hujan? Perhatikan 5 Hal ini

Berkendara Saat Hujan? Perhatikan 5 Hal ini

Jakarta, IDN Times - Musim hujan sudah datang. Jika kamu sering berpergian menggunakan mobi ke tempat kerja atau sekedar hanya ingin jalan-jalan, sebaiknya harus lebih berhati-hati ya. 

Karena hujan selain bisa menghalangi pandangan juga bisa membuat jalanan menjadi lebih licin. Nah berikut 5 tips agar tetap nyaman dan aman berkendara di musim hujan.


1. Bersihkan kaca depan
Berkendara Saat Hujan? Perhatikan 5 Hal ini
Kaca depan menjadi salah satu komponen penting di mobil, kaca depan menahan segala sesuatu yang ada di depan mobil agar tidak masuk. Jika kaca depan mobil kotor, cobalah untuk bersihkan sebelum pergi berkendara apabila cuaca sedang hujan. Gunakan cairan pembersih khusus kaca mobil dan bila kaca berjamur segera bersihkan agar tidak mengganggu penglihatan. 


2. Berikan lampu kabut
Berkendara Saat Hujan? Perhatikan 5 Hal ini
Beberapa mobil belum dilengkapi dengan lampu kabut atau fog lamp, lampu kabut merupakan hal yang cukup penting dalam berkendara dengan mobil. Lampu kabut akan sangat membantu bila sedang terjadi hujan deras terutama pada malam hari. Fog lamp memancarkan cahaya yang fokus pada satu arah dibanding head lamp yang menyebar jauh ke arah depan.


3. Cek kondisi ban
Berkendara Saat Hujan? Perhatikan 5 Hal ini
Pastikan ban dalam kondisi yang prima, bertekanan yang pas dan kondisi yang tidak botak. Karena kondisi ban dapat menentukan terjadinya hydroplaning atau tidak. Hydroplpaning adalah ban mendapatkan lebih banyak traksi pada lapisan air di jalan daripada di jalan (aspal) itu sendiri.


4. Pastikan wiper berfungsi
Berkendara Saat Hujan? Perhatikan 5 Hal ini
Pastikan wiper kaca depan selalu berfungsi karena penglihatan melalui kaca depan akan terganggu apabila terkena air hujan dan tidak dibersihkan (atau disingkirkan). Perhatikan juga karet pembersih pada wiper karena bila sudah tidak layak pakai, karet wiper bisa menggores dan membersihkan airnya pun akan meninggalkan bekas.


5. Matikan cruise control
Berkendara Saat Hujan? Perhatikan 5 Hal ini
Cruise control adalah teknologi yang memungkinkan mobil Anda tetap bergerak dengan kecepatan yang stabil tanpa harus menginjak pedal gas.

Meskipun sudah dilengkapi dengan sensor untuk memantau jarak kendaraan di depan, namun cruise control membuat mobil menjadi susah dikendalikan. Buruknya lagi cruise control membuat kendaraan akan melaju lebih cepat sedangkan bila sedang hujan jarak antara kendaraan di jalan harus dijaga agar tidak terjadi tabrakan.


Sumber : https://www.idntimes.com/automotive/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Berkendara Saat Hujan? Perhatikan 5 Hal ini Agar Bahan Bakar Kendaraan Tetap Irit 3 Hal Ini Harus Kamu Tahu

- Berkendara Saat Hujan? Perhatikan 5 Hal ini 5 Tips Membeli Mobil Bekas untuk Mudik

- Berkendara Saat Hujan? Perhatikan 5 Hal ini 8 Hal Tentang Oli Mobil Mitos Atau Fakta



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di