alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Home Appliance /
HOME of AIR CONDITION (AC) - Part 2
4.25 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd862e812e257ea748b456d/home-of-air-condition-ac---part-2

HOME of AIR CONDITION (AC)

Quote:


Quote:




Rules :
  • Sebelum memulai posting harap baca General Rules Forum Electronic
  • Selain sharing & konsultasi, review AC juga boleh di thread ini
  • DILARANG berjualan / promosi / menawarkan jasa service (transaksi silahkan lewat PM)
  • No Insult, Flame, Sarap ( suku, agama, ras, antar golongan & Pornografi)
  • Biasakan Menggunakan Fasilitas Multi Quote
  • Biasakan Share Gambar Menggunakan Quote & Spoiler
  • Setiap warga diharapkan ikut menjaga ketertiban, mengingatkan jika ada member lain yang melanggar rules
  • Sanksi berupa teguran, delete, banned
  • Reward Kasplus bagi yang aktif & berkontribusi di forum electronic
Halaman 1 dari 70

Autolock Thread by Hansip

Quote:

Ini ada sekuel dari thread lama All About Air Condition (AC)

Kontributor dalam rumah ini :
  1. lurker Owner dari National Elektronik
  2. alcimedes Menantu Idaman
  3. masjepret
  4. kuerti

UPDATE OKTOBER 2018
BUSET INI banyak yang berusaha menipu dengan mengatas namakan nama ane.... SEDIHHHHH...

AGAN2 DISINI SEMUA TOLONG YA ANE MAU PERJELAS:
1. Toko ane cuman ada 1 di Bintaro Sektor 3A, seberangnya Yoshinoya Bintaro Plaza. Ga ada cabang tempat lain. nama toko ane NATIONAL ELEKTRONIK. ada di Google Map. beserta no telepon dan jam buka.

2. JANGAN PERCAYA kalo ada yang ngaku2 sebagai ane, mau itu DION lah LUCKY lah, sapa lah... nama asli ane Samuel, panggilannya Sammy. di kaskus pake ID Lurker. ANE BUKAN TINGGAL di BINTARO. Sales team ane ada Ibu Nana, Ibu Ririn, Ibu Esty dan Ibu Mega. Diluar itu UDA PASTI BUKAN ORANG ANE.

3. Karena ane toko jualan AC, GA MUNGKIN nawarin beli ACnya sama orang lain. Kecuali domisili agan di luar kota. Itu ane bisa referensiin agan ke orang lain. ITUPUN PASTI dealer yang terdaftar di website Daikin atau ane tanya langsung sama kacab dari kota tersebut langsung. Harus bisa dipertanggung jawabkan. DAN JANGAN TERGIUR HARGA MURAH yang katanya lagi promo. Inget gan BELI AC GA MUNGKIN GRATIS PEMASANGAN!!!! Ane ada cust yang ampir ketipu katanay lagi promo beli AC harga di web ane 6jt, disc jd cm 5jt gratis pasang... WOYYYYY ga mungkin beli AC gratis pasang... jual unit AC aja untungnya uda ngenes... gimana bisa gratis pasang... Bangkrut nanti toko ane wakakkakakakaka...

4. No. HP ane 0812 **** 1611 atau 0812 **** 7710 diluar 2 nomer itu UDAH PASTI bukan ane yang ngechat sama agan2 sekalian.

5. No. WA toko 08 7777 *** 203 diluar itu BUKAN team ane. Kecuali WA dari Ibu Ririn, Ibu Esty atau Ibu Mega, mereka beda nomernya. Inget konfirmasi dulu sama ane yaaaa bisa comment di website ane. Semua comment di website ane, ane sendiri yang bales. Bukan team sales ane... Jadi itu salah satu komunikasi direct sama ane selain di kaskus ini. Tapi kalo balesnya lama mohon maaf karena ane juga mesti keluar2 toko untuk survey, meeting, training, dll. Jadi jangan marah dan sebel kalo belum dibales.

6. Buat yang udah pernah ketipu, ane denger sampe ada yang belasan juta ketipunya, ane mohon maaf atas kejadian ini. Cuman ane mau kasi tau, semua transaksi di toko ane hanya ada 2 nomor rekening yang digunakan. 1 atas nama ane pribadi, 1 lagi nama PT ane PT. Nasional Maju Selaras. Diluar 2 no rekening itu, JANGAN PERNAH TRANSFER ya.

Oke kira2 begitu dulu klarifikasi dari ane atas beberapa kejadian yang terjadi di dunia per-kaskus-an ini...

SEMOGA TIDAK ADA LAGI YANG TERTIPU YA.... AMINNNN....

Barusan bikin artikel baru bocoran AC Gree 2018. Kemaren waktu ane maen ke kantor Gree pusat, ane motoin barangnya langsung. Ga bakal agan dapetin di web manapun foto AC Gree Inverter F1 dan AC Gree Multi Split lawan dari Daikin Multi S.
Monggo langsung mampir ke website ane gan disini http://bit.ly/bocoranACGree2018

artikel soal launching AC Daikin Line Up 2018 komplit sama gambar2 ACnya udah ready silaken di cek agan2 disini http://bit.ly/bocoranACDaikin2018

Artikel tipe AC Gree sudah ane update juga dengan gambar AC Gree Low Watt C3 disini http://bit.ly/tipeACGree

Kalau mau tau harga komplit AC Gree C3 beserta Btu dan konsumsi listriknya artikelnya juga udah ane apdet disini http://bit.ly/HargaACGree2018

tengkiu agan2 sekalian



Halo agan - agan budiman, ane kembali lagi dengan artikel AC Inverter apakah benar merupakan AC hemat listrik dan berkualitas. Kali ini ane akan membongkar mitos yang menghantui banyak konsumen dan calon konsumen pengguna AC di Indonesia. Mari kita telusuri satu per satu rumor yang beredar yang mengatakan:

1. AC Inverter tidak dingin atau kurang dingin dibanding AC non-inverter

2. AC Inverter lebih lama mendinginkan suhu ruangan dibanding AC non-inverter

3. AC Inverter repot, susah dan mahal perawatannya termasuk isi freonnya

4. AC Inverter bukan AC hemat listrik alias bohong hematnya atau pemakaian listriknya sama saja bahkan lebih boros dari AC non-inverter

5. AC Inverter lebih cepat rusak dibanding AC non-inverter

Apakah anda pernah mendengar kabar seperti diatas? Kami ingin meluruskan dan mejabarkan dengan jujur semua rumor diatas.

Oke kita mulai penjabarannya yah.

1. AC Inverter tidak dingin atau kurang dingin? Well rumor ini mulai beredar sejak kemunculan AC inverter pertama kali di Indonesia. Hal ini terjadi karena semua AC Inverter pada saat itu menggunakan Freon R410A yang sudah ramah lingkungan dan tidak melubangi ozone lagi. Dengan trade-off memiliki angka index dingin yang lebih rendah dibanding AC non-inverter yang semua merk masih menggunakan R22.

Freon R410A secara karakteristik memang kalah dingin dari R22 apalagi R32 yang baru muncul bulan Januari 2015 kemarin. Oleh karena konsumen sudah terbiasa memakai AC dengan Freon R22 sejak jaman baheula, begitu menggunakan AC Inverter dengan Freon R410A jadi merasa kurang atau tidak dingin AC-nya. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel perbedaan Freon R32, R22 dan R410A kami.

Solusinya gunakan AC Inverter Daikin karena semua tipe nya sudah menggunakan Freon R32. Sedangkan untuk Panasonic masih menggunakan Freon R410A. Niscaya anda tidak akan lagi merasa AC Inverter tidak dingin atau kurang dingin. Tapi tentu saja PK AC anda harus cukup ya untuk mendinginkan ruangan anda. Cara supaya tahu kita harus pakai AC berapa PK dapat anda baca di artikel cara menghitung kebutuhan AC ruangan anda.

Untuk mengetahui perbedaan tipe ac Daikin silahkan kunjungi artikel tipe AC Daikin. Untuk yang Panasonic silahkan kunjungi tipe AC Panasonic.(nanti saya post juga artikelnya disini ya)

Kemudian satu lagi, AC Inverter lebih stabil menjaga suhu ruangan karena kompressor tidak pernah mati selama ber operasi tidak seperti AC konvensional yang kompressornya mati-hidup-mati-hidup. Jadi salah satu penyebab AC Inverter dianggap kurang dingin adalah karena perbedaan fluktuasi suhu ruangan yang hanya sedikit dibanding AC non-Inverter

Mari kita lihat gambar dibawah ini

HOME of AIR CONDITION (AC) - Part 2

AC Inverter lebih stabil menjaga suhu ruangan

Jadi pada saat kita set suhu remote di 24 derajat, selama PK AC mencukupi untuk mendinginkan ruangan, suhu ruangan akan antara 22 sampai 26 derajat, sedangkan bila menggunakan AC Inverter, suhu ruangan hanya akan antara 23.5 - 24.5 derajat. Ini yang menyebabkan pengguna merasa AC non-Inverter mereka lebih dingin dibanding AC yang menggunakan teknologi Inverter. Kalau pake AC non-Inverter kan suhu ruangan mungkin akan bisa pernah mencapai 22 derajat... 2 derajat dibawah suhu yang diminta.. Terang aja rasanya lebih dingin. Jadi bukan berarti AC Inverter ga dingin yah. Kalau pake AC Inverter anda tidak perlu mematikan AC lagi jam 4 pagi misalnya karena kedinginan... Karena suhu yang kita set di remote akan stabil disitu.

2. AC Inverter lebih lama dinginnya. Pernyataan ini salah total ini memang ada hubungannya dengan jenis Freon yang digunakan, namun kalau masalah pendinginan secara scientific harusnya membuat ruangan lebih cepat dingin daripada AC non-Inverter karena memiliki Btu yang lebih besar.

Sebagai contoh AC Daikin Standard Thailand 1PK memiliki kemampuan mendinginkan ruangan atau Btu sebesar 9.000 sedangkan AC Daikin Inverter Smile 1PK memiliki rentang Btu 4.100 - 11.600. Jadi pada saat AC baru pertama kali dinyalakan Btu yang dimiliki AC mencapai 11.600 dibanding 9.000 konstan. Jadi dalam waktu yang lebih singkat suhu ruangan akan turun. Namun karena rata-rata AC Inverter yang beredar di Indonesia menggunakan Freon R410A, maka kembali lagi mungkin rasanya kurang dingin di kulit. Jadi sekali lagi saya tekankan kalau AC Inverter lebih lama dinginnya salah besar ya. Ingat gunakan AC Daikin Inverter dengan Freon R32 kalau mau berasa dingin banget ya. Atau kalau tetap mau pakai Panasonic, pakai yang tipe Elite Inverter CS-VU-SKP Series sudah menggunakan Freon R32 juga walau harganya cukup mahal tapi keren loh sirip AC-nya ada di atas bukan di bawah seperti AC pada umumnya.

3. AC Inverter repot, susah dan mahal perawatannya termasuk isi freonnya. Well pernyataan ini juga salah. Mengapa? Karena perawatannya sama saja dengan AC non-inverter yaitu harus rajin dicuci 3 bulan sekali, atau 2 bulan sekali kalau ada yang merokok di dalam ruangan atau anda tinggal di daerah dekat laut seperti di Pantai Indah Kapuk, Pluit, Muara Karang, Kelapa Gading, Ancol, Pantai Mutiara, dll. Dan cuci ACnya pun harus menggunakan air PAM yah, bukan air tanah, karena air tanahnya mengandung garam yang bisa membuat AC cepat karatan. Kecuali anda memiliki Filter air di rumah anda. Untuk lebih jelasnya kami persilahkan membaca artikel bagaimana cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik. Selebihnya memang untuk isi Freon lebih mahal AC Inverter karena menggunakan Freon R410A, sedangkan yang Freon R22 memang jauh lebih murah. Namun Freon AC R32 bahkan lebih mahal lagi dari R410A. Dan mulai tahun 2015 kan AC ber Freon R22 sudah tidak boleh lagi dijual, jadi ke depannya mau tidak mau semua AC akan menggunakan Freon R32 atau R410A. Jadi AC Inverter atau bukan ongkos isi Freonnya akan jadi kurang lebih sama. Lagipula kalau memang dari pertama pemasangan ACnya sudah benar AC rumah anda TIDAK PERLU diisi-isi ulang Freonnya setiap kali service AC. Kami sampai membuatkan artikelnya khusus tentang perlukah isi ulang Freon AC (yang nanti akan saya post juga disini)

4. AC Inverter bukan AC hemat listrik, konsumsi dayanya sama saja bahkan lebih boros dari AC non-inverter. Nah untuk pernyataan yang ini agak repot karena bisa benar bisa tidak tergantung cara penggunaan AC-nya dan merk AC-nya.

Oke kita bahas yang Panasonic dulu ya. Untuk AC Inverter Panasonic 1PK daya listriknya 225 - 920 Watt. Jadi pada saat AC menyala daya listrik yang tersedot adalah sampai maksimum 920 Watt biar ruangan lebih cepat dingin. Setelah suhu ruangan tercapai konsumsi listrik akan turun bahkan bisa turun sampai 225 Watt terutama pada dini hari. Nah masalahnya sekarang kalau di remote kita set suhu 16 atau 17 derajat... Mau jam berapapun pun suhu ruangan tidak akan mencapai suhu tersebut jadi daya listriknya bisa-bisa terus di 920 Watt!!!! Kalaupun turun paling ke 730 Watt... Sedangkan kalau kita setel suhu remote 24 atau 26 misalnya. Suhu tersebut sangat mungkin tercapai pada malam hari hingga dini hari sehingga konsumsi listriknya bisa turun sampai 225 Watt, kecuali PK AC tidak cukup untuk mendinginkan ruangan yah.

Jadi kalau memang anda mau tetap pasang suhu remote di 16 atau 17 mending pake AC Low watt ajah. Daya listrik AC Alowa Panasonic 1PK cuman 660Watt.... itu lebih hemat dari AC Inverter Panasonic... DIJAMIN! Ga perlu beli AC Inverter mahal-mahal... Oke... sudah jelas ya. Pokoknya kalau suhu remote sudah 23 anda pada dini hari tidak kedinginan berarti PK AC anda TIDAK CUKUP untuk mendinginkan ruangan atau AC anda kotor atau AC anda ada mengalami masalah lainnya.

Nah sekarang kita bahas Daikin. AC Inverter Daikin lebih dahsyat dari yang Panasonic kenapa? karena di PK yang sama konsumsi listrik pada saat AC pertama kali dinyalakan lebih rendah, terutama untuk tipe High Inverter. Contoh: AC Daikin High Inverter 1PK konsumsi dayanya cuman 260 - 735 Watt. BAYANGKAN! Sejak pertama kali AC dinyalakan, AC High Inverter Daikin sudah menghemat listrik anda sebanyak 185 Watt PER DETIK!!!!!!!! Itu konsumsi daya 1 kulkas 2 pintu atau konsumsi daya 1 TV LED 60inch loh... Dahsyat bukan?

Jadi tolong jangan ngeyel maunya set suhu remote 16 atau 17 terus yaaaaa, boros banget loh listriknya...

Jadi kesimpulannya, AC yang memiliki teknologi Inverter adalah AC HEMAT LISTRIK! Jangan mau dengarkan toko-toko atau tukang pasang yang tidak mengerti dan asal ngomong saja. Selama pemasangan AC-nya benar, menggunakan pipa freon dengan ketebalan MINIMUM 0.6mm, pada saat pemasangan AC SEBELUM AC pertama kali dinyalakan pipanya di vacuum dulu lalu dicuci setiap 2 sampai 3 bulan sekali dan PK AC mencukupi ruangan, AC Inverter dijamin akan menjadi AC hemat listrik yang akan membantu menghemat pengeluaran listrik anda sampai 2.7jt per tahun!

Mari kita buat perhitungan seberapa hemat pemakaian AC Inverter yah:

HOME of AIR CONDITION (AC) - Part 2

Note: asumsi diatas adalah perhitungan 1 Kwh = Rp. 1.531 (sedangkan harga per kWh naik terus setiap tahunnya, bahkan bisa 2 kali naik dalam setahun)

Nah sekarang mari hitung bila 1 hari pemakaian AC Inverter membutuhkan biaya Rp. 7.348 x 30 hari = Rp. 220.440,- maka dalam setahun biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 220.440,- x 12 bulan = Rp. 2.645.280,-

Sekarang kita hitung pemakaian per hari AC non-Inverter yang membutuhkan biaya Rp. 15.048 x 30 hari = Rp. 451.440,- maka dalam setahun biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 451.440 x 12 bulan = Rp. 5.417.280,-

Anda akan berhemat sebesar Rp. 5.417.280 - Rp. 2.645.280 = Rp. 2.772.000,- per tahun. Cukup banyak kan?

Mari kita lihat perbedaan harga unit AC-nya

AC Daikin 1PK High Inverter Freon R32 tipe FTKV25NVM4 - Rp. 5.650.000,- (Btu 4.100 - 11.600, 220 - 850 Watt)

AC Daikin 1PK Standard Thailand Freon R410A tipe FTNE25MV14 - Rp. 3.450.000,- (Btu 9.000, 819 Watt)

Perbedaan harganya hanya 2.2 juta Rupiah! Belum sampe setahun udah balik modal loh... Setelah itu anda terus menikmati hemat listriknya setiap hari.

Masih mau bilang AC Inverter bukan AC hemat listrik? Dan hemat listriknya disini berbeda dengan tipe Watt rendah (Standard Malaysia kalau Daikin, Alowa atau Alowa Deluxe kalau Panasonic) Dimana AC tipe Low watt atau watt rendah menahan kinerja kompressor sehingga ruangan lebih lama mencapai suhu yang diinginkan, AC Inverter malah lebih cepat mendinginkan ruangan karena memiliki Btu yang lebih besar pada saat start awal.

5. AC Inverter lebih cepet rusak dibanding AC non-Inverter. Well AC tipe Inverter adalah tipe top of the line untuk semua pabrikan AC. Dan semuanya dibuat bukan di Indonesia atau China namun di Malaysia untuk Panasonic dan di Thailand, Ceko, atau Jepang tergantung tipe Inverternya untuk Daikin. Masa iya yang buatan import malah lebih jelek dan cepet rusak dibanding buatan lokal atau China? silakan dijawab sendiri.

Sekali lagi saya pastikan kalau dari awal pemasangan AC sudah benar mengikuti prosedur seperti di vakum dahulu, pakai pipa dengan ketebalan MINIMAL 0.6mm, flaring pipa freon-nya benar, kemudian panjang pipa freon dan perbedaan ketinggian juga sudah mengikuti standard pabrikan, ditambah rutin dicuci atau di service setiap 2 sampai 3 bulan sekali, niscaya AC Inverter justru lebih awet dibanding AC non-Inverter.

Khusus untuk merk Panasonic, terus terang kami menerima banyak komplen soal AC Inverter yang mereka gunakan. Malah sampai ada yang extreme banget AC Inverter Panasonic 1.5PK yang lama dibuang ke tong sampah, teknisi saya mau beli AC bekas tersebut ga boleh, hehehhe... Terus terang dari hasil survey kami, sekitar 70% karena kesalahan pemasangan awal dan letak Indoor atau Outdoor AC yang tidak tepat (kurang breathing room untuk outdoor, perbedaan ketinggian yang salah pada unit indoor sehingga bocor terus ACnya, dll) sisanya memang karena ada yang cacat pabrik ada juga yang di-nakal-in sama tukang cuci AC langganan mereka. Jadi bukan berarti AC Inverter Panasonic jelek ya... cuman memang karena masih pakai Freon R410A, ya selamanya ga bakal bisa menandingi dingin-nya AC Inveter Daikin.

Makanya tahun 2016 ini mereka mengeluarkan tipe Sky Series AC Panasonic Elite Inverter yang sudah menggunakan Freon R32 juga.

Mari kita sama2 menggunakan AC Inverter di kamar tidur kita supaya lebih ramah lingkungan, lebih murah bayar listriknya dan tentunya lebih stabil suhunya sepanjang malam.

Terima kasih agan-agan yang sudah mau membaca artikel ane.
Halo kembali lagi bertemu dengan saya.... Di artikel kali ini kami akan membahas dengan tuntas semua perbedaan antara Freon R32, R22, R410A dan R290.

Kami khusus membahas hal ini untuk membuat konsumen benar-benar yakin dan tidak salah pilih saat membeli AC.

Sebelum kita mulai saya ingin mengingatkan kalau freon R22, freon R32 dan Freon 410A TIDAK KOMPATIBEL satu sama lain jadi freon TIDAK BOLEH dicampur ataupun DIGANTI jenisnya. Jadi walaupun Freon AC habis karena bocor atau alasan apapun, tetap harus diisi ulang dengan Freon tipe bawaan ACnya. Satu-satunya cara untuk mengganti Freon AC misalkan dari R22 ke R32 adalah dengan membeli AC yang baru yang sudah menggunakan Freon R32. Tidak ada cara lain.

Seperti peraturan pemerintah melalui Departemen Perindustrian dan Perdagangan (41/M-IND/PER/5/2014) kemudian (40/M-DAG/PER/7/2014) dan (55/M-DAG/PER/9/2014) bahwa pada tahun 2015 akan mulai diberlakukan implementasi HPMP (HCFC atau Hidroklorofluorokarbon Phase-Out Management Plan). Pada peraturan tersebut juga dituliskan untuk penghapusan HCFC-22 atau lebih dikenal dengan Freon R22 pada sektor refrigerasi, Air Conditioner. Syarat dan ketentuan Impor BPO (Bahan Perusak Ozone) dan larangan impor produk yang mengandung Refrigerant R22.

Jadi menurut bahasa awam-nya, semua pabrikan AC di Indonesia DILARANG memproduksi, meng-import ataupun menjual produk AC yang masih menggunakan Refrigerant atau Freon R22 mulai Januari 2015. Namun pihak dealer atau toko AC masih boleh menjual semua stok produk mereka sampai habis. Sedangkan untuk keperluan service dan spare part Freon R22 masih boleh digunakan sampai tahun 2030, dimana pada tahun tersebut pemerintah menetapkan penghapusan R22 dari Indonesia.

Sampai tahun 2014 kemarin, AC yang beredar di Indonesia menggunakan 2 macam Refrigerant. yaitu R22 dan R410A. Freon R22 biasanya digunakan di semua lini AC non-inverter sedangkan Freon R410A digunakan di tipe AC Inverter. Kecuali Daikin yang memiliki Inverter dengan 2 tipe Freon tersebut.

Nah mulai 2015 ini pabrikan AC akan menggunakan 3 jenis freon yaitu Freon R32, R410A dan R290.

Freon R32 ditemukan oleh Daikin Jepang pada tahun 2012, dan mulai digunakan di line up AC mereka mulai tahun 2013. Jadi semua pabrikan AC Jepang lain yang menggunakan Freon R32 hanya me-lisensi dari Daikin. Teknologi Inverter pun sebenernya ditemukan oleh Daikin dan di-lisensi agar dapat digunakan ke semua merk AC di dunia.

Untuk produk AC Panasonic dan Daikin mulai tahun 2015 menggunakan produk Freon R32 dan R410A untuk line up produk mereka. Untuk brand Korea mereka akan menggunakan line up Full R410A. Sedangkan untuk merk pabrikan China kemungkinan besar mereka menggunakan Freon R290 atau Freon R410A (masih dalam tahap pengkajian)

Nah perbedaan masing-masing Freon itu apa ya? Mari kita bahas satu persatu.

HOME of AIR CONDITION (AC) - Part 2

Oke dari tabel diatas kita akan bahas ya.

ODP adalah Ozone Depletion Potential alias Potensi Perusakan Ozone

GWP adalah Global Warming Potential alias Potensi Pemanasan Global

Cooling Index adalah angka index dingin yang saya sudah sering jabarkan di beberapa artikel lain di website kami

Flammability adalah Tingkat mudah terbakar Freonnya.

Dari tabel diatas kita bisa melihat beberapa hal:

1. Freon R32 lebih ramah lingkungan dibandingkan R410A sekalipun karena memiliki GWP yang lebih rendah dibanding R22 dan R410A

2. Freon R32 memiliki angka index dingin yang JAUH LEBIH TINGGI bahkan dari R22, jadi tidak akan ada lagi komplen bahwa pake AC Inverter jadi lebih tidak dingin.

3. Freon R32 memang memiliki potensi mudah terbakar yang lebih tinggi dari R22 dan R410A namun jangan takut karena tidak dapat membuat AC meledak bahkan ketika rumah anda kebakaran.

4. Freon R290 sebenarnya adalah yang paling HIJAU, namun karena angka index dingin yang cukup rendah dan tingkat mudah terbakar yang cukup tinggi, baik Daikin dan Panasonic memutuskan untuk tidak menggunakannya.


Jadi setelah melihat penjelasan diatas, harusnya anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih menggunakan AC yang menggunakan Freon R32 ataupun R410A sesuai peraturan pemerintah. Kalau ditanya mana yang paling bagus, dengan berani saya katakan Freon R32.

Tabung Freon yang beredar di Indonesia ada 3, yang berwarna hijau adalah tabung Freon R22, yang berwarna pink atau merah muda adalah tabung Freon R410A, sedangkan tabung Freon R32 akan berwarna biru/abu-abu. Jadi jangan sampai salah ya, karena bila AC anda diisi oleh Freon yang tidak seharusnya, kompressor AC pasti akan jebol. Sama seperti mobil Diesel anda yang tiba-tiba diisi premium, pasti bakal jebol mesinnya. Kemudian dengan banyaknya merk Freon yang beredar, kami tekankan bahwa Freon R32 yang kami gunakan adalah merk DAIKIN langsung made in Japan ataupun merk DuFroze yang merupakan produk OEM yang digunakan oleh Panasonic, jadi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Kami sudah menemukan merk Freon R32 KW1 dengan merk PURE yang harganya JAUH lebih murah dari Freon R32 merk Daikin ataupun merk DuFroze. Hati-hati ya dengan penggunaannya karena kemurnian Freon R32-nya kemungkinan besar dibawah yang asli merk Daikin atau DuFroze yang sudah pasti 99.99%.

Ohya 1 hal lagi, Freon R32 merk DuFroze yang digunakan pabrikan Panasonic memiliki kaleng yang berwarna merah muda juga, jadi tolong jangan sampai disangka itu Freon R410A ya. Kalau melihat teknisi membawa kaleng berwarna merah muda tapi merknya DuFroze dan tulisan di body kalengnya R32 ya tidak apa-apa.

Untuk AC Panasonic sendiri yang diproduksi di Indonesia yaitu tipe Standard 1/2 sampai 1PK, Alowa dan Alowa Ion akan menggunakan Freon R32. Untuk yang diproduksi di Malaysia khusus tipe Inverter CS-SRKP series menggunakan Freon R410A sedangkan yang tipe Elite Inverter CS-VUSKP series sudah menggunakan Freon R32. Semua tipe lain seperti tipe Standard mulai 1.5 sampai 2.5PK dan tipe Envio sudah menggunakan Freon R32 juga.

Untuk AC Daikin tipe Urusara 7, European Design, Hi-Inverter, Inverter Smile, Deluxe dan Standard Malaysia menggunakan Freon R32. Sedangkan untuk tipe Standard Thailand menggunakan Freon R410A.

Kami juga akan memposting artikel tentang perbedaan AC Panasonic dan juga perbedaan AC Daikin. Tunggu aja tanggal mainnya yah...

Terima kasih
Halo, kembali lagi bertemu dengan kami. Kali ini kami ingin menjelaskan mengapa ongkos pasang AC yang menggunakan Freon R32 lebih mahal.

Yang pasti saya ingin mengingatkan kalau freon R22, freon R32 dan Freon 410A TIDAK KOMPATIBEL satu sama lain jadi freon TIDAK BOLEH dicampur ataupun diganti dengan alasan apapun!!!!

Memang di tahun 2015 ini konsumen jadi lebih bingung karena ada AC yang menggunakan 3 jenis Freon yang berbeda. Untuk merk Panasonic seluruh line up AC-nya yaitu tipe Basic, Standard, Alowa, Alowa Deluxe (Ion), Envio, dan Elite Inverter sudah menggunakan Freon R32, hanya tipe Inverter saja yang masih menggunakan Freon R410A.

Sedangkan untuk merk Daikin AC tipe Standard Thailand menggunakan Freon R410A, sedangkan tipe lainnya yaitu Standard Malaysia, Deluxe, Inverter Smile, Hi-Inveter, European Design dan Urusara 7 semua sudah menggunakan Freon R32 yang secara karakteristik lebih dingin dari Freon R410A dan R22.

Namun…

Freon R32 memiliki “kelemahan” yaitu selain lebih mudah terbakar (flammable) walaupun tidak bisa membuat AC meledak atau menyebabkan kebakaran, Tekanan gas Freon R32 juga jauh lebih tinggi dibandingkan Freon R22 atau R410A. Hal ini yang menyebabkan untuk pemasangan AC harus menggunakan pipa tembaga yang memiliki ketebalan MINIMAL 0.6mm

Nah pipa yang beredar di Indonesia ada banyak sekali merk-nya. Untuk merk standard seperti Artic yang paling umum digunakan selama ini oleh para toko dan tukang AC memiliki ketebalan 0.5mm yang TIDAK BOLEH digunakan untuk memasang AC yang menggunakan Freon R32. Apalagi merk seperti Mandiri, Cintas, SSI atau yang lainnya yang tebalnya hanya 0.4mm!!!

Kenapa? karena tekanan gas yang tinggi, kalau pakai pipa yang ketebalannya dibawah 0.6mm PASTI akan bocor halus dan dalam 2 atau 3 bulan pertama pemakaian AC freon di dalam kompressor pasti akan habis. Dan bila hal ini terjadi, baik pihak Panasonic maupun pihak Daikin TIDAK akan bertanggung jawab (karena kesalahan bukan di pihak pabrik) paling customer yang berantem dengan tukang pasang atau toko tempat membeli AC-nya kalau mereka nekat memakai pipa dengan ketebalan dibawah 0.6mm untuk pemasangan AC-nya.

Kemudian untuk pemasangan AC dengan Freon R32, pipa HARUS-WAJIB-TIDAK-BOLEH-TIDAK di vacuum dahulu sebelum pemasangan, tidak peduli pipa-nya masih baru dikeluarkan dari dus dan belum pernah dipakai. Untuk pemasangan AC dengan Freon R32, tetap HARUS di vacuum dahulu pipanya SEKURANG-KURANGNYA 10 menit untuk ukuran pipa sekitar 5m. Diatas itu bila sekitar 10m harus di vacuum minimal 15 menit, dan diatas 10m harus minimal 20 menit. Hal ini untuk menjaga agar tidak ada setitik pun debu ataupun uap air yang masih menempel pada dinding dalam pipa tembaga. Karena oli kompressor yang menggunakan Freon R32 sangat sensitif terhadap uap air maka bila anda, well, tukang pasang AC anda tidak melakukannya, walaupun anda pakai pipa paling mahal di Indonesia yaitu merk Kembla, Mueller atau Crane sekalipun, TIDAK ADA GUNANYA. Kompressor PASTI tidak akan pernah bisa bekerja 100% dan kemungkinan besar bisa saja jebol sebelum masa garansi berakhir, dan tentu saja pihak pabrik pasti tidak mau bertanggung-jawab karena kesalahannya ada di instalasi AC bukan cacat pabrik.

Lama nya waktu untuk proses Vacuum juga tergantung besarnya alat Vacuum. Yang saya sebutkan diatas untuk 10 menit untuk panjang pipa 5m berlaku untuk alat vacuum ber kekuatan 1/4PK. untuk yang 1/2PK keatas cukup 5 menit. Begitu pula bila 10m keatas cukup 10 menit dan begitu juga seterusnya.

Alat vacuum yang kami gunakan semua besarnya 1/2PK dan 3/4PK. Kami juga memiliki alat vacuum ber kekuatan 1PK untuk proses Vacuum AC besar seperti AC Cassette, Floor, Ceiling ataupun Split Duct. Jadi proses vacuum yang kami lakukan semua sudah sesuai dengan standar Pabrikan AC.

http://goo.gl/8Q31Dr

itu adalah contoh gambar alat vacuum ya kalo ada yang mau lihat

Lalu kita akan melihat merk apa saja yang boleh digunakan untuk memasang AC dengan Freon R32:

1. Hoda

2. Inaba Denko

3. Tateyama

4. Saeki

5. Panasonic

6. Nippon Steel

7. Kembla – Australia

8. Kupfer Premium – China

9. Crane – Australia

10. Mueller – USA

11. Artic R32 - China


Nah hanya ke sepuluh merk tersebut diatas yang PASTI memiliki ketebalan minimum 0.6mm. Merk Hoda adalah merk legendaris di dunia AC, namun kekurangannya adalah banyak KW-nya yang beredar di pasaran jadi hati-hatilah bila teknisi AC atau toko AC anda menawarkan merk tersebut. Pastikan sumber tempat mereka beli bisa dipercaya. Karena bukan hanya 1x kami menemukan ingin memasang AC di tempat customer kami yang sudah tertanam pipa-nya dan mereka bilang sudah pakai HODA dari kontraktornya ternyata pas kami ukur dengan penggaris micron, ukuran ketebalan pipanya hanya 0.5mm Jadinya kami tidak berani pasang, dan kalau mau harus cabut pipa dan ganti pipa baru. Biasanya yang KW tulisannya HD bukan HODA.

Untuk merk Inaba Denko, Tateyama, Panasonic, Nippon Steel dan Saeki hampir tidak ada palsunya, jadi kalau mau pakai merk tersebut aman-aman saja. Apalagi merk Kembla, Crane atau Mueller yang bisa dibilang merk pipa paling bagus di Indonesia, pasti aman kalau mau pakai, hanya saja hargannya luar biasa mahal.

Sebagai contoh untuk

Merk HODA, Panasonic, Nippon Steel, Tateyama dan Saeki harganya adalah Rp. 80.000 per meter dan Rp. 90.000 per meter untuk pipa ukuran 3/8 x 1/4 inch yang bisa digunakan untuk AC 1/2 – 1PK dan ukuran 1/4 x 1/2 inch yang biasa digunakan untuk AC 1.5 – 2PK. Dan juga Rp. 120.000 per meter untuk ukuran 5/8 x 1/4 inch yang biasa digunakan untuk AC 2.5 dan 3 PK.

Untuk merk Kembla, Crane atau Mueller malah lebih mahal lagi, yaitu Rp. 165.000 per meter untuk pipa ukuran 3/8 x 1/4 dan Rp. 195.000 per meter untuk ukuran 1/2 x 1/4.

Jadi sudah jelas kan harga pipanya saja sudah berbeda banyak. Tentu saja paket ongkos pasang kami pun harus naik karena kalau tidak bisa rugi.

Plus untuk pemasangan AC yang harus di vacuum pun akan menyita waktu lebih lama dari pemasagan AC biasa yang menyebabkan berkurangnya jumlah AC yang bisa dipasang oleh teknisi kami per hari-nya. Semua hal itu akan berpengaruh kepada ongkos pemasangan kami.

Oke, semoga dengan ini bisa lebih mengerti yah dan tidak bingung lagi mengapa ongkos pasang AC jadi lebih mahal yang tentunya membuat harga AC yang menggunakan Freon R32 jadi kesannya jauh lebih mahal dari AC dengan Freon R22 atau R410a.

Kami akan kembali lagi dengan artikel lain. Nantikan saja ya.

tengkiu agan2 semua...
Kali ini kami akan me-list semua harga AC Daikin untuk semua tipe AC Split-nya.

Halo, bertemu lagi dengan National Elektronik. Kali ini kami akan me-list semua harga AC Daikin untuk semua tipe AC Split-nya. Harga AC Daikin dibawah sudah kami update ke harga terbaru ya dan sesuai yang direkomendasikan oleh PT. Daikin AirConditioning Indonesia. Untuk mengetahui perbedaan dari masing-masing tipe, kami sarankan anda untuk membaca artikel tentang perbedaan tipe AC Daikin.

Baik kita mulai ya price list AC Daikin untuk tipe Splitnya:


Harga AC Daikin yang kami tuliskan disini adalah harga unit Indoor dan Outdoor saja, BELUM TERMASUK ongkos pasang, material pemasangan, biaya copot AC lama bila perlu, dan ongkos transport tergantung dimana lokasi pemasangan AC-nya.

Jadi sekali lagi jangan takut yah menggunakan AC Daikin High Inverter 1PK yah. Kemudian untuk yang 1.5PK High Inverter FTKV35NVM4 sesuai dengan testimoni kaskuser disini Testimoni Daikin High Inverter 1.5PK FTKV35 jelas terlihat bahwa Watt maksimum yang dicapai juga TIDAK PERNAH menyentuh 1.280 Watt, malah Maksimal hanya 824 Watt di siang hari. Silakan dibaca artikelnya di kaskus. (Bukan saya yang tulis loh reviewnya... ID-nya bukan klonengan saya huehehehehhe...)

Sekalian kalau mau lihat testimony AC Daikin lainnya silakan langsung kunjungi trit Kaskus disini Testimoni AC Daikin di Kaskus

INVERTER SERIES:

Harga AC Daikin Urusara 7 Freon R32 Made in Japan

1 PK Tipe FTXZ25NVM4 (Btu 8.400 [2.000 – 13.100], Watt 430 [110 – 880], COP – 5.70, EER – 19.53) – Rp. 20.370.000,-

1.5 PK Tipe FTXZ35NVM4 (Btu 11.800 [2.000 – 18.100], Watt 680 [110 – 1.330], COP – 5.07, EER – 17.35) – Rp. 22.700.000,-

2 PK Tipe FTXZ50NVM4 (Btu 16.900 [2.000 – 19.800], Watt 1.150 [110 – 1.600], COP – 4.30, EER – 14.70) – Rp. 25.200.000,-



Harga AC Daikin European Design Freon R32 Indoor Made in Czech (Republik Ceko) Outdoor Made in Thailand – Ada 2 warna, putih dan silver namun harus cek stok dulu ya

1 PK Tipe FTKJ25GVM4 (Btu 8.500 [4.100 – 11.600], Watt 520 [250 – 710], COP – 4.81, EER – 16.35) – Rp. 11.100.000,-

1.5 PK Tipe FTKJ35GVM4 (Btu 11.900 [4.300 – 14.000], Watt 855 [325 – 1.000], COP – 4.09, EER – 13.92) – Rp. 11.900.000,-

2 PK Tipe FTKJ50GVM4 (Btu 17.100 [5.800 – 18.800], Watt 1.450 [475 – 1.530], COP – 3.59, EER – 12.21) – Rp. 15.675.000,-



Harga AC Daikin Premium Inverter (Baby Urusara 7) Freon R32 made in Thailand FTKM Series.
1 PK Tipe FTKM25SVM4 (Btu 8.500 [4.100 – 12.300], Watt 520 [185 – 920], COP 4.81, EER – 16.35) – Rp. 7.525.000,-

1.5 PK Tipe FTKM35SVM4 (Btu 11.900 [4.100 – 14.000], Watt 900 [185 – 1.160], COP 3.89, EER – 13.22) – Rp. 9.950.000,-

2 PK Tipe FTKM50SVM4 (Btu 17.700 [4.100 – 21.200], Watt 1.240 [290 – 1.880], COP 4.19, EER – 14.27) – Rp. 14.850.000,-

2.5 PK Tipe FTKM60SVM4 (Btu 20.500 [4.100 – 24.200], Watt 1.520 [290 – 2.230], COP 3.95, EER – 13.49) – Rp. 21.175.000,-

3 PK Tipe FTKM71SVM4 (Btu 24.200 [4.100 – 28.000], Watt 2.260 [290 – 2.770], COP 3.14, EER – 10.71) – Rp. 26.000.000,-

NOTE: AC Daikin Premium Inverter ini bakalan jadi ujung tombak Daikin di tahun 2018/2019 ke depan dengan segala keunggulannya seperti COP yang sangat tinggi (jadi AC ini jauh lebih efisien dibanding High Inverter) kemudian AC ini bisa menjaga kelembaban ruangan, sudah dilengkapi dengan Filter PM 2.5 yang bisa menyaring partikel sampai ukuran 2.5 micron, dan juga dilengkapi dengan sirip COANDA cooling mirip teknologinya Panasonic Sky Inverter. Untuk melihat semua keunggulan AC ini silakan langsung kunjungi halaman Tipe AC Daikin kami yaaa



Harga AC Daikin High Inverter Freon R32 Made in Thailand FTKV Series (Discontinued bulan Agustus 2018)

1 PK Tipe FTKV25NVM4 (Btu 8.500 [4.100 – 11.600], Watt 540 [220 – 850], COP – 4.63, EER – 15.74) – Rp. 6.000.000,-

1.5 PK Tipe FTKV35NVM4 (Btu 11.900 [4.400 – 14.000], Watt 910 [230 – 1.280], COP – 3.85, EER – 13.10) – Rp. 7.950.000,-

2 PK Tipe FTKV50NVM4 (Btu 17.700 [5.800 – 20.500], Watt 1.300 [260 – 1.730], COP – 4.00, EER – 13.62) – Rp. 11.875.000,-

2.5 PK Tipe FTKV60NVM4 (Btu 20.500 [6.500 – 23.900], Watt 1.580 [300 – 2.060], COP – 3.80, EER – 12.97) – Rp. 16.925.000,-

3 PK Tipe FTKV71NVM4 (Btu 24.200 [9.200 – 29.700], Watt 2.000 [350 – 2.300], COP – 3.55, EER – 12.1) – Rp. 20.800.000,-

NOTE: AC Daikin High Inverter akan segera di discontinued pada bulan Agustus 2018. Tapi jangan takut ketersediaan spare part akan dijamin hingga 10 tahun ke depan. Tipe penggantinya pun walaupun lebih canggih dan lebih hemat listrik tapi harganya beda jauhhhhh… Jadi ya kalo mau pakai yang High Inverter ya jangan ragu lagi… Kami juga pasti akan stok sebanyak-banyak nya pada bulan Agustus nanti, jaga-jaga kalo masih banyak yang mau…

Soalnya kalo liat perbedaan harga FTKV sama FTKM series emang sedikit nyesek sih hehehehe…



Harga AC Daikin Inverter Smile Freon R32 Made in Thailand FTKC Series (Untuk yang 1PK dan 1.5PK Indoor buatan Thailand, Outdoor buatan China, untuk ukuran lain Indoor dan Outdoor keduanya buatan Thailand)

1/2 PK Tipe FTKC15PVM4 (Btu 5.100 [2.500 – 6.500], Watt 337 [200 – 540], COP – 4.45, EER – 15.13) – Rp. 5.050.000,-

3/4 PK Tipe FTKC20PVM4 (Btu 6.800 [3.400 – 8.200], Watt 500 [240 – 870]), COP – 4.00, EER – 13.6) – Rp. 5.100.000,-

1 PK Tipe FTKC25QVM4 (Btu 8.500 [3.400 – 11.600], Watt 680 [240 – 1.100], COP – 3.67, EER – 12.5) – Rp. 5.325.000,-

1.5 PK Tipe FTKC35QVM4 (Btu 11.900 [4.400 – 14.000], Watt 960 [250 – 1.455], COP – 3.65, EER – 12.40) – Rp. 6.825.000,-

2 PK Tipe FTKC50QVM4 (Btu 17.700 [4.800 – 20.500], Watt 1.365 [260 – 1.730], COP – 3.80, EER – 12.97) – Rp. 10.375.000,-

2.5 PK Tipe FTKC60QVM4 (Btu 20.500 [4.800 – 22.900], Watt 1.740 [300 – 2.060], COP – 3.45, EER – 11.78) – Rp. 14.800.000,-

3 PK Tipe FTKC71QVM4 (Btu 24.200 [7.200 – 25.600], Watt 2.365 [340 – 2.465], COP – 3.00, EER – 10.23) – Rp. 18.200.000,-



Harga AC Daikin Inverter Flash Freon R32 made in Thailand FTKQ Series

1/2 PK FTKQ15SVM4 (Btu 5.100 [2.400 – 6.500], Watt 310 [180 – 580], COP – 4.84, EER – 16.45) – Rp. 4.260.000,-

3/4 PK FTKQ20SVM (Btu 6.800 [3.400 – 8.200], Watt 510 [220 – 650], COP – 3.92, EER – 13.33) – Rp. 4.415.000,-

1 PK FTKQ25SVM4 (Btu 9.000 [3.400 – 9.900], Watt 810 [220 – 990], COP – 3.27, EER – 11.11) – Rp. 4.625.000,-

1.5 PK FTKQ35SVM (Btu 11.900 [4.400 – 13.000], Watt 1.200 [250 – 1.460], COP – 2.92, EER – 9.92) – Rp. 5.750.000,-

2 PK FTKQ50SVM4 (Btu 17.100 [4.800 – 18.400], Watt 1.730 [355 – 2.070], COP – 2.89, EER – 9.88) – Rp. 8.400.000,-

2.5 PK FTKQ60SVM4 (Btu 20.500 [5.800 – 20.500], Watt 2.210 [370 – 2.510], COP – 2.71, EER – 9.28) – Rp. 11.950.000,-



AC Daikin Inverter Flash adalah tipe terbaru Daikin yang akan meramaikan pasar Inverter di Indonesia. AC Daikin Inverter Flash memiliki harga yang murah namun kualitas dan tingkat konsumsi listrik yang rendah. Terutama yang ukuran 1/2PK dimana efisiensi AC ini sudah menyamai High Inverter 1PK yang sudah melegenda dingin dan hemat listriknya! ACnya sendiri sudah menjamur dimana-mana ya dan kita juga sudah menjual ratusan unit jadi ayo langsung dipesan saja ACnya…


CARA BACA BTU KHUSUS AC INVERTER!

Khusus untuk tipe Inverter cara membaca Btu agak berbeda ya. Jadi contoh apabila anda punya kamar luasnya 20m2 alias 4 x 5 m berarti kebutuhan Btu kan hanya 20 x 500 = 10.000 Btu. Nah kalau anda lihat AC Inverter 1PK kan Btu-nya 4.100 – 11.600 BUKAN BERARTI ACnya mampu mengeluarkan Btu sampai 11.600 secara konstan ya! JANGAN SALAH MENGERTI! Btu AC-nya tetap HANYA 8.500 yang berarti dengan kamar 4×5 pakai 1PK cukup TENTU SAJAAAA… SALAHHHHH!!!! harusnya kalau mau pakai Inverter di kamar 4×5 HARUS, WAJIB menggunakan AC Inverter 1.5PK. Kalau mau ngeyel pakai yang 1PK dijamin listrik AC Inverter anda ga bakalan turun-turun, bisa lebih boros konsumsi listriknya daripada AC non-Inverter, karena Watt maksimum AC Inverter biasanya lebih tinggi dari AC non-Inverter, dan karena AC-nya mesti kerja terus 100% berarti Watt-nya kan maksimum terus juga. Jadi Btu AC Inverter 1PK yang 11.600 itu adalah pada saat start awal AC menyala, AC mampu mengeluarkan Btu sebesar 11.600 untuk beberapa menit pertama saja agar ruangan bisa lebih cepat dingin. Tapi setelah langsam AC akan hanya mampu mengeluarkan Btu sebesar 8.500. Jadi sekali lagi walau di spesifikasi AC Inverter Btu bisa jauh lebih besar, bukan berarti ACnya mampu mengeluarkan Btu itu secara kontinu yaaaa…

Sudah banyak sekali customer kami yang “kecele” menganggap dengan AC Inverter maka tidak perlu menggunakan PK yang seharusnya untuk ruangan mereka. Nanti kalo dipaksakan selain Wattnya juga ga turun-turun, kompressor AC pasti ga awet karena harus kerja MAKSIMALLLL terussss… DIGEBERRRR teruussss… Udah gitu kalo cepet rusak kompressornya nyalahinnya merk AC-nya… dibilangnya merk AC-nya jelek. Kualitasnya jelek. ACnya ga dingin dll, dsb… Hellooo… kalau PK AC tidak cukup untuk ruangan mau pakai merk Ferrari, Rolls Royce atau Bugatti sekalipun kalo mereka keluarin AC, tetep ga bakalan bisa dingin atau awet… x_x (masukkan emoticon *tepokjidat* disini) Udah ah.. kok jadi curhat disini… hehehehe…

Harga AC Daikin yang kami tuliskan disini adalah harga unit Indoor dan Outdoor saja, BELUM TERMASUK ongkos pasang, material pemasangan, biaya copot AC lama bila perlu, dan ongkos transport tergantung dimana lokasi pemasangan AC-nya.



STANDARD THAILAND (SMS – Super Mini Split) SERIES:

Harga AC Daikin Standard Thailand Freon R32 Made in Thailand FTC-NV Series

1/2 PK Tipe FTC15NV14 (Btu 5.000, Watt 389) – Rp. 3.550.000,-

3/4 PK Tipe FTC20NV14 (Btu 7.100, Watt 633) – Rp. 3.700.000,-

1 PK Tipe FTC25NV14 (Btu 9.300, Watt 780) – Rp. 3.850.000,-

1.5 PK Tipe FTC35NV14 (Btu 11.100, Watt 933) – Rp. 4.800.000,-

2 PK Tipe FTC50NV14 (Btu 17.100, Watt 1.524) – Rp. 6.380.000,-

2.5 PK Tipe FTC60NV14 (Btu 21.500, Watt 1912) – Rp. 9.050.000,-

Tipe ini dikeluarkan Daikin untuk menggantikan Tipe Standard Thailand FTNE Series yang lama. Jadi dengan keluarnya tipe AC ini yang sudah menggunakan Freon R32, maka sejak saat itu sudah tidak ada lagi line up AC Daikin yang menggunakan Freon R410A. Sudah habis… Semua tipe AC Daikin sudah menggunakan Freon R32 semua ya…



STANDARD MALAYSIA SERIES:

Harga AC Daikin Standard Malaysia Freon R32 Made in Malaysia (FTV-BXV Series)

1/2 PK Tipe FTV15BXV14 (Btu 5.000, Watt 380) – Rp. 3.250.000,-

3/4 PK Tipe FTV20BXV14 (Btu 7.000, Watt 590) – Rp. 3.375.000,-

1 PK Tipe FTV25BXV14 (Btu 9.000, Watt 780) – Rp. 3.515.000,-

1.5 PK Tipe FTV35BXV14 (Btu 12.000, Watt 1.155) – Rp. 4.400.000,-

2 PK Tipe FTV50BXV14 (Btu 18.000, Watt 1.810) – Rp. 5.825.000,-

2.5 PK Tipe FTV60BXV14 (Btu 22.000, Watt 2.115) – Rp. 8.275.000,-

Dari data diatas, sudah jelas mulai sekarang Daikin TIDAK PUNYA line up AC Low Watt lagi. AC Daikin Standard Malaysia memiliki Watt yang lebih besar dari semua AC Low Watt merk lain. Jadi kalau mau pakai AC Daikin yang hemat listrik bisa langsung gunakan AC Inverter Daikin yah. Nanggung kalo beli yang ini kalo niatnya mau cari hemat listriknya… Mending langsung hajar inverter dan dapatkan hemat listrik yang luar biasa dalam waktu 9 bulan sudah menutupi perbedaan harga AC Daikin Malaysia dengan AC Daikin High Inverter dari penghematan listrik setiap bulannya.

Kalau untuk harga pas dan juga pemasangan PM aja yah...

tengkiu agan2...
Haloooo, Oom momoddd... kenapa artikel ane yang tips dan trik cara menggunakan AC Inverter ini kok ilang melulu yah hahahahha...

Mungkin pas oom momod edit2 artikel ane yang ini lupa di copas yah hehehehe... Yauda gpp ini uda ke 3x nya loh ane post artikel ini... Abis ilang melulu dari pejwan....

Kali ini kami akan menuliskan Tips dan Trik menggunakan AC Inverter. Karena masih banyak sekali yang masih tidak tahu dan menganggap menggunakan AC Inverter dan AC non-Inverter sama saja.

Well pada dasarnya sih sama saja, namun kalau caranya bener. Kalo caranya salah bisa lebih boros loh listriknya pakai AC Inverter daripada AC non-Inverter.

tips dan trik menggunakan AC Inverter

Mari kita mulai yah pembahasan dan tips menggunakan AC Inverter yang benar agar benar-benar bisa awet dan hemat listrik:

1. Menggunakan AC Inverter TIDAK BOLEH Under Capacity (Menggunakan PK lebih kecil daripada kebutuhan ruangan)

Jadi misalnya ruangan 4×5 HARUS menggunakan AC Inverter 1.5PK. Ruangan 4×6 keatas HARUS menggunakan AC Inverter 2PK. Untuk ruangan 4×4 kebawah pakai 1PK Inverter.

Mengapa? Jadi begini saya ceritakan kondisi di rumah saya ya. Di rumah saya listriknya 7.700 watt. Ada 2 pompa air, 1 untuk sedot dan 1 untuk dorong, 2 kulkas, 3 AC, TV, lampu, dll.

Kamar utama saya ukuran 4×6 dulu menggunakan AC Inverter 1.5PK yang kalau dihitung sih sebenernya ngepas-ngepas Btu AC dengan kebutuhan ruangan. Biasanya bayar listrik sebulan sekitar 2.7 juta.

Kemudian saya mengganti AC kamar saya tersebut dengan AC Inverter 2PK. Dan setelah diganti sekarang tagihan listrik saya turun sekitar 150 ribuan per bulan. Kalau setahun kan 1.8 jutaaaaa… banyak kan hemat uang untuk bayar listriknya?

Jadi kalau kamar 3×3 atau 3×4 juga kalau pakai Inverter 1PK PASTI akan lebih hemat listrik dibanding pakai 1/2PK atau 3/4PK non-Inverter atau tipe Low Watt sekalipun. Terutama kalau pakai AC Daikin High Inverter atau AC Panasonic Elite Inverter.

Berikut adalah list luasan kamar dan penggunaan AC Inverter yang cocok: (hitung panjang kali lebar ruangan anda ya, nanti dapat berapa meter persegi)

9 meter persegi kebawah – AC Daikin Inverter Smile 1/2PK FTKC15QVM4 atau AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4 atau AC Panasonic Elite Inverter 1PK CS-VU10SKP

10 meter persegi sampai 13 meter persegi – AC Daikin Inverter Smile 3/4PK FTKC20QVM4 atau AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4 atau AC Panasonic Elite Inverter 1PK CS-VU10SKP

14 meter persegi sampai 17 meter persegi – AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4 atau AC Daikin Inverter Smile 1PK FTKC25PVM4 atau AC Panasonic Elite Inverter 1PK CS-VU10SKP

18 meter persegi sampai 23 meter persegi – AC Daikin High Inverter 1.5PK FTKV35NVM4 atau AC Daikin Inverter Smile 1.5PK FTKC35PVM4 atau AC Panasonic Elite Inverter 1.5PK CS-VU13SKP

24 meter persegi sampai 33 meter persegi – AC Daikin High Inverter 2PK FTKV50NVM4 atau AC Daikin Inverter Smile 2PK FTKC50NVM4 atau AC Panasonic Elite Inverter 2PK CS-VU18SKP

34 meter persegi sampai 40 meter persegi – AC Daikin High Inverter 2.5PK FTKV60NVM4 atau AC Daikin Inverter Smile 2.5PK FTKC60NVM4

Diatas 40 meter persegi sudah harus pakai AC 3PK pilihannya sudah jatuh ke AC Cassette, Ceiling, Floor atau Ducting dimana masing-masing jenis AC tersebut juga ada yang Inverter.

Kemudian kalau kebetulan ukuran ruangan anda ada diantaranya misalnya 9.5m2 atau 13.5m2 lebih baik dibuletin keatas ya, jadi 9.5m2 pakai AC 3/4PK kemudian kalau 13.5m2 pakai AC 1PK


2. Menggunakan AC Inverter, mengatur suhu remote HARUS yang bisa dicapai oleh ACnya

Nah ini adalah masalah klasik dalam penggunaan AC. Sebenarnya mau pakai AC tipe apapun atur suhu di remote memang harus yang bisa dicapai oleh AC-nya. Namun khusus untuk AC Inverter hal ini adalah hal paling penting dalam penggunaan AC Inverter.

Mengapa? Jadi begini AC Inverter akan berkurang konsumsi listriknya saat suhu ruangan sudah cukup mendekati suhu remote dan akan turun ke watt minimal apabila suhu ruangan sudah sama dengan suhu remote.

Kemudian sekarang kita set suhu remotenya berapa? 16 kah? 18 kah? biar dingin? hal ini SALAH BESAR. Ini kesalahan terbesar dalam penggunaan AC. Mari kita bicara tentang temperatur. Suhu yang tertera di remote AC BUKAN indikator temperatur ruangan.

Kalau kita set suhu 19 di remote misalnya, itu kita memberi tahu AC-nya “woiii AC, gw mau suhu ruangan gw 19 derajat!” Nah AC kemudian akan bekerja terus sekuat tenaga untuk mencapai suhu 19 derajat. Pertanyaanya apakah AC-nya mampu membuat suhu ruangan bener-bener 19 derajat?

Kalau kita pergi ke Lembang, Bandung, pernah ga jam 4 atau 5 pagi keluar ke udara terbuka. Itu dingin banget sampe mulut bisa keluar asap. Coba cek deh suhunya saat itu berapa bisa tanya Oom Gugel ato liat Accuweather atau provider cuaca lainnya. Pasti cuman sekitar 17 sampai 19 derajat celcius.

Trus kita mau gitu kamar kita suhunya bisa segitu? Bisa sampe keluar asap di dalam kamar tidur? Silakan dijawab sendiri.

Kalaupun anda ngeyel dan kita jawabnya mau, emang AC-nya mampu? GA BAKALAN! kecuali pake AC kapasitas jauhhhhh lebih besar dari kebutuhan. Contoh di ruang server salah satu perusahaan langganan kami, ukuran ruangannya 3 x 4 mereka minta suhu ruangan selalu minimal 20 derajat selama 24 jam per hari. Kami pasang AC Inverter 2.5PK sebanyak 2 unit di ruangan tersebut, untuk nyala bergantian 12 jam per hari. Kami juga memasang termometer digital di ruangan tersebut dan set suhu di remote AC 19 derajat. Hasilnya setelah pantauan selama 1 minggu, suhu ruangan selalu berada di kisaran 19.2 derajat sampai 20.3 derajat celcius. Tidak pernah lebih dari segitu walaupun di siang hari bolong.

Di ruangan sebesar itu kalau dihitung sebenarnya pakai 3/4PK sudah cukup. Namun kalau kita hanya pakai AC 3/4PK suhu ruangan di siang hari paling maksimal hanya bisa menyentuh 24-25 derajat celcius dan kalau malam maksimal bisa 23 derajat.

Kalau anda berharap suhu dibawah itu ya harus naik PK. tiap turun 1 derajat harus naik PK ACnya.

Oke kembali ke permasalahan suhu remote untuk AC Inverter. Kalau AC TIDAK MAMPU mencapai suhu remote, ya kompressor akan kerja maksimal terus, Watt yang disedot maksimal terus. Permasalahannya Watt maksimum AC Inverter LEBIH TINGGI dari AC non-Inverter di PK yang sama.

Contoh untuk AC Daikin Deluxe Thailand 1PK FTM25JV14 Watt-nya adalah konstan 722 Watt selama AC menyala. Kalau AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4 rentang Watt-nya adalah 220 – 850 Watt.

Kalau keduanya digunakan di ruangan 4×5 saja misalnya. Kami jamin pakai AC Daikin High Inverter akan LEBIH BOROS daripada pakai yang Deluxe Thailand. Mengapa? Karena ruangan 4×5 harusnya pakai 1.5PK, menggunakan 1PK sudah under capacity. Kalau under capacity, kita set suhu remote 23 misalnya, suhu tersebut TIDAK AKAN pernah tercapai. Namun AC akan terus bekerja berusaha mencapai suhu tersebut.

Nah AC Daikin High Inverter yang anda beli mahal banget itu, Watt-nya bisa terus manteng di 850 Watt untuk berusaha ngejer suhu 23 yang TIDAK AKAN pernah tercapai tersebut. Kalau sudah gini irit mana sama pakai Daikin Deluxe 1PK yang Watt-nya cuman 722? Toh kedua AC tersebut tidak mampu mencapai suhu 23 derajat, namun yang satu konsumsi 850 Watt terus, yang satu cuman 722 Watt.

Mengerti kan analogi dari kami? AC Inverter itu Watt-nya pas nyala akan selalu berusaha mentok (walau ga selalu begitu, apalagi kalau ACnya over capacity) supaya ruangan lebih cepet dingin, dan kalau suhu sudah mendekati suhu remote dia akan turun, dan kalau sudah sama dengan suhu remote dia bisa turun ke watt minimum.

Kalau di ruangan 4×5 misalnya sudah terlanjur pakai AC Inverter 1PK saran dari kami untuk menghemat listrik sebisanya adalah dengan atur suhu remote selalu di 25 – 26 derajat. Kalau siang malah kalau perlu 27 derajat. Itu supaya suhu ruangan masih bisa mendekati suhu remote yang menyebabkan konsumsi listrik AC bisa turun. Tapi toh dengan begitu pun penghematan yang didapat tidak mungkin bisa mencapai 50% seperti janji dari penggunaan AC Inverter. Penghematan yang di dapat paling 10 – 15%. Tapi yah daripada mesti ganti AC baru?

Jadi kalau mau beli AC Inverter MOHON dengan amat sangat jangan sampai under capacity yah. Itulah mengapa sebenarnya AC Inverter kurang direkomendasikan digunakan di ruangan terbuka lebar seperti di ruang keluarga yang nyambung sama ruang makan dan dapur, karena biasannya selalu akan under capacity.

Bagaimana? Sudah cukup jelas kan? dengan 2 tips dan trik ini kami yakin seyakin-nya kalau AC Inverter yang anda beli akan bisa menghemat pengeluaran listrik anda setiap bulan.

Oke terima kasih yang sudah mau baca ya agan2...
bKarena banyaknya permintaan customer kami akan artikel Harga AC Panasonic Terbaru 2016 yang sudah komplit dengan Konsumsi daya dan Btu-nya, maka kami akan menuliskannya. Namun 1 hal yang pasti, harga AC Panasonic SANGAT TIDAK STABIL, dan bisa berubah bahkan setiap beberapa hari sekali. Jadi harga yang dituliskan di sini akan kemungkinan besar bisa berbeda di saat anda bertanya
Oke kalau begitu kita mulai saja list Daftar Harga AC Panasonic terbaru 2016 nya yah (Harga yang tertera dibawah hanya unit INDOOR dan OUTDOOR saja BELUM termasuk pemasangan dan material):

:welcome

daftar harga AC Panasonic terbaru 2016

ELITE INVERTER SERIES:
Harga AC Panasonic Elite Inverter Freon R32 Made in Malaysia
1PK Tipe CS-VU10SKP (Btu 8.700 [2.860 – 10.900], Watt 630 [225 – 880]) – Rp. 7.600.000,-
1.5PK Tipe CS-VU13SKP (Btu 11.600 [3.480 – 14.300], Watt 820 [285 – 1.150]) – Rp. 8.875.000,-
2PK Tipe CS-VU18SKP (Btu 17.700 [3.750 – 19.800], Watt 1.450 [290 – 1.670]) – Rp. 13.450.000,-

INVERTER SERIES:
Harga AC Panasonic Inverter Freon R410A Made in Malaysia
1PK Tipe CS-S10RKP (Btu 9.720 [2.860 – 11.200], Watt 730 [225 – 920]) – Rp. 5.000.000,-
1.5PK Tipe CS-S13RKP (Btu 12.500 [3.140 – 14.300], Watt 1.010 [260 – 1.200]) – Rp. 6.650.000,-
2PK Tipe CS-S18RKP (Btu 18.100 [3.750 – 20.500], Watt 1.440 [290 – 1.700]) – Rp. 9.900.000,-
2.5PK Tipe CS-S24RKP (Btu 21.300 [3.820 – 24.200], Watt 1.880 [320 – 2.200]) – Rp. 13.150.000,-

STANDARD INVERTER SERIES:
Harga AC Panasonic Standard Inverter Freon R32 Made in Malaysia
1PK Tipe CS-PU9TKP (Btu 8.530 [2.860 – 9.310], Watt 690 [235 – 830]) – Rp. 4.700.000,-
1.5PK Tipe CS-PU12TKP (Btu 11.900 [3.140 – 13.600], Watt 990 [270 – 1.200]) – Rp. 5.900.000,-
2PK Tipe CS-PU18TKP (Btu 17.700 [3.750 – 19.800], Watt 1.440 [300 – 1.710]) – Rp. 8.800.000,-
2.5PK Tipe CS-PU24TKP (Btu 20.800 [3.820 - 23.500], Watt 1.740 [330 - 2.200]) - Rp. 12.400.000,-


CARA BACA BTU KHUSUS AC INVERTER!

Khusus untuk tipe Inverter cara membaca Btu agak berbeda ya. Jadi contoh apabila anda punya kamar luasnya 20m2 alias 4 x 5 m berarti kebutuhan Btu kan hanya 20 x 500 = 10.000 Btu. Nah kalau anda lihat AC Elite Inverter Panasonic 1PK kan Btu-nya 2.860 – 10.900 BUKAN BERARTI ACnya mampu mengeluarkan Btu sampai 10.900 secara konstan ya! JANGAN SALAH MENGERTI! Btu AC-nya tetap HANYA 8.700 yang berarti dengan kamar 4×5 pakai 1PK cukup TENTU SAJAAAA… SALAHHHHH!!!! harusnya kalau mau pakai Inverter di kamar 4×5 HARUS, WAJIB menggunakan AC Inverter 1.5PK. Kalau mau ngeyel pakai yang 1PK dijamin listrik AC Inverter anda ga bakalan turun-turun. Apalagi ngarep mau turun ke Watt minimal… Ga bakal lah yaauuuwwww…

Jadi Btu AC Inverter 1PK yang 10.900 itu adalah pada saat start awal AC menyala, AC mampu mengeluarkan Btu sebesar 10.900 untuk beberapa menit pertama saja agar ruangan bisa lebih cepat dingin. Tapi setelah langsam AC akan hanya mampu mengeluarkan Btu sebesar 8.700. Jadi sekali lagi walau di spesifikasi AC Inverter Btu bisa jauh lebih besar, bukan berarti ACnya mampu mengeluarkan Btu itu secara kontinu yaaaa… Sudah banyak sekali customer kami yang “kecele” menganggap dengan AC Inverter maka tidak perlu menggunakan PK yang seharusnya untuk ruangan mereka. Nanti kalo dipaksakan selain Wattnya juga ga turun-turun, kompressor AC pasti ga awet karena harus kerja MAKSIMALLLL terussss… DIGEBERRRR teruussss… Udah gitu kalo cepet rusak kompressornya nyalahinnya merk AC-nya… dibilangnya merk AC-nya jelek. Kualitasnya jelek. ACnya ga dingin dll, dsb… Hellooo… kalau PK AC tidak cukup untuk ruangan mau pakai merk Ferrari, Rolls Royce atau Bugatti sekalipun kalo mereka keluarin AC, tetep ga bakalan bisa dingin atau awet…

ENVIO SERIES: SUDAH DISCONTINUED!!!!!!!
Harga AC Panasonic Envio Freon R32 Made in Malaysia
3/4PK Tipe CS-N7RKP (Btu 7.170, Watt 640) – Rp. 4.050.000,-
1PK Tipe CS-N9RKP (Btu 9.830, Watt 880) – Rp. 4.300.000,-
1.5PK Tipe CS-N12RKP (Btu 12.800, Watt 1.200) – Rp. 5.850.000,-
2PK Tipe CS-N18RKP (Btu 19.100, Watt 1.900) – Rp. 8.850.000,-
2.5PK Tipe CS-N24RKP (Btu 24.600, Watt 2.490) – Rp. 10.400.000,-

ALOWA DELUXE (ALOWA ION) SERIES:
Harga AC Panasonic Alowa Deluxe Freon R32 Made in Indonesia
1/2PK Tipe CS-XN5SKJ (Btu 5.000, Watt 320) – Rp. 3.600.000,-
3/4PK Tipe CS-XN7SKJ (Btu 7.000, Watt 530) – Rp. 3.700.000,-
1PK Tipe CS-XN9SKJ (Btu 9.000, Watt 660) – Rp. 3.850.000,-

ALOWA SERIES:
Harga AC Panasonic Alowa Freon R32 Made in Indonesia
1/2PK Tipe CS-KN5SKJ (Btu 5.000, Watt 320) – Rp. 3.400.000,-
3/4PK Tipe CS-KN7SKJ (Btu 7.000, Watt 530) – Rp. 3.550.000,-
1PK Tipe CS-KN9SKJ (Btu 9.000, Watt 660) – Rp. 3.700.000,-

STANDARD SERIES:
Harga AC Panasonic Standard Freon R32 Made in Indonesia
1/2PK Tipe CS-PN5SKJ (Btu 5.000, Watt 380) – Rp. 3.200.000,-
3/4PK Tipe CS-PN7SKJ (Btu 7.000, Watt 595) – Rp. 3.300.000,-
1PK Tipe CS-PN9SKJ (Btu 9.000, Watt 820) – Rp. 3.400.000,-
1.5PK Tipe CS-PN12SKJ (Btu 12.700, Watt 1.250) – Rp. 4.275.000,-

Harga AC Panasonic Standard Freon R32 Made in Malaysia
2PK Tipe CS-PN18SKP (Btu 18.800, Watt 2.040) – Rp. 5.850.000,-
2.5PK Tipe CS-PN24SKP (Btu 24.600, Watt 2.720) – Rp. 7.950.000,-

BASIC SERIES:
Harga AC Panasonic Basic Freon R32 Made in Indonesia
1/2PK Tipe CS-YN5SKJ (Btu 5.000, Watt 430) – Rp. 2.950.000,-
3/4PK Tipe CS-YN7SKJ (Btu 7.000, Watt 650) – Rp. 3.050.000,-
1PK Tipe CS-YN9SKJ (Btu 9.000, Watt 840) – Rp. 3.150.000,-

Oke demikianlah artikel ini kami buat sebagai acuan bagi anda para customer kami untuk melihat harga dan spesifikasi AC Panasonic line up 2017. Tidak henti-hentinya kami ingatkan bahwa harga AC Panasonic SANGAT TIDAK STABIL tidak seperti AC Daikin. Jadi jangan heran kalau harga yang tertera di artikel kami ini bisa berubah setiap saat yaaa...

Terima kasih yang udah mau baca artikel ane...:belumtidur
Halo bertemu lagi dengan kami National Elektronik di artikel khusus AC Daikin Multi S. Kali ini kami akan mengupas tuntas semua hal yang bisa dimengerti untuk AC Daikin Multi-S. Solusi pintar 1 Outdoor dengan 2 Indoor (bisa 1/2PK + 1/2PK atau 1/2PK + 3/4PK) yang tentunya sudah menggunakan teknologi Inverter. Harganya pun di set lebih murah dibandingkan menggunakan 2 unit AC Daikin Inverter Smile 1/2PK FTKC15PVM4 sekalipun!

AC Daikin Multi S diciptakan oleh Daikin Jepang khusus untuk pasar Indonesia. Jadi target utama AC ini sebenarnya adalah untuk apartemen 1 kamar tidur ataupun 2 kamar tidur yang memiliki tempat untuk menaruh Outdoor yang terbatas. Dan berdasarkan hasil survey internal PT. Daikin AirConditioning Indonesia, jumlah apartemen yang memiliki ukuran 1 kamar tidur atau 2 kamar tidur ukuran 22 sampai 34m2 jauhhhhhh lebih banyak dibanding yang ukuran 2 bedroom atau 3 bedroom dengan ukuran yang lebih besar.

AC Daikin Multi S ini secara resmi di luncurkan di Hotel Grand Mercure, Kemayoran pada tanggal 1 September 2016 kemarin.

Jadi AC Daikin Multi S ini memang cocok banget digunakan di rumah atau apartemen yang memang tempat menaruh Outdoornya terbatas.

7 Keunggulan AC Daikin Multi S ini adalah:

1. Space Saving! Karena tadinya pakai 2 Outdoor sirkulasi udara di tempat Outdoor kan jadi meningkat, kalau suhu di area Outdoor meningkat, kapasitas PK AC jadi turun sedangkan konsumsi listrik jadi naik. AC Daikin Multi S meng-eliminasi permasalahan ini

2. Menggunakan kompressor ASLI buatan PT. Daikin Compressor Industries Ltd. di Thailand.

3. Menggunakan PCB kualitas tinggi yang tahan kejut sampai 440V dalam waktu 1 detik yang biasa terjadi apabila ada perpindahan listrik dari PLN ke genset (biasa terjadi di apartemen)

4. Menggunakan teknologi Inverter yang sudah melegenda di dunia per-AC-an bahwa Daikin Inverter is the best Inverter di Indonesia.

5. 2-Step LOW WATT mode! Step 1 Watt ketika 2 AC menyala maksimum 650 Watt hal ini dapat dicapai dalam 30 detik saja! Step 2 ketika 2 AC menyala maksimum 380 Watt!!!!!!! Ga ada lawan di Indonesia deh pokoke

6. Lebih murah daripada pakai 2 unit AC Daikin Inverter Smile 1/2PK FTKC15PVM4, apalagi kalo dibandingin pake 1 unit Inverter Smile 1/2PK dan 1 unit Inverter Smile 3/4PK lebih murah bangaaaaaattttttttt

7. Total panjang pipa maksimum kedua unit AC adalah 35m! dengan perbedaan ketinggian maksimum antara Outdoor dengan Indoor 15m, sedangkan antara Indoor 1 dan Indoor 2 adalah 7.5m


Untuk konsumsi listriknya bisa anda lihat dibawah ini (ga bakal nemu di website lain deh yang sekomplit ini):

Bila AC 1/2PK dan 1/2PK nyala bersamaan Watt maksimum yang bisa disedot adalah 980 Watt
Bila AC 1/2PK dan 3/4PK nyala bersamaan Watt maksimum yang bisa disedot adalah 1.030 Watt
Bila AC 1/2PK doank yang menyala AC BISA bertambah PK-nya jadi 3/4PK dan Watt maksimum yang bisa disedot adalah 660 Watt
Bila AC 3/4PK doank yang menyala AC BISA bertambah PK-nya jadi 1.25PK dan Watt maksimum yang bisa disedot adalah 860 Watt
Bila semua AC menyala atau pun hanya 1 AC yang menyala mau berapa PK-pun Watt minimum-nya adalah 190 Watt.

Untuk AC-nya sendiri sudah di tes sejak 3 tahun lalu di salah satu apartemen di Jakarta, dan selama 3 tahun tidak ada masalah apapun dan juga konsumsi listriknya sangat dahsyat hematnya.

Berdasarkan tes langsung waktu pameran di Aeon Mall BSD tanggal 11 – 16 Oktober 2016 kemarin kesimpulannya:

Pas pameran Multi S di Aeon Mall BSD kan AC Multi S 1/2 + 3/4PK dinyalain trus ditempelin watt meter guede

karena suhu mall Aeon selasa – jumat di set 25 dan di sabtu minggu di set 23 di remotenya (ane nanya ke bagian engineering mall)

Jadi pas selasa – jumat kalo itu AC Multi S di set di suhu 23, watt 2 ac nyala cuman 200 – 300an

Mesti di set 19 atau 20 baru wattnya 2 AC itu naek ke maksimal 500an. Itu semua tanpa mode Low Watt dipencet. Kalo pake mode POWERFUL juga maksimal banget 700an Watt-nya

nah kalo pagi jam setengah 10 pas ac mall belum nyala, ane pernah tes tu pake POWERFUL, Wattnya mentok di 900 untuk 2 AC nyala…

Nah kalo kita set suhu 24 malah kipas Outdoor mati dan watt meter cuman nunjukin angka 48 – 59 Watt!!!!! kurang dahsyat apa listriknya?

Itu kan dikirain mati kompressornya, tapi pas dibuka tutup atas Outdoornya, trus dipegang, tetep berasa getaran pelannnnnnnnnn banget di kompressornya kok. Menandakan kompressor tetep nyala.

jadi kesimpulannya kalo kamar nya cukup (3×3 maksimal untuk 1/2PK) dan (3×4 maksimal untuk 3/4PK) kalau pakai Multi S, pas subuh jam 2 – 4 pagi dimana suhu luar rumah 25 derajat (sama kayak suhu mall AEON) harusnya bisa turun sampe segitu lohhhhh….. Oke banget kan kakak????

Nah sekarang tinggal masalah harga ya.

Harga AC Daikin Multi S adalah sebagai berikut:

Outdoor unit 2MKC30QVM bisa dikoneksikan dengan 2 Indoor unit

Indoor 1/2PK CTKC15QVM4 + 1/2PK CTKC15QVM4 = Rp. 8.550.000,-

Indoor 1/2PK CTKC15QVM4 + 3/4PK CTKC20QVM4 = Rp. 8.750.000,-

Bagaimana? cukup murah kan? harga ini tentunya belum termasuk ongkos pasang, material pemasangan, ongkos vacuum dan juga transport.

Tetapi kalau kita bandingkan dengan harga 2 unit AC Daikin Inverter Smile 1/2PK FTKC15PVM4 harga per unitnya Rp. 4.750.000,- = Rp. 9.500.000,- atau 1 unit Daikin Inverter Smile 1/2PK FTKC15PVM4 + 1 unit Daikin Inverter Smile 3/4PK FTKC20PVM4 total harganya jadi Rp. 9.550.000,- sama-sama belum termasuk ongkos pasang, material, dll.

Anda sudah berhemat sekitar 1 juta Rupiah! Ditambah keunggulan lain yang bisa anda baca diatas termasuk 2 Step Low Watt mode membuat anda bisa menjadikan AC Daikin Multi S ini sebagai pilihan utama dan terbaik untuk apartemen ataupun rumah anda.

Oke sekian dolo yeh artikel kali ini.

Artikel asli ada disini http://goo.gl/DTDHzr
Artikel baru lagi ya gans...

Kali ini membahas tentang AC yang meluruskan mitos yang salah dan merugikan konsumen tentang salah satu permasalahan AC yang paling sering membuat konsumen rugi dan tertipu.

Masalah yang saya maksudkan adalah apakah AC Split di rumah atau kantor anda harus selalu isi ulang freon atau tambah freon setiap berapa bulan atau tahun sekali?

Untuk menjawab pertanyaan ini agak ribet, namun secara garis besar jawabannya TIDAK!

mari kita bahas mengapa AC di rumah anda tidak perlu isi ulang freon atau nambah freon setiap beberapa bulan sekali.

Pertama, prinsip kerja AC rumah sama persis dengan AC mobil. Jadi di AC rumah dan mobil ada kompressor yang kerjanya memompa gas freon ke evaporator di unit indoor kemudian akan dihembuskan angin dan angin yang keluar dari kisi-kisi AC adalah angin dingin. Nah gas Freon yang tersimpan di kompressor itu selalu berputar di putaran tertutup (Closed Loop) dari kompressor dipompa ke evaporator dan balik lagi ke kompressor. Oleh karena itu gas tidak mungkin keluar dari putaran tersebut KECUALI ADA KEBOCORAN.

Pertanyaannya, apakah sejak mobil baru anda diantarkan dari showroom, kemudian 6 bulan kemudian sudah ke bengkel untuk isi ulang freon atau nambah freon? tentu saja TIDAK! Sama saja dengan AC rumah. Kalau instalasi AC-nya benar AC rumah anda TIDAK PERLU di-isi ulang freon-nya!

Bagaimana dengan penguapan? Ya memang gas Freon bisa saja menguap karena Outdoor AC terjemur matahari, namun rate penguapan Freon AC juga sudah dipikirkan oleh pabrik pembuat AC terutama untuk merk AC Panasonic dan AC Daikin sebagai merk AC terbaik di Indonesia bahkan di dunia agar Freon tidak perlu diisi ulang dalam kondisi pemakaian normal sampai seumur AC-nya. Yah bisa kita bilang kalau AC sudah digunakan diatas 5 tahun mungkin masih wajar bila kita tambah Freon AC kita,

Tapi kalau baru pakai dibawah 2 tahun atau bahkan belum setahun sudah harus isi ulang freon atau nambah freon, maka yang menyebabkan hal ini dapat terjadi adalah seperti dibawah ini:

1. Apabila pipa Freon anda sudah tertanam di tembok rumah, apartemen atau ruko anda pada saat pemasangan AC pertama kali, mungkin orang yang masang pipa pertama kali bengkokin pipanya sembarangan jadi patah atau retak dan bocor halus.

2. Apabila anda beli AC dengan pipa-nya, bisa saja orang instalasi AC-nya masang pipanya ga bener, pas bengkokin pipa terlalu kuat jadi patah di dalem atau retak dan bocor halus. Oleh karena itu tanpa bermaksud meng-dis-kreditkan tukang pasang AC manapun, berhati-hatilah dalam memilih tempat membeli AC anda. Pilihlah tempat membeli AC yang memiliki teknisi yang kompeten, berpengalaman, dan yang lebih penting cara pasangnya sesuai dengan S.O.P pabrikan, seperti menggunakan pipa dengan ketebalan minimal 0.6mm dan juga melakukan proses Vacuum.

3. Bisa juga kualitas pipa yang digunakan abal-abal alias ga ber-merk atau ber-merk tapi palsu atau pun memiliki ketebalan dibawah 0.6mm terutama untuk dipake di AC yang menggunakan Freon R32.. kayak merk Hoda yang sudah terkenal mahal dan berkualitas tinggi namun palsunya beredar dimana-mana… lihat saja pembungkus pipa tembaganya (armaflex) biasanya ada cap merk, coba lihat merknya yah, HODA jangan HD. Toko kami menggunakan pipa merk HODA yang kami beli langsung dari Importir tunggal di Indonesia, jadi bisa dibilang tidak mungkin barang palsu, kami juga menyediakan pipa KEMBLA bagi yang memang ingin menggunakan pipa tersebut walau harganya jauhhhhh lebih mahal daripada pipa HODA.

4. Mungkin juga di sambungan naple pipa ke unit AC kurang kencang jadi bocor halus atau malah terlalu kencang jadinya retak atau pecah. Ini bisa terjadi apabila menggunakan Flaring tools merk Cina yang tidak baik mutunya. Mungkin untuk pasang 50 AC pertama masih oke namun sesudahnya akan lebih mudah bocor karena alatnya sudah aus dan harus diganti.

5. Bisa juga bila anda menggunakan jasa service AC sembarangan yang mungkin (maaf) cuman diliat dari iklan yang ditempel di pohon pinggir jalan, bisa saja pada saat mereka service AC bagian Outdoor, sambungan pipanya dikendorkan sedikit supaya Freon terbuang sedikit2 dan dalam waktu 2 atau 3 bulan AC jadi ga dingin karena Freon berkurang atau bahkan habis, jadi anda harus telepon mereka untuk datang dan meng isi ulang freon AC anda. Kami tidak bilang semua jasa service AC seperti itu, namun cobalah lebih selektif dalam memilih tempat membeli dan service AC anda. Terutama untuk service AC, sekarang ini pabrikan AC sudah mulai membuka jasa service AC juga. Seperti Daikin dan Panasonic. Silakan hubungi Call Center Daikin di 0800 1 081 081 atau Call Center Panasonic di 0804 1 111 111 dan minta service AC langsung dari mereka saja. Sudah pasti ga mungkin dibohongin. Lebih mahal sedikit juga gapapa lah dari pada pake sembarangan disuru nambah ini itu, malah jatohnya lebih mahal.. Sekali lagi saya tekankan ga semua tukang service AC nakal loh yaaaaa...

6. Bisa saja Evaporator unit Indoor AC anda bocor atau kompressor anda bocor. Bisa di bagian Evap, bisa di U-Bent Evap, bisa juga bocor di pipa kapiler kompressor... nah kalau sudah begini saran kami, selain sementara Evaporator AC di las, anda nabung ya.. karena kalau Evap AC sudah di las tetep ga bakalan lama umurnya… paling 3 bulan uda bocor lagi.. mau di tempat yang sama atau malah bisa nambahin bocor di tempat lain… Udah persis kayak kompressor ampere-nya udah tinggi… uda ga ada obat-nya.. mending segera nabung buat beli AC baru…

Nah begitulah kira-kira jawaban dari mitos masalah AC yang PALING SERING membuat konsumen tertipu, karena tiap kali isi ulang freon atau nambah freon harga bervariasi antara 70 – 150rb rupiah tergantung pinter-pinternya si tukang AC ngomong sama anda hehehehe…. Bahkan bila AC anda menggunakan Freon R410A atau R32 isi ulang Freon bisa mencapai 400 – 500 ribu Rupiah atau lebih! sayang banget kan keluarin uang segitu bukan karena memang ACnya perlu di isi ulang freon nya tapi cuma karena akal-akalan tukang AC anda.

Intinya adalah kalau tukang AC anda bilang "pak/bu ini freonnya kurang/habis, mesti diisi ulang" INGATTTTTT kalo ban mobil bocor yang perlu dilakukan adalah tambal ban dulu baru tambah angin atau langsung tambah angin?????

Sama kayak AC, kalau mereka bilang kurang atau habis berarti ada bocor donnngggggg... Kalo gitu suru cariin dimana bocornya sampe ketemu, dibenerin baru diisi freon. Kalo ga mah ga ada gunanyaaaaaa... bentar lagi juga abis lagi freonnya.

Kalo dia ga sanggup, suru pulang, telp ke call center resmi pabrikan AC anda dan minta mereka aja yang cek bener bocor ga....

Udeh jelas ya gaysssssss....

Semoga setelah membaca artikel kami, anda menjadi lebih mengerti dan tidak mudah ditipu oleh oknum-oknum atau toko AC yang tidak bertanggung-jawab dan hanya ingin untung tanpa memikirkan konsumen.

Sampe ketemu di artikel selanjutnyaaaaaaa
Artikel kali ini akan membahas tuntas penyebab AC kurang dingin atau tidak dingin. Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan kepada kami, bahkan sampai ada yang marah-marah bertanya-nya.

Padahal menjawab pertanyaan penyebab AC tidak dingin atau kurang dingin susah susah susah gampang (Jauh lebih susah dibanding gampangnya hehehe). Ada banyak sekali faktor yang menentukan.

Mari kita telusuri satu-persatu kondisi yang biasa dialami oleh para konsumen kami

penyebab ac kurang dingin

Kondisi 1: Beli AC baru, sudah dipasang dengan benar, kok kurang dingin ya ACnya?

Nah kalau begini kan berarti AC tidak mungkin kotor karena masih baru. All things being equal alias kalo kompressor ngga rusak gara-gara cacat pabrik dan pipa Freon dan sambungan-sambungannya juga tidak ada yang bocor, berarti kondisi dibawah ini harus diperhatikan

1. Apakah Btu AC sudah LEBIH BESAR dari kebutuhan Btu ruangan? Contoh: ruangan 4x5m kebutuhan Btu 10.000 Harus Pakai AC 1.5PK dengan Btu 12.000. Ruangan 3x4 kebutuhan Btu 6000 pakai 3/4PK dengan Btu 7.000. Untuk ruangan 5x5m dengan kebutuhan Btu 12.500 Kalau mau suhu ruangan bisa 24 derajat kebawah HARUS pakai 2PK. Begitulah cara menentukan PK AC untuk ruangan. Kalo Btu ngepas, kurang-kurang dikit, atau malah kurang, ya ga bakalan bisa mencapai suhu 24 kebawah. Inipun belum hitung orang yang tidur di dalam kamar ya seperti di point no 4.

2. Apakah kamar ada di lantai 2? Kalau iya pasti lebih panas dibanding lantai 1, karena panas dari atap akan turun langsung ke kamar. Apalagi kalau atap kamarnya terbuat dari asbes atau dak beton rata. Wuih panas matahari akan langsung tersimpan ke atap dan turun masuk ke kamar. Jadi solusinya adalah harus pakai PK AC yang lebih besar daripada kebutuhan ruangannya.

3. Apakah di kamar ada jendela besar yang menghadap Barat atau Timur? Atau apakah tembok kamar anda langsung terkena sinar matahari siang/sore? jika ya pasti kamar lebih panas dibanding bila jendela menghadap ke Utara atau Selatan dan tembok kamar anda tidak langsung terkena sinar matahari siang/sore.

4. Berapa orang yang tidur di dalam ruangan? Karena setiap 1 manusia dewasa butuh 600Btu supaya merasa cukup dingin, dan anak-anak membutuhkan 400Btu agar merasa cukup dingin. Ingat manusia mengeluarkan hawa panas. Belum lagi lampu, TV, Komputer dan semua alat elektronik lain yang ada di dalam kamar termasuk HP dan Chargernya semuanya mengeluarkan hawa panas yang seharusnya dihitung karena akan menaikkan suhu kamar anda.

5. Pastikan Outdoor memiliki breathing room atau tempat bernapas yang cukup. Outdoor AC kena matahari dan hujan sih tidak masalah, yang penting ada ruangan yang cukup untuk bernafas. dari kisi-kisi kipas Outdoor AC harus ada jarak minimal 60cm ke depan yang kosong. kemudian di sisi kiri, kanan dan atas harus ada jarak minimal 30cm. Plus Outdoor AC tidak boleh diletakkan berhadap-hadapan karena udara panasnya pasti terperangkap disitu yang akan membuat kompressor cepat kepanasan. Kalo sudah begitu kompressor jadi cepat jebol dan AC pasti tidak dingin karena sebentar-sebentar kompressor AC-nya mati karena kepanasan. Begitu juga kalau menaruh Outdoor AC di dalam ruangan seperti ditaro di dapur atau di dalam kamar mandi. Hal ini akan menyebabkan pertukaran hawa panas yang tidak sempurna untuk Outdoor ACnya yang menyebabkan Outdoor AC akan cepat kepanasan dan kapasitas PK AC jadi berkurang.

Jadi kesimpulannya, kalau kamar anda luasnya 3x4m butuh 6.000Btu tapi ada 2 orang dewasa yang tidur, kebutuhan Btu sudah 7.200 sebenarnya. Pakai AC 3/4PK jadi ga cukup sebenarnya, mau suhu 24 juga jadi susah. Apalagi kalau ada TV, Komputer, lampu, dll... Semua mesti dihitung loh. Kalau kamar 3x4 ada TV, kulkas, atau PC misalnya, dan ada 2 orang yang tidur di kamar harusnya pakai 1PK ya. Itu baru bisa menyentuh suhu 24 kebawah.

Nah jadi sekali lagi mau pakai merk apapun kalau Btu tidak cukup atau cuma ngepas dengan salah satu atau semua kondisi yang saya sebutkan diatas terjadi ya ga bakalan bisa dingin banget AC nya. Terutama karena di Jakarta dan Tangerang kita tercinta ini suhu udaranya pas siang hari bisa 37 atau 38 derajat sepanjang tahun.

Kondisi 2: Kalo siang hari AC jadi kurang dingin, kalo malem bisa kedinginan banget sampe matiin AC pas subuh

Nah kondisi ini biasanya karena Btu ruangan dengan Btu AC terlalu ngepas. Jadi kalau pas siang suhu luar ruangan bisa sampai 36 atau 37 derajat, AC yang Btu-nya ngepas paling hanya bisa mendinginkan ke suhu ruangan 25 derajat atau 26 derajat, sedangkan kalau malam kan suhu luar ruangan bisa hanya 25 derajat, tentu saja kalau suhu remote dibikin 23 derajat misalnya suhunya jadi tercapai bahkan bisa lebih rendah dari itu sesuai cara kerja AC non-Inverter yang sudah saya jelaskan panjang lebar di artikel cara menggunakan AC yang benar yang nanti saya akan post juga disini

Solusinya ya kembali lagi pastikan selalu Btu AC lebih besar daripada kebutuhan ruangan jadi pada saat siang terik, suhu ruangan masih bisa cukup dingin.

Kondisi 3: Tadinya siang dan malem dingin, sekarang kok gak siang gak malem jadi kurang dingin

Nah kalo begini biasanya sih penyebabnya cuman kotor aja ACnya. Kapan terakhir kali AC-nya di service alias dicuci? Apakah angin AC anda jadi kecil? atau bahkan hanya keluar angin dari salah satu sisi AC saja? Kalau sudah begini sih biasanya AC luar biasa kotor sampai terkadang bocor keluar air karena saluran pembuangan sudah mampet gara-gara kotor banget. Harusnya ya kalo mau ACnya awet jangan sampe lah hal ini terjadi. Intinya AC harus selalu dibersihkan MINIMAL 3 bulan sekali dan kalau anda tinggal di daerah dekat laut atau ada yang merokok di dalam kamar lebih baik dicuci tiap 2 bulan sekali atau malah 1 bulan sekali.

Tapi hati-hati ya cari tukang service AC. Jangan sampe mau ditipu dengan permintaan isi ulang freon atau tambah freon. Ingat! Kalau dari pertama pemasangan AC sudah tepat, harusnya tidak perlu isi freon minimal dalam 3 - 4 tahun pemakaian! Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi artikel kami perlukah isi ulang freon? (nanti saya juga akan post disini artikelnya) Saya sempet baca sebuah artikel tentang penyebab AC tidak dingin di website lain, yang masuk halaman 1 Google juga. Disitu ditulis Freon akan habis tiap 2 - 3 bulan sekali. Kalo dibawah 2 bulan udah habis mesti dicek. Busettttt saya sampe entah mau ngakak atau mau marah bacanya. Kalo Freon abis 2-3 bulan sekali mah itu BOCORRRRR!!!! ngaco banget tuh artikel. Masa customer disuru isi freon tiap kali cuci AC? Kalo pake Freon R32 tiap kali cuci AC harus keluar extra 600rb diluar biaya cuci AC? Mending beli AC baru kelessssss... Parah oiiii... Hati-hati ya kalo nemu artikel-artikel yang ga jelas dan ga bisa dipertanggung jawabkan.

Kemungkinan lain adalah memang ada kebocoran di Evaporator Indoor, kebocoran atau kerusakan kompressor Outdoor, kebocoran di pipa Freon, PCB AC yang jebol, dll. Hal-hal ini juga bisa menyebabkan AC kurang dingin atau tidak dingin atau malah mati sekalian ga bisa nyala.

Ada juga yang namanya service besar. Hal ini biasa dilakukan 2 tahun sekali selama service rutin AC 3 bulan sekali dilakukan. Service besar adalah mencopot unit AC Indoor dari tempatnya dan benar-benar membersihkan memakai obat khusus seperti AC Coil atau Asse Flash sehingga AC akan benar-benar seperti baru lagi. Yang tidak bisa kembali hanya bila warna Indoor sudah kuning ya ga bisa jadi putih lagi, namun komponen Evaporator Indoor akan jadi kembali ke warna semula seperti waktu pertama kali beli AC. Proses pengerjaannya pun lama, bisa 3-4 jam untuk 1 unit AC karena Indoor AC akan dicopot dari tembok, dipereteli satu-satu dan dibersihkan.

Oke kira-kira semua penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin sudah kami jabarkan semua.

Kalau ada yang mau nambahin silakan ya.

Thx agan2...
Kali ini kami akan mengajarkan bagaimana cara menggunakan AC yang benar supaya listrik tidak terlalu boros dan umur AC jadi tambah panjang. Hal ini haruslah kami sosialisasikan karena sangat banyak konsumen kami yang melakukan kesalahan fatal saat penggunaan AC. Setelah itu mereka jadi menyalahkan merk AC-nya… “Ah AC merk ini jelek lah… baru setahun lebih pake sudah jebol kompressornya…” atau “Ah ga mau pake AC merk ini lah, baru setaon pake udah bocor ga karuan…”

Pernyataan seperti tadi itu sering saya dapatkan pada saat para customer dan calon pelanggan kami berdikusi dengan kami baik melalui email, BBM, WA, Line, ataupun telepon langsung ke toko kami. Sebenernya hal itu bisa di minimalisasi kalau kita sendiri sebagai pengguna AC tahu cara menggunakan AC dengan benar.

Oke kita mulai pembahasan cara menggunakan AC yang benar yah

1. Pastikan PK AC mencukupi kebutuhan ruangan.

Hal ini adalah masalah paling klasik dalam penggunaan AC. Kami sudah menjelaskan dengan gamblang dan dengan bahasa yang mudah dimengerti pada artikel menghitung kebutuhan AC ruangan. Silahkan dibaca artikel tadi sebelum melanjutkan membaca artikel ini. Di artikel tadi dibahas dengan tuntas bahwa dengan memaksa menggunakan AC yang -maaf- menurut anda si cukup lah… karena kalo pake yang lebih tinggi lebih boros listrik dan lebih mahal harganya atau bisa kedinginan. SALAHHH!!! kalau misalnya ruangan 4 x 3m… Btu yang dibutuhkan adalah 6.000 Nah AC 1/2 PK Btu-nya 5.000, AC 3/4PK Btu-nya 7.000 harga AC hanya beda 100ribu Rupiah. Watt AC berbeda sekitar 200 Watt. Anda HARUS menggunakan AC 3/4PK. Kenapa? Karena kalau pakai AC yang 1/2PK… Kompressor AC harus bekerja maksimum baru ruangan bisa dingin. Bayangkan saja kalau mobil setiap hari kita geber-geber bawanya, sama mobil yang santai kita bawanya, lebih awet mana? kalau mobil bekas penjualnya tahu kalau yang pakai wanita biasanya lebih tinggi harganya. Kenapa? karena penjual tahu kalau wanita biasanya bawa mobilnya ga seradak-seruduk dan kebut-kebutan yang membuat mesin jadi lebih cepat aus hehehehe…

2. Kalau AC baru dimatikan entah karena listrik jebret atau tidak sengaja kepencet tombol off-nya, JANGAN langsung dinyalakan kembali.

Biarkan oli kompressor dan gas freon kembali ke kompressor dulu dan beristirahat selama minimal 1 menit. Niscaya umur kompressor anda akan lebih panjang. Cara menggunakan AC yang benar ini adalah salah satu cara paling efektif dalam memperpanjang umur kompressor AC anda.

3. JANGAN atur suhu remote 16 derajat dengan Fan speed maksimum.

Ini adalah kesalahan terbesar pada saat anda menggunakan AC. Ingat AC adalah Air Conditioner dan bukan Air Cooler. harusnya menggunakan AC dengan suhu remote 24 dan Fan speed 1 atau 2 sudah lebih dari cukup dinginnya. Kalau kita pergi ke Mall dingin ga ACnya? Dingin kan? Coba tanya sama pengelola Mall mereka set suhu AC-nya berapa? 25 derajat loh!!!! Kenapa dingin? karena Btu AC Mall jauh lebih besar dari kebutuhan ruangan.

Kemudian coba anda perhatikan, suhu di kota Lembang, Bandung pada dini hari yang menurut Accuweather adalah sekitar 17 - 19 derajat. Itu saja sudah bisa membuat mulut keluar asap. Pernahkah anda berpikir suhu ruangan kamar anda 16 derajat? Apakah mungkin tercapai? TIDAK MUNGKIN selama di Jakarta belum ada anomali cuaca jadi bersalju!

Suhu luar ruangan di Jakarta pada dini hari adalah 25 – 26 derajat sepanjang tahun. Jadi sekali lagi TIDAK MUNGKIN suhu 16 derajat akan tercapai. suhu 20 derajat pun hampir tidak mungkin bisa tercapai kecuali anda menggunakan AC yang memiliki kapasitas JAUH lebih besar dibandingkan kebutuhan ruangan. Contoh untuk ruang server biasanya ukuran 3x3m dimana dibutuhkan Btu hanya 4.500 alias AC 1/2 PK sudah mencukupi, tapi dipasang AC 1.5 PK dengan kapasitas Btu 12.000, itu baru bisa tercapai suhu 20 derajat.

Sebenernya cara kerja AC non-inverter adalah sebagai berikut. Suhu di remote misalnya 23 derajat. Pada saat AC dinyalakan akan terdengar bunyi “tek” yang menandakan kompressor AC menyala dan gas Freon akan dipompa dari kompressor ke evaporator AC di unit Indoor dan disembur oleh kipas AC sehingga angin yang keluar adalah angin dingin. Unit Thermostat di Indoor AC akan bekerja sama dengan unit komputer di AC untuk berusaha membuat ruangan mencapai suhu 23 derajat Celsius. Jadi saya tekankan suhu di remote AC TIDAK SAMA dengan suhu ruangan. Suhu di remote AC itu adalah kita sebagai pengguna AC meminta kepada AC supaya membuat ruangan mencapai suhu yang ada di remote AC. Nah apakah AC-nya mampu membuat suhu ruangan sama dengan suhu remote? Belum tentuuuu apalagi kalo remote dibikin suhu 16… Jawabannya ga bakalan bisaaaa…

Nah selama suhu ruangan belum tercapai, kompressor akan bekerja FULL 100% sampai suhu ruangan tercapai ATAU kompressor terlalu panas jadi akan di cut off atau dimatikan. Pada saat itu akan terdengar lagi bunyi “tek” yang menandakan kompressor AC mati. Apabila suhu sudah mencapai 21.9 derajat kebawah, kompressor akan mati menandakan suhu sudah tercapai. Angin yang keluar dari kisi-kisi AC akan jadi seperti kipas angin… Kemudian setelah suhu ruangan sudah diatas 24.9 derajat, kompressor akan kembali menyala ditandai dengan bunyi “tek” lagi.

Hal ini akan terjadi berulang-ulang selama AC dinyalakan. Nah sekarang bayangkan anda menyetel remote AC di suhu 16 derajat. Ruangan anda TIDAK AKAN pernah mencapai suhu 16 derajat sehingga kompressor AC hanya akan mati saat sudah terlalu panas. Tindakan ini tentu saja akan memperpendek umur kompressor AC. SEHARUSNYA dengan suhu hanya 23 atau 24 derajat saja dengan fan di tingkat kedua anda sudah merasa dingin banget. Kalau tidak dingin dan AC tidak ada masalah kemungkinan besar PK AC anda tidak cukup untuk mendinginkan seluruh ruangan.

Kalau cara kerja AC Inverter berbeda. Kompressor AC tidak pernah mati. Yang ditambah atau dikurangi hanya daya AC ke kompressor. Kelebihan utama dari Inverter selain listrik yang lebih hemat karena kompressor bekerja terus namun stabil sama seperti menyetir mobil keluar kota pasti lebih hemat BBM karena banyak lewat tol dengan kecepatan tinggi namun konstan dibanding menyetir di dalam kota yang gas-rem-gas-rem terus karena macettttt… Adalah suhu ruangan yang lebih stabil.

Untuk AC non-inverter fluktuasi suhu ruangan adalah lebih kurang 2 derajat celsius. Sedangankan untuk AC Inverter adalah 0.5 derajat Celsius. Jadi secara teori yah, kalau di AC Non-Inverter anda men-set suhu remote 23 derajat, suhu di ruangan anda adalah antara 21 – 25 derajat Celsius. itulah kenapa biasanya pada saat pake AC Non-Inverter jam 4 pagi anda suka mematikan AC karena kedinginan. Betul apa betulll? Kalau pakai AC Inverter suhu 23 derajat akan terjaga selama AC dinyalakan karena suhu ruangan hanya akan antara 22.5 – 23.5 derajat.

Oke kembali ke suhu remote dan fan. Jadi saya bisa pastikan walaupun anda menggunakan AC Inverter, selama anda setel suhu remote 16 derajat dan fan maksimum penghematan listrik anda adalah NOL BESAR! alias tidak ada penghematan sama sekali! Bahkan bisa lebih boros dibanding AC non-Inverter. Hal ini bisa terjadi karena biasanya AC Inverter memiliki Watt yang lebih besar pada saat start awal untuk mendinginkan ruangan lebih cepat. Jadi kalau anda tetap ngeyel sukanya pake suhu 16 dan fan maksimum, mending pake AC Low Watt. Saya jamin lebih hemat listrik….

Jadi kunci dari cara menggunakan AC yang benar adalah cukup setel suhu remote di 24 – 25 derajat tergantung tingkat tahan dinginnya anda. Pokoknya kalau tidur tanpa selimut masih bisa dan tidak kedinginan. Nah temukan suhu dimana anda bisa tidur tanpa pakai selimut. Set suhu remote anda di suhu itu, niscaya kompressor AC anda akan lebih awet karena tidak perlu kerja terlalu berat, dan suhu ruangan bisa tercapai sesuai dengan suhu remote.

4. Pastikan AC selalu di service atau di cuci minimal setiap 3 bulan sekali.

AC yang sudah kotor terutama di filter, evaporator dan di kipas AC akan membutuhkan daya extra untuk mencapai kondisi ideal pendinginan. Contoh kalau kipas dan filter AC sudah penuh debu misalnya, dari biasanya anda pakai fan kecepatan 1 sekarang harus maksimum baru dingin. Ini akan mengakibatkan pemborosan listrik yang tidak perlu. Begitu pula dengan unit outdoor, bila sudah kotor dan berdebu, pembuangan panas akan tidak bisa maksimal sehingga kompressor lebih sering mati karena terlalu panas padahal suhu ruangan belum tercapai.

Bahkan kalau ada yang merokok di dalam ruangan, atau dekat tempat yang banyak debu atau dapur maka AC wajib dicuci setiap 2 bulan sekali. Jika anda tinggal di daerah dekat pantai seperti di Pantai Mutiara, Pluit, Pantai Indah Kapuk, Ancol, dll. Kami sungguh menyarankan anda mencuci AC dengan AIR MINUM ISI ULANG bukan air tanah ataupun air PAM dan dicuci setiap 2 bulan sekali sehingga pembentukan karat akibat udara laut dapat diminimalisasi.

Jangan lupa juga Filter AC yang ada di Indoor unit juga kalau bisa setiap 2 minggu sekali dicuci, karena setelah 2 minggu pasti seluruh permukaan filter-nya sudah tertutup debu tipis.

5. Jangan sering buka-tutup pintu ruangan dan jangan biarkan ada pintu yang terbuka.

Ini juga masalah klasik dalam cara menggunakan ac. Apabila kita sering keluar masuk ruangan, pastikan pintu selalu ditutup kembali. Atau kalau kamar tidur kita ada kamar mandinya, pastikan supaya pintu selalu ditutup kembali. Mengapa? Karena begitu ada pintu yang terbuka, angin dingin akan langsung keluar ruangan, dan AC akan kembali berusaha menurunkan suhu di dalam ruangan. Nah apabila pintu terus terbuka baik ke kamar mandi atau bahkan ke ruangan lain di luar kamar, sebenarnya ukuran ruangan yang di dinginkan jadi lebih besar dari seharusnya. Ini akan berimbas dengan kompressor yang akan terus bekerja menjaga suhu ruangan agar sama dengan suhu remote. Itulah kenapa di semua mall di Jakarta pintu kaca yang menghubungkan tempat parkir dengan Mall pasti ada stiker di pintu kacanya yang kira-kira bertuliskan “Pintu harus selalu dalam keadaan tertutup”

Oke demikian kiranya artikel cara menggunakan AC ini ane buat. Semoga bisa lebih membantu agan2 sekalian ya dalam menggunakan AC supaya bisa lebih awet dan lebih hemat listrik.
Oke sekarang ane posting soal artikel perbedaan tipe AC Panasonic yah...

Soalnya AC Panasonic kan banyak banget tipenya plus banyak banget juga teknologinya. Jadinya bingung kan? Kali ini akan ane kupas tuntas yah.

Panasonic SUDAH meluncurkan AC Panasonic Elite Inverter dimana AC Inverter ini menambah Line-Up AC Inverter Panasonic dan bukan menggantikan tipe yang lama.


Pada artikel kali ini kami ingin menjelaskan dengan tuntas dengan bahasa yang mudah dimengerti semua perbedaan tipe AC Panasonic 2016 dan semua fitur yang tersemat di AC Panasonic.


- Eco Smart 3
Fitur ini secara otomatis menaikan suhu remote sebesar 1 derajat setelah 2 jam AC dinyalakan. Kemudian 1.5 jam kemudian suhu remote naik lagi 1 derajat, dan naik lagi 1 derajat 1.5 jam kemudian. Fitur ini penting supaya kalau bangun pagi anda tidak merasa kedinginan. Ingat semua kejadian ini berlangsung di unit Indoor AC, jadi bukan angka di remote bisa berubah-ubah sendiri ya, hehehhe... Contoh: jam 11 malam sebelum tidur suhu remote 22 derajat, anda menyalakan fitur ini, jam 1 pagi suhu akan naik sendiri ke 23 derajat, jam 02.30 suhu naik ke 24 derajat, dan jam 04.00 suhu naik lagi ke 25 derajat. Ini supaya anda tidak perlu kedinginan bangun di pagi hari dan mematikan AC.

- iAuto (Intelligent Auto Mode)
Fitur ini berfungsi untuk mengatur kecepatan dan arah hembusan angin sesuai dengan suhu remote dan ruangan. Jadi hembusan angin bisa kencang pada saat awal dinyalakan kemudian turun sendiri pada saat suhu ruangan sudah tercapai, begitu juga dengan hembusan arah angin yang akan otomatis swing pada saat awal pendinginan dan akan berhenti bila suhu sudah tercapai. Hembusan angin bisa tambah kencang sendiri bila ruangan terpapar sinar matahari misalnya dan suhunya naik lagi.

- iAutoX (Intelligent Auto Mode X)
Fitur ini exclusive hanya terdapat di Tipe AC Panasonic Inverter. Jadi dengan teknologi P-Tech terbaru dibantu dengan Aerowings, pada saat fitur ini dinyalakan, sirip AC akan bergerak ke bawah dan mengikuti posisi kita bisa bergerak ke kiri atau ke kanan lewat sensor Econavi supaya pengguna dapat cepat merasa dingin dengan langsung disembur angin. Plus teknologi P-tech akan membuat kompressor bekerja di frekuensi maksimum hanya dalam waktu 1 menit, yang akan membuat ruangan 35% lebih cepat dingin dari semua merk AC di Indonesia. Nah setelah kondisi suhu tercapai, sirip akan bergerak keatas sendiri untuk menghalangi pengguna agar tidak kedinginan terkena semburan angin. Tingkat kecepatan angin dan arah semburan angin pun akan menyesuaikan dengan jumlah orang di dalam ruangan, angin akan berusaha menghindari manusia agar tidak terus terpapar angin AC.

- Aerowings (kisi ganda pendingin)
Fitur Aerowings ini terdapat di seri Inverter dan Envio terbaru. Jadi selain bukaan kisi pendingin AC sekarang bergerak dari atas ke bawah (seperti AC Daikin dan Sharp) fitur Aerowings ini menambahkan 1 bilah sirip kisi lagi diatas, jadi semburan angin bisa lebih tepat sasaran dan bisa membuat angin menyembur keatas tanpa perlu lagi penggunaan akrilik AC yang belakangan ini marak sekali penggunaannya terutama di kantor-kantor dan rumah tinggal.

- P-TECh (Panasonic Thermal Enhancement)
Panasonic mengembangkan teknologi yang sudah dipaten-kan oleh Panasonic yaitu Panasonic Thermal Enhancement yaitu sebuah teknologi dimana minyak di dalam kompressor lebih bisa dikendalikan sehingga memungkinkan kompressor AC bekerja maksimum 100% dalam waktu yang jauh lebih singkat, sekitar 1 menit, dibanding merk lain yang bisa mencapai 3 menit bahkan 7 menit baru kompressor bekerja maksimum. Teknologi ini hanya tersedia di tipe AC Panasonic Inverter 2015.

- Eco Tough
Eco Tough adalah teknologi Outdoor AC Panasonic dimana material pembuat Outdoor sudah bukan merupakan besi lagi, tetapi sudah menggunakan material yang bernama SuperDyma yang merupakan campuran dari Timah, Aluminium, Magnesium dan Silikon. Dimana material ini adalah anti korosi sehingga sangat cocok digunakan di daerah yang beriklim tropis dan dekat pantai seperti Indonesia. Material SuperDyma ini juga digunakan untuk membangun jembatan dan gedung bertingkat. Pada saat pengujian setelah 2 tahun tidak tampak sedikit pun karat terjadi di unit outdoor yang terpapar hujan dan panas matahari setiap hari selama 2 tahun.

- Econavi
Teknologi ini sungguh luar biasa. Indoor AC dilengkapi dengan sebuah mata yang mampu mendeteksi keberadaan manusia. Pada saat AC menyala dan AC mendeteksi tidak ada manusia di dalam ruangan selama 60 menit, maka AC akan menaikan suhu ruangan sebanyak 1 derajat, dan setelah 60 menit lagi, AC akan menaikan lagi suhu ruangan sebanyak 1 derajat. Apabila setelah itu AC mendeteksi ada manusia di dalam ruangan, dalam waktu 20 menit, AC akan mengembalikan suhu ruangan ke suhu remote. Kemudian mata sensor juga dapat mendeteksi gerakan tubuh manusia, jadi misalnya kita berolahraga di dalam ruangan maka AC akan dengan otomatis menurunkan suhu 1 derajat dari suhu remote, dan akan mengembalikan suhu ruangan ke suhu remote setelah aktivitas selesai. Bahkan arah hembusan AC dapat mengikuti manusia, jadi apabila posisi duduk kita pindah, maka hembusan angin dapat mengikuti kita supaya kita tetap merasa dingin dan nyaman berada di dalam ruangan. Teknologi ini mampu menghemat konsumsi listrik sampai 35% dibanding AC biasa.

- Econavi Dual Sensors (Human Detection Sensor and Sun light sensor)
Nah Econavi Dual Sensors memiliki 2 mata sensor. Mata pertama adalah sensor keberadaan manusia seperti yang telah dijelaskan diatas, ditambah 1 mata sensor untuk mendeteksi sinar matahari. Jadi apabila AC mendeteksi intensitas cahaya matahari yang meningkat maka AC dapat menurunkan suhu ruangan sebesar 1 derajat lagi untuk meng-kompensasi panas matahari yang masuk ke dalam ruangan. Dengan Econavi Dual Sensors penghematan yang didapat mencapai 38% dibanding AC biasa.

- Nanoe-G
Teknologi Ion negatif ini ditemukan oleh Sharp dan disempurnakan oleh Panasonic. AC akan menyemburkan 3 trilliun Ion partikel Nanoe-G ke seluruh ruangan dimana Ion partikel Nanoe-G merupakan Ion negatif yang mampu mengikat dan membasmi bakteri dan virus diudara sampai 99%, di filter AC, bahkan di permukaan seprei, sofa dan kursi sehingga menghambat pertumbuhan jamur. Partikel Nanoe-G sangat efektif membunuh virus dan bakteri bahkan mampu membunuh virus Flu Burung (H1N1) yang sedang terbang di udara. Sebegitu hebat dan efektifnya teknologi Nanoe-G ini hingga dilisensi oleh Toyota untuk digunakan di AC mobil Alphard 3.5V, Lexus LS460 dan LS600 Hybrid keluaran tahun 2014 keatas. Bahkan iklan di Kompas tanggal 15 Januari 2015, mobil Honda CRV terbaru juga sudah me-lisensi penggunaan fitur ini di kendaraan mereka. Di tahun 2015 ini bahkan Nanoe-G sudah dapat membasmi partikel yang berukuran PM2.5 (2.5 Micrometer) yang merupakan ukuran asap rokok. (Asap rokok dapat tersaring dan terbunuh racunnya dengan sempurna)

- Nanoe-G featuring Dust Sensor

Teknologi ini sama dengan teknologi Nanoe-G generasi lama, namun kini dilengkapi dengan sensor tingkat kebersihan udara. Jadi apabila sensor debu melihat kualitas udara kotor di dalam ruangan, maka Nanoe-G akan secara otomatis menyala, jadi tidak perlu dinyalakan manual via remote. Plus bisa juga mengaktifkan fitur Nanoe-G walaupun AC dalam kondisi mati. Jadi AC akan berfungsi seperti Air-Purifier tanpa perlu menyalakan kompressor AC.

- Inverter
Inverter merupakan teknologi kompressor yang menggunakan arus DC bukan arus AC seperti kompressor AC tipe lain. Perbedaannya adalah kompressor AC Inverter tidak pernah mati, tidak seperti kompressor tipe lain yang nyala-mati-nyala-mati sesuai suhu ruangan. Nah trus bagaimana bisa hemat? nah anggap saja perbandingan kompressor AC Inverter seperti menyetir mobil keluar kota dimana di tol kecepatan mobil anda konstan misalnya 100km/jam dibanding kompressor AC konvensional seperti menyetir mobil di kondisi dalam kota yang selalu gas-rem-gas-rem. Tentu penggunaan BBM mobil menyetir keluar kota jauh lebih irit. Ini juga sama analogi-nya seperti AC Inverter yang pemakaian listriknya akan jauh lebih hemat hingga 50% dibanding AC yang menggunakan kompressor konvensional. Fitur inverter ini dibarengi dengan dual sensor Econavi adalah 2 fitur unggulan. Jadi carilah tipe AC Panasonic yang memiliki kedua fitur ini untuk mendapatkan AC terbaik.

- Powerful
Mode Powerful apabila dinyalakan misalnya pada saat suhu di remote 24 dan kecepatan angin fan 1, maka AC akan mengabaikan suhu dan kecepatan remote, dan menjadikan AC bersuhu 16 dengan kecepatan kipas lebih kencang dari setelan maksimum di remote selama 20 menit. Jadi misalnya anda baru pulang berpergian, sampai rumah merasa panas, anda dapat menyalakan mode powerful agar ruangan lebih cepat dingin. Setelah 20 menit AC akan otomatis kembali mengikuti suhu dan kecepatan fan sesuai dengan remote AC.

- Quiet
Mode Quiet apabila dinyalakan akan mengurangi kecepatan kipas sehingga suaranya lebih hening. Apabila anda penyuka kesunyian kala ingin tidur, maka apabila ruangan sudah sunyi dan anda masih dapat mendengar suara hembusan AC, coba nyalakan mode Quiet. Anda akan kaget karena anda benar-benar dapat mendengar perbedaannya. Pada saat mode Quiet dinyalakan, suara hembusan angin AC nyaris tak terdengar lagi. Tanpa mengurangi kapasitas mendinginkan ruangan.

Oke sekarang kita mulai dengan tipe AC Split Panasonic yang kami jual:

1. AC Panasonic Elite Inverter Freon R32 (CS-VU SKP Series) made in Malaysia tersedia mulai 1PK sampai 2PK
Tipe AC ini adalah tipe KEBANGGAAN dari Panasonic Indonesia. Selain memiliki design luar biasa keren, ini adalah tipe Inverter kedua di Indonesia yang menggunakan Freon R32. Jadi Daikin bukan satu-satunya lagi AC Inverter di Indonesia yang menggunakan Freon R32 yah. AC tipe ini bener-bener canggih karena:

a. Memiliki Sirip baru bernama SKYWING dimana bukaan angin AC terletak diatas AC bukan dibawah. Siripnya pun sangat canggih karena dapat membuat angin AC menyembur keatas (RADIANT COOLING) atau menyembur ke bawah (DIRECT COOLING). Radiant Cooling dapat menurunkan temperatur ruangan dengan mendinginkan plafon kamar jadi kalau kita masuk kamar rasanya seperti masuk ke dalam Mall dimana suhunya dingin tapi ga kerasa kena sembur anginnya. Sedangkan Direct Cooling dapat digunakan pada saat AC baru menyala jadi angin sengaja diarahkan kebawah biar kita bisa lebih cepat merasa dingin. Satu-satunya AC di Indonesia yang memiliki teknologi ini cuman Panasonic Elite Inverter!

b. Memiliki teknonologi Inverter + P-Tech, Nanoe-G featuring Dust Filter, dan juga memiliki remote AC yang sudah memiliki backlight seperti tipe High Inverter Daikin, namun bedanya remote AC Panasonic Elite Inverter ini bagian bawahnya kalau dibuka sliding turun, remotenya jadi seperti melayang. Pokoknya SUPER KERENNNN!!!!

c. Settingan suhu remote AC adalah per 0.5 derajat!!! Jadi kita bisa set suhu remote 23.5 atau 24.5 derajat misalnya. Keren banget kan?! Cuman AC Panasonic Elite Inverter satu-satunya AC di Indonesia yang memiliki fitur ini loh!

d. Memiliki KONSUMSI LISTRIK LEBIH RENDAH daripada seri Inverter CS-S SKP series dan juga sudah sama dengan Daikin High Inverter yang terkenal irit banget, jadi PASTI lebih hemat listrik.

d. Sudah menggunakan FREON R32!!!! Jadi pasti dingin bangettttttt....

e. SLIDING LED PANEL jadi pada saat AC menyala Panel-panel AC akan slide keluar menunjukkan lampu indikator power, timer, dan lampu indikator tingkat kebersihan udara. KEREN!!!!

f. XTRA-Quiet dengan teknologi ini, AC Panasonic Elite Inverter 1PK CS-VU10SKP memiliki tingkat kebisingan HANYA 18db pada settingan Quiet Mode. Hal ini menjadikan AC Panasonic Elite Inverter adalah AC PALING HENING DI INDONESIA. Tidak ada merk apapun yang mampu menyamai tingkat kebisingan AC ini. DIJAMIN! Hanya Daikin Eurpoean Design yang harganya jauh lebih mahal dan Mitsubishi Electric Inverter yang harganya lebih murah tapi Watt-nya lebih besar yang mampu mendekati dengan tingkat kebisingan Indoor 19db.

Dengan 6 keunggulan ini, membuat AC Panasonic Elite Inverter adalah salah satu AC paling canggih, paling cepet bikin dingin, paling ga berisik dan paling keren di Indonesia!

2. AC Panasonic Basic Freon R32 (CS-YN SKJ series) made in Indonesia tersedia mulai 1/2PK sampai 1PK

Tipe AC Panasonic ini baru diluncurkan, sudah memakai Freon R32, tapi tidak memiliki teknologi apapun, jadi hanya nyala dan dingin saja. Tapi garansi tetap tidak berubah yaitu 3 tahun kompressor dan 1 tahun spare part. Harganya pun lebih murah dari tipe Standard walau tidak terlalu jauh bedanya. Teknologi ooutdoor tipe AC Panasonic ini sudah dilengkapi teknologi Eco Tough.

3. AC Panasonic Standard Freon R32 (CS-PN SKJ dan SKP series) made in Indonesia untuk SKJ dan made in Malaysia untuk SKP tersedia mulai 0.5 (1/2) PK sampai 2.5PK

tipe AC Panasonic ini merupakan seri standard dari keluarga AC Panasonic. Namun jangan takut atau bimbang karena walaupun ini merupakan seri standard, kualitasnya sudah tentu terjamin dengan mempertaruhkan nama besar Panasonic sebagai pemimpin pasar AC di Indonesia. AC tipe ini telah dilengkapi dengan fitur Eco Smart 3 dan iAuto untuk 0.5PK sampai 1PK dan hanya fitur iAuto untuk 1.5PK sampai 2.5PK. Tipe PK kecil (1/2 sampai 1.5) juga dilengkapi outdoor Eco Tough. Untuk PK kecil tipe resminya adalah CS-PN5/7/9/12SKJ. AC Tipe ini dipoduksi di Indonesia. Semua AC Panasonic tipe SKJ adalah buatan Indonesia dan tipe SKP adalah buatan Malaysia.

AC Panasonic Standard R32 PK Besar CS-PN12SKP

Tipe AC Panasonic Standard R32 yang PK besar ya mulai 2PK dan 2.5PK. Tipe resminya adalah CS-PN18/24SKP. Masih build up Malaysia, namun outdoor belum dilengkapi teknologi Eco Tough.

4. AC Panasonic Alowa Freon R32 (CS-KN SKJ series) made in Indonesia tersedia mulai 1/2PK sampai 1PK

AC tipe ini memiliki watt rendah dengan cara menggunakan kompressor yang lebih kecil. Watt AC 0.5PK adalah 320 Watt Vs 380 Watt untuk tipe Standard, 3/4PK adalah 530 Watt Vs 595 Watt untuk tipe Standard, dan 1PK adalah 660 Watt Vs 820 Watt untuk tipe Standard. AC seri Alowa sudah dilengkapi fitur Eco Smart 3, dan juga sudah dilengkapi dengan filter anti bakteri (bukan Nanoe-G yang menyemburkan ion untuk membunuh bakteri). Outdoor AC juga sudah dilengkapi Eco Tough.

5. AC Panasonic Alowa Deluxe Freon R32 (CS-XN SKJ series) made in Indonesia tersedia mulai 0.5PK sampai 1PK

Tipe AC Panasonic ini menggunakan daya yang sama dengan tipe Alowa diatas, namun bedanya AC tipe ini sudah dilengkapi dengan teknologi Econavi dan Nanoe-G selain fitur Eco Smart 3, Powerful dan Quiet. Outdoornya pun sudah dilengkapi teknologi Eco Tough.

6. AC Panasonic Standard Inverter Freon R410A (CS-PS QKP dan NKP series) made in Malaysia tersedia mulai 1PK sampai 2PK (DISCONTINUED)

Tiep AC Panasonic ini tidak memiliki teknologi apapun kecuali Inverter, karena teknologi inverter sudah sangat menghemat listrik. Mulai tahun 2015, tipe AC Panasonic ini dikeluarkan lagi oleh PT. Panasonic Gobel Indonesia dan tersedia mulai ukuran 1PK sampai 2PK. Khusus tipe ini sepertinya sudah discontinued karena sudah tidak pernah tersedia lagi stoknya.

7. AC Panasonic Envio Freon R32 (CS-N RKP Series) made in Malaysia tersedia mulai 3/4 (0.75) PK sampai 2.5PK (DISCONTINUED)

Tipe AC Panasonic ini sebenernya top of the line panasonic kalo anda suka dingin menusuk tulang... dilengkapi semua teknologi seperti Econavi Dual Sensors, Nanoe-G, iAuto, dan Quiet. Kemudian sudah menggunakan Freon R32 yang secara karakteristik lebih dingin dari Freon R410A yang digunakan di tipe Inverter. Juga lebih ramah lingkungan dari Freon R410A. Jika ingin tahu perbedaan Freon R32 dengan jenis Freon yang lain silahkan baca artikel nya di pejwan sini.

AC tipe ini sungguh sangat disayangkan sudah disontinued yah sejak bulan September 2016.

8. AC Panasonic Inverter Freon R410A (CS-S SKP Series) made in Malaysia tersedia mulai 1PK sampai 2.5PK

Tipe AC Panasonic ini adalah top the line menurut Panasonic. Dilengkapi dengan semua fitur AC Envio seperti Econavi Dual Sensors, Nanoe-G, Aerowings, dan P-Tech ditambah teknologi Inverter yang mampu menghemat listrik total 65% dibanding AC tipe non-Inverter Panasonic. Remote-nya pun berubah menjadi lebih besar dibanding model tahun 2014 supaya lebih mudah dipegang dan lebih mudah dipencet tombolnya. Untuk tipenya sekarang berubah menjadi contoh untuk 1 PK: CS-S10SKP versus model tahun 2015 yaitu CS-S10RKP

Nah untuk AC type Standard, Alowa, Alowa Ion dan Standard Inverter, itu AC kompressor dari Malaysia, body AC, Evaporator, dll dibuat di pabrik Panasonic di Indonesia.
Sedangkan untuk tipe Envio, Inverter dan Elite Inverter Kompressor AC, body AC, Evaporator dll itu CBU dari pabrik Panasonic di Malaysia, dan diimport utuh.

Sekali lagi kami tekankan SEMUA TIPE AC PANASONIC yang belakangnya SKJ adalah buatan Indonesia dan yang belakangnya SKP adalah buatan Malaysia. Jadi tidak perlu bingung lagi yah.

Oke kira-kira sekian dulu artikel kali ini. Bila ingin mengetahui spesifikasi, Btu, konsumsi daya dan harganya silahkan langsung scrolling2 artikel ane yang lain di halaman ini...

Semua Line up Tipe AC Panasonic 2016 dikupas tuntassss, tanpa kebohongan, tanpa neko-neko, dengan bahasa yang semoga lebih mudah dimengerti

Lain kali saya akan berikan lagi artikel yang berguna bagi agan2 sekalian...
reserved for article 15
reserved for article 16
reserved for article 17
reserved for article 18
Pertamaxxxx dirumah baru.

Ayo dong yg uda pernah pake panasonic cs u13tkp series reviewnya
Diubah oleh ketupat
Halaman 1 dari 70


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di