alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hidup Adalah Kebetulan
4.33 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd818c0d44f9fbe698b4590/hidup-adalah-kebetulan

Hidup Adalah Kebetulan

Hidup Adalah Kebetulan
szumszum.blogspot.com

Hidup kita dipenuhi kebetulan. Berbagai peristiwa terjadi tanpa diramalkan. Hal-hal tak terduga memberikan kejutan. Kita pun bertanya tanya, apa makna suatu kejadian?

Pada level pribadi kebetulan terus terjadi. Yang kita perlukan hanyalah melihat dengan sedikit jeli. Seperti tiba-tiba hujan, tepat pada waktu kita sampai di tempat tujuan. Atau tepat mendapatkan uang, ketika kita sedang amat membutuhkan.

Hal yang sama terjadi pada level sosial. Konon revolusi seringkali tidak direncanakan. Revolusi seringkali merupakan serangkaian kebetulan. Kita pun patut mempertanyakan akurasi teori-teori yang berusaha menjelaskan perubahan.

Kebetulan adalah suatu peristiwa yang sifatnya singular. Sifatnya unik dan tidak bisa diulang. Yang bisa dilakukan adalah menciptakan situasi-situasi yang memungkinkan terciptanya kebetulan yang menguntungkan. Namun usaha ini pun tidak bisa memastikan, bahwa kebetulan yang diharapkan akan terjadi.

Machiavelli
Spoiler for cover "the prince":

Lebih dari 600 tahun yang lalu, Nicolo Machiavelli, seorang filsuf Italia, menulis buku The Prince. Buku ini telah menjadi traktat politik legendaris yang dipelajari banyak orang. Pada salah satu bagian buku itu diterangkan, bagaimana orang bisa mencapai tujuannya. Faktor pertama yang menentukan keberhasilan adalah keutamaan. Keutamaan adalah keterampilan yang mendalam tentang suatu bidang. Keutamaan moral berarti orang memahami dan terampil dalam menjalankan nilai-nilai kebaikan dalam hidupnya, sambil menghindari yang buruk. Keutamaan seorang pedagang adalah keterampilan orang dalam melakukan transaksi, tepat janji, dan melakukan investasi. Dan keutamaan seorang guru adalah keterampilannya dalam mendampingi aspek intelektual maupun emosional anak didiknya.

Untuk bisa sampai pada kebetulan yang menguntungkan, orang perlu mempersiapkan diri. Ia tidak bisa diam berleha-leha. Ia perlu melatih diri, guna mencapai keutamaan. Dapatlah dikatakan bahwa keutamaan adalah kondisi pertama yang memungkinkan orang bisa mengalami kebetulan yang menguntungkan. Untuk bisa berhasil mewujudkan suatu tujuan, orang tidak hanya perlu keutamaan, namun juga keberuntungan. Faktor keberuntungan amat terkait dengan kebetulan. Seringkali tidak ada sebab nyata, mengapa kita beruntung. Namun orang tetap perlu selalu bersiap melatih diri dalam keutamaan, supaya ia mendapatkan keberuntungan yang menguntungkan. Maka jika dilihat dari filsafat Machiavelli, kebetulan selalu lahir dari kombinasi antara dua hal, keutamaan dan keberuntungan. Keduanya harus ada dan tidak bisa dipisahkan begitu saja. Orang tidak bisa mengharapkan keberuntungan, tanpa sebelumnya berlatih keras mencapai keutamaan. Namun berlatih dalam keutamaan tidak otomatis membawa orang pada kebetulan-kebetulan yang menguntungkan. Inilah ketidakpastian.***





sumber
Halaman 1 dari 6
reserved
Pada titik tertentu juga hidup adalah sebuah kebetulan.
Bagaimana kalo dulu bumi ga berada di zona goldilock?
Bagaimana kalo dulu dinosaurus gak punah?
Kecil kemungkinan sapiens akan hadir di dunia ini.
Quote:


itu tergantung bagaimana persepsi memaknai kebetulan oom. emoticon-Smilie
hmm

kalau keberuntungan yg menguntungkan itu bisa diraih dgn cara melatih keutamaan, berarti ini empiris ya


lalu kebetulan posisisnya dimana?

wilayah abu"?
Quote:


pertama hal ini tidak empiris oom. emoticon-Smilie kedua keberuntungan tak slalu dapat dicapai dgn melatih keutamaan. ketidakpastian menjadi hukum mutlak. Tak dapat pula dikatakan sebagai wilayah abu2 sebab ada proses pda keberuntungan. emoticon-Smilie
Balasan post ryan.manullang
Quote:


setuju om, memang keberuntungan tidak selalu dicapai lewat keutamaan,

tadi salah apa ya, bukan keberuntungan tapi kebetulan (ralat deh, om)

ane liat trit om, ada keutamaan sebagai pedagang yakni trampil melakukan transaksi, tepat janji dsb
lalu keutamaan sebagai guru yakni sebagai bs ahli mensejajarkan emosional dan intelektualnya.
lalu dibawah kalimat om.. ada menyebutkan ..seseorang harus tetap berlatih pd keutamaan, karena keutamaan adalah kondisi pertama yang memungkinkan orang bisa mengalami kebetulan yang menguntungkan, dan beberapa line dibawahnya juga yg menguatkan kondisi yg sama.

maka ane pikir ..berarti sama seperti 'meningkatkan chance' ya, kan dalam statistika 'chance' kan bs diukur (empiris), dgn melihat pattern"(pola") dan variable" yg mendukung/faktornya, dsb.
tapi memang output utk 'chance' itu memang tidak 100persen.. (ada nilai ketidakpastian, yg ane sebut wilayah abu")

-------
ane ingat sama omongan mbah sujiwo tejdo, ada kiyai yg bilang salah satu sama pengikutnya utk buka warung makan tapi ternyata warung makannya rame sekali, padahal ga punya persiapan, ga punya keahlian perencanaan, ga punya hal" yg bersifat empiris.. customer mau makan pun disana kadang yg jualan ngomongnya ketus ke customernya. ngomong kasar (dancukk). mau minjem duit ke bank pun bingung, bank bingung pas nguji nya, tapi itu rame. kata mbah tejdo.

apa ini termasuk keberuntungan yg menguntungkan atau kebetulan gan?

ane masih bingung soal ini

-------
trit om filsafat sekali emoticon-Big Grin
Tergantung SItuasi, KONdisi, TOLeransi, PANdangan dan JANGkauan...
#Jangan di singkat...

Hidup Adalah Kebetulan
Quote:


empiris jg tdk slalu mutlak oom. Tak segala hal telah mampu diukur oleh hal empiris. Bisa jdi kebetulan atau keberuntungan berada pada wilayah metafisik sehingga tak slalu empiris atau belum mencapai sifat empiris. emoticon-Big Grin tpi entahlah. Hehe

Ketidakpastian selalu menjadi anomali dalam menjelaskan sebuah metoda atau rangkaian peristiwa. Ya mungkin dgn ketidakpastian ilmu pengetahuan slalu berkembang dan berubah.emoticon-Smilie
Quote:


pastinya oom. hahaha
Namun lebih banyak film tentang pembela kebenaran
daripada tentang pembela kebetulan.

emoticon-Bingung
itulah namanya hidup
saya pikir tidak ada kejadian yang terjadi hanya karena "kebetulan"
hidup itu
ribet bin mbingungi klo ngurusin gituan
hidup itu kebetulan kah, udah terprogram kah
bikin puyeng.
mending dinikmati saja hidup ini
jalani apa adanya
Akan berbeda jika kita melihat dari perspektif agama
Hidup itu proses....
Quote:


emang kalau disingkat jd apa om wkwmw
Diubah oleh uangkul
Quote:


tergantung kon tol pan jang ya gan emoticon-Smilie
Balasan post eggnostick
Quote:

maka mungkin kita bakal ada 100 juta thn lg sambil menunggu ada suatu planet yg berada di zona goldilock. dan planet itu kita namai bumi emoticon-Leh Uga

Quote:


maka mungkin kita akan menunggu 100 jt thn lg utk menunggu dinosaur punah emoticon-Leh Uga
hidup adalah kejutan
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di