alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
3 Kecelakaan Pesawat Paling Buruk yang Pernah Terjadi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd806da9e7404d57f8b4573/3-kecelakaan-pesawat-paling-buruk-yang-pernah-terjadi

3 Kecelakaan Pesawat Paling Buruk yang Pernah Terjadi

3 Kecelakaan Pesawat Paling Buruk yang Pernah Terjadi

Apa kecelakaan pesawat paling buruk yang pernah terjadi dalam sejarah penerbangan? Setidaknya ada tiga yang perlu dicatat di sini:
 
1.  Pembajakan teroris 9/11

3 Kecelakaan Pesawat Paling Buruk yang Pernah Terjadi

Di puncak ada serangan teroris 11 September 2001, yang rasanya boleh disebut sebagai kecelakaan pesawat terburuk sepanjang sejarah. Dua pesawat Boeing 767 dan Boeing 757 dibajak oleh teroris.
 
Pembajak kemudian menabrakkan dua pesawat itu ke World Trade Centre di New York. Sebetulnya ada dua pesawat lagi yang tadinya mau ditabrakkan ke lokasi lain. Pesawat ketiga ditabrakkan ke Pentagon.
 
Pesawat keempat, yang tadinya mau ditabrakkan ke Gedung Putih, markas Presiden Amerika Serikat, akhirnya jatuh di Pennsylvania. 2,996 orang, termasuk penumpang pesawat, terbunuh di insiden 9/11.
 
Kecelakaan pesawat pada 9/11 dianggap sebagai yang terbesar, sekaligus memicu dimulainya era ‘War on Terror’.
 
2. Bencana Charkhi Dadri

3 Kecelakaan Pesawat Paling Buruk yang Pernah Terjadi
Tabrakan di udara, antara dua pesawat, yang terjadi di New Delhi, India, pada 12 November 1996, merupakan insiden tabrakan terburuk. Penerbangan Saudi Arabian 763 bertabrakan dengan penerbangan Kazakhstan Airlines 1907.
 
Seluruh 349 penumpang di kedua pesawat tewas. Penyebab tabrakan dikarenakan kesalahan pilot Kazakhstan yang salah memahami instruksi pengawas menara udara di bandara Delhi.
 
Ceritanya pilot Kazakhstan mengarahkan pesawatnya di jalur yang sama dengan pesawat Saudi Arabian. Dampak kecelakaan tersebut cukup serius. Otoritas penerbangan sipil India akhirnya mensyaratkan supaya setiap pesawat yang mendarat atau lepas landas dari bandara mesti melengkapi diri dengan peralatan pencegah tabrakan.
 
Keputusan itu kemudian diikuti oleh banyak negara lain dan akhirnya diterapkan menjadi kebijakan global.
 
3. Insiden Japan Airlines 123

3 Kecelakaan Pesawat Paling Buruk yang Pernah Terjadi
Pada 12 Agustus 1985, pesawat Japan Airlines nomor 123 beranjak dari bandara Haneda, Tokyo, menuju Osaka. Di menit ke-46 sehabis take off, kekacauan dimulai. Pilot pesawat kehilangan kontrol atas pesawatnya, karena kerusakan sistem hidrolik.
 
Pilot yang tak mampu mengendalikan pesawatnya akhirnya. Pesawat Japan Airlines 123 akhirnya menabrak Gunung Ogura. Sekitar 505 penumpang dan 15 kru pesawat tewas, dan hanya menyisakan empat orang yang masih hidup. Dalam sejarah, apa yang terjadi pada Japan Airlines Flight 123 dianggap sebagai kecelakaan pesawat tunggal yang terburuk dalam sejarah.
 
Apa kalian mau menambahkan?
 
SUMBER


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di