alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pengalaman Mengikuti Pelatihan Digitalent
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd72dee92523376358b4568/pengalaman-mengikuti-pelatihan-digitalent

Pengalaman Mengikuti Pelatihan Digitalent

Pengalaman Mengikuti Pelatihan Digitalentemoticon-Ultah Hai hai semua !!!! kali ini ane mau berbagi pengalaman atau cerita tentang pelatihan digitalent yang ane ikuti yakni di kelas Cloud Computing emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)

Awalnya ane gak nyangka dan seneng  banget ketika nama ane lolos dalam seleksi digitalent, oh ya buat yang belum tahu program ini itu untuk mempersiapkan SDM Indonesia dalam menghadapi industri 4.0 oleh Keminfo yang bekerja sama dengan Microsoft dan 5 universitas di Indonesia. Balik lagi ke cerita ane, kenapa ane seneng banget?! ya karena seleksinya cukup ketat karena dari 21.188 yang ikut tes hanya 1000 yang lolosemoticon-Wow dan ane salah satunya wkwkwk.

Ane saat daftar memilih cloud computing karena ane baru denger dan sepertinya menarik, untuk tempatnya ane memilih di Universitas Indonesia karena dekat dengan rumah.  Setelah melengkapi berkas berkas yang diperlukan ane kemudian tes, tes nya ini ya tentang jaringan dan web kalo gak salah waktu itu jumlah soalnya 30 dengan durasi 20 menit ane lupa gan hehe..

Waktu pun berlalu dari ane tes sampai pengumuman yakni tanggal 9 oktober dan Alhamdulillah ane lolos. Ane pun langsung melengkapi berkas yang masih kurang, dan kemudian tanggal 12 panitia menyatakan berkas ane lengkap dan ane bisa langsung ke tempat penyelenggaraan tanggal 15 Oktober.

Pada tanggal yang ditentukan ane pun datang dihari pertama ini adalah pembukaan dan kuliah umum dari keminfo dan microsoft tentang apa itu industri 4.0 dan manfaatnya untuk masa depan Indonesia.Kemudian dilanjut dengan coffee break dan makan siang GRATISemoticon-Ngakak Setelah itu dilanjut lagi dengan pembagian kelas dan ditunjukin tempatnya.

Dari 3 minggu pelatihan yang ane dapat, ternyata cloud computing bukanlah hal baru semua ini bahkan sudah ada sejak jaman mainframe  dan kemudian teknologinya di terapin di komputer server yang ada digenerasi selanjutnya. Keuntungan dengan adanya cloud computing adalah kita tidak perlu membeli server fisik atau membangun data center sendiri yang biaya bisa mencapai milyaran rupiah, kita cukup menyewa pada CSP (Cloud Service Provider) sesuai kebutuhan dan bisa ditambah/dikurangi. Jasa yang ditawarkan CSP pun beragam mulai dari Iaas,Paas,Saas.
  1. IaaS= Infrastruktur as a service yakni mereka menyewakan hardwarenya dalam hal ini mesin virtual mulai dari komputasi,storage,networking contoh Microsft Azure, AWS Amazon
  2. PaaS= Platfrom as a service yakni mereka menyewakan sistem setengah jadi contohnya berbentuk CMS
  3. SaaS= Software as a service yakni mereka menyewakan layanan siap pakai contohnya seperti Google drive,Dropbox,dan Salesforce.com

Ok sekian dulu yang bisa ane share kalo udah full 2 bulan nanti ane share lagi pengalaman ane. Ane cuma minta doá semoga ane sehat selalu dan bisa ikut pelatihan tanpa bolong. SEE YOU NEXT TIME GUYS!!!


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di