alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
7 Cara Menghilangkan Pilek Dalam Semalam
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd6b28fded770f04c8b4592/7-cara-menghilangkan-pilek-dalam-semalam

7 Cara Menghilangkan Pilek Dalam Semalam

Cara Menghilangkan Pilek Dalam Semalam


Penyakit pilek ini memang hampir semua orang pernah mengalaminya. Namun, keluhannya dapat berbeda terutama dalam kondisi cuaca yang tidak stabil. Penyakit pilek sendiri adalah infeksi ringan pada salurang sinus, tenggorokan, hidung, dan saluran pernapasan bagian atas akibat serangan virus.

Ketika pada saat seseorang yang mengalami sakit pilek biasanya juga sering disertai dengan batuk, suara serak, dan pernapasan tidak lancar. Berikut ini beberapa hal atau tips yang mampu meredakan penyakit pilek anda, diantaranya :

1. Berendam di air hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat tidak hanya membantu mengurangi pilek, tetapi juga alergi. Bagi anda yang selalu menggunakan humifider atau mesin pelembap udara juga bisa membantu untuk meringankan gejala dari penyakit pilek ini. Sebab, alat ini mampu melembapkan ruangan pada saat udara kering.

2. Mengkonsumsi Obat

Cara yang paling instan dan sering digunakan oleh kebanyakan masyarakat adalah dengan mengkonsumsi obat. Misalnya bagi anda yang mengalami penyakit batuk dan pilek biasanya sering mengkonsumsi obat yang mengandung dekongestan.

Kandungan dekongestan sendiri dapat membantu meredakan hidung tersumbat dengan mengecilkan jaringan hidung yang bengkak serta mengurangi produksi lendir. Obat yang mengandung dekongestan sendri hadir dalam bentuk sirup, semprotan hidung, dan juga pil.

3. Mengisap Permen Lozenges

Permen yang memiliki kandungan menthol dapat menjadi pelega tenggorokan sehingga dapat membantu untuk meredakan hidung tersumbat, mengurangi refleks batuk, dan nyeri tenggorokan.

4. Banyak Mengkonsumsi Air

Terjadinya penyakit pilek yang sering disertai batuk dapat menyebabkan postnasal drip. Yakni kondisi yang terjadi ketika lendir ( ingus ) yang bertlebihan menumpuk pada bagian belakang tenggorokan.

Agar terhindar dari hal ini, disarankan untuk banyak mengkonsumsi air agar dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembap. Terdapat hasil penelitian menyatakan bahwa dengan meminum teh hangat dengan madu juga bisa menenangkan tenggorokan.

5. Neti Pot

Melakukan cara neti pot untuk mencuci hidung juga dapat mengatasi masalah hidung berair dan tidak nyaman. Neti pot sendiri adalah wadah kecil seperti bentuk teko dengan ujungnya yang kecil.

Untuk penggunaanya, anda dapat mengisinya dengan larutan garam atau air asin hangat ke dalamnya lalu digunakan untuk mengirigasi hidung yang pilek. Caranya dengan mengaliri salah satu rongga hidung, maka cairan tersebut akan keluar dari lubang hidung lainnya.

6. Akupersur

Cara cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik akupresur. Pada akupresur sendiri, terdapat beberapa titik pada tubuh yang ditekan-tekan dengan jari selama beberapa menit dan berulang hingga terasa efek penyembuhannya.

7. Mengkonsumsi Makanan-Makanan Pedas

Meskipun anda sedang tidak mengalami hidung meler, tetapi ketika mengkonsumsi makanan pedas, akan membuat hidung anda mengeluarkan cairan dengan sendirinya. Akan tetapi, ketika anda sedang mengalami gejala hidung tersumbat, mengkonsumsi makanan pedas akan dapat membantu meringankannya.

Sebab, kandungan zat capsaicin yang membuat cabai terasa pedas memiliki efek untuk mengencerkan lendir dan efek dekongestan yang dapat melonggarkan saluran hidung. Maka dari itu, tidaklah heran jika cairan pada hidung ( ingus ) menjadi meleleh. Serta di saat itulah waktu yang tepat untuk mengeluarkannya.

Makanan pedas yang berkuah biasanya lebih efektif dibandingkan yang lainnya. Seperti sup ayam, baskso, dan soto adalah beberapa makanan yang bisa mengeluarkan cairan dari hidung. Keuntungan yang anda dapatkan adalah seperti uap panasm cairannya yang semuanya menunjang, dan rasa pedas yang nikmat.

Akan tetapi, bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag serta penyakit pencernaan lainnya tidak untuk direkomendasikan mengkonsumsi makanan pedas ini.
Urutan Terlama
ngudud gan bagi bbrp orang
ngunyah bawang putih paling top gan emoticon-Big Grin
iye paling seger tuh gan ngunyah bawang hihihiemoticon-Wow


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di