alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Waspada! Demam Tifoid (Tifus) Sangat Berbahaya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd684fa62088109128b4567/waspada-demam-tifoid-tifus-sangat-berbahaya

Waspada! Demam Tifoid (Tifus) Sangat Berbahaya

Demam Tifoid atau tifus (tipes) merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhii. Penyakit ini bisa menular dengan cepat, umumnya melalui konsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri Salmonella typhii. Pada kasus yang jarang terjadi, penularan demam tifoid bisa terjadi karena terpapar urine yang sudah terinfeksi bakteri Salmonella typhii.
Waspada! Demam Tifoid (Tifus) Sangat Berbahaya
Hampir 100.000 penduduk Indonesia terjangkit penyakit demam tifoid tiap tahunnya. Oleh karena itu, penyakit tifus dinyatakan sebagai penyakit endemik dan masalah kesehatan serius dalam negeri. Sanitasi yang buruk dan keterbatasan akses ai bersih, diyakini adalah penyebab utama berkembangnya penyakit demam tifoid. Anak-anak lebih sering terserang tifus karena belum sempurnanya sistem kekebalan tubuh.
Apabila tidak segera diobati, tiap satu dari lima orang akan meninggal karena demam tifoid. Demam tifoid juga berisiko menimbulkan komplikasi. Pengobatan bisa dilakukan dirumah atau di rumah sakit, tergantung pad atingkat keparahan penyakit.
Gejala Demam Tifoid
Pada umumnya, masa inkubasi bakteri penyebab demam tifoid adalah 7-14 hari, namun dapat lebih pendek yaitu sekitar tiga hari, atau lebih panjang hingga 30 hari. Masa ini dihitung dari saat bakteri masuk ke dalam tubuh hingga menimbulkan gejala awal. 
Diagnosis Demam Tifoid

Di Indonesia, pemeriksaan Widal yaitu uji serologi untuk mendeteksi keberadaan bakteri Salmonella masih sering dilakukan untuk mendiagnosis tifus. Tes ini sangat membantu terutama didaerah yang tidak memiliki diagnosis yang lebih canggih dan mahal.

Selengkapnya klik disini


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di