alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Tips Membuat Apotek Hidup di Rumah #AslinyaLo
5 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd54560582b2e304a8b4568/tips-membuat-apotek-hidup-di-rumah-aslinyalo

Tips Membuat Apotek Hidup di Rumah #AslinyaLo

Tips Membuat Apotek Hidup di Rumah #AslinyaLo

Halo Agan dan Sista, bagaimana kabarnya? Pada kesempatan kali ini ane akan berbagi tips memanfaatkan lahan yang sempit di sekitar pekarangan rumah untuk dijadikan apotek hidup. Saat ini apotek hidup memang sudah jadi tren tanaman yang ditanam di pekarangan rumah tanpa terkecuali warga yang tinggal di perkotaan. Khusus untuk yang tinggal di daerah perkotaan tentunya jika ingin menanam sesuatu pasti terkendala dengan masalah lahan seperti misalnya tidak punya lahan yang cukup luas, atau semua halaman malah sudah tertutup cor beton. Namun jangan khawatir, apotek hidup ini tidak memerlukan lahan yang luas dan caranya sangat gampang tanpa perlu keterampilan khusus. Dengan lahan 1x1 meter pun kalian bisa mempunyai apotek hidup serta bisa menggunakan media pot atau polybag sehingga lebih praktis. Yuk simak caranya pada bahasan berikut ini, namun sebelumnya kita ingat dulu apa sih pengertian apotek hidup itu. Cekidot ya..
Tips Membuat Apotek Hidup di Rumah #AslinyaLo
Sekilas tentang apotek hidup

Apotek hidup adalah memanfaatkan sebagian lahan atau pekarangan rumah untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari. Pengobatan secara alamiah dengan tanaman ini tidak menimbulkan efek samping. Tujuan membuat apotek hidup adalah sebagai sarana penyedia beragam jenis tanaman obat jika sewaktu-waktu diperlukan baik untuk pencegahan maupun mengobati penyakit. Selain itu apotek hidup juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bumbu dapur sehingga kita juga bisa menghemat pengeluaran. Tanaman yang bisa dijadikan apotek hidup sangat banyak contohnya : jahe, kunyit, kencur, lengkuas, lidah buaya, daun sirih, temulawak, daun dewa, kumis kucing, dan lain-lain.

Mempunyai apotek hidup di rumah juga banyak manfaatnya diantaranya :

  • Sebagai stok obat-obatan alami yang mudah didapat tanpa harus membeli.
  • Melestarikan lingkungan sekitar menjadi lingkungan yang sehat.
  • Menyegarkan udara di sekitar rumah karena tanaman bisa menghasilkan oksigen.
  • Dapat dipakai untuk kebutuhan dapur sebagai bumbu dan rempah-rempah yang sehat dan alami.
  • Sebagai tambahan penghasilan keluarga (contohnya budidaya jahe merah bisa dijadikan sebagai usaha agribisnis).

Tips Membuat Apotek Hidup di Rumah #AslinyaLo
Bagi agan dan sista yang ingin mempunyai apotek hidup di rumahnya bisa simak langkah-langkah membuat apotek hidup dengan cepat dan mudah berikut ini.
1. Siapkan media tanam

Tips Membuat Apotek Hidup di Rumah #AslinyaLo


  • Sediakan tanah yang cukup dan pilih tanah yang subur/mengandung banyak humus. Untuk warga perkotaan yang kesulitan mencari tanah solusinya bisa beli tanah di tukang bunga.
  • Yang kedua siapkan pupuk kandang atau kalian juga bisa membeli di toko pertanian terdekat.
  • Siapkan juga campuran coco peat/parutan sabut kelapa & sekam bakar yang bisa dibeli di toko pertanian (opsional).
  • Siapkan kapur dolomit secukupnya (opsional).
  • Langkah selanjutnya, campurkan secara merata bahan-bahan tersebut dengan perbandingan tanah : pupuk kandang : cocopeat : sekam yaitu 2 : 1 : 0,5 : 0,5 , namun kalau hanya tanah dan pupuk kandang saja perbandingannya adalah 1 : 1.
  • Tambahkan sedikit kapur dolomit (opsional), fungsi bahan ini adalah untuk menetralkan pH agar pH tanah berada di kisaran 6,5 – 7,5. Tanah dengan pH netral sangat bagus untuk tanaman karena memudahkan tanaman dalam menyerap unsur hara.

2. Siapkan polybag untuk tempat media tanam

Tips Membuat Apotek Hidup di Rumah #AslinyaLo

Siapkan polybag dengan ukuran sedang biar bisa ditanami 3-4 bibit dalam satu polybag. Selian itu kalau ukurannya sedang juga mudah dan praktis ketika ingin dipindahkan tempatnya. Kenapa memilih memakai polybag? karena polybag harganya lebih murah dibandingkan pot. Alternatif lain juga bisa memakai karung bekas jika punya, namun kelemahannya karung akan cepat rusak dan tidak bisa bertahan lama. Setelah itu masukkan media tanam yang sudah dibuat kedalam polybag dan buat secukupnya. Kalian juga bisa memakai rak bertingkat untuk penempatan polybag agar bisa memaksimalkan lahan yang ada.

3. Menanam bibit

Tips Membuat Apotek Hidup di Rumah #AslinyaLo

Untuk mendapatkan bibit tanaman obat-obatan sangat mudah. Kalian bisa beli di warung dan pilih yang kondisinya masih bagus lalu potong kecil-kecil dan rendam dengan sedikit air. Setelah sekitar 3 hari tunas baru akan muncul dan bibit siap untuk ditanam. Untuk jenis tanaman umbi umbian seperti jahe, kunyit, kencur, lengkuas, temulawak dll, cara menanamnya adalah letakkan pada media tanam yang sudah dibuat tadi dengan tunas menghadap ke atas, lalu tutup dengan sedikit tanah dan usahakan tunas jangan sampai tertutup tanah. Untuk tanaman lain bisa juga langsung ditanam pada media tanam yang kita sediakan tadi.

4. Rawat secara teratur

Tips Membuat Apotek Hidup di Rumah #AslinyaLo

Setelah ditanam, letakkan pada area yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Baru setelah tumbuh batang, kalian bisa memindahkannya pada area yang terkena sinar matahari namun jangan ditaruh di tempat yang seharian terpapar sinar matahari biar tanaman tidak layu. Siram secara teratur cukup sekali saja dalam sehari dan bila tumbuh gulma di sekitar tanaman segera dibersihkan. Cukup mudah bukan? Nah sekarang kita sudah punya apotek hidup di rumah dan tinggal menunggu hasilnya untuk dipanen dan dimanfaatkan untuk obat maupun keperluan lainnya.
Tips Membuat Apotek Hidup di Rumah #AslinyaLo
Sekian saja thread singkat dari ane, semoga bermanfaat.

Terima kasih.

emoticon-terimakasih

----------------------------------------------------------------
Referensi : wikipedia
Gambar : dari sinisinisinisini
Halaman 1 dari 3
kalo ibunya goon make plastik bekas minyak goreng buat pot nya emoticon-Leh Uga
Balasan post goonerettekw
Nah pake itu juga bisa, malahan kreatif trus tebel ga gampang rusak juga
Nice trit, Gan. Selama ini ane cuma nanam pohon buah. Baru coba nanam pohon binahong. Mau coba yg lain lg 😆
Balasan post d.l.may
Punya pohon buah malah mantap, kalau pengen tinggal petik tanpa harus beli emoticon-Big Grin
yang penting masuk page one
makasih ilmunya gan emoticon-Cendol Gan
mantap betul tipsnya emoticon-2 Jempol
daerah panas kalo sudah kenak tanaman bejibun kek pic diatas bakal auto adem.
Back to nature, gan.
kaktuslover
boleh juga nih gan, ilmunya, nanti ane coba terapin deh, soalnya dari dulu, pengen nanem nanem tumbuhan obat kaya gini emoticon-Big Grin
Bagus nih idenya, biar lingkungan gak tambah panas, meski cuman tanaman kecil bisa bantu oksidasi juga tuh nantinya. belum lagi bisa dipetik setiap saat ada kebutuhan. Daripada semua harus beli, kan ini lebih hemat dan lebih sehat gans
trit keren nih emoticon-Rate 5 Star

Yg lebih penting lagi : istiqomah emoticon-Malu

Seringny semangat banget mulai.. begitu masuk bulan ke 2, sering lupa siram. Padahal air penting banget tuh..
Diubah oleh vegamio
Quote:


Quote:


Hai emoticon-Malu
nenek ane Gan, suka nanem apotek hidup & tanaman buat bumbu masakan..
Bisa gak ya ditanam secara hidroponik gitu? emoticon-Bingung (S)
Jadi inget, waktu ane masih lajang dulu, dulu nyokap ane masih rajin buat tanaman apotik hidup gan di perkarangan rumah ane, berhubung karena nyokap ane dah tua juga jadinya udah ga pernah buat lagi deh...
Quote:


Pagi om.

Baru muncul om?emoticon-sudahkuduga
hehe iya sih kalo punya halaman bisa di pake buat tanam2

paling seneng tanam buah2an sih dibanding rempah2 gitu. kalo buah2an pas berbuah itu kaya Goal gitu haha
Saran dong.. Bibit anggur ane gak gede gede.. 4 bulan baru 90 cm an emoticon-Matabelo
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di