alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Lari di Salju, Bisa Aja atau Cuma Nyakitin Badan?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd333a39e7404e5278b4567/lari-di-salju-bisa-aja-atau-cuma-nyakitin-badan

Lari di Salju, Bisa Aja atau Cuma Nyakitin Badan?

Jawabannya dua-duanya sih gan, tergantung gimana mandang lari di salju atau es. Buat orang yang pernah ngerasain salju yang bukan datang dari kebiasaan, pastinya lebih ngerti rasa gak nyaman ketika suhu ngedrop banget. Paling common adalah bikin males keluar, boro-boro olahraga. Jadi jawabannya bisa aja, tapi ogah, males kepleset pulak.

Tapi mereka yang determined untuk tetep workout, bakal bilang "Bisa! Dan itu asik." Kalo agan adalah kaskuser lagi di overseas yang ada musim saljunya, obviously suka lari juga, trit ini bisa buat agan.

Lari di Salju, Bisa Aja atau Cuma Nyakitin Badan?


Pertanyaan yang sama ane liat di sebuah web komunitas pelari. Di sebuah artikel, ada yang nanya begini:

"Gimana caranya lari ketika di luar turun salju, atau jalanan udah terlapisi es, tanpa perlu takut kepleset?"

Pertanyaan ini dijawab seorang coach, Jenny Hadfield, dan dia punya pengalaman trail run yang meliputi medan bersalju.

Lari di Salju, Bisa Aja atau Cuma Nyakitin Badan?
Jenny Hadfield

Katanya:
Kunci supaya lari dengan aman di salju dan es adalah mengingat kalo ini bakal pake energi yang luar biasa lebih banyak ketimbang lari biasanya, laju lari perlu dimodifikasi. Sudah pasti kalian gak bakal lari secepat biasanya, ini bakal jadi tantangan buat kekuata, keseimbangan dan fokus badan

Tips biar aman lari di salju dan menghindari kepleset-kepleset:
  • Kenakan sepatu trail atau alat pendukung seperti Yaktrax. Dua-duanya bakal ngebantu untuk memberikan pijakan yang lebih mantap di salju. Ini yang aku gunakan ketika marathon Antartika dan mereka bekerja dengan baik di salju dan es. Tapi hindari pemakaian selain di medan salju, bener-bener pake cuma di dataran yang bersalju atau es.
  • Ketika lari, pilih area yang saljunya masih baru. Pijakannya masih better ketimbang es. Waspada terhadap retakan atau lubang jalan yang tertutup salju.
  • Pendekkan langkah berlari dan jaga supaya kaki diangkat gak jauh dari darat. Ini bakal bikin larimu lebih efisien dan mengurangi resiko kepleset, jatoh dan otot tertarik.
  • Kalo cuasanya agak buruk, buang pace workout yang udah direncanain, pelankan laju larinya. Lebih baik fokus ke aman dulu aja. Gak masalah juga kalo jarak lari yang udah direncanain gak sampe target. Karena, tantangannya dengan cuaca juga udah cukup bikin beban workout-nya bertambah.
  • Mungkin bakal ada sakit di otot yang mungkin sebelumnya gak ada. Lari di salju dan es membutuhkan otot yang stabil baik bagian dalam mau pun luar kaki, dan kerjanya dua kali lebih keras buat ngejaga badan tetap berdiri. Fokus sama latihan full-body flexibility biar lebih mudah ketika lari di salju. Lalu supaya badan bisa adaptasi lebih lanjut, coba lakukan latihan lari dalam ruangan juga.
  • Ngeliat jalanan es, mau lewat tapi ragu, jangan lari, tapi jalan aja. Daripada kejengkang. Bisa skidding dikit juga.
  • Rileks dan fokuskan hadapan ke jalan di depan. Lari itu olahraga untuk jiwa, dalam kondisi salju, ketenteramannya lebih mantep lagi. Get in the moment dan fokus pada tiap langkah yang kamu ambil.

Lari dalam salju bukan sekedar olahraga, tapi juga untuk pencarian ketenangan buat jiwa. Tiap ane lari, pikiran itu seringnya ke mana-mana, kontemplasi. Belum pernah ngerasain musim salju, makin pengen.

Semoga infonya menarik buat yang membutuhkan emoticon-Cendol (S)


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di