alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Udara yang Kamu Hirup Diam-diam Membunuhmu! Yuk, Kurangi Polusinya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd315cb12e25747318b4573/udara-yang-kamu-hirup-diam-diam-membunuhmu-yuk-kurangi-polusinya

Udara yang Kamu Hirup Diam-diam Membunuhmu! Yuk, Kurangi Polusinya

Udara yang Kamu Hirup Diam-diam Membunuhmu! Yuk, Kurangi Polusinya

Jika kamu berada di suatu tempat, di jalanan misalnya, lalu kamu melihat udara yang tampak berkabut atau berasap dan jarak pandang kamu untuk melihat menjadi pendek, ditambah dengan kesulitan saat bernapas, bisa jadi kamu sedang berada di lingkungan yang mengalami polusi udara. Parahnya, polusi udara tidak hanya menyebabkan kamu kesulitan bernapas tetapi juga sebagai salah satu faktor penyebab timbulnya berbagai macam penyakit bahkan penyebab kematian. Wow, mengerikan ya!

Penelitian yang dilakukan oleh The Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) pada tahun 2015 tentang peringkat dari faktor-faktor penyebab terjadinya kematian di dunia menyatakan bahwa polusi udara dari partikel materi halus (partikel udara kurang dari atau sama dengan 2,5 mikrometer) menjadi faktor resiko peringkat ke lima penyebab kematian yang berimplikasi terhadap terjadinya penyakit jantung dan stroke, kanker paru-paru, penyakit paru-paru kronis, dan infeksi saluran pernapasan. Penelitian tersebut sejalan dengan temuan United Nations Department of Economic and Social Affairs yang menemukan di tahun 2016 terdapat 4,2 juta kematian yang diakibatkan oleh polusi udara.

Jangan salah ya, polusi udara tidak hanya dihasilkan oleh asap kendaraan atau residu dari industri saja. Pencemaran udara bisa diakibatkan oleh banyak aktivitas lain bahkan aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari. Kini saatnya kamu turut mencegah polusi udara agar tidak semakin memburuk. Ikuti dengan 9 aksi berikut ini.


1. Pergi ke tempat sejauh 1-2 km? Jalan kaki atau naik sepeda saja
Udara yang Kamu Hirup Diam-diam Membunuhmu! Yuk, Kurangi Polusinya
Dengan berjalan kaki atau naik sepeda akan mengurangi jumlah polutan yang diakibatkan dari penggunaan kendaraan bermotor. Kamu juga bisa mengikuti kampanye bike to work. Selain itu, berjalan kaki atau bersepeda juga akan membuat tubuh kamu lebih sehat lho.


2. Pergi dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum?
Udara yang Kamu Hirup Diam-diam Membunuhmu! Yuk, Kurangi Polusinya
Bepergian menggunakan kendaraan umum akan mengurangi jumlah kendaraan yang beroperasi di jalanan. Aksi ini juga berkontribusi mengurangi jumlah polutan dari asap mobil kendaraan. Ingat, semakin sedikit jumlah kendaraan yang digunakan maka semakin sedikit pula polutan yang dihasilkan. Eh, naik kendaraan umum juga bikin kantong kamu lebih hemat lho. 


3. Cek kendaraan kamu secara rutin
Udara yang Kamu Hirup Diam-diam Membunuhmu! Yuk, Kurangi Polusinya
Jika kamu memiliki kendaraan pribadi, jangan lupa untuk melakukan uji emisi secara berkala. Emisi kendaraan merupakan gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan. Gas inilah yang dapat menyebabkan polusi udara. Oya, melakukan uji emisi berkala juga menguntungkan kamu karena kamu akan mengetahui tingkat boros tidaknya bahan bakar kendaraan dan bagus tidaknya kompresi mesin dari kendaraan kamu.


4. Tanam pohon di halaman rumah
Udara yang Kamu Hirup Diam-diam Membunuhmu! Yuk, Kurangi Polusinya
Tanaman akan mengambil karbondioksida di udara untuk proses metabolismenya. Karbondioksida merupakan salah satu gas polutan di udara. Maka semakin banyak pohon dapat mengurangi jumlah karbondioksida. Selain itu, pohon juga menghasilkan oksigen yang dibutuhkan manusia untuk bernapas. Semakin banyak oksigen maka kualitas udara juga menjadi semakin baik.


5. Matikan peralatan elektronik jika tidak digunakan
Udara yang Kamu Hirup Diam-diam Membunuhmu! Yuk, Kurangi Polusinya
Peralatan elektronik yang kamu gunakan membutuhkan energi untuk mengoperasikannya. Zat-zat polutan dihasilkan dari industri ketika melakukan proses produksi energi tersebut. Hal sederhana yang bisa dilakukan adalah mematikan lampu segera saat tidak digunakan atau saat malam hari kamu tidur. 


6. Menghemat penggunaan kertas
Udara yang Kamu Hirup Diam-diam Membunuhmu! Yuk, Kurangi Polusinya
Dengan melakukan penghematan penggunaan kertas maka kamu akan mencegah terjadinya penebangan pohon yang semakin banyak. Seperti yang kamu tahu, pohon berperan penting untuk menjaga kualitas udara tetap baik.


7. Berhentilah merokok
Udara yang Kamu Hirup Diam-diam Membunuhmu! Yuk, Kurangi Polusinya
Asap yang dihasilkan jika kamu merokok akan mengeluarkan partikel polutan yang dapat mencemari udara dan juga membahayakan orang-orang di sekitar kamu. Berhenti merokok merupakan cara bijak untuk menjaga kesehatan kamu sekaligus menjaga kesehatan udara di sekitarmu. Dengan berhenti merokok kamu juga dapat menghemat pengeluaran kamu lho.


8. Panas? Gunakan kipas angin saja
Udara yang Kamu Hirup Diam-diam Membunuhmu! Yuk, Kurangi Polusinya
Keberadaan AC (air conditioner) memang menyenangkan karena dapat membuat kamu merasa dingin meski udara di luar sana sangat panas. Tetapi kamu perlu tahu bahwa AC menggunakan Freon atau CFC (chloro fluoro carbon) yang sangat berbahaya bagi lingkungan. CFC dapat mengakibatkan penipisan lapisan ozon yang berfungsi untuk melindungi bumi dari paparan radiasi ultraviolet B. Lebih jauh lagi CFC sangat berkontribusi terhadap terjadinya pemanasan global.


9. Stop pembakaran sampah, kita recycle yuk
Udara yang Kamu Hirup Diam-diam Membunuhmu! Yuk, Kurangi Polusinya
Membakar sampah merupakan salah satu alternatif untuk memusnahkan jumlah sampah yang semakin menumpuk. Namun, membakar sampah akan mencemari udara dari hasil pembakaran yang dihasilkan. Asap dan partikel halus abunya bahkan bisa mengganggu kesehatan kamu. Daripada membakarnya lebih baik kamu recycle saja. Recycle atau daur ulang dapat meminimalkan jumlah sampah dan meningkatkan nilai dari sampah itu sendiri.

Nah, mulai sekarang kamu bisa coba mengaplikasikan 9 aksi di atas. Jika kamu enggan melakukan perbaikan lingkungan, mungkin kamu bisa mencoba berpikir bahwa apa yang kamu lakukan sekarang demi anak-anak kamu di masa mendatang. Seperti apa yang dikatakan oleh Nevena Stoilkov seorang guru Milisav Nikolic Elementary School, Serbia, “Jika kita ingin mempunyai masa depan yang baik untuk anak-anak kita di masa depan, maka kita harus meninggalkan warisan planet yang lebih baik.”


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Udara yang Kamu Hirup Diam-diam Membunuhmu! Yuk, Kurangi Polusinya Bisa Dicoba Ini 5 Langkah Sederhana Jadi Orang yang Rendah Hati

- Udara yang Kamu Hirup Diam-diam Membunuhmu! Yuk, Kurangi Polusinya Udara yang Kamu Hirup Ternyata Punya 4 Fakta Bahaya Mengejutkan

- Udara yang Kamu Hirup Diam-diam Membunuhmu! Yuk, Kurangi Polusinya Untuk Kamu yang Memutuskan Bekerja di Rumah Ikuti 6 Tips Ini

Tidak setuju untuk nomer 2 dan nomer 8

Di kendaraan pribadi justru lebih hemat, dapet plusnya bisa kemana mana sesuai keinginan, nyaman.

Untuk nomer 8 itu hanya untuk ac jadul R22, jaman sekarang udah gak di produksi itu ac jadul seperti itu merusak lapisan ozon dan saya pikir orang juga mikir 1000 kali buat pake ac R22 karena boros listrik, ac sekarang R32 dan R410 sudah ramah lingkungan dan hemat listrik
Diubah oleh 4666670


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di