alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Pelatihan Pewarnaan Batik 2 Warna oleh Mahasiswa KKN UM
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd2b8f59a09519a588b456a/pelatihan-pewarnaan-batik-2-warna-oleh-mahasiswa-kkn-um

Pelatihan Pewarnaan Batik Untuk Kelompok Pembatik Desa Purwosekar Kabupaten Malang

Sudah sembilan tahun, tepatnya pada tanggal 2 Oktober 2009, batik telah dikukuhkan UNESCO sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia. Bisa dibilang hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal batik, hanya saja masih banyak diantaranya yang belum mengetahui cara pembuatan batik.

Untuk menambah wawasan masyarakat tentang pembuatan batik, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang mengadakan pelatihan pewarnaan batik kepada kelompok pembatik di desa Purwosekar, kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, tentang pembuatan batik dengan 2 tahap pewarnaan menggunakan pewarna naphtol.

Pemberi materi adalah saudara Ony Setiawan, beliau merupakan lulusan seni rupa Universitas Negeri Malang yang memang mendalami batik sebagai fokus pendidikannya. Beliau memang sudah kerap memberi pelatihan kepada banyak pembatik, dan beberapa kali memenangi perlombaan desain batik yang pernah diadakan.

Minggu (14/10) tepat pukul 13.00 mahasiswa KKN memulai pelatihan yang bertempat di teras rumah kepala desa. Pelatihan ini diikuti delapan ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok pembatik yang bernama Sekar Mayang.
“Meskipun belum lama berdiri, Sekar Mayang sebenarnya sudah beberapa kali mengikuti pelatihan batik, tetapi baru kali ini kami mendapat materi dan praktik langsung untuk pewarnaan batik menggunakan naphtol, karena biasanya kami menggunakan pewarna remasol,” kata salah satu peserta.
Pelatihan Pewarnaan Batik 2 Warna oleh Mahasiswa KKN UM
Proses pencantingan motif batik


Pelatihan ini diawali dengan penjelasan dari pemateri mengenai pengetahuan dasar pewarnaan batik menggunakan naphtol, kelebihan, dan kekurangan, serta perbedaan penggunaan naphtol dengan pewarna batik lain. Materi dilanjutkan dengan penjelasan mengenai langkah-langkah pewarnaan 2 tahap, selanjutnya kelompok Sekar Mayang melakukan praktik pewarnaan menggunakan kain yang telah disiapkan.

Pelatihan Pewarnaan Batik 2 Warna oleh Mahasiswa KKN UM
Pemateri menjelaskan langkah dan metode pewarnaan batik

Pelatihan Pewarnaan Batik 2 Warna oleh Mahasiswa KKN UM

Proses Pewarnaan Kain


Pelatihan diakhiri dengan sharing dengan pemateri mengenai hal yang belum dipahami dan kesulitan yang dialami ketika melakukan pewarnaan. Pemateri juga memberikan beberapa saran mengenai motif khas yang akan dipakai untuk menentukan ciri batik dari desa Purwosekar yang memang belum ada. “Pelatihan ini berguna bagi Sekar Mayang, karena memang sebelumnya mereka belum pernah mendapatkan pelatihan pewarnaan 2 tahap menggunakan naphtol,” ujar Bu Linda, Kepala Desa Purwosekar. 

Pelatihan Pewarnaan Batik 2 Warna oleh Mahasiswa KKN UM

Hasil Pewarnaan Batik menggunakan Naphtol


Dengan adanya pelatihan ini diharapkan kelompok pembatik desa Purwosekar dapat menambah pengetahuan, keterampilan, serta semangat untuk terus berkarya dan turut melestarikan batik di daerah desa Purwosekar, sehingga dapat juga dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk meningkatkan kondisi perekonomian dengan memproduksi berbagai macam olahan batik khas desa Purwosekar.
 
Diubah oleh esaendeye
Mantap.. kreatif sekali ini.
kapan songket masuk unesco ?

masa cuma batik diperjuangin, padahal batik sendiri asalnya dari china / india

emoticon-Leh Uga

ini indonesia apa bukan ? ngomong nkri mulu, daftarin separo-separo

kalo mau daftarin semua lah jangan nanggung-nanggung.

emoticon-Marah


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di