alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Beauty /
Kesalahan Memakai Sunscreen, Sista Wajib Tau!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd297d098e31b631d8b4571/kesalahan-memakai-sunscreen-sista-wajib-tau

Kesalahan Memakai Sunscreen, Sista Wajib Tau!

Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan yang wajib dipergunakan sebagai tahap akhir skincare, sebagai bentuk proteksi kulit terhadap bahaya sinar matahari. Tapi Sista tau nggak sih, kalau ternyata ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang saat menggunakannya? Kesalahan ini nggak cuma bakal bikin kulit nggak terlindungi aja,  yang lebih bahaya lagi bisa menimbulkan risiko kanker kulit karena paparan sinar ultraviolet matahari yang berlebih, lho.
Simak yuk beberapa kesalahan ini biar kulit Sista tetap sehat dan terlindungi dengan baik. Cekidot!
 
1.   Hanya memakai di luar ruangan
Berada di dalam ruangan ternyata nggak menjamin kulit kita terlindungi dari paparan sinar matahari, lho, Sista. Sinar yang dipancarkan oleh matahari mengandung ultraviolet A dan B (UVA dan UVB). Dan ternyata, sinar UVA tetap bisa menembus kaca meskipun kita berada dalam ruangan.
Meskipun gelombang sinar UVA tidak menimbulkan rasa terbakar pada kulit, namun ia bisa masuk lapisan kulit paling dalam dan menjadi penyebab penuaan dini bahkan kanker! Karenanya, kalau Sista sedang ada dalam ruangan yang terdiri dari kaca dan bisa terpapar sinar matahari, misalnya seperti di dalam mobil, jangan lupa tetap pakai sunscreen untuk memproteksi kulit ya Sis.
UVA ini lagi-lagi bisa menembus mana aja.Hmmm ngeri nggak sih! Misalnya seperti awan. Meskipun matahari pun  tampak baik-baik saja dan bahkan terlihat terik, bukan berarti jika sinarnya tidak berbahaya, lho, Sis.  Karenanya, sunscreen tetap perlu dipakai untuk mencegah kulit kita terpapar dari sinar UVA yang bisa nembus awan ini.
 
2.   Tidak memperhatikan kandungan yang dimiliki
Seperti yang dibahas sebelumnya, matahari memancarkan sinar ultraviolet A dan B (UVA dan UVB). Keduanya memiliki potensi untuk merusak kulit. Bedanya, UVB hanya menimbulkan kerusakan pada permukaan kulit, alias bikin gosong dan kemerah-merahan. Sedangkan UVA bisa menyebabkan kerusakan yang lebih dalam  lagi  menyasar pada DNA seseorang sehingga menimbulkan tekstur kulit yang menjadi kasar, keriput, bahkan dalam jangka panjangnya bisa menyebabkan kanker. Ngeri banget ya, Sis!
Untuk melindungi kulit Sista dari paparan sinar UVA da UVB, pastikan sunscreen sista nggak cuma mengandung SPF tapi juga PA ya. SPF atau Sun Protection Factor ini yang melindungi kulit Sista dari bahayanya UVB, dengankan PA merupakan alat ukur untuk menagkal bahayanya sinar UVA matahari. Di cek lagi yuk, sunscreennya, Sis!
 
3.   Tidak mengaplikasikan dengan benar
Kayaknya nggak sedikit Sista yang mengoleskan sunscreen secara tipis-tipis karena tidak ingin kulit menjadi lengket. Padahal, memakai dengan terlalu tipis akan membuat pemakaian sunscreen ini percuma lho. Saat ini ada banyak sekali pilihan produk sunscreen yang beredar di pasaran. Sista bisa memilih yang bahannya tidak lengket di kulit jika dipakai. Cara pemakaiannya juga bisa diakali dengan cara membaginya menjadi dua layer. Layar petrama oleskan secara tipis dan merata pada seluruh wajah, tunggu hingga meresap, lalu ulangi lagi.
Kesalahan kedua yang sering dilakukan adalah mengoleskan sunscreen setelah kulit terasa panas. Ternyata itu nggak bener lho, Sis. Sunscreen sebaiknya dipakai paling enggak 15 menit sebelum kita panas-panasan di bawah sinar matahari. Beberapa bahan aktif sunscreen baru akan bekerja setelah beberapa saat menempel di kulit, sehingga kita perlu memakainya lebih awal.
 
4.   Memakai sekali dan tidak diulangi seharian
Mungkin Sista sudah memilih produk sunscreen yang baik dan menggunakannya secara menyeluruh. Namun selama berjam-jam beraktivitas di luar ruang, Sista lupa mengoleskan kembali. Harus diingat jika sunscreen nggak bertahan seharian.
Angka yang ada dalam SPF itu menunjukkan durasi di mana sunscreen bisa melindungi kulit kita. Satu angka dalam SPF sama dengan sepuluh menit. Misalnya saja SPF 15 artinya kulit kita terlindungi dari sinar matahari selama 150 menit. Karenanya, jangan lupa untuk mengoleskan kembali sunscreen selama dua atau tiga jam setelah menggunakannya ya Sista. Meskipun SPF nya yang dipakai besar, jangan lupa kalau kulit kita juga berkeringat yaa, yang artinya lapisan sunscreen juga dapat terhapus oleh keringat kita.

Gimana? Kesalahan ini umum banget kan? Sebenarnya, nggak cuma Sista aja yang perlu memakai sunscreen tapi Agan Agan juga perlu, lho, untuk melindungi kulit dari terpaan sinar matahari.
Urutan Terlama
ku juga pernah denger dari seminar salah satu brand kecantikan kalau pake sunscreen harusnya 30 menit sebelum keluar rumah untuk memastikan sunscreen sudah meresap sempurna ke kulit dan bukan ada di permukaan kulit
Balasan post feilunlovers
Quote:

kalau yang kaya gini biasanya buat chemical sunscreen karena cara kerjanya dia

mineral sunscreen abis pake bisa langsung jelong-jelong kok sis emoticon-Ngacir
Karena ane pengendara motor, kalo pake sunscreen debu debu pada nempel, jadi keliatan lusuh kayak jarang mandi
aku pribadi pakek tipis dan sekalik doank
gak tepat emang
heheheh


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di