alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Susah Menabung? Praktekan 5 Cara Sederhana Ini
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd1f636c0d770c62c8b456a/susah-menabung-praktekan-5-cara-sederhana-ini

Susah Menabung? Praktekan 5 Cara Sederhana Ini

Susah Menabung? Praktekan 5 Cara Sederhana Ini

Halo Gan Sist..

Udah mau akhir tahun nih, tapi gimana nih dengan target tabungan Gan Sist?

Sudah sesuai dengan target atau masih jauh dari harapan?

Susah Menabung? Praktekan 5 Cara Sederhana Ini

Well, pastinya niatan untuk menabung sih ada, namun sayangnya pada kenyataannya jumlah uang yang ditabung tiap bulannya ngga menentu nih. Padahal menabung ngga hanya membantu keuangan kita di masa depan, tapi juga berguna sebagai pegangan ketika ada kebutuhan mendadak. 

So Gan Sist, cobalah lebih disiplin dalam menabung, dan kalau terasa sulit untuk disiplin menabung, praktekan cara menabung berikut ini:

1. Aktifkan auto debet

Gan Sist terbiasa menabung di akhir bulan setelah semua kebutuhan tercukupi? Well, sebaiknya rubahlah kebiasaan ini. Karena sebaiknya tabungan disimpan di awal gajian atau pendapatan masuk, tapi tentunya sesuai dengan jumlah yang Gan Sist sanggupi.

Spoiler for daftarin auto debet:

Agar lebih disiplin dan ngga “terganggu”, sebaiknya bukalah rekening khusus tabungan berjangka yang memiliki sistem auto debet dari rekening utama (rekening gaji atau masuknya pendaatan). Sehingga dana tabungan akan langsung terkirim otomatis ke rekening tersebut, Gan Sist. Soal jumlah, ngga perlu terlalu besar, ini agar Gan Sist ngga kesusahan tiap bulannya, cukup 20-30% dari pendapatan bulannan Gan Sist kok. Sedikit demi sedikit bisa jadi bukit kan?

2. Catat setiap pengeluaran dan hapus yang tidak perlu

Setiap pengeluaran harus tercatat yah Gan Sist, ini agar kita bisa mengevaluasi kebiasaan kita dalam menggunakan uang. Apakah terlalu banyak di pos makan, atau malah di post transportasi?

Disiplinkan diri sendiri dengan membuat peraturan Gan Sist, misalnya membawa bekal makan untuk mengurangi kebiasaan jajan, atau gunakan transportasi umum agar dapat menghemat pengeluaran.

Spoiler for catat setiap pengeluaran:

3. Buat target tahunan

Salah satu alasan kenapa menabung jadi hal yang memberatkan dan akhirnya tidak tercapai adalah tidak adanya target yang realistis. Buatlah rencana yang realistis dan terhitung sedari awal menabung. 

Buatlah target jangka pendek, sedang, dan panjang.  Lalu tentukan skala prioritas. Misalnya untuk prioritas utama, masukan tabungan untuk dana asuransi, pensiun, dan juga dana untuk investasi. Dana liburan dan dana bersenang-senang bisa di prioritas berikutnya. Jadi dengan adanya target dan skala prioritas, jumlah uang yang wajib ditabung akan jadi lebih jelas.

4. Maksimalkan aset tabungan dengan investasi

Nah, kalau Gan Sist udah terbiasa mengatur keuangan, langkah berikutnya adalah memaksimalkan tabungan Gan Sist, yaitu dengan cara melakukan investasi. Kalau Gan Sist baru mau memulai investasi, pilihlah jenis investasi yang cenderung ringan dan minim risiko.

Misalnya nih, Gan Sist bisa mulai menabung logam mulia atau emas.

Spoiler for investasi:

5. Reward agar semangat menabung

Menabung itu sulit loh Gan Sist, dibutuhkan ketekunan dan disiplin yang tinggi. Karena itu berikan reward untuk diri sendiri ketika rencana menabung Gan Sist sudah berhasil. Misalnya nih, dengan menghadiahi diri sendiri makan di restoran kesukaan Gan Sist atau bisa juga dengan membeli sepatu baru. 

Reward bisa jadi penyemangat kita ketika sedang “lelah” menabung.

Namun, pemberian reward jangan sering-sering yah, agar ngga mengganggu tabungan Agan Sista juga yah.

Susah Menabung? Praktekan 5 Cara Sederhana Ini

So, itu dia Gan Sist 5 cara simple untuk mengatur dan memaksimalkan tabungan Gan Sist. Wajib dicobain yah Gan Sist..

Oh yah, apakah ada tambahan dari Gan Sist?

Share di sini yah..


Susah Menabung? Praktekan 5 Cara Sederhana Ini


sumber tulisan : pengalaman TS pribadi

sumber gambar : google

Halaman 1 dari 5
Contoh orang-orang cina, yang katanya kalo nabung bisa 60% dari pendapatan.
Katanya sih. Tapi oke juga, asal nggak nyusahin.
emoticon-Entahlah
tabungan diasetkan untuk investasi lebih bagus emoticon-Jempol
untuk softwarenya bisa pake quicken gan emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh epopolocroia
invest3x
Quote:


Betul bre
Macam first travel atau mlm gitulah

emoticon-Ngacir
Quote:


Dr pd first travel atau mlm, mendingan invest ke BPR emoticon-Ngakak
eh ada ya tabungan autodebet gitu? coba tanya2 dulu ah. makasih TS emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast
nabung mah gampang, yg ditabung ga ada emoticon-Berduka (S)
misal penghasilan ane perbulan 1M, ane bisa nabung 99% atau 990 juta perbulan 1%nya (10 juta) buat hidup emoticon-Matabelo
Diubah oleh kamuhujat21
Reward dari menabung setahun adalah jalan jalan ngabisin tabungan emoticon-Leh Uga emoticon-Traveller
Kalo ane gak nyimpen duit banyak di dompet

Entah kenapa jadi hemat sendiri

emoticon-Hammer2
nabung buat beli gadget...

emoticon-Big Grin
nabung di bank
Quote:


Bener bgt bre, biasa ini jadi target tahunan ane emoticon-Big Grin
Quote:


tergantung besar pendapatannya.
Bawa bekel, sederhana tapi berasa manfaatnya.
50%menabung
30%kehidupan sehari2
20%hiburan dll.

emoticon-Cool
Diubah oleh harmagedon77
Mantap gan cocok nih tipsnya buat ane emoticon-2 Jempol
makan engga makan kumpuuul!
boleh juga tuh bre tipsnya
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di