alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Alasan Kamu Tidak Perlu Malu Saat Merasa Depresi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd160aadc06bdcd788b4580/5-alasan-kamu-tidak-perlu-malu-saat-merasa-depresi

5 Alasan Kamu Tidak Perlu Malu Saat Merasa Depresi

5 Alasan Kamu Tidak Perlu Malu Saat Merasa Depresi

Depresi menjadi isue yang cukup intens dibicarakan beberapa tahun terakhir ini. Mulai dari kasus bunuh diri yang dilatarbelakangi oleh pengalaman depresi. Hingga tingkah laku manusia yang sudah tidak lagi terkontrol, yang diduga juga karena depresi.

Pada tahun 2017 melalui Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia, dinyatakan bahwa hampir 3,7 persen dari total populasi menderita depresi. Depresi tidak hanya dialami oleh mereka yang sudah melalui beberapa fase di dalam hidupnya atau yang sudah berusia cukup dewasa.

Bahkan ditengarai, depresi dimulai sejak semua manusia berada pada masa kanak-kanak.

Meski sampai saat ini depresi masih menjadi pembicaraan yang tidak umum, karena dinilai merupakan gangguan kejiwaan yang berbahaya. Namun beberapa orang sudah mulai aware atau peduli terhadap betapa pentingnya depresi ini sendiri.

Tidak hanya cara menanggulanginya saja yang banyak disosialisasikan. Namun bagi penderita juga dihimbau untuk tidak malu, meski saat mereka dinyatakan atau didiagnosis mengidap depresi.

Lalu kenapa sih kita tidak perlu lagi malu mengakui atau menyatakan bahwa kita sedang mengalami depresi?


1. Kamu adalah manusia biasa
5 Alasan Kamu Tidak Perlu Malu Saat Merasa Depresi
Ya, bagaimanapun kamu. Kamu tetaplah manusia biasa. Yang memiliki rasa, asa, harapan dan juga masalah. Tidak ada manusia yang hidup tanpa hambatan dan tantangan di dalam hidupnya.

Bahkan jika mereka terlihat biasa saja di luar, mereka pun menyatakan pernah mengalami sebuah tekanan yang membuatnya stres bahkan depresi. Kamu adalah manusia biasa yang bisa merasakan senang, sedih, marah, bahkan kecewa.

Kamu pun tetap manusia yang membutuhkan orang lain di saat-saat terburukmu. Meski kamu selalu dilihat sebagai seorang yang kuat, tapi bukan sebuah dosa jika suatu ketika kamu mengalami masa dimana rasa sedih, kecewa dan amarah bercampur menjadi satu.

Jangan malu, karena kamu sama dengan mereka. Bahkan yang meremehkanmu dan menghakimi rasamu. Kamu tetap manusia biasa yang memiliki rasa dan hidup dengan penuh harapan untuk pulih dan bahagia.


2. Depresi bisa dialami siapa saja
5 Alasan Kamu Tidak Perlu Malu Saat Merasa Depresi
Selain karena kamu manusia biasa, depresi pun bisa dialami siapa saja. Jangan merasa kamu sendirian di muka bumi ini. Kamu mungkin merasa sangat tertekan dari banyaknya orang yang menaruh harapan besar, menyalahkan bahkan menjauhimu.

Tapi siapa sangka, saat mereka yang terlihat kuat di luar, mereka pun bisa juga terlihat sedih dan merasa terpuruk di dalam.

Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam mengekspresikan emosi yang dimiliki. Tidak selalu mereka yang banyak tertawa tidak pernah bersedih. Tidak pula mereka yang terlihat murung tidak pernah merasa bahagia.

Sama saja, depresi bisa dialami siapapun. Hanya mungkin mereka tidak bercerita padamu. Dan kamu pun tidak harus bercerita padanya.


3. Kamu tetap bisa bercerita
5 Alasan Kamu Tidak Perlu Malu Saat Merasa Depresi
Setiap orang berhak untuk menentukan kepada siapa mereka bercerita. Saat kamu merasa sedang tertekan, stres atau depresi menyerang. Bukan hal yang salah saat kamu mencoba mencari bantuan dari orang lain. Teman, keluarga atau bahkan seorang ahli seperti psikolog.

Bercerita adalah salah satu caramu untuk meluapkan semua perasaan yang selama ini kamu pendam, bahkan kamu kubur dalam-dalam. Siapa sangka, bahkan saat kamu pun lupa, suatu saat emosi itu pun akan muncul kembali. Dan salah satu yang bisa kamu lakukan adalah bercerita.

Jangan memaksakan dirimu. Jika kamu ingin maka lakukan. Jika kamu merasa masih harus menyimpannya, saat kamu masih merasa sanggup, maka simpan saja. Sebenarnya yang paling tahu apa yang terjadi pada diri kita adalah kita sendiri. Bahkan solusi pun datang dari diri kita.

Namun tidak semua orang bisa dengan mudah menemukan apa yang salah dan bagaimana mengatasinya. Termasuk kamu. Jika kamu mengalaminya, jangan malu untuk bercerita ya.


4. Kamu memiliki hidup yang sama dengan lainnya
5 Alasan Kamu Tidak Perlu Malu Saat Merasa Depresi
Selepas kamu mengalami masa-masa sulit ini. Percayalah bahwa kamu memiliki hidup yang sama dengan lainnya. Mungkin kamu merasa orang lain terlalu kejam memperlakukanmu demikian. Mereka seolah tidak melihat bagaimana perjuanganmu selama ini.

Pengorbananmu pun seolah tidak ada harganya. Bahkan rasanya kamu pun tidak diharapkan ada di sekitar mereka. Beberapa orang menganggap ini adalah hal biasa. Tapi tidak dengan kita yang mungkin melihat betapa pentingnya hal tersebut.

Tenang saja, sekalipun kini kamu masih berada dalam masa perang dengan dirimu sendiri. Jangan menyerah. Kamu tetap memiliki hidup yang sama dengan manusia lainnya. Kamu tetap bisa bahagia dan menjalani hari-harimu lagi.

Banyak orang yang mengidap depresi, lalu pulih dan mereka pun bisa bahagia dengan hidupnya saat ini.


5. Yakinlah, kamu bisa pulih karena kamu bisa!
5 Alasan Kamu Tidak Perlu Malu Saat Merasa Depresi
Ingatlah, keinginan terbesar untuk pulih dan menjadi manusia yang berdaya untuk orang lain muncul dari dalam diri kita sendiri. Sekuat apapun kita ingin, saat hanya sebuah keinginan tanpa memulai, maka semuanya tidak akan pernah bisa terjadi.

Yakinlah, jika kamu berhak untuk hati dan jiwa yang sehat. Kamu berhak mendapatkan kebahagiaan berdasarkan versimu sendiri.

Jangan menyerah, sekalipun banyak yang tidak mendukungmu untuk pulih. Mereka berhak berkomentar, namun yang layak melakukan adalah kamu sendiri. Kamu memiliki pilihan untuk mendengar dan melakukan atau meninggalkan mereka.

Bahagialah dengan caramu sendiri. Pulihlah bukan untuk membalas mereka yang meremehkanmu. Tapi membalas cinta orang-orang yang mendukung dan mencintaimu.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Alasan Kamu Tidak Perlu Malu Saat Merasa Depresi Pahami 5 Hal Ini Sebelum Berpikir Hidup Orang Lain Lebih Bahagia

- 5 Alasan Kamu Tidak Perlu Malu Saat Merasa Depresi Awas Ini 4 Pertanda Emosinal Kalau Kamu Kecanduan Stres

- 5 Alasan Kamu Tidak Perlu Malu Saat Merasa Depresi 5 Hal Berharga yang Cuma Bisa Diajarkan oleh Keluarga Kita



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di