Kaskus

Entertainment

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Word of Mouth dan Citra Produk, Tantangan dan Peluang Produk Bisnis Di Masa Kini
Tak dapat dipungkiri saat ini memang kita hidup di zaman yang modern dimana informasi begitu derasnya mengalir melalui berbagai media mulai dari media sosial hingga portal berita selalu ada kabar yang tersampaikan. Di tengah derasnya informasi di masa kini tentunya bisa menjadi peluang besar bagi pebisnis dalam memasarkan setiap produk-produk yang dibuatnya, adanya internet jelas sekali sangat membantu produsen atau pebisnis dalam memasarkan setiap produknya kepada masyarakat umum. Begitu banyak memang para produsen produk dan juga para pebisnis masa kini entah itu perorangan ataupun kelompok yang mewarnai perekonomian di masa kini yang terkadang dibumbui dengan persaingan dan tantangan ketidakpastian dalam upaya bertahan untuk mempertahankan eksistensi produk  yang ditawarkannya.

Word of Mouth dan Citra Produk, Tantangan dan Peluang Produk Bisnis Di Masa Kini

Credit : article.id

Salah satu strategi pemasaran bisnis yang bisa dilakukan adalah strategi word of mouth atau dikenal sebagai pemasaran dari mulut ke mulut atau komunikasi lisan. Strategi ini memang cukuplah efektif, selain tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya tentunya orang yang membicarakan produknya secara tidak langsung ikut mempromosikan produk tersebut. Masih ingatkah dengan produk ekstrak kulit manggis? berkat dari banyak pembicaraan di dunia maya tentunya produk tersebut cukup dikenal di masyarakat dengan produk ekstrak kulit manggisnya.

Informasi masa kini memang mengalir begitu derasnya di internet  hingga tak jarang produk di pasaran kena imbas dari apa-apa yang dibicarakan oleh netizen di internet. Sebuah produk akan bernilai positif jika orang-orang yang membicarakannya mengatakan positif dan begitu juga sebaliknya. Keunikan iklan sendiri bisa membuat banyak orang menangapi dan tak jarang mendatangkan keuntungan bagi produsen produk sendiri karena secara tidak langsung produknya bisa terkenal karena dibicarakan banyak orang seperti produk kesehatan kulit manggis dan produk air mineral yang populer di indonesia yang paling terkenal.

Satu sisi suatu produk yang menjadi perbincangan di internet akan bernilai positif jika orang berpendapat positif tentang produk tersebut, namun bagaimana dengan pendapat negatif netizen tentang suatu produk? jelas hal ini sangat merugikan sekali bagi produk tersebut. Masih ingat dengan boikot produk roti terkenal di tahun 2016? berawal dari klarifikasi dari produk tersebut ujungnya berakhir dengan blunder dengan munculnya aksi boikot produk roti tersebut dan merusak citra produk sehingga berujung adanya upaya untuk bisa mengatasi problema tersebut oleh pihak perusahaan produk tersebut. Dari kasus tersebut tentunya harus menjadi pelajaran bagi setiap produsen suatu produk untuk bisa mempertimbangkan secara matang sebelum melakukan suatu kebijakan seperti membuat klarifikasi.

Word of Mouth dan Citra Produk, Tantangan dan Peluang Produk Bisnis Di Masa Kini

Credit : grid.id

Yang masih baru dalam ingatan adalah kabar viralnya hoax kopi instan yang katanya mengandung bubuk mesiu dan produk minuman cup energi yang terkena dampak negatif karena salah informasi seputar sekelompok anak yang menyayat tangannya sendiri karena minum produk tersebut, Kabar tersebut jelas ujung-ujungnya membuat citra sebuah produk jelek di mata masyarakat di karenakan salah persepsi dan salah informasi yang ujungnya merugikan sebuah perusahaan produk tersebut.

Citra sebuah produk memang sangatlah penting, hal ini dikarenakan citra sebuah produk mempengaruhi siklus hidup produk itu sendiri. Sebuah produk tentunya memiliki tantangan tersendiri agar citra produknya tetap positif di mata masyarakat, ditengah derasnya informasi di masa kini tentu citra negatif suatu produk harus diwaspadai dan diantisipasi oleh setiap produsen sebuah produk agar tetap eksis di pasaran. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau mengomentari? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi, hasil pengamatan dan pembelajaran semasa kuliah
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4
Sumber 5
Sumber gambar via google images

0
3.1K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan