KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
[Event COC] Yuk Menanam Sayur dengan Hidroponik Sendiri, Dijamin Gampang!! #Aslinyalo
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bcd33ba925233d33d8b4568/event-coc-yuk-menanam-sayur-dengan-hidroponik-sendiri-dijamin-gampang-aslinyalo

[Event COC] Yuk Menanam Sayur dengan Hidroponik Sendiri, Dijamin Gampang!! #Aslinyalo

[Event COC] Yuk Menanam Sayur dengan Hidroponik Sendiri, #Aslinyalo 

Dijamin Gampang!!


[Event COC] Yuk Menanam Sayur dengan Hidroponik Sendiri, Dijamin Gampang!! #Aslinyalo


Yolooo~ selamat siang,sore,malam, dan pagi semua nya emoticon-Angkat Beer

Thread ane kali ini akan kasih tau cara menanam hidroponik untuk dilakukan sendiri dirumah, tapi sebelumnya


PERHATIAN!!!!
[Event COC] Yuk Menanam Sayur dengan Hidroponik Sendiri, Dijamin Gampang!! #Aslinyalo

Spoiler for Penting!:

Back to topic!!

Hidroponik merupakan metode bercocok tanam dengan menggunakan media tanam selain tanah, seperti batu apung, kerikil, pasir, sabut kelapa, potongan kayu atau busa. Hal tersebut dilakukan karena fungsi tanah sebagai pendukung akar tanaman dan perantara larutan nutrisi dapat digantikan dengan mengalirkan atau menambah nutrisi, air dan oksigen melalui media tersebut (Syamsu Ida, 2014) Media yang  dimaksut adalah tempat hidup tanaman nantinya.

Biar ga salah kaprah sebelumnya, sebenernya hidroponik itu banyak gan jenis dan macem nya, cuman oh cuman dibawah ini ane sedikit menjelaskan beberapa tipe hidroponik yang umum dilakukan

[Event COC] Yuk Menanam Sayur dengan Hidroponik Sendiri, Dijamin Gampang!! #Aslinyalo

Jenis dari Hidroponik



Spoiler for Jenis Pertama:




Spoiler for Jenis Kedua:




Spoiler for Jenis Ketiga:



Nah setelah tau sedikit perbedaan model Hidroponik yuk lah gas mencoba buat

Seperti yang telah ane janjikan bahwa ane akan memberikan cara pembuatan hidroponik yang paling umum dilakukan yaitu tipe model Nutrient Film Technique (NFT) berdasarkan pengalaman ane serta studi yang telah ane lakukan

[Event COC] Yuk Menanam Sayur dengan Hidroponik Sendiri, Dijamin Gampang!! #Aslinyalo


Quote:

[Event COC] Yuk Menanam Sayur dengan Hidroponik Sendiri, Dijamin Gampang!! #Aslinyalo



Quote:




Spoiler for 1. Berdoa & Siapkan Mental:




Spoiler for 2. Membuat Rancang Bangunan:



Spoiler for 3. Pelubangan untuk Letak Tumbuh:




Spoiler for 4. Realisasi Pertama Membuat Rak:



Spoiler for 5. Pembibitan pada Spons:




Spoiler for 6. Pengairan dan Pemberian Obat Kuat:




Spoiler for 7. Panen:


[Event COC] Yuk Menanam Sayur dengan Hidroponik Sendiri, Dijamin Gampang!! #Aslinyalo

Awkaiii selain membagikan cara dan pengalaman kurang lengkap jika tanpa suka duka nya kan? Perhatikan list dibawah



Quote:




Quote:

[Event COC] Yuk Menanam Sayur dengan Hidroponik Sendiri, Dijamin Gampang!! #Aslinyalo

[Event COC] Yuk Menanam Sayur dengan Hidroponik Sendiri, Dijamin Gampang!! #Aslinyalo


Untuk pertanyaan mangga selagi bisa ane jawab emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adesrya
Halaman 1 dari 4
Quote:
Diubah oleh adesrya
Lengkap, bisa jadi tambahan referensi dari thread thread serupa,

Menarik threadnya

ask

gan ini judul skripsi ente ya ? berkebun hidroponik dengan kangkung ?
aduhhh ada bebeb kacang polong lg berdoa emoticon-Kangen

**
Gan kalo misalnya pas mati lampu gmn tu? emoticon-Matabelo
Kata paman ane, taneman bisa layu yah?
Quote:


He he he makasih gan, lagi studi soalnya kebetulan

Quote:


Bukan lah gan wkwkw tapi mirip dibagian metode sih, skripsi ane fitoremediasi fyi
Btw ko tau lagi skripsian ane? emoticon-Bingung (S)

Quote:


Kalo sering mati lampu iya gan, soalnya media taneman air jadi terbiasa dengan air, trus secara lampu mati jadi ga sirkulasi air
Tapi kalo cuman mati 1-2 hari sih gamasalah untuk tumbuhan yg mendekati masa panen, kalo masih itungan bibit sih cukup basahin media sponsnyoa biar lembab aja gan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


kalo yang ane lakuin untuk kangkung ga ane copot, jadi media rockwool langsung ane taruh ke gelasnya, soalnya media nya ga membusuk ko jadi aman
Terus ntar akarnya nembus media sampai ke bagian lubang di gelas plastik itu gan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
wih mo coba sih tapi ragu", emang sulit ga sih?
Quote:


Apapun terlihat sulit bre kalo ga dicobain dahulu deh wkekekek

Quote:


Kalo sepaham ane itu wajar gan, mungkin bisa dari residu fosfor kandungan dalam nutrisi itu kan berupa kapur cmiiw
Kalo bole tanya bau atau engga? Kalo ga bau ya kemungkinan fosfor/kapur yang ngendap karena jumlah air yang makin menyusut bre
Quote:


Nah itu dia, berbau sih engga. Air jg gak menyusut banyak soalnya ane di sensor ketinggia air stabil 24 jam segitu gitu aja, ane bingung kenapa ini ya . Suhu jg sekitar suhu ruang terus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
nice thread
detailnya lumayan komplit
goodluck gan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Event COC] Yuk Menanam Sayur dengan Hidroponik Sendiri, Dijamin Gampang!! #Aslinyalo[Event COC] Yuk Menanam Sayur dengan Hidroponik Sendiri, Dijamin Gampang!! #Aslinyalo

Kalo pakcoy saya umur 17 hari
800-900 nutrisinya

Kena matahari 5-6jam

Itu batangnya tiduran gt knp ya?trims smuanya
Quote:


itu semua atau cuman sekian dari beberapa pakcoy gan? kalo serentak sih ane rasa dari nutrisi dengan umur 17 hari sedikit terlalu banyak mungkin bisa dikurangin jadi 600-sekian cmiiw

tapi coba aja sabar gan untuk perkembangan boleh lah 17 hari sudah banyak daun
walik dulu sekalian emoticon-Malu (S)
Quote:



Hampir 50% sehat tapi tiduran semua gt gan
Jd kemungkonan krn nutrisi terlalu bnyk ya. Trims
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Makasi gan.tp kalo batang tiduran gt.

Apa ada kemungkinam kena panas terlalu terik y?
Soalnya matahari langsung dr atas.
Tnp penahan sm sekali
Quote:


Sepertinya soalnya ane sama temen ane yang udah nyoba selalu diruang semi tertutup intinya teduh gitu

Kalo ditempat panas belum pernah tau sih, soalnya emang hidroponik umunya ditempat teduh biar suhu air sama kelembapan terjaga juga gan
Diubah oleh adesrya
Quote:


Ohh siap2.
Trims. Kalo matahari apa perlu harus bener2 lgsg cahaya matahari y?
Ato boleh ditempat yg "teduh" tapi tidak lanhsung matahari?

Btw. Topik yg sy bicarakan sprt bayam pakcoy dan sawi dlu. Krn tiap tanaman beda2 y.

Saya pertama x nanam hidroponik jd ms tanya2
Quote:


Sansss gan sama" belajar

Kalo ane desain tempat hidroponik di belakang rumah dengan tembok tinggi jadi cahaya terik pas jam 12-1an aja selebihnya teduh kehalang tembok rumah

Kalo temen ane di dalem rumah kaca lab basah kampus tempatnya teduh disekitar rumah kaca ada pohon bambu jadi panas tapi lembab sesuai rumah kaca umumnya

Kalo untuk hidroponik yang langsung di paparkan cahaya belum pernah gan, biasanya pakai model penutup dari fiber buat ngehalang cahaya terik

Soalnya cahaya terik selain bikin umur alat ga lama, juga kondisi air buru habis emoticon-Frown ane aja kalo pas cuaca panas agak kesel soalnya cepet kering, intinya kelembapan terjaga gitu sih
Thanks gan. Ane jd kepikiran mau bikin ginian. Tapi mau coba ganti pipa sama botol cola 1,5 liter buat hemat budget.
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di