alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sekelompok Orang Bubarkan Persiapan Tradisi Sedekah Laut di Bantul
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc195941cbfaa665c8b4568/sekelompok-orang-bubarkan-persiapan-tradisi-sedekah-laut-di-bantul

Sekelompok Orang Bubarkan Persiapan Tradisi Sedekah Laut di Bantul


Bantul - Gelaran tradisi sedekah laut yang telah rutin digelar oleh nelayan Pantai Baru, Bantul batal dilaksanakan hari ini. Tradisi ini batal digelar menyusul datangnya sekelompok orang yang membubarkan persiapan acara tersebut semalam.

"Tadi malam ada kericuhan, sekitar jam 23.00 malam. Ada (sekitar) 50 orang yang datang, mereka pakai motor, dua mobil dan ada satu mobil ambulans," kata seorang warga Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Tuwuh (48) saat ditemui wartawan di Pantai Baru, Sabtu (13/10/2018).

Tuwuh yang sempat melihat peristiwa itu kemudian memilih cepat pulang ke rumahnya yang tak jauh dari lokasi karena takut.

"Mereka juga sempat merusak meja dan membanting kursi tadi malam, diobrak-abrik lah pokoknya sekitar 15 menitan," imbuhnya.

Tuwuh menceritakan kelompok orang tersebut mengenakan cadar hitam sehingga tak bisa dikenali.

"Mereka itu datang-datang langsung merusak meja tamu dan kursi di sekitar Pantai (Baru). Ya kalau cirinya pakai cadar sama ada yang teriak itu (Allahuakbar) tadi malam, setelah merusak lalu mereka pergi," kata Tuwuh.

Malam tadi warga sedang menyiapkan tradisi sedekah laut yang rencananya digelar hari ini. Acara ini rutin digelar setiap tahun.

Menurut pantauan detikcom di Pantai Baru, tidak tampak ada tamu undangan meski kursi dan tenda kehormatan telah terpasang. Selain itu tidak tampak pula spanduk acara yang seharusnya terpampang di panggung.

"Untuk kirab, labuhan, pangkur dan gambyong dihilangkan, jadi tinggal reog saja rencananya. Sedekah laut itu setiap tahun dan rutin, tapi baru kali ini jadi begini (Tidak berjalan lancar)," kata Tuwuh. (sip/sip)

Sumber https://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-4254917/sekelompok-orang-bubarkan-persiapan-tradisi-sedekah-laut-di-bantul

Namanya budaya asli itu harus dilestarikan, apalagi kalo mau menjual pariwisata, nanti budaya asli hilang karena ditekan rasa takut
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
onta.. pindah ke arab sono..
leluhur sendiri kok di ludahi
golongan 4L lah

tau lah kita

mereka kan khawarij nya

Sekelompok Orang Bubarkan Persiapan Tradisi Sedekah Laut di Bantul
Diubah oleh godofarcher
Kaburlah keluar pasword emoticon-Ngakak (S)
teriak password juga?
ef pe i bangshat
Diubah oleh sposolo
Quote:


udah tau lah ya golongan yang mana
loh kok podho ?
tereak jargon mang..
emoticon-Malu
Sudah dituliskan ya akhi.. Memang itu sifat aslinya emoticon-Bedug
Quote:
Mending jauh jauh dah kalo dah keluar password
emoticon-Takut
Heboh Surat Edaran Wagub Sulsel Larang Kegiatan Budaya Berbau Sirik, Ini Penjelasan Pemprov Sulsel

KABARMAKASSAR.COM | 12/10/2018 16:05

Sekelompok Orang Bubarkan Persiapan Tradisi Sedekah Laut di Bantul

Tangkapan layar Surat Edaran Wakil Gubernur Sulsel yang viral beredar di sosial media di Makassar, Kamis, 11/10.

KabarMakassar.com -- Akhirnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengeluarkan keterangan resmi terkait beredarnya kekeliruan Surat Edaran (SE) Wakil Gubernur Sulsel dengan Nomor: 120/6759/WAGUB di sejumlah Kabupaten/kota di Sulsel, Kamis, 11 Oktober 2018.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Asmanto Baso Lewa mengklarifikasi surat edaran Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang memiliki cacat administrasi, namun terlanjur diedarkan hingga ke kabupaten/kota.

"Surat edaran himbauan itu masih bersifat draft atau konsep yang selanjutnya diteruskan kepada kesbang. Akan tetapi terjadi kesalahan pada bagian tata usaha yang katanya belum terlalu paham mengenai mekanisme yang ada," Kamis, 11 Oktober 2018.

Menurutnya, surat tersebut diterbitkan terkait aspirasi yang tengah berkembang di masyarakat pasca bencana Palu, Donggala dan Sigi .

Pesan yang disampaikan dalam surat edaran itu mengimbau agar pemerintah kabupaten/kota memperhatikan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kecemburuan nasional terkait duka yang dialami warga di lokasi bencana Sulawesi Tengah.

Asmanto telah meminta staf di ruangan Wagub Sulsel untuk memproses konsep itu lebih lanjut. Namun, terjadi kesalahpahaman karena staf yang melihat konsep tersebut telah ditandatangani dan mengganggap surat itu sudah bisa di edarkan ke Kabupaten/Kota di Sulsel.

Dia berharap agar seluruh pihak bisa memahami kondisi yangterjadi saat ini, mengingat beberapa staf yang ditempatkan di ruangan kerja Wagub Sulsel masih baru.

"Untuk saat ini konsep dari Wagub atas aspirasi masyarakat secara luas, yang selanjutnya 
disampaikan dalam bentuk himbauan kepada seluruh pemerintah kabupaten kota dan provinsi untuk tidak di indahkan demi kehidupan sosial masyarakat yang lebih baik di wilayah mereka masing-masing," tutupnya.

Sebelumnya surat edaran yang ditandatangani Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman beredar luas di sejumlah media sosial khususnya Whats App Group (WAG) milik komunitas pejabat di lingkungan Pemprov Sulsel dan sejumlah grup-grup jurnalis.

Surat edaran itu ramai di perbincangkan karena masalah budaya dan syirik, juga karena memiliki cacat administratif seperti tidak adanya tanggal penetapan dan kop surat yang keliru.

Informasi tersebut beredar hingga menjadi perbincangan hangat di sejumlah warung kopi dan tempat nongkrong lainnya.

Bahkan beberapa pengusaha travel dan perhotelan di Kota Makassar mengaku surat edaran ini bisa merugikan industri kepariwisataan daerah. Karena maklumat surat itu sangat tegas melarang adanya aktifitas hiburan dan entertainment di malam hari. (*)

https://www.teras.id/news/pat-8/1051...ampaign=dlvrit
Quote:


emoticon-Traveller
Diubah oleh kaiserwalzer
Quote:


di PNG sudah tuh, d larang dan d hapus oleh para missionaris dimasa lalu, masih mending di tetangganya, Papua, masih cukup lestari kebudayaan lokalnya serta tarian2nya yg bisa memikat wisatawan emoticon-Embarrassment
Balasan post Uthe18
Quote:

Sebaiknya ngurus rumah sendiri gan sebelum ngurus rumah orang lain
sok suci ini penyembah ngarab, sekalinya disuruh nunjukin dewanya paling sama aja plonga-plongo emoticon-Leh Uga
jangan bikin ribut di mbantul lah.
udah tradisi dr dulu ini.
klo ndak suka ya ndak usah nonton atau ikut.
saiya ndak pernah ikutan tapi gag ada niatan buat ngebubarinnya.
Balasan post brewclaw
Quote:


sama aja... zaman sekarang itu banyak yg mencoba melestarikan adat istiadat lokal yg bisa menarik wisatawan bukan malah menghancurkannya yg ironisnya yg menghancurkan justru adat istiadat bukan dari negara sendiri emoticon-Malu

Lihat Bali atau Scotland yg bisa terkenal dengan adat istiadat dan alam nya yg asri.
Toraja pun terkenal dengan adat istiadat penyimpanan mayat dan tradisi pemakaman leluhurnya
pasti itu ulah FPI goblog binti QlaFUCK
baik nih orang2 terlalu lemah imannya
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di