alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anggota DPRD Ingatkan, Dewan Belum Tentu Setuju Dana ABPBD Talangi Rusunami DP Rp 0
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc171f0a09a39cf0a8b4568/anggota-dprd-ingatkan-dewan-belum-tentu-setuju-dana-abpbd-talangi-rusunami-dp-rp-0

Anggota DPRD Ingatkan, Dewan Belum Tentu Setuju Dana ABPBD Talangi Rusunami DP Rp 0

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Bestari Barus mengatakan, anggaran untuk menalangi uang muka program rumah DP Rp 0 belum tentu disetujui. Ia menemukakan hal ini untuk menanggapi peluncuran rusunami DP Rp 0 yang dilakukan Jumat (12/10/2018) ini.

"Kalau baru ada di APBD 2019 ini berarti kan kami nanti akan bahas. Tetapi dengan pola ini saya pribadi sulit menyatakan persetujuan untuk hal semacam ini. DPRD belum tentu setuju, kenapa sudah ada penjualan nanti di November?" ujar Bestari ketika dihubungi, Jumat.

Rancangan APBD DKI 2019 saat ini masih dalam pembahasan dengan DPRD DKI Jakarta. Bestari mengatakan tidak semua kegiatan yang diajukan Pemprov DKI akan disetujui DPRD DKI. DPRD DKI punya hak untuk mencoret anggaran tersebut.

Ia membenarkan program rusunami DP Rp 0 masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Program yang masuk dalam RPJMD harus didukung di dalam APBD.

Namun dia mengingatkan, RPJMD hanya menampung berapa banyak rumah atau rusunami DP Rp 0 yang dibangun setiap tahun. Bukan tentang berapa banyak dana talangan untuk program itu setiap tahunnya. Bestari tidak setuju dengan skema pembiayaan seperti itu.


Dia mempertanyakan bagaimana caranya memastikan agar pengembalian dana talangan itu bisa dicicil secara rutin oleh masyarakat. Apalagi cicilannya memiliki jangka waktu yang panjang, yaitu 20 tahun dimana jabatan Gubernur hanya 5 tahun dan ganti Gubernur biasanya berganti kebijakan.

"Bayangkan, rusunawa saja saat ini tunggakannya cukup banyak. Bagaimana dengan rusunami? Kemudian apakah skema ini sudah sesuai dengan ketentuan perbankan kita?" ujar Bestari.

Dia mengatakan, DPRD DKI Jakarta akan mengupas tuntas anggaran itu. Dia meminta Pemprov DKI memberikan argumen yang kuat jika ingin anggaran disetujui.

Dalam Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah, ada ketentuan soal pembiayaan perolehan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang difasilitasi Pemprov DKI.

Fasilitas itu diberikan dalam dua bentuk, yakni kredit/pembiayaan uang muka kepemilikan rumah atau kredit/pembiayaan kepemilikan rumah. Dalam rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2019, Pemprov DKI mengajukan Rp 5,8 triliun untuk pemberian pinjaman daerah dalam bentuk fasilitas pembiayaan perolehan rumah.

Dana itu nantinya akan dibahas bersama DPRD DKI Jakarta untuk diputuskan apakah disetujui atau ditolak. Rusunami dengan DP Rp 0 tengah dibangun di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Rusunami Klapa Village itu akan dibangun 4 tower dengan total 780 unit hunian. Rusunami yang dibangun di lahan seluas 1,5 hektar itu ditargetkan rampung pada Juli 2019.

sumber https://megapolitan.kompas.com/read/...-abpbd-talangi
Diubah oleh ikardus
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
emoticon-Wakaka

Tak Nastak, dua thread bikinan elu kenapa kontradiktif sekali.. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Jadi DPRD tidak setuju nalangin atau setuju nalangin tapi 20% ? ... emoticon-Big Grin

Quote:


Kelihatan banget berita ini Hoax...
Berita Hoax bikinan Buzzer bayaran si Babi Mako untuk menjelek2an Anies..

emoticon-Wkwkwk
sip wan abud jd punya alibi buat ngeles lg nih
nyang fenting janji difenuhi. soal ntar penghuninya nunggak, soal ntar ganti ga bener ganti kefijakan, fukan urusan saya emoticon-Wkwkwkw emoticon-Wkwkwk
waduh..
alamat ada ganjelan ini
intinya yang kismin2 ga usa ngarep, yang menengah atau horang kuaya mau buang duit ke sana serah...emoticon-DP emoticon-Najis
Quote:
Gak akan Jalan ni program. Kalaupun dipaksakan Jalan, hancur lebur pasti. Ni program tanpa perencanaan matang, hanya sekedar menutupi kegagalan sistemik aja, pencitraan.

Minggu lalu gw lewat depan sana masih ditutupi Seng, pedagang masih banyak yang gelar lapak depan seng. Crane juga cuma jadi pajangan udah 1 tahun. Gak ada tuh aktifitas pembangunan sama sekali. Jalur ini santapan gw tiap hari, baru kemarin aja pagi ada rame-rame, taunya WAN Abud mw datang
Balasan post northvidelia
Ditunggu perkembangannya emoticon-army:


Quote:


Pemprov = DPRD? emoticon-Bingung (S)

Quote:
Diubah oleh JFaith
Quote:


Makanya itu gua nanya ke TS nya yg bikin berita Hoax ini...
Sebenarnya yg betul yg mana..

emoticon-Wakaka
Ya Akhi

Segera dirapatkan dengan DPRD

Anggota DPRD Ingatkan, Dewan Belum Tentu Setuju Dana ABPBD Talangi Rusunami DP Rp 0
Diubah oleh birubiruaja
Yang menikmati hanya 780 KK saja. Yg jutaan lainnya bersorak sambil ngenes dihati nggak kebagian.
Balasan post northvidelia
Quote:

kurang baca nih orang wkwkwk.
jelas-jelas itu 1 pemprov, 1 dprd
pemprov itu eksekutif, dprd itu legislatif.
udah paham belum?
pemprov harapannya begitu, apa iya dprd bakal approve?
haduh yg kaya gini masuk kaskus
Rumah lapis emoticon-Angel
ya minta duit uno aja
Balasan post JFaith
Quote:


hari gini masih ada yg mikir kayak gitu .... mungkin dikiranya DPRD itu staff nya pemprov, sama kayak mikirnya MPR/DPR staff nya presiden kali emoticon-Wakaka
Ada nasbung goblok juga diatasemoticon-Embarrassment
Knp hal goblok kek gini harus dibahas emoticon-Smilie
Anggota DPRD Ingatkan, Dewan Belum Tentu Setuju Dana ABPBD Talangi Rusunami DP Rp 0
Balasan post beyoungcarerock
Waaaaaahhhh keeeyeennn
wkkkkkkkkkkk dr awal cuma bisa ngoceh wc hmmmmmmm 1005 ga bakal bisa kerja
sidoyok aja ngabur
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di