alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BMKG: Broadcast Gempa Susulan M 8,4 dan M 7,5 Hari Ini Hoax!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc136fd947868cd718b4567/bmkg-broadcast-gempa-susulan-m-84-dan-m-75-hari-ini-hoax

BMKG: Broadcast Gempa Susulan M 8,4 dan M 7,5 Hari Ini Hoax!

BMKG: Broadcast Gempa Susulan M 8,4 dan M 7,5 Hari Ini Hoax!
Jumat 12 Oktober 2018, 11:16 WIB

Jakarta - Setelah gempa M 6 mengguncang Situbondo kemarin, beredar pesan berantai berisi prediksi gempa susulan di berbagai wilayah. Pesan berantai (broadcast) itu dipastikan tidak benar. 

Broadcast pertama mencatut nama BMKG. Pesan berantai itu menyebut ada potensi gempa susulan M 7,5 tanpa menyebut lokasinya. 

Pesan berantai itu dipastikan hoax. BMKG menegaskan tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut. 

"#BMKG tidak pernah mengeluarkan pernyataan untuk keluar rumah di jam sekian-sekian karena akan ada gempa susulan dengan sekian magnitude. Sudah jelas itu #Hoax," tulis BMKG di Twitter, Jumat (12/10/2018). 

Ada juga pesan berantai yang menyebut malam ini diprediksi ada gempa susulan M 8,4 di Madura dengan kedalaman 13 cm dan berpotensi tsunami. Gempa itu disebut bakal mengakibatkan guncangan dashyat dan semburan air hangat. 

Broadcast itu juga hoax. BMKG mengimbau warga mencermati pesan-pesan yang beredar seperti ini. 

"Jika mendapatkan pesan seperti ini atau sejenisnya, baca pelan-pelan dan dihayati. Eh, waittt... Kedalaman: 13 CM??? Ini kedalaman gempa yang akan terjadi atau letupan mercon yang dikubur di tanah?  . Jelas dipastikan ini #Hoax. Tidak ada prediksi gempa sampai sedetail itu," ungkap BMKG di Twitter.
https://news.detik.com/berita/425326...-hari-ini-hoax

Beredar Pesan Gempa Magnitudo 8,4 dan 7,5 Jumat Ini, BMKG Sebut Hoaks
12/10/2018, 10:15 WIB

Beredar informasi hoaks yang mengabarkan adanya gempa susulan di Madura, Jawa Timur.(Twitter: BMKG, @infobmkg) 

KOMPAS.com - Setelah peristiwa gempa yang mengguncang Jawa Timur hingga Bali pada Kamis (11/10/2018), muncul berbagai pesan yang mengabarkan adanya gempa susulan di Madura, Jawa Timur, yang tersebar melalui beberapa media sosial. Informasi yang beredar seperti adanya prediksi gempa bermagnitudo 8,4 dan juga potensi gempa susulan bermagnitudo 7,5. 

Berikut rinciannya: 
BMKG: Broadcast Gempa Susulan M 8,4 dan M 7,5 Hari Ini Hoax!
1. Gempa bermagnitudo 8,4 dan tsunami di Madura Beredar pesan yang mengabarkan adanya gempa dan tsunami yang akan terjadi di Madura, Jawa Timur pada hari ini, Jumat (12/10/2018), pukul 22.45 WIB. Adapun pesan tersebut juga menyebutkan bahwa prediksi gempa itu bermagnitudo 8,4. Pesan ini tersebar melalui aplikasi pesan WhatsApp yang kemudian diunggah oleh salah satu pengguna Twitter, @rlthingy pada Kamis (11/10/2018). Pemilik akun @rlthingy mengungkapkan, dirinya tidak tahu pasti kebenaran pesan tersebut. Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk waspada. 

Hoaks gempa Madura yang beredar di aplikasi pesan WhatsApp.(Twitter: BMKG, @infobmkg) Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), Hary Djatmiko mengatakan, informasi tersebut tidak benar atau hoaks. 

"Informasi ini sudah dapat dipastikan hoaks. Teknologi saat ini belum mampu memprediksi dengan tepat, apalagi memastikan kapan terjadinya gempa megathrust tersebut," ujar Hary saat dihubungi Kompas.com, Jumat. Menurut Hary, dalam ketidakpastian tersebut, yang perlu dilakukan adalah upaya mitigasi yang tepat seperti menyiapkan langkah-langkah konkret yang perlu segera dilakukan untuk meminimalisasi risiko kerugian sosial ekonomi dan korban jiwa. 

2. Gempa susulan bermagnitudo 7,5 pukul 22.30-23.59 WIB Selain itu, muncul juga informasi tentang adanya gempa susulan pukul 22.30-23.59 WIB yang akan terjadi di Madura, Jawa Timur. Dilansir dari akun resmi Instagram, BMKG, @infobmkg mengungkapkan, mereka mendapatkan informasi dari salah satu pengguna yang menanyakan kebenaran isi pesan tersebut. Pihak BMKG mengonfirmasi bahwa informasi gempa susulan tersebut merupakan hoaks. Gempa susulan normalnya terjadi setelah gempa-gempa besar dan berkekuatan relatif kecil. "Gempa susulan terbesar yang pernah tercatat oleh BMKG yakni bermagnitudo 3,5. 
BMKG: Broadcast Gempa Susulan M 8,4 dan M 7,5 Hari Ini Hoax!
Sementara, jika ada informasi yang menyebutkan prediksi gempa susulan dengan angka 7,5 itu sudah jelas merupakan hoaks," ujar Hary. Hingga saat ini, gempa belum bisa diprediksi kapan datangnya dan juga menunjukkan berapa besar kekuatannya. Imbauan BMKG Atas beredarnya informasi mengenai gempa susulan, Hary mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya atas informasi tersebut dan tetap update berita mengenai gempa dan tsunami dari akun resmi BMKG.

https://nasional.kompas.com/read/2018/10/12/10155581/beredar-pesan-gempa-magnitudo-84-dan-75-jumat-ini-bmkg-sebut-hoaks

-------------------------------

BMKG: Broadcast Gempa Susulan M 8,4 dan M 7,5 Hari Ini Hoax!
Yang jelas, berita HOAX itu untuk yang sudah memastikan akan terjadi gempa berikutnya dengan waktu yang pasti, dan skala yang pasti. 

Tapi kalau menyangkut prediksi akan terjadi gempa bumi lagi, itu PASTI, tapi soal waktunya kapan dan berapa besar skala gempanya, itu yang rahasia Illahi. 

emoticon-No Hope
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
sehabis baca artikel ini ku teringat pertemanan antara gudfren si teman dekat dan elang teman yang menimbulkan guncangan dasyat kedalaman 13 cm dan semburan air hangat
Diubah oleh kirimerah
Bisa sampe memprediksi waktu terjadinya gempa, sakti emoticon-Gila
Netizen jaman now..bisa prediksi gempa sampe mendetail...emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Netijen mental mongol...emoticon-Big Grin
coba tlusurin tuh broadcast hoax, jgn2 tetangga sebelah ....... emoticon-Malu
gempa itu hingga saat ini hanyalah misteri Ilahi gak ada yang bisa tau

paling aman emang indonesia daerah rawan gempa , gue lebih secure jika gempa kecil rutin terjadi, daripada gempa tidak pernah terjadi sama sekali karena saat itu strees bertumpuk, dan saat strees release ini yang energinya numpuk banyak pasti skala besar juga






kalo mau tau kapan terjadi gempa
tanyak org bumi datar
kapan belahan bumi dibawah kita ditabrak naga ,
Gempa susulan biasanya menurun, bukan meningkat skalanya
Mesti ditangkepin pembuat hoax, sangat meresahkan...
Quote:
siap siap diciduk tuh yg bikin hoax🤣🤣🤣
Hayo Cyber Crime, cepetan diciduk dah yang bikin resah masyarakat model gini..
Gempa bumi itu mana bisa diprediksi oleh saintis manapun.

Kecuali nasbung. Nasbung dapat memprediksi segalanya termasuk gempa, dengan kekuatan petapa kudus (kuda kardus).
Bisa aja kalau minta bantuan amerika pake HAARP
Kedalaman 13 cm HAHAHAHAHA
Asal gempanya dari mana tuh? Atas ranjang?
kurang kerjaan banget yang bikin

pasti g punya pacar
Kerjanya apaan sih itu lembaga.
Kenapa pulak selalu salah memberi informasi ke masyarakat.

Status tsunami dilepas, beberapa menit malah tsunami menerjang.
Lalu apa gunanya lembaga itu.

Bisa nggak sih sebenarnya si kodok ngurus negara.
Anak buahnya kok ikut2an plonga-plongo semua.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di