alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
SUDAHKAH KALIAN MENJADI MAHASISWA YANG BERINTELEKTUAL?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc0968c1cbfaafc378b4571/sudahkah-kalian-menjadi-mahasiswa-yang-berintelektual

SUDAHKAH KALIAN MENJADI MAHASISWA YANG BERINTELEKTUAL?

Apakah yang dimaksud dengan mahasiswa berintelektual? Apakah kita sudah menjadi mahasiswa yang berintelektual? Menurut pendapat saya, setiap mahasiswa pasti memiliki pemikiran yang intelektual dalam meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan mereka tentang hal-hal umum. Dan semua mahasiswa pasti juga memiliki pemeikiran seperti itu, Tetapi banyak diantara mereka yang terkadang masih belum faham tentang arti intelektual yang sesungguhnya.
Menurut saya, Intelektual adalah suatu gaya bebas yang berpedoman pada kebenaran dan hal-hal positif. Jadi,maksud dari mahasiswa yang berintelektual adalah mahasiswa yang memiliki gerak bebas, dimana mereka memiliki daya tingkat berpikir yang tinggi dan memiliki prinsip-prinsip yang bisa mengembangkan pengetahuan mereka yang lebih berpacu pada hal yang positif dan hal yang berhubungan dengan imajinasi mereka. Berbicara tentang intelektual, sebenarnya keintelektualan berfikir seseorang dapat diperoleh dengan cara mereferensi hal-hal positif yaitu dengan membaca buku,browsing internet,menonton TV atau mendengarkan radio.
Dengan cara demikian, maka secara tidak langsung kita akan memperoleh wawasan yang bisa mengasah keintelektualan berpikir kita menjadi seorang mahasiswa. Sebenarnya, untuk menjadi mahasiswa itu tidaklah susah, namun menjadi seorang mahasiswa yang berintelektual itu tergantung dari cara berfikir kita dalam memandang dan menilai sesuatu yamg ada di sekitar kita. Berdasarkan pengamatan saya, banyak mahasiswa yang kurang berfikir secara intelektual , mahasiswa jaman sekarang lebih cenderung menginginkan hal-hal instan dan cenderung diantara mereka memiliki pengetahuan yang kurang, salah satu penyebabnya adalah kurangnya referensi membaca tentang pengetahuan.
Pengetahuan umum untuk menjadi mahasiswa intelektual tidak hanya selalu mendengarkan penjelasan dosen, lalu mendapatkan nilai dengan grade tinggi akan tetapi untuk menjadi mahasiswa intelektual kita juga harus melakukan hal-hal positif didalam ataupun di luar area kampus yang bisa mengembangkan kemampuan berfikir kita. Mahasiswa adalah calon generasi penerus bangsa yang seharusnya faham akan situasi bangsa dan negara serta memperbanyak pengetahuannya di berbagai bidang. Mereka harus lebih berfikiran rasional dan lebih berani dalam menyatakan fakta serta realita yang ada. Mereka juga harus memiliki wawasan yang luas dalam mengatasi suatu problema yang memiliki dampak besar terhadap perkembangan dan kemajuan dari bangsa dan negara. Tanpa adanya aspirasi dan masukan dari mahasiswa melalui aktivis dan gerakan , maka Negara ini akan mengalami stagnasi karena suara mahasiswa yang mewakili arti yang cukup dalam.
Sebagai pencetak intelektual, peran kampus juga sangat penting. Kampus sebagai wadah mencari ilmu bukan hanya memberikan sekedar materidan teori yang membosankan tetapi membangkitkan daya nalar bagi mahasiswanya. Daya nalar yang tinggi membangkitkan tekad dan semangat seorang mahasiswa dalam mencari pengetahuan sebanyak-banyaknya dan haus akan ilmu. Mereka tidak akan puas dengan apa yang telah didapatkan dari dosen yang mengajar, akan tetapi mencari lebih banyak tambahan referensi dari buku ,televizi,internet,dan surat kabar. Media yang sangat banyak ini seharusnya harus lebih digunakan dan dimanfaatkan dengan baik, karena sangat banyak tedapat pengetahuan di dalamnya
Jadi, bila kalian semua ingin menjadi mahasiswa berintelektual tinggi , maka kita harus mengembangkan cara berfikir kita sebagaimana mestinya.Kita bebas melakukan hal apa saja dan ruang lingkup mahasiswa tidak hanya di area kampus saja, kita juga harus mengenal lingkungan luar kampus. Apa yang menurut kita baik, maka lakukanlah dan apa yang menurut kita buruk, maka tinggalkanlah. Janganlah ragu untuk menjadi mahasiswa berintelektual, jadilah mahasiswa berintelektual mulai dari sekarang juga.
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di