- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Tips Mendeteksi Kerusakan Pada Rem


TS
Bendix.ID
Tips Mendeteksi Kerusakan Pada Rem
Hallo temen-temen, karna banyaknya dukungan dari temen-temen, Bendix mau bagi-bagi tips lagi nih untuk mendeteksi kerusakan yang biasa terjadi pada rem temen-temen.

Deteksi dini Rem mobil Anda untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Yuk langsung aja simak ketujuh tips dibawah ini,
Tips pertama

Yang anda harus lakukan adalah injak pedal rem saat mesin mati, lalu hidupkan mesin. Ketika mesin sudah hidup jangan lepas pedal rem, rasakan gerakan pedal turun sedikit. Jika pedal rem turun bersamaan dengan hidupnya mesin, maka dapat disimpulkan bahwa master rem anda dalam keadaan baik.
Tips kedua

Kali ini yang harus anda lakukan adalah jalankan mobil anda pada kecepatan 30-60 kpj, lalu injak rem secara normal. Jika pedal rem bergetar, maka sumber kerusakan berasal dari permukaan tromol atau cakram yang aus dan tidak merata.
Tips ketiga

Jika saat anda menekan pedal rem terasa keras, tetapi rem tidak juga pakem, maka kerusakan berasal dari booster atau master rem. Kebocoran halus ataupun menggetasnya karet seal rem adalah penyebab utama rem keras.
Tips keempat

Isilah minyak rem hingga batas level max pada reservoirnya. Kekurangan minyak rem dapat menyebabkan jarak main pedal terlalu jauh, Walhasil Anda perlu tenaga ekstra saat menginjaknya. Tak hanya itu, kampas rem juga cepat aus karena bekerja berat tanpa bantuan minyak rem.
Tips kelima

Saat membuka tutup reservoir, jangan menginjak pedal rem, karena akan memancing gelembung udara. Pastikan juga reservoir tertutup rapat dan tidak ada celah udara. Senyawa kimia minyak rem dapat rusak karena terkontaminasi udara.
Tips ketujuh

Ganti brake pad secara berkala. Idealnya pergantian brake pad dilakukan setiap 20.000 km atau 30.000 km tergantung jenis dan merek mobil. Pergantian rutin ini secara tidak langsung dimaksudkan untuk memperpanjang usia cakram. Pasalnya, jika brake pad menipis dan masih dipaksakan akan menggores cakram. Walhasil, ongkos reparasinya akan jauh lebih besar ketimbang harga brake pad baru.
Tambahan : Keausan pada sepatu rem (brake pad) dapat menimbulkan suara berdecit saat pedal rem diinjak. Tidak hanya itu, biasanya terdengar juga suara seperti logam bergesekan.injak pedal rem saat mesin mati, lalu hidupkan mesin. Ketika mesin sudah hidup jangan lepas pedal rem, rasakan gerakan pedal turun sedikit. Jika pedal rem turun bersamaan dengan hidupnya mesin, maka dapat disimpulkan bahwa master rem anda dalam keadaan baik.
Semoga thread ini bermanfaat buat agan-agan sekalian, jika berkenan boleh kasi
dan 
Jangan lupa share ke temen-temen kalian supaya thread ini dapat bermanfaat buat banyak orang.
Mampir juga ke thread ane yang lainnya dibawah ini gan:

Deteksi dini Rem mobil Anda untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Yuk langsung aja simak ketujuh tips dibawah ini,
Tips pertama

Yang anda harus lakukan adalah injak pedal rem saat mesin mati, lalu hidupkan mesin. Ketika mesin sudah hidup jangan lepas pedal rem, rasakan gerakan pedal turun sedikit. Jika pedal rem turun bersamaan dengan hidupnya mesin, maka dapat disimpulkan bahwa master rem anda dalam keadaan baik.
Tips kedua

Kali ini yang harus anda lakukan adalah jalankan mobil anda pada kecepatan 30-60 kpj, lalu injak rem secara normal. Jika pedal rem bergetar, maka sumber kerusakan berasal dari permukaan tromol atau cakram yang aus dan tidak merata.
Tips ketiga

Jika saat anda menekan pedal rem terasa keras, tetapi rem tidak juga pakem, maka kerusakan berasal dari booster atau master rem. Kebocoran halus ataupun menggetasnya karet seal rem adalah penyebab utama rem keras.
Tips keempat

Isilah minyak rem hingga batas level max pada reservoirnya. Kekurangan minyak rem dapat menyebabkan jarak main pedal terlalu jauh, Walhasil Anda perlu tenaga ekstra saat menginjaknya. Tak hanya itu, kampas rem juga cepat aus karena bekerja berat tanpa bantuan minyak rem.
Tips kelima

Saat membuka tutup reservoir, jangan menginjak pedal rem, karena akan memancing gelembung udara. Pastikan juga reservoir tertutup rapat dan tidak ada celah udara. Senyawa kimia minyak rem dapat rusak karena terkontaminasi udara.
Tips ketujuh

Ganti brake pad secara berkala. Idealnya pergantian brake pad dilakukan setiap 20.000 km atau 30.000 km tergantung jenis dan merek mobil. Pergantian rutin ini secara tidak langsung dimaksudkan untuk memperpanjang usia cakram. Pasalnya, jika brake pad menipis dan masih dipaksakan akan menggores cakram. Walhasil, ongkos reparasinya akan jauh lebih besar ketimbang harga brake pad baru.
Tambahan : Keausan pada sepatu rem (brake pad) dapat menimbulkan suara berdecit saat pedal rem diinjak. Tidak hanya itu, biasanya terdengar juga suara seperti logam bergesekan.injak pedal rem saat mesin mati, lalu hidupkan mesin. Ketika mesin sudah hidup jangan lepas pedal rem, rasakan gerakan pedal turun sedikit. Jika pedal rem turun bersamaan dengan hidupnya mesin, maka dapat disimpulkan bahwa master rem anda dalam keadaan baik.
Semoga thread ini bermanfaat buat agan-agan sekalian, jika berkenan boleh kasi


Jangan lupa share ke temen-temen kalian supaya thread ini dapat bermanfaat buat banyak orang.
Mampir juga ke thread ane yang lainnya dibawah ini gan:
- Tips Merawat Rem Belakang Mobil (Drum Brake) Pada Saat Musim Hujan
- #Tips Menghilangkan Aroma/bau Tak Sedap Dalam Mobil
- Tips Meminimalisir Baret pada Saat Mencuci Mobil di Tempat Umum
- Tips Ganti Ban Mobil Saat Kantong Tipis
- Tips Menghadapi Wheel Stopper pada Saat Parkir Mundur
Diubah oleh Bendix.ID 12-10-2018 16:49
2
1.2K
6


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan