alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Gosip Nyok! /
Fakta Tersembunyi dari Stephen Hawking
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc00dbe12e257864b8b4567/fakta-tersembunyi-dari-stephen-hawking

Fakta Tersembunyi dari Stephen Hawking

Fakta Tersembunyi dari Stephen Hawking

Stephen Hawking muda. Dok. Ist


Stephan Hawking mungkin sudah wafat pada 14 Maret lalu, namun apakah kita tahu sejarah yang ditorehkan olehnya semasa hidup? Salah satu ilmuwan/ahli fisika terhebat di dunia itu pernah membuat banyak teori yang membantu perkembangan umat manusia khususnya di bidang antariksa.

Dirinya lah yang membuktikan teori kosmologi atau penggabungan antara teori relativitas umum dan mekanika kuantum atau gampangnya adalah teori yang dipakai oleh Dr Strange dalam komik Marvel dengan memakai Time Stone-nya.

Selain itu ia juga pernah membuat pandangan terhadap masa depan umat manusia yakni di tahun 2006 lalu. Ia sempat mengungkapkan bahwa dunia akan mengalami kekacauan politik, sosial dan lingkungan di masa depan. Hawking pun menanyakan bagaimana cara agar umat manusia bisa bertahan melewati itu semua dan bertahan hidup hingga 100 tahun mendatang?

Sayangnya ia juga tak tahu bagaiaman jawaban dari pertanyaannya itu dan mengharapkan agar masyarakat lebih peduli dengan aspek-aspek tersebut agar terhindar dari kepunahan kelak. Bahkan ia jadi salah satu penggagas penjelajahan antariksa untuk membuat kolonisasi di beberapa planet lain untuk mencegah kepunahan umat manusia dari bencana besar/skala planet.

Beberapa film pun mengangkat kisah dirinya seperti ‘The Theory of Everything’ hingga series ‘The Big Bang Theory’. Beragam buku biografinya juga dibuat, namun di balik kepintarannya  dan kisah hidupnya itu ada beberapa hal yang jarang diketahui oleh publik. Apa saja? Yuk simak:

Hawking Adalah Murid yang Biasa Saja


Fakta Tersembunyi dari Stephen Hawking


Meski sempat dijuluki ‘Einstein’ saat duduk di bangku sekolah ternyata Hawking ternyata sempat sulit mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Nilainya pun tak bagus, hingga ia mulai menemukan minatnya pada Matematika dan Fisika. Ia pun terinspirasi seorang ahli Matematika yakni Dikran Tahta. Hingga akhirnya ia memilih studi Matematika saat kuliah meskipun sang ayah ingin ia mempelajari ilmu Kedokteran.

Pernah Jadi Atlet Dayung


Fakta Tersembunyi dari Stephen Hawking


Hawking dikenal di kampusnya sebagai pria yang menyukai musik klasik dan fiksi ilmiah. Namun karena kebosanannya, ia pun memutuskan untuk bergabung dengan klub dayung yakni Coxswain. Usai bergabung dalam klub itu ia menjadi populer diantara para gadis meskipun efeknya mempengaruhi nilai kuliahnya.


Disebut Berumur Pendek


Fakta Tersembunyi dari Stephen Hawking


Saat didiagnosa menderita ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) di usai 21 tahun, ia disebut oleh dokternya hanya bisa bertahan hidup sampai dua tahun. Namun ia membuktikan bahwa dirinya sanggup bertahan lebih lama sebelum akhirnya wafat di usia 76 tahun.


Gunakan Berbagai Gadget untuk Berkomunikasi


Fakta Tersembunyi dari Stephen Hawking


Di akhir tahun 1970, hanya pihak keluarganya saja yang mengerti apa yang dikatakannya. Namun tak lama kemudian ada teknologi yang membantunya untuk berkomunikasi hanya melalui gerakan alisnya. Dan pada tahun 1986, ia berkomunikasi dengan teknik yang dikenal dengan nama Switch Access Scanning. Hingga pada tahun 1997, Intel membuat komputer canggih yang membuatnya dapat berkomunikasi dengan bantuan sistem infrared dari kacamatanya yang mengidentifikasi gerakan pipinya itu.

Ingin Menjadi Kosmonaut


Fakta Tersembunyi dari Stephen Hawking


Stephen Hawking selalu ingin menjadi kosmonaut dan menjelajahi angkasa. Bahkan pada tahun 2006 lalu ia ditawari oleh seorang miliuner dan pemilik Virgin Grup, Richard Branson untuk mencicipi Virgin Galactic. Ia pun melakukan tes di sebuah pesawat bernama Zero-G Corp pada 2007 lalu untuk mencoba bagaimana tubuhnya beradaptasi dalam keadaan nol gravitasi. Setelah tes itu usai ia dijadwalkan berangkat pada tahun 2009 lalu, namun ia tak pernah jadi menjelajahi antariksa hingga akhir hayatnya.


Pernah Salah dan Kalah Kepada Higgs Boson


Fakta Tersembunyi dari Stephen Hawking


Hawking pernah terlibat dalam debat panas dengan ilmuwan lainnya salah satunya adalah Higgs Boson. Sejak 2002 hingga 2008, keduanya selalu berdebat terkait partikel yang disebutkan dalam teori yang ditemukan Peter Higgs pada tahun 1960 lalu, hingga akhirnya pada tahun 2012 ternyata ilmuwan dari CERN membuktikan kebenaran teori Peter Higgs itu. Hawking pun mengaku salah dan kalah, bahkan ia menyebut Higgs harusnya bisa mendapatkan Nobel.

Percaya Alien itu Ada


Fakta Tersembunyi dari Stephen Hawking


Stephen Hawking selalu menyebut bahwa alien itu ada. Meski begitu ia menyebutkan bahwa kita tak boleh melakukan kontak dengan mereka, karena mereka bisa mengambil seluruh sumber daya alam yang ada di Bumi. Wah, jadi mirip kisah Thanos yak gan?


Meninggal di 140 Tahun Kelahiran Einstein


Fakta Tersembunyi dari Stephen Hawking


Mungkin banyak yang tak sadar, tapi ternyata Stephen Hawking meninggal di hari yang sama dengan kelahiran Einstein yakni 14 Maret.


[url= [url]https://www.rankred.com/facts-about-stephen-hawking/]Sumber[/url][/url]
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
einstein baru sebatas teori
hawking lah yg berhasil membuktikkan teori einstein
hawking adalah eddington nya masa kini


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di