alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kekurangan Cairan Ban Tubless
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbf1f52529a452b1d8b456e/kekurangan-cairan-ban-tubless

Kekurangan Cairan Ban Tubless

Selamat Datang



Kekurangan Cairan Ban Tubless

Agan dan sista yang memilih untuk menggunakan ban tipe tubeless biasanya selalu ditawarkan cairan anti bocor yang dibuat seperti satu paket dengan ban tubeless itu sendiri. Cairan anti bocor ini berfungsi untuk menutup lubang atau bagian yang bocor pada ban tubeless dengan sendirinya. Penggunaannya pun terbilang mudah, agan dan sista cukup memasukkan cairan anti bocor ini melalui pentil ban, maka ban tubeless akan terlindungi dari kebocoran. Sehingga agan dan sista nggak perlu repot-repot ke tukang tambal ban tubeless setiap kali mengalami kebocoran. Tapi dibalik kemudahan tersebut, konsekuensi yang agan dan sista terima justru lebih merugikan. Hal ini ane dapat berdasarkan diskusi dengan salah satu manajemen dari salah satu pabrikan ban, manajemen dan pegawai salah satu toko ban ternama, tukang tambal ban tubeless di SPBU milik Pertamina, obrolan ringan dengan beberapa orang di warung kopi, bahkan dari salah satu pegawai perusahaan yang memproduksi cairan anti bocor itu sendiri.

1. Menutupi Lubang Pentil Ban
Kekurangan Cairan Ban Tubless

Cairan anti bocor yang dimasukkan melalui pentil ban justru dapat menutupi lubang pentil ban itu sendiri, terutama kalau cairan tersebut nggak dimasukkan dengan benar. Cairan yang menutupi pentil ban bisa mengeras yang mengakibatkan agan dan sista jadi nggak bisa memompa ban karena lubangnya sudah tertutup dan mengeras. Jika sudah begitu, solusinya adalah dengan mengganti pentil ban terutama saat lubang pentil sudah ditutupi cairan anti bocor yang mengeras tersebut.

2. Merusak Bagian Dalam Ban Dan Pelek
Kekurangan Cairan Ban Tubless

Cairan anti bocor ini memiliki sifat korosif atau merusak yang dapat menyebabkan kerusakan pada bagian dalam ban tubeless. Kalau sudah begini alih-alih menghemat biaya tambal ban atau efisiensi waktu, agan dan sista justru harus bersiap untuk mengganti ban secara keseluruhan. Bukan hanya ban, bahkan cairan anti bocor ini juga dapat merusak pelek bagian dalam yang bersentuhan langsung. Cairan anti bocor yang bersentuhan langsung dengan pelek bisa menyebabkan pelek karatan yang pada akhirnya merusak pelek itu sendiri.

3. Mengganggu Keseimbangan
Kekurangan Cairan Ban Tubless

Masuknya cairan anti bocor kedalam ban otomatis akan menambah bobot dan beban yang ada pada ban tersebut. Selain bobot yang bertambah, keseimbangan ban juga terpengaruh karena ada cairan didalam ban. Pada saat ban berputar cairan yang ada didalam ban juga ikut berputar, karena itu keseimbangan motor juga bisa ikut terganggu. 
 
Apapun pilihannya, apakah menggunakan cairan anti bocor atau tidak, sebaiknya pengguna juga mengenali kondisi atau karakteristik ban yang digunakan. Misalnya apakah karakter ban tersebut adalah soft, medium, atau hard compound, karena jika ban yang digunakan sudah hard, maka ban tersebut akan bertambah keras lagi setelah di isi cairan. Produk anti bocor yang ada di pasaran sebenarnya semakin disempurnakan dan Keputusan ada di tangan agan dan sista apakah mau menggunakan cairan anti bocor atau tidak. 

Terimakasih.

emoticon-Shakehand2

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Bannya butuh aqua emoticon-Ngacir
Ane kurir gan dan dulu buka jasa cod.
Otomatis mobile dijalan dari pagi sampai malam. Dan dulu sebelum kenal anti bocor , ban bocor adalah makan sehari hari ane. Mungkin gak masalah pas ane dalam kondisi off kiriman tapi sangat bermasalah jika pas kondisi on kiriman atau mau cod-an.

1. Kalau nutup pentil ban bener gan. Tapi itu prosesnya lama. Selama saya pakai anti bocor pentil ban baru ketutup (gak bisa diisi angin) setelah 2 tahun. Yang menurut saya 2 tahun memang juga uwdh waktunya ganti ban.
2. Merusak velg???
Selama ane pakai anti bocor velg aman gan. Total uwdh 5 tahun ane pakai. Yg pertama sampai 3 tahun dimana ane keluar biaya 35k buat ganti tutup pentil karena uwdh nutup
3. Keseimbangan ban???
Sedikit benar gan karena memang cara kerja cairan anti bocor kondisi ban harus selalu keras (tekanan tinggi) otomatis ketika pakai motor gak bisa nikung dengan mudah kayak rossi karena tekanan ban di set tinggi. Biasa dulu sebelum pakai anti bocor ane beda set tekanan ban jika berkendara sendiri atau lagi bonceng biar nikung nyaman. Kalau lewat polisi tidur lebih keras juga biasanya pengaruh ke stir kalau sering buru buru. Jadi saya rasa keseimbangan ban gak ngaruh dikasih anti bocor karena cairannya gak banyak juga.

Selama ane pakai anti bocor efeknya
Negatifnya:
1. Gak bisa nikung nyaman karena ban tekanan tinggi jadi nikungnya pelan pelan
2. Siap siap buat ganti pentil kalau uwdh mengeras
3. Make motor gak nyaman banget dalam kondisi ban dengan tekanan tinggi. Karena ban gak nempel sempurna di aspal (kalau ane denger dari motogp wkwkkw)

Positifnya:
1. 5 tahun pakai ane gak pernah nambal gan gokil (nambal ban itu ngeri kalau pas kena gebuk harga mahal atau jalan jauh nyari tambal bannya, eh begitu sampai tukang tambal bannya tutup wkkwkwk)
2. Ban lebih awet karena tekanan ban selalu tinggi. Ane tahun pertama gantinya setelah 3 tahun itupun karena ane ganti bukan karena jebol tapi lebih ke safety. Takut malah jebol dijalan lebih ribet.
3. Lebih aman kemana mana (secara ane dulu sering telat kiriman gara gara bocor. Dan ganti ban di tukang tambal ban kadang mahal banget walaupun masih banyak yg reasonable price)

Note:
Ane gak ngerti entah ane yg beruntung atau gimana. Ini ane baru ganti ban karena memang uwdh 2 tahun. Tapi temen ane yg make anti bocor bilangnya uwdh nambal 3x karena kena paku gede padahal baru beberpa bulan. Padahal ban ane kalau diraba paku kecilnya banyak. Tapi alhamdulillah gak pernah nambal. Mungkin ane mainnya kurang jauh juragan wkwkwkwk.
emoticon-Ngakak
waktu ganti tubeless untung ane ga mempan kena pancing sales nya untuk isi anti bocor ini.
emoticon-Ngakak
Bukan apa2,
Quote:

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh amnessterz
jadi rusak ban ane gan
ane make cairan anti bocor udah lebih dr setahun msh aman nih gan emoticon-2 Jempol
ane gak pakai gan
kalo masalah saat tikung emang kurang enak...


tapi ok sih, ban ane kebeset beling masih topcer, cuma cabut isi angin udh jalan lgi


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di