alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
[COC] 5 Jenis Permainan yg Asik utk Mengajak Anak-anak Belajar #Aslinyalo
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbf1e62d675d40f2d8b4570/coc-5-jenis-permainan-yg-asik-utk-mengajak-anak-anak-belajar-aslinyalo

[COC] 5 Jenis Permainan yg Asik utk Mengajak Anak-anak Belajar #Aslinyalo

[COC] 5 Jenis Permainan yg Asik utk Mengajak Anak-anak Belajar #Aslinyalo


Klo kita berbicara tentang masa anak-anak itu adalah masa dimana hanya ada bermain dan bermain saja. Tapi untuk jaman sekarang sepertinya tidak begitu lagi, kenapa gitu? karena terkadang banyak orangtua yang ingin melihat anaknya menjadi orang sukses kedepannya dan mempunyai masa depan yang cemerlang nantinya!!

Siapa yang ngga pengen klo nantinya kita punya anak bisa sukses dan punya masa depan yang cemerlang! tapi klo sedari kecil sudah dipaksa untuk belajar dan belajar kayanya kita sebagai orangtua malah terkesan kejam. Banyak diluar sana yang memasukan anaknya yg mungkin masih kecil kesekolah favorit dan ada pelajarn bahasa inggrisnya, mungkin disatu sisi bagus untuk anak tapi disisi lain juga kasihan, yang seharusnya mereka masih bisa bermain, sudah harus disibukkan dengan sekolah dan belajar.

Belajar itu ngga harus disekolah loh, dimanapun dan bahkan sambil bermain si-anak juga bisa belajar. Nah sekarang ane mau coba berbagi 5 jenis permainan menyenangkan sambil mengajak anak-anak untuk belajar.


1. Tebak Gambar, Foto, Angka & Huruf

Untuk permainan ini ane kenalkan pada saat anak usia 1,5 th. Ajak anak untuk menebak gambar bisa buah atau binatang, nah ini gunanya selain untuk mengenalkan hewan dan buah bisa juga untuk membantu daya ingat si anak. Dan anak juga akan senang melihat gambar-gambar tersebut. Selain gambar bisa juga dengan mengenalkan foto keluarga kemudian minta anak untuk menebak kembali siapa yang ada difoto tersebut.

Sedangkan untuk angka & huruf awalnya bisa kita kenalkan dengan cara bernyanyi kemudian baru memperlihatkan gambar berupa huru dan angka tersebut. Karena tipikal anak kebanyakan cepat bosan jadi untuk mengenalkan angka dan huruf bisa dengan menggunakan gambar ataupun nyanyian agar anak tidak bosan dalam belajar.


Spoiler for Contoh Gambar:



2. Mengenalkan huruf hijaiyah dengan cara bernyanyi

Karena masa anak-anak ini masih senang bermain dan juga bernyanyi, jadi untuk bernyanyi bisa kita jadikan siasat juga untuk mengajarkan sesuatu kepada anak kita. Contohnya seperti mengenalkan huruf hijaiyah dengan bernyanyi, biasanya klo ane suka mencari nyanyian tentang huruf hijaiyah sesuai dengan kartun kesukaan dari si-anak. Nah anak ane kebetulan suka upin ipin nh gan, jadilah ane ajakdy bernyanyi huruf hijaiyah versi kartun upin ipin. Setiap hari selalu diulang-ulang walaupun hanya 2x nyanyi tapi itu benar-benar bisa diingat oleh si-anak, Alhamdulillah anak ane sekarang udah bisa apal huruf hijaiyah gan emoticon-Big Grin


Spoiler for Ini Nyanyian Huruf Hijaiyah Versi Upin Ipun:


3. Mengenalkan warna dengan membuat cat warna dari Tepung Maizena/Terigu
Pada saat usia dini seorang anak juga perlu mengenal warna, kita bisa mengenalkan warna dari sekeliling kita misalnya seperti contoh dari baju bisa kita ajarkan ke anak tersebut, kita bisa memancing dengan pertanyaan ringan seperti Baju yang adek pakai hari ini warna apa ya?
Atau bisa juga kita mengenalkan warna dengan cara hal yang unik dan juga menyenangkan, nah ane pernah menggunakan cara seperti membuat prakarya gitu gan, seperti contoh membuat cat warna dari tepung terigu yang dicampur dengan air dan kemudian yang pasti dengan pewarna makanan.
Ajak anak untuk ikut dalam proses pembuatan cat warnanya juga, dari hal menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan sampai dengan proses pembuatannya. Biarkan anak untuk mengeksplor kemampuan mereka dalam proses pembuatannya dan juga kita bisa sembari mengenalkan bahan apa aja yang digunakan. Lalu setelah jadi barulah si-anak diajak untuk membuat gambar berupa telapak tangan yang sudah dimasukan ke cat warna tersebut dan tentunya jangan lupa mengajarkan untuk menyebutkan warna apa saja yang sudah dibuat?
Selain bisa untuk mengenalkan warna ke anak, cat warna tersebut juga bisa merasakan tekstur dari cat warna. Karena teksturnya yang unik akan menjadi sarana menarik untuk eksplorasi indera perabanya.

Quote:


4. Bermain ditaman atau playground

Sekali-kali ajak anak kita main di outdoor biar mereka bisa langsung merasakan dan mengenal segala sesuatu tentang alam secara langsung. Klo ane biasanya suka ngajak ke taman tapi yang ada permianan anaknya gitu, dialam terbuka gitu biasanya banyak yang bisa dipelajari oleh anak-anak... mulai dari mengenal tumbuhan, hewan dan juga bisa berinteraksi dengan teman-teman lainnya. Jangan pernah melarang anak untuk ber-eksplorasi, selama masih aman biarkan mereka bergerak dengan bebas. Kita sebagai orangtua hanya cukup mengawasi dan memperhatikan anak pada saat bermain...

Jangan lupa iklan di tv yang bilangkotor itu baik emoticon-Big Grin


5. Mainan Edukasi

Nah yang terakhir ini bolehlah sesekali ngebeliin anak mainan tapi tetep carinya yang mainan edukasi. Ane pernah beliin anak mainan edukasi, namanya mainannya ini gan "Rainbow Busy Bag" mungkin bisa jadi alternative buat kalian yang bingung cari mainan edukasi buat anaknya. Sebenernya klo mau bikin sendiri bisa banget cuma kadang waktunya udah susah banget apalagi ane sembari kerja jadi weekend beneran buat istirahat ama beres-beres doank emoticon-Frown

Oiya jangan lupa nih gan sehabis mainan ajak anak buat beresin mainan ketempatnya lagi, jadi bisa mengajarkan anak untuk bertanggung jawab atas apa yang udah dilakukan oleh dy.


Spoiler for Rainbow Busy Bag:



Itu yang bisa ane share berdasarkan pengalaman pribadi ane, sebenernya masih banyak lagi jenis permainan yang bisa dilakukan bareng anak tapi pasti bakalan jadi panjang banget ini thread emoticon-Thinking

mungkin kalian bisa berbagi juga disini mengenai permainan yang bisa mengajak anak belajar tapi dengan menyenangkan, karena menurut ane mengajak belajar anak dengan suasana yang menyenangkan akan lebih cepat ditangkap oleh anak daripada dengan situasi yang benar-benar serius.


Sumber : Pengalaman pribadi

Gambar : Mbah Google dan doc pribadi


Diubah oleh: unicmember
wah mantab! aku jg beli rainbow busy bag.. soalnya ga sempet mau bikin hahaha.

setuju bikin playdough dr terigu emang menarik banget. apalagi anak kecil basicly suka yg kotor2 dan lengket2 hihihi.

nice sharing emoticon-Smilie
oke gan ane tandain yak


Quote:


Hahaha iya sist karena waktunya ngga sempet jadi nyari gampangnya aja deh, padahal klo mau bikin sendiri sih kayanya ngga susah2 amat...

Nah betul tuh, kadang suka bikinin playdough juga dri terigu dan selalu ngajak anak biar ikutan proses bikinnya, itu bisa jadi strategi buat si-anak belajar juga dan pastinya lebih murah meriah....

Quote:


Silahkan gan, semoga bisa bermanfaat


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di