alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN BISNIS KULINER
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbf1843dc06bd4a298b4572/faktor-kunci-keberhasilan-bisnis-kuliner

FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN BISNIS KULINER

FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN BISNIS KULINER

Jika Anda ingin berbisnis kuliner, terdapat faktor kunci yang menyebabkan seseorang akan memilih produk makanan atau minuman yang Anda jual. Pemilihan terhadap makanan dapat dipengaruhi oleh karakteristik makanan itu sendiri. Karakteristik makanan antara lain meliputi warna, aroma, rasa, tektur, bentuk, bumbu, penampilan, dan kombinasi makanan. Pada dasarnya karakteristik makanan ini terbentuk karena adanya beberapa faktor yakni pemilihan bahan, teknik olah yang digunakan, proses pengolahan, asal daerah, dan sebagainya.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi karakteristik makanan sebagai berikut:

1. Warna

Warna makanan merupakan faktor yang paling dominan dalam menentukan mutu pangan disamping cita rasa tekstur, dan nilai gizi serta mikrobiologis makanan. Warna makanan merupakan salah satu hal yang penting dalam penampilan suatu makanan. Dalam melihat makanan, maka warna akan terlihat pertama kali.

Makanan yang berwarna pucat cenderung memberikan penilain bahwa makanan tersebut mempunyai rasa yang tidak enak atau sudah layu, sedangkan makanan berwarna terang memberikan kesan bahwa makanan tersebut mempunyai rasa enak dan masih segar. Makanan dengan warna bagus dan menarik dapat menimbulkan selera makan bagi setiap orang yang melihatnya.

Warna dapat dijadikan sebagai indikator kesegaran atau kematangan baik tidaknya cara pencampuran atau pengolahan, dapat ditandai dengan adanya warna yang seragam dan merata.

2. Aroma

Aroma makanan banyak menentukan kelezatan dari makanan. Dalam hal makanan, aroma lebih banyak berhubungan dengan indera penciuman yaitu hidung. Bahkan tanpa melihatpun, biasanya orang akan tahu bahwa sesuatu makanan itu lezat atau tidak. Aroma pada makanan banyak dipengaruhi bahan-bahan yang digunakan dalam memproduksi makanan.

3. Rasa

Rasa dikenal sejak makanan mulai masuk ke dalam mulut. Rasa lebih banyak melibatkan panca indera lidah. Rasa utama yang biasa diidentifikasi oleh lidah adalah asin, asam, manis, dan pahit. Lidah sebagai alat pencecap memiliki peran yang sangat besar dalam pemilihan terhadap makanan.

Lidah berfungsi sebagai alat pengecap, sebagai alat pengaduk, sebagai alat pembersih mulut, dan sebagai alat pembantu pendorong makanan dalam proses penelanan. Lidah memiliki bagian-bagian tersendiri yang berfungsi untuk dapat merasakan setiap makanan yang masuk ke dalam mulut. sehingga mampu merasakan manis, pahit, asam, dan asin.

Rasa makanan dapat dikenali dan dibedakan oleh kuncupkuncup cecapan yang terletak pada papilla yaitu bagian noda merah jingga pada lidah dan kepekaan terhadap rasa terletak pada kuncup perasa (papillae) yang peka terhadap lebih dari satu rasa.

4. Tekstur

Tekstur merupakan hasil dari kontak fisik melalui kesan sentuhan terhadap ukuran dan bentuk suatu benda. Tekstur makanan yang lunak atau kenyal member kesan tersendiri dalam pemilihan makanan. Tekstur makanan dapat diketahui sejak jari tangan menyentuh permukaan makanan, saat makanan diambil oleh alat hiding, saat makanan menyentuh bibir, salama dikunyah oleh mulut sampai beberapa saat setelah makanan ditelan. Dengan demikian, tekstur makanan merupakan penentu dipilihnya suatu makanan.

 

-- SEMOGA BERMANFAAT --

Baca juga artikel laon yg bermanfaat

Penyebab org masih takut belanja online:
http://adityahermawan.com/mengapa-ma...secara-online/

Baca ini dulu jika ingin jadi pengusaha sukses:
http://adityahermawan.com/anda-ingin...aca-ini-dulu-/

Baca ini dulu gan jika ingin tahu perilaku konsumen dalam membeli sebuah produk:
http://adityahermawan.com/faktorfakt...sebuah-produk/
Urutan Terlama
Tempat dan pangsa pasar juga berpengaruh emoticon-Nyepi
harga , lokasi
Pakai spanduk yang unik

FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN BISNIS KULINER

FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN BISNIS KULINER


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di