alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Makan Telur Mentah Atau Setengah Matang Sehat Nggak Sih?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbede3996bde68b498b4567/makan-telur-mentah-atau-setengah-matang-sehat-nggak-sih

Makan Telur Mentah Atau Setengah Matang Sehat Nggak Sih?

Telur itu salah satu sumber protein yang banyak disukai, terus banyak juga nutrisinya. Mulai dri kolin, folat, asam lemk omega-3, vitamin A, dan lain-lain.

Makan Telur Mentah Atau Setengah Matang Sehat Nggak Sih?

Agan pasti sering lihat kan kalau makanan disajiin dengan tambahan telur di atasnya, terus kuningnya dipecahin, beuuuhhh. Bikin makanannya makin creamy dan menggugah selera!! Liat aja nih nasi goreng pete pakai telur setengah matang. Bikin lapar banget nggak sih, gan??!  emoticon-Belo

Nah, tapi suka kepikiran juga makan telur yang setengah matang atau bahkan mentah, sehat apa nggak. Nih, hasil pencarian ane.

Lebih Bernutrisi Telur Mentah Atau Matang?
Telur kalau digoreng, pasti seringnya pakai minyak dong. Minyak goreng biasanya memiliki kandungan lemak dan kalori yang lumayan banyak. Secara umum, telur goreng bisa mengandung 90 kalori + 6,8 gram lemak. Sementara telur mentah cuma 72 kalori + 4,8 gram lemak.

Tapi, telur yang udah matang ini kandungan proteinnya mudah diserap tubuh dibandingkan telur mentah. Soalnya, waktu masak, struktur proteinnya berubah. Sayangnya nih, beberapa nutrisi kayak vitamin A, vitamin B5, fosfot, dan kalium juga berkurang gara-gara proses memask.

Telur Mentah Atau Setengah Matang Apakah Aman Dikonsumsi?
Ngomongin soal keamanan, walau kelihatannya dalam kondisi baik, telur mentah atau telur setengah matang ini bisa aja mengandung bakteri Salmonella. Singkat cerita, bakteri ini yang bikin agan mengalami gangguan pencernaan, dan bisa ditemukan pada kulit ataupun dalamnya telur.

Gejala gangguan pencernaan yang disebabkan Salmonella ini biasanya kram perut, diare, mual, demam, dan sakit kepala. Munculnya 6-48 jam setelah mengonsumsi makanan yang terjangkit. Sakitnya bisa sampai seminggu.

Makanya, banyak yang menyarankan buat masak telur sampai matang sempurna biar bakteri di dalamnya mati. Kalau setengah matang aja, belum terjamin bebas bakteri.

Kalau agan lebih suka telur matang / setengah matang?
Ane sih suka dua-duanyaaaaa, apalagi dimakan pakai nasi putih hangat + kecap manis!

emoticon-2 Jempol

Btw, sumber artikel ini ane dapat dari blog GO-DAILY.
Diubah oleh: alpukatcokelat
Urutan Terlama
enakan rebus om, apalg campur mie instal..
emoticon-Leh Uga
Ada yg sukanya telor setengah masuk emoticon-Embarrassment

Katanya rasanya greget2 enak emoticon-Embarrassment
telor setengah mateng pas buat ngisi stamina biar siap begadang bikin skripsi emoticon-Leh Uga
enak telur ayam kampung setengah mateng + garamemoticon-thumbsup
Telor emoticon-Genit
enakan setengah matangemoticon-Cool
Setengah mateng kek homo aje lu bre
ane lebih demen yg totally mateng, timpuk pake sambel terasi+nasi anget..
Gua punya telur, dua bre
Balasan Post shetho
Quote:


Roy Kioshi is that you?? emoticon-Bingung
Padahal enak kaalo make mie atau nasi goreng .jadi lapar emoticon-Malu
Quote:

Nah ini nih yang bikin mie instan makin mantepemoticon-2 Jempol

Quote:

wuih semangat skripsinya gan!!

Quote:

leh uga nih pake garam, ane jadi laper dah emoticon-Belo
Balasan Post priamelankolis
Kalau ane doyannya pakai kecap manis nih gan emoticon-Betty
gak doyan telur setengah matang rasa amisnya belom ilang emoticon-Leh Uga
Ane paling suka & sering makan telur setengah mateng,,,
Bahkan telur belum mateng aja buat campuran jamu...

Yg gak boleh itu setengah gila...

Makan Telur Mentah Atau Setengah Matang Sehat Nggak Sih?
Diubah oleh born.as.ghosts
Quote:

Tadi cari info soal ini, katanya bisa rendam air cucian beras dulu telurnya sebelum diolah emoticon-Bingung

Quote:

Kudu piknik gan biar nggak gila emoticon-Betty
ane sukanya sih telor stg mateng gan
Balasan Post dhede23
Pake nasi putih enak gan emoticon-Wagelaseh


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di