alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Kenapa Blog Pentinf Untuk Pendidikan???
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbe2e872e04c8672e8b4567/kenapa-blog-pentinf-untuk-pendidikan

Kenapa Blog Penting Untuk Pendidikan???

Blog sangatlah populer dalam dunia pendidikan. Buktinya, untuk layanan blog seperti Edublogs sangat meng-host lebih dari 500 ribu blog khusus pendidikan. Belum lagi yang di-host di layanan blog lain, tapi deiperuntukan untuk pendidikan. Mayoritas guru dan praktisi pendidikan menggunakan blog untuk mendukung kegiatan belajar mengajarnya. Ditinjau dari praktiknya, blog memang memiliki peran sangat penting dalam dunia pendidikan
Kenapa Blog Pentinf Untuk Pendidikan???

Gambar: Blog sebagai sarana pendukung dunia pendidikan
Sumber: goog.gl/images/rj8Pyg

Karena blog biasanya terkoneksi makka konektivitas dari blog ini bisa mendukung pembentukan komunikasi pembelajaran. Para penulis blog juga bisa berbagi pendapat dan saling mendukung satu sama lain dengan perantara fasilitas komentar yang ada disitu.

Di manca negara, ada banya universitas yang menggunakan media blog untuk membuat komunitas pembelajaran. Begitu pula di indonesia, sekarang mulai banyak universitas yang menggunakan blog untuk para dosen dan mahasiswanya. Sebagai contoh UIN ANTASARI Banjarmasin yang menyediakan Siak.Uin-antasari.ac.id untuk para staf akademiknya dan UII yang menyediakan untuk para stafnya.

Kenapa Blog Pentinf Untuk Pendidikan???

Gambar: contoh blog pendidikan dari siak.uin-antasari.ac.id

Blog tidak hanya penting bagi pengajar, tapi juga bagi siswa. Ini karena blog membuat siswa merasa memiliki suara sendiri dalam proses pembelajaran. Blog juga berkonstribusi pada peningkatan kepuasan siswa atas pencarian identitas diri. Blogging juga memungkinkan siswa memiliki konten sendiri yang bisa di share secara luas di seluruh dunia. Membuat siswa makin termotivasi untuk belajar dan terus melakukan yang terbaik. Siswa juga bisa menjadikan teman sejawatnya untuk menjadi pengunjung blognya sehingga blog bisa dijadikan tempat untuk saling bertukar informasi selama masa pembelajaran.
Blogging juga membantu siswa melihat bahwa bidang yang dipelajariya bisa jadi berkaitan dengan bidang lain yang di pelajari oleh orang lain. Ini karena bidang ilmu sebenarnya memang berkaitan satu sama lain. Blog bisa mengajarkan berbagai keterampilan yang berkaitan satu sama lain, dan mampu mengembangkan kemampuan riset. Blogging juga mendukung literasi digital karena siswa belajar untuk mengakses dan mengevaluasi berbagai resource online, kemudian merangkumnya dalam bentuk konten di blognya.[url=#_ftn1][size=4][font="Times New Roman", serif][1][/font][/size][/url]

[hr]
[url=#_ftnref1][size=3][font="Calibri", sans-serif][1][/font][/size][/url] Penerbit Andi-Wahana Komputer, GURU Go Blog Pemanfaatan Blog Untuk Media Pembelajaran Alternatif, (Yogyakarta, Semarang: Penerbit Andi-Wahana Komputer), hlm.13-14.








Diubah oleh: dijah779
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di