alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Pembekalan Bagi Penderita Depresi
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd687cc0cb1728298b457b/pembekalan-bagi-penderita-depresi

Pembekalan Bagi Penderita Depresi

Pembekalan Bagi Penderita Depresi



Selamat sejahtera bagi semuanya. Tak lupa saya memanjatkan  puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa memberikan kasih sayang berupa anugerah yang tak henti-hentinya bagi kehidupan di seluruh penjuru alam semesta ini.


Kali ini penulis mau membuat artikel khusus bagi penderita depresi yang mulai ringan hingga kronis atau berat.

Semoga dengan terbitnya artikel ini menjadikan momentum yang pas untuk memberi secercah harapan bagi penderita hingga dapat sembuh tuntas dan dapat berkarya lagi dimuka bumi ini menjadi orang yang bermanfaat bagi sekitarnya.

Topiknya tentang pembekalan bagaimana cara mengatasi depresi dan menyikapinya, bagi yang mengalami depresi berat hingga merasa mau bunuh diri tidak semangat hidup, penulis sarankan untuk berobat ke psikiater dulu untuk penanganan pertama.
Artikel ini dibuat bagi yang mengalami kejenuhan dalam berobat dan merasa hidupnya stagnan atau mandek dan menurunnya tingkat kepercayaan diri seseorang yang bisa dikatakan menjadi minder dalam pergaulan.

Kenapa dikatakan pembekalan? Karena ini merupakan salah satu cara atau trik lebih mirip seni karena ada berbagai cara sebenarnya untuk mengatasi dan memahami penyakit depresi tersebut. Namun dengan munculnya artikel ini diharapkan dapat memberikan manfaat. Kalau merasa cocok ya silahkan diikuti, dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari

Mohon dibaca dengan seksama sampai selesai agar tidak mengalami miss komunikasi agar efek penyembuhan semakin cepat dan tepat sasaran.

Sebelum itu penulis mau mengucapkan selamat!! Anda pantas mendapatkan penyakit depresi dan mendapatkan hidup baru ( dasar wong gemblung orang kena depresi koq dikasih ucapan selamat emoticon-Hammer ), nanti penulis akan babarkan penjelasannya dibawah biar tidak terjadi kesalah pahaman mengapa mengucapkan selamat. Depresi ini merupakan pengalaman nyata sehingga kita tidak bisa meremehkan depresi dan kita harus menerimanya. Mau tidak mau kita harus menerimanya bukan menolak atau berjuang mati-matian melawannya.

Tuhan tidak pernah menciptakan segala sesuatu dengan sia-sia saudaraku, semua ada tempat dan porsinya sendiri-sendiri. Iya memang awal terkena penyakit ini rasanya seperti langit mau runtuh dan kualitas hidup menjadi turun belum lagi adanya beban dari pandangan masyarakat atau orang awam ada yang menyebut bahwa orang depresi nggak punya Iman egois segala macam dll. Yang saya sebutkan tadi tidak ada hubungannya dengan depresi, karena depresi merupakan suatu penyakit, iya penyakit!
Karena ketidak seimbangan cairan kimiawi di otak seperti hormon kortisol maka terjadilah yang namanya depresi.

Baik kita langsung mulai cara-cara apa saja yang harus ditempuh jika melalui fase depresi dan penanganannya :

1. Terima Dengan Lapang Dada / Nrimo Legowo


Pembekalan Bagi Penderita Depresi

Seperti yang penulis katakan diatas, selamat anda mendapatkan kejutan berupa datangnya depresi. Karena tidak ada cara lain selain menerimanya, semua pasti ada alasan mengapa kita wajib menerimanya bukan menolak mati-matian.
Atas dasar apa kita wajib menerimanya??  Sebelum menjawab pertanyaan itu penulis mau bercerita atau mendongeng mengenai kejadian masa kecil. Penulis dulu waktu masih sekolah dasar bisa dikatakan ndablek/ nakal, paling payah dan mengalami kesulitan dalam pelajaran hitung-hitungan. Tiap ada pelajaran matematika dasar selalu disetrap/dihukum didepan, anak-anak lainnya pada nonton aja ditempat duduk.
Namun waktu berlalu, kelemahan ini sekarang justru menjadi kelebihan. Mengapa menjadi kelebihan? Karena benar-benar berguna setelah penulis menjadi dewasa dan malakukan suatu pekerjaan di bidang hitungan.. Akibat sering dihukum akhirnya muncul suatu gambaran hitung-hitungan diluar kepala. Kebetulan penulis bekerja sebagai kasir dan pagawai toko, itu membutuhkan kecermatan dan ketelitian dalam menjalani profesi tersebut. Namun ternyata hukuman yang sering saya terima sewaktu masih kecil menjadi sangat bermanfaat ke depannya. Maaf bukannya mau menyombongkan diri, penulis jadi bisa menghitung lebih cepat diluar kepala bahkan dapat menolong membantu karyawan lain yang kesulitan dalam hal perhitungan.

Depresi pun juga begitu, jujur saja penulis juga sempat mengalaminya. Namun Puji Syukur Tuhan sekarang menjadi ilmu yang bermanfaat hingga menjadi penyebab munculnya artikel ini, yang sekiranya bisa dibagikan ke sesama yang mengalami hal tersebut hingga bermanfaat bagi semuanya.


2. Ini Pun Pasti Berlalu


Pembekalan Bagi Penderita Depresi

Melihat kata diatas saya yakin pasti semuanya sudah paham dan pernah melihat kata-kata tersebut. Iya memang benar tidak ada yang abadi didunia ini, yang abadi adalah perubahan itu sendiri.

Mengambil sifat keagungan  alam, badai pasti berlalu dan tidak ada namanya badai yang datang terus menerus.

Ibaratnya setelah malam selesai maka pagi hari akan datang dengan munculnya matahari, lalu setelah sore tiba maka gelap yang akan datang menghampiri. Jalan yang ramai pasti ada sepinya juga, laut juga pasang surut coba amati.

Mengambil istilah jawa, hidup itu mulur mungkret, kadang senang kadang sedih. Kadang diatas, kadang dibawah. Hayo ubahlah mindset kalian bahwa depresi tidak akan bisa sembuh, karena itu pemikiran yang salah kaprah. Kalian pun dapat kembali berbahagia kembali, karena sudah banyak yang membuktikannya.

sedikit cerita dari buku karangan Ajahn Brahm, salah satu sumber inspirasi penulis.

Quote:



3. Lakukan Afirmasi positif


Pembekalan Bagi Penderita Depresi

Afirmasi merupakan kata-kata positif dalam diri untuk mempengaruhi program alam bawah sadar, istilahnya untuk mensetting kembali.

Caranya gampang... Kalian tiap mau makan pagi siang maupun sore pernah berdoa nggak???

Mulai sekarang jangan lupa berdoa, berdoa menurut agama dan kepercayaaan masing-masing. Lalu tambahin dengan bumbu biar tambah sedap yaitu melakukan afirmasi positif.

Contoh tiap mau makan: berdoa menurut keyakinan lalu setelah itu ucapkan kata-kata positif dalam hati juga tidak apa-apa "semoga dengan makanan dan minuman ini tubuh dan pikiran menjadi sehat segar waras bugar positif dll" intinya tambahin ucapan itu.

Menurut penelitian Dr. Masaru Emoto, air yang diberi kata-kata postif akan merubah struktur molekul yang ada menjadi baik, begitu pula sebaliknya. Mengingat tubuh kita 90% terdiri dari air, maka hal ini penting untuk dilakukan.


Sebelum tidur malam lakukan afirmasi positif lagi, berdoa menurut kepercayaan masing- masing lalu ucapkan kata positif lagi. Intinya berterima kasih kepada Tuhan yang maha esa atas anugerah hari ini. Bangun tidur juga begitu afirmasi lagi, terima kasih sudah diberi kesempatan hidup, semoga kepribadian hari ini lebih baik daripada kemarin dll.

Jangan pernah capek melakukan afirmasi positif. Luangkan waktu untuk melakukan hal positif tersebut melalui kegiatan sehari-hari saja sudah cukup, toh hanya membutuhkan waktu semenit mengucapkannya.

Setelah berdoa dan melakukan afirmasi positif, lalu sekarang melakukan langkah kongkrit yang sesuai dengan harapan dari doa tersebut. Kenapa perbuatannya harus sesuai dengan doa? Untuk mengoptimalkan hasil yang nyata dari harapan doa tersebut.

Contoh paling simpel, berdoa minta kesehatan. Bagaimana caranya agar efek dari doa tersebut terlaksana? Ya harus sesuai dengan ucapan tersebut, yaitu olahraga, makan makanan yang bergizi dan lain sebagainya. Doa minta keselamatan, ya langkah kongkritnya harus berbuat baik terhadap siapa saja tanpa pandang bulu. Jangan sampai berdoa minta kesehatan dan keselamatan , namun tidak pernah olahraga dan makan makanan yang tinggi kolesterol mencelakai orang lain justru berbanding terbalik dengan hasil yang diharapkan.

4. Jangan Lupa Tersenyum


Pembekalan Bagi Penderita Depresi

Kenapa harus tersenyum?? Meskipun senyuman kesannya biasa saja tapi dapat memberikan efek yang menenangkan bagi jiwa. Yang merasa sakit mungkin belum bisa untuk tersenyum dengan tulus sumringah, kalau awal-awal masih wajar belum bisa tersenyum lebar karena efek wajah yang masih kaku dan perasaan yang masih datar.

Caranya tiap bangun pagi, melek mata jangan lupa afirmasi positif seperti yang dijelaskan di keterangan sebelumnya , lalu waktu mengucapkan diiringi dengan seulas senyuman. Bangun pagi cuci muka menghadap cermin jangan lupa tersenyum, mau awal beraktivitas jangan lupa tersenyum dan lain sebagainya.
Ini untuk melatih otot wajah juga dapat menghilangkan perasaan yang gundah gelisah.

5. Sabar, bandel dan Konsisten


Pembekalan Bagi Penderita Depresi

"sabar iku mustikaning laku" artinya kesabaran itu ibarat permata dalam menjalani hidup. Karena kita harus mengutamakan kesabaran agar hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan, karena tanpa kesabaran maka mustahil untuk mencapai hasil yang di inginkan.

Bandel bukan nakal bukan berarti tidak mau diatur tapi dalam arti pantang menyerah, pantang putus asa, jatuh bangun lagi.

Konsisten harus ajeg, disiplin, lumintu (berkesinambungan).

6. Konsumsi Makanan dan Minuman yang Hangat


Pembekalan Bagi Penderita Depresi

Kalau sedang mengalami depresi hidup rasanya suram tak bergairah trengginas tak punya semangat hidup lemes lungkrah dan lain sebagainya. Karena efek dari energi hawa negatif (Yin)  dalam tubuh yang kuat.
Untuk menyeimbangkannya perlu asupan makanan dan minuman juga, fungsinya untuk menetralkan dan menghilangkan efek energi tersebut. Kalau bisa usahakan makan makanan yang mengandung unsur hangat atau panas, dah tau kan makanan minuman panas? Ya makanan yang baru saja diolah hangat-hangat suam kuku.
Jangan makan minum yang dingin apalagi minuman es dingin. Minuman dingin sih enak, tapi dikurangi atau jangan dikonsumsi dulu. Kalau makan panas dan pedas badan keringatan itu tandanya sehat.

7. Jalan-jalan


Pembekalan Bagi Penderita Depresi

Rekreasi itu penting dan berpengaruh signifikan positif terhadap penyembuhan depresi, bagi yang minder takut ketemu sahabat atau teman bisa keluar kota menikmati suasana lain. Coba kunjungi tempat dimana saudara inginkan, seperti mengunjungi tempat dimana kita pernah tinggal dan pernah merasakan kebahagiaan disana.
Kayak nostalgia istilahnya, jadi ingat waktu dulu pernah tinggal atau mengunjungi daerah tersebut kita akan ingat memory kebahagiaan apa aja sewaktu kita tinggal disini. Disitu bisa muncul awal ketentraman dan kebahagiaan.

8. Meditasi


Pembekalan Bagi Penderita Depresi

Ini salah satu cara yang paling kuno dalam pengobatan dalam segala hal, Meskipun kelihatan kuno namun sifatnya tak lekang oleh waktu tergerus oleh jaman karena sifatnya universal tidak bisa dimonopoli oleh beberapa kalangan. Efeknya yang luar biasa. banyak orang yang sembuh hingga ada yang menjadi tercerahkan ketika melakukan hal tersebut. Gunanya untuk melatih dan menenangkan batin (perasaan maupun pikiran)

Caranya: posisinya duduk bersila atau rebahan, sebelum memulai bisa berdoa dulu menurut kepercayaan masing-masing tambah afirmasi positif jangan lupa tersenyum simpul. Mata tertuju pada ujung hidung, bagi yang belum bisa konsentrasi cukup pejamkan mata saja.
Begitu mulai rasakan dan amati nafas keluar masuk, di ujung hidung, bagi pemula nafas keluar masuk jangan lupa dihitung. Satu kali nafas keluar masuk dihitung satu, nafas keluar masuk kedua dihitung dua dan seterusnya. Bagi yang kehilangan atau lupa urutan hitungan berarti pikiran anda sudah lari kemana-mana belum bisa konsentrasi dengan benar. Kalau nanti tertidur itu karena badan dan fikiran udah relaks. Dicoba dulu minimal 15 menit tiap melakukannya, dipakai mau tidur malam atau bangun tidur agar aktivitas sehari-hari menjadi lebih tenang. Kalau pikiran lagi kalut juga begitu, fokus amati pada nafas keluar masuk. Ini gunanya mengalihkan batin agar menjadi tenang kembali.

Semuanya harus dilakukan dengan konsisten, disiplin, pantang menyerah, dan daya juang yang tinggi karena tidak ada hasil yang instan. Ibarat langkah seribu kilo harus dimulai dengan satu langkah kecil, bangunan yang megah dimulai dari gundukan tanah, orang bisa berlari dimulai dari bayi belajar berjalan. Namun percayalah semua ada hasilnya.

Bagi yang sudah merasa enak pikiran negatif seperti bunuh diri hilang mulai muncul rasa bahagia meskipun kecil, cobalah untuk mengurangi konsumsi obat agar tidak menimbulkan ketergantungan. Jika kepala agak pusing gelisah karena efek penurunan pemakaian obat, bisa dibantu alternatif lain dgn cara konsumsi ginkgo biloba, kalau tidak konsumsi pegagan, konsumsi teh hijau, jahe, perbanyak makan sayuran untuk menenangkan pikiran.

Saya kira sudah cukup segitu, sekiranya sudah mewakili semuanya.
Semoga cepat sembuh kembali seperti sediakala emoticon-Matahari

Bila mau curhat, menambahkan dan memberi kritik ataupun saran maupun komentar yang membangun dipersilahkan emoticon-shakehand

Yang mau bertanya atau memberi masukan lewat PM juga diperbolehkan, dengan senang hati dan terbuka saya akan menjawabnya emoticon-Cek PM (S)

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungannya di artikel ini
emoticon-Maaf Agan

Quote:


Sumber ini
Gambar : Mbah Google

Jangan lupa kunjungi thread saya lainnya

The Power Of Wong Alit (orang kecil)

Omnivora, Vegetarian, Vegan, Breatharian.


The Art of Sabar dan Bersyukur

[COC] DUo Pets. Hiburan Dirumah #AslinyaLo


Hari Vegetarian Dunia (1 Oktober)


Fakta Kalori Pada Makanan Minuman Kemasan.

[MUSICOC] #Playlist Lagu Renungan di Pagi Hari #AslinyaLo

[COC]Anakmu Bukan Milikmu #AslinyaLo
Diubah oleh amikurnia
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Beberapa masukan akan saya tampilkan disini :

Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh amikurnia
Quote:


bagi yg muslim.. Berzikir pun bisa.. emoticon-shakehand

sbnrnya trit anda, ini bagus... emoticon-thumbsup

tapi kok sepi... emoticon-Bingung

coba,.. Minta sama MOMODNYA, utk memindahkan ke LOUNGE..emoticon-shakehand
Quote:


Thanks atas masukannya gan emoticon-thumbsup
Udah bener koq ini trit masuk ke forum kesehatan emoticon-shakehand
Diubah oleh amikurnia
reserved
reserved
selamat pagi semuanya emoticon-rainbow
Semoga semua makhluk berbahagia emoticon-Matahari emoticon-rose emoticon-flower
yang pasti sih "nyadar n mikir"
Quote:


Iya semuanya berharap juga begitu bisa sadar dan bisa mikir untuk mau merubah pola pikirnya emoticon-thumbsup saatnya mulai belajar juga untuk menata kehidupan kembali, setelah sempat diterjang "badai". keep spirit emoticon-shakehand
Diubah oleh amikurnia
kira kira ada komunitas yang bantu untuk ke psikiater nggak ya? takut ke situ sendirian, sekalian ada teman ngobrol juga, lingkungan ku sekarang nggak mendukung
Quote:


Coba agan cari aja di sekitar, emang kendalanya agan knp? Tenang aja psikiater cuma memberi obat dari diagnosa keluhan kita apa, klo emang parah biasanya ada penanganan lebih lanjut seperti pemberian obat. Kalau ringan disuruh refreshing berdoa beribadah mendekatkan diri kepada Tuhan. Klo masih ringan ke psikolog dulu ntar dicari akar permasalahannya apa. Semisal psikolog tidak bisa menangani baru dirujuk ke psikiater, seperti gejala pikiran mau bunuh diri, cemas berlebihan/anxiety, dan tidak mempunyai semangat hidup.
Quote:

kalo nyari gitu aku nggak tau kemana,
lingkungan hidupku tertutup, cuma ada temen kerja, sama pikiranku sendiri.
kendala aku mungkin udah nggak ada semangat hidup, sempet mau bunuh diri jg tapi aku pengen coba usaha dikit lagi.

habis masa sekolah sama kuliah, aku baru sadar aku nggak punya temen.
aku nggak punya cerita, aku nggak pernah punya pacar, aku nggak pernah disayang, nggak pernah menyayangi juga.

aku cuma diajari buat belajar, nurut orang tua, nurut agama.
diajarin jaman sekarang itu bahaya, banyak pergaulan bebas.
akunya emang udah anak yg pendiam, jelek, item, jadi mungkin aku jadi lebih pendiam lagi. pikirku kebanyakan orang benci dan ga mau dekat sama aku. kebukti sama sekarang kan.

waktu itu, aku bisa lepas kalau aku tau temenku itu nggak 'aneh aneh'. tapi itu ga bisa bikin hubungan pertemanan jadi erat kalau aku ga ikut sama arus. lama lama mereka ikut arus, akhirnya mereka hilang juga. sempet waktu itu aku sambung telpon grup, pada ketawain aku, kaya bodoh banget. aku ga mau lagi.

waktu itu aku juga pernah coba sayang, bilang sayang, aku lakuin apa yang dia mau. tapi dijawab nggak, sampe sekarang masih aku coba hubungin. udah nggak pernah dijawab, mungkin udah di mute.

pernah ngerasa hidup cuma buat makan sama bertahan buat besok?
ngerasa udah kerja, ngumpulin duit banyak, nggak tau buat apa?
mikirnya paling di investasikan, biar jadi lebih banyak lagi. tapi nggak ada tujuannya.
mungkin nanti aku pake buat seneng seneng sebentar, terus menghilang.

pernah ngerasa doa ga dijawab sama tuhan?
sekarang aku ngerasa tuhan jahat sama aku, aku ada disini buat bercandaan aja. harusnya aku nggak nurut, harusnya aku ikut apa yang umumnya orang lakuin.
mungkin tuhan ketawa liat aku sekarang.

kalo aku bisa balik ke masa lalu, aku bakal berontak.
mulai tumbuh rasa benci sama takdir, tuhan, sama ajaran orang tuaku dulu. tapi aku nggak bisa benci.

aku pengen sedikit normal, aku mau ulang lagi hidupku.
kalo jadi begitu aku nanti disiksa di neraka, aku berharap tuhan ilangin nyawaku secepatnya. aku muak. salah apa hidup serem kaya bercandaan doang. seneng disiksa, ga seneng rasanya nyiksa.

aku pengen ketemu orang orang yang senasib, kali aja ada.
makasih arahannya.
Quote:


oh ya.. mulai sekarang tolong dirubah ya cara berpikirnya. saya melihat disini koq cenderung melihat kekurangan demi kekurangan. setiap orang pasti punya kekurangan maupun kelebihan, itu udah hal yang mutlak dan tak dapat disanggah. sesempurna orang pasti punya kekurangan tapi bagaimana caranya kita dapat mengetahui bahwa kita memiliki kemampuan maupun kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Saya yakin agan pasti punya, tapi kyknya blm paham dan bisa menggali mengetahui apa kelebihannya, ini bisa dicari dari aktivitas sehari hari cenderung minatnya dimana. Silahkan kunjungi trit saya yang lain tentang seni bersyukur, ada benang merah dgn artikel ini. Semoga bisa membantu emoticon-shakehand emoticon-thumbsup
Quote:


aku udah coba jg buat bersyukur,
tapi balik gitu lagi

kalo menggali minat gitu, nggak tau deh
udah aku ikutin, aku belajar hal yang aku suka, kuliah di jurusan yang aku minat, sekarang dapet kerja yang sejurusan, gaji juga cukupan.
tapi kalo perasaannya hampa terus kaya gini ya nyerah lama lama aku

agan ga pengen cerita jg? capek denger ceritaku kan.
aku jg seneng denger cerita, ga ada yang kenal jg kan, pseudonim
Quote:


Cerita saya udah banyak gan di atas emoticon-Malu (S)
Seringlah berbuat baik gan, ini akan menumbuhkan sifat empati dan membuat diri menjadi lebih berarti dan bermanfaat. Siapa tau kedepannya nasib anda akan berubah emoticon-thumbsup
pantang putus asa dan jangan pernah menyerah.
Diubah oleh amikurnia
Kuliah jurusan apa gan?
nice thread btw
Quote:


Jurusan akuntansi sist emoticon-Malu (S)
Terima kasih sudah mampir dimari, semoga bermanfaat emoticon-Blue Guy Smile (S)
Diubah oleh amikurnia
selamat sore menjelang malam semuanya emoticon-Moon
Semoga semua makhluk berbahagia dan bebas dari penderitaan emoticon-rainbow emoticon-flower
waah nice nih thread nya ..
Quote:


jangan lupa dikasih bumbu berupa rate ya, mw di share jg boleh utk membantu sekitarnya kalau membutuhkan
emoticon-Rate 5 Star
terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat emoticon-Blue Guy Smile (S)
Selamat sore dan malam semuanya emoticon-Moon
Keep strong, keep spirit, lets walk together.
Sabbhe satta bhavantu sukhitatta. Semoga makhluk berbahagia dan bebas dari penderitaan emoticon-rose emoticon-rainbow emoticon-flower
Diubah oleh amikurnia
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di