alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Program Kehamilan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd56bf98e31bbd5f8b456e/program-kehamilan

Program Kehamilan

Program kehamilan
Hal-hal penting apa yang perlu diperhatikan dalam program kehamilan?

Sebelum melakukan program kehamilan biasanya agan-agan akan berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis kandungan.
Dalam hal ini hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain;
Program Kehamilan

kondisi kesehatan masing-masing pasangan.
Perlunya pemeriksaan bagi setiap pasangan,supaya keduanya siap untuk dilakukan progam kehamilan dan menentukan hasil akhir progam tersebut.
Pada wanita akan dilakukan pemeriksaan antara lain:

1.pemeriksaan ultra sonografi
Pemeriksaan ini biasa disebut USG dalam pemeriksaan usg akan dilihat kondisi rahim(uterus) apakah bentuknya tidak mengalami kelainan,biasanya dilengkapi dengan usg ovarium/indung telur.
Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah rahim dan telur tidak mengalami kelainan,dan ukuran indung telur yang siap dibuahi di ukur untuk proses pembuahan selanjutnya.

2.sumbatan tuba
Jika kondisi telur dan rahim baik, serta kondisi suami baik biasanya akan dilakukan proses pembuahan secara alami yang dibantu obat penyubur .tetapi jika setelah hal itu dilakukan masih belum membuahkan hasil,maka akan diperiksa saluran kandungan yang menuju ke sel telur,hal ini penting untuk mengetahui apakah ada penyumbatan pada jalannya sel telur yang mengakibabkan sel telur tidak bisa bertemu dengan sel sperma.biasanya dilakukan HSG( Hysterosalpingography).yaitu memasukkan cairan khusus kedalam rahim dan melihat hasil apakah ada penyumbatan dalam saluran tuba.
Jika terdapat sumbatan biasanya akan dilakukan terapy-terapy khusus.

3.ukuran sel telur
Jika tidak ada sumbatan pada saluran tuba/saluran menuju indung telur.maka persiapan pematangan sel telur perlu di perhatikan untuk memastikan ukurannya sesuai untuk proses pembuahan.jika ukuran sel telur kecil kecil maka akan diberikan terapi hormon untuk meningkatkan ukuran sel telunya.

3.cek TORCH
jika telah dilakukan proses pembuahan dan berhasil mengandung namun sering terjadi keguguran perlu adanya pemeriksaan TORCH (Tokso,rubella,campak,dan herpes)karena virus torch bisa mengakibatkan keguguran berulang
.Program Kehamilan

Jika hal tersebut telah dilakukan,hal terakhir yang diperiksa adalah kondisi suami/pasangan.
Apasaja biasanya yang diperiksa pada pria berikut ulasannya:

1.sperma
Tentu saja ini hal utama karena proses pembuahan sangat dipengaruhi oleh kualitas sperma.sperma akan diperiksa pergerakannya,ukurannya,dan bentuknya.hal ini untuk menentukan bisa atau tidaknya sperma bertemu sel telur.
Program Kehamilan

2. Testis
Testis merupakan tempat di produksinya sperma,jika testis mengalami kelainan,bisa menyebabkan kurang baiknya sel sperma yang dihasilkan,bisa dengan anamnesis(bertanya pada pasien)apakah pernah mengalami trauma pada daerah kelamin.jika tidak ada masalah maka peluang besar untuk progam kehamilan dapat dilakukan.

3.pembuluh darah/Varikokel
Merupakan pembuluh darah/vena yang mengalir pada saluran testis, pada kasus ini akan diperiksa apakah ada pembesaran vena pada daerah testis.karena pembesaran tersebut bisa mempengaruhi laju lecepatan sperma saat ejakulasi.Program Kehamilan

Oke gan, sedikit informasi yang dijelaskan mengenai program kehamilan,semoga bisa membantu agan agan yang berencana untuk mendapatkan momongan gan...
Selalu sabar ya gan,tidak ada yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak.maka jangan pernah putus asa dan yakinlah atas segala sesuatunya....
Link sumber referensi : http://digilib.unimus.ac.id/download.php?id=10398
Diubah oleh: rayiaja
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di