alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
CARA MELAKUKAN SEGMENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PENJUALAN
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd3436de2cf28d588b4582/cara-melakukan-segmentasi-pasar-untuk-meningkatkan-efektifitas-penjualan

CARA MELAKUKAN SEGMENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PENJUALAN

CARA MELAKUKAN SEGMENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PENJUALAN

Munculnya e-commerce membawa fenomena baru atau gaya hidup baru di kalangan masyarakat. Mereka lebih senang meluangkan waktu untuk mencari informasi produk secara online daripada berkunjung ke toko secara langsung sebelum melakukan pembelian.

Hadirnya berbagai toko online yang ada sangat memfasilitasi konsumen yang memiliki gaya berbelanja secara hedonik; yaitu melakukan kegiatan belanja untuk mendapatkan kesenangan tersendiri. Konsumen berbelanja karena termotivasi oleh keinginan hedonik seperti kesenangan, fantasi dan sosial atau kepuasan emosional.

Dimensi hedonik berperan dalam proses pencarian informasi secara online. Ini terjadi saat konsumen online sangat terpikat pada aktivitas mereka dan merasa sangat gembira berada dalam lingkungan interaktif tersebut. Pengguna internet akan mencari informasi secara online ketika mereka merasa mendapatkan nilai yang diinginkan melalui internet.

Jika konsumen merasa bahwa dirinya bisa menyalurkan keinginan hedoniknya dengan melakukan pencarian dan belanja secara online, maka ia akan kembali melakukannya, bahkan ia akan merekomendasikan kepada orang terdekatnya untuk melakukan pencarian online dan melakukan pembelian secara online pula. Dengan mengetahui kadar motivasi hedonik yang dimiliki konsumen, maka pebisnis online dapat menyesuaikan strategi pemasaran yang dilakukannya dengan meningkatkan nilai hiburan yang diberikan. 

Faktor lain yang memengaruhi perilaku pembelian online adalah faktor psikologis. Psikologis konsumen dapat diartikan sebagai tingkah laku atau perilaku yang didorong oleh jiwa/mental konsumen itu sendiri untuk melakukan segala aktivitasnya. Faktor psikologis merupakan kondisi internal seseorang yang mendorongnya untuk memberikan respon terhadap produk dari kegiatan persuasi yang dilakukan pemasar.

Faktor psikologis sebagai salah satu faktor yang memengaruhi perilaku pembelian online dengan indikator kepercayaan dan keamanan. Kepercayaan adalah wilayah psikologis yang merupakan perhatian untuk menerima apa adanya berdasarkan harapan terhadap perilaku yang baik dari orang lain.

Kepercayaan merupakan pondasi dari bisnis online, dikarenakan dalam transaksi online pembeli dan penjual tidak saling bertemu dan atau mengenal satu sama lain. Kepercayaan konsumen dalam berbelanja online sebagai kesediaan konsumen untuk mengekspos dirinya terhadap kemungkinan rugi yang dialami selama transaksi pembelian melalui internet, didasarkan harapan bahwa penjual menjanjikan transaksi yang akan memuaskan konsumen dan mampu untuk mengirim barang atau jasa yang telah dijanjikan.

Seiring maraknya penipuan di internet, faktor kepercayaan (trust) menjadi hal yang sangat penting dalam transaksi online shopping. Apabila penjual dapat memberikan rasa kepercayaan, maka konsumen tidak ragu untuk melakukan pembelian di toko onlinenya. Selain kepercayaan, yang termasuk faktor psikologis dalam pembelian secara online adalah keamanan.

Keamanan sebagai kemampuan toko online dalam melakukan pengontrolan dan penjagaan keamanan atas transaksi data. Pada saat melakukan pembelian melalui media online, ada beberapa data konsumen yang diketahui oleh penjual. Konsumen yang ingin membeli harus mempunyai akun dengan menyertakan informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat,  nomor hp, dan alamat email.

Konsumen yang khawatir mengenai keamanan informasi pribadinya akan enggan melakukan pembelian secara online. Ketika tingkat jaminan keamanan dapat diterima, maka konsumen mungkin akan bersedia membuka informasi pribadinya dan akan membeli dengan perasaan aman. Sayangnya, pembeli di Indonesia belum sepenuhnya terlindungi dari berbagai kejahatan e-commerce.

Faktor selanjutnya yang memengaruhi perilaku pembelian online adalah desain website. Pada sistem jual beli online konsumen tidak menemui penjual secara langsung, yang menjadi media di antara keduanya adalah desain dan konten yang terdapat pada halaman situsnya.

Website adalah kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing-masing dihubungkan dengan jaringanjaringan halaman.

Beberapa perancang website mengamati bahwa penggunaan tampilan latar belakang website dan tampilan kata-kata (typography) merupakan faktor yang signifikan bagi keseluruhan tampilan dan originalitas dari halaman dan situs. Apabila website e-commerce didesain dengan tepat maka dapat menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen untuk berkunjung.

Kualitas website merupakan stimuli yang penting untuk menciptakan pengalaman online yang positif bagi konsumen. Tampilan website ecommerce dapat memengaruhi kesan pertama yang terbentuk. Menampilkan website secara profesional mengindikasikan bahwa toko online tersebut berkompeten dalam menjalankan operasionalnya.

Tambahan fitur pengguna seperti desain visual dan grafis yang menarik dapat menarik konsumen mengunjungi website toko online dan dapat mendorong mereka melakukan pembelian secara online. Fitur yang ada akan mempermudah konsumen untuk memahami tata letak, memberikan petunjuk dan pencarian informasi online.

Desain website e-commerce selain berguna menarik konsumen untuk berkunjung, juga harus dapat mempermudah konsumen ketika melakukan checkout produk atau transaksi. Hal ini perlu dilakukan karena tampilan shopping chart yang rumit serta buruk akan membuat pelanggan merasa sulit untuk menyelesaikan proses pembelian mereka.

Konsumen yang kesulitan kemungkinan bisa meninggalkan shopping chart begitu saja tanpa menyelesaikan proses pembelian. Situs dengan tampilan yang mudah untuk diakses dan interaktif akan meningkatkan jumlah pembelian konsumen terhadap situs tersebut.

 

-- SEMOGA BERMANFAAT --


Baca juga gan dan sist:

http://adityahermawan.com/cara-yang-...itas-konsumen/

http://adityahermawan.com/ini-dia-ca...elayanan-anda/

http://adityahermawan.com/faktorfakt...-suatu-produk/

http://adityahermawan.com/faktorfakt...sebuah-produk/
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di