alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
15 Penyakit Mata yang Paling Langka dan Mengerikan (Part 1)
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbbf235d44f9f0c498b4567/15-penyakit-mata-yang-paling-langka-dan-mengerikan-part-1

15 Penyakit Mata yang Paling Langka dan Mengerikan (Part 1)

1. Sindrom Mata Kucing

Penyakit ini dapat mengakibatkan suatu cekungan dalam atau celah abnormal pada beberapa bagian di kedua bola matamu. Dokter akan menyebut kelainan ini dengan sebutan "koloboma" (nama dari suatu kelainan tertentu). Ketika kelainan ini menyerang bagian iris atau pupil mata, bola mata penderitanya akan terlihat aneh, mirip seperti mata seekor kucing. Seseorang juga dapat terserang koloboma pada organ-organ tubuh dan bagian-bagian tubuh lainnya. Paling sering, koloboma merupakan hasil dari suatu kelainan pada susunan gen yang dimiliki oleh seseorang. Seseorang mungkin akan membutuhkan suatu tim dokter guna menangani dan mengobati gejala-gejala yang berbeda.



2. Polikoria (di dalam satu bola mata terdapat lebih dari satu pupil mata)

Pupil merupakan suatu lubang di tengah-tengah bola mata yang memiliki kemampuan untuk membesar dan mengecil sesuai dengan intensitas cahaya. Polikoria memang merupakan suatu kelainan yang langka, tetapi beberapa orang ternyata dapat memiliki lebih dari satu pupil yang bekerja di dalam satu bola mata. Penyebab kelainan ini masih tidak dapat diketahui dengan jelas, tetapi bisa jadi ada hubungannya dengan gangguan mata tertentu, misalnya katarak lensa mata dan glaukoma. Untuk menyembuhkan kelainan ini, tidak setiap orang membutuhkan pengobatan, tetapi tindakan operasi mampu memperbaiki pandangan yang buram.



3. Hemolakria (air mata darah)

Istilah "air mata darah" ternyata bukan hanya kata kiasan belaka. Seseorang benar-benar dapat mengeluarkan air mata darah. Namun, kelainan ini lebih menjurus ke gejala dari suatu penyakit daripada sebagai suatu penyakit. Terdapat beberapa penyebab mengapa seseorang dapat mengeluarkan air mata darah, antara lain:

1. Pembuluh-pembuluh darah di mata yang tumbuh secara tidak normal
2. Beberapa jenis tumor dan kanker
3. Jaringan-jaringan di sekitar bola mata yang mengalami peradangan
4. Infeksi karena bakteri atau virus

Kelainan ini lebih sering terjadi pada usia anak-anak dan remaja. Pengobatannya akan tergantung pada apa yang menjadi penyebabnya.



4. Heterokromia (terdapat dua atau lebih warna mata di dalam satu individu atau di dalam satu bola mata)

Iris merupakan sebuah lingkaran yang berwarna yang terdapat pada masing-masing bola mata. Kadang-kadang, kedua iris mata dapat berbeda warna satu sama lain. Atau, satu iris dapat pula mengandung beberapa warna yang berbeda. Jika seseorang terlahir dengan kelainan aneh ini, orang itu kemungkinan tidak akan mengalami gejala-gejala lainnya yang mengganggu, dan biasanya tidak memerlukan pengobatan. Kadang-kadang, kelainan ini merupakan suatu pertanda adanya suatu penyakit langka yang diturunkan dari kedua orang tua ke anaknya. Suatu cedera atau suatu penyakit tertentu yang dialami oleh seseorang dapat mengakibatkan kelainan ini pada suatu saat nanti di dalam hidupnya.



Sumber:
WebMD
Diubah oleh aurora..
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di