CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Debate Club /
[HOLY] Anda Bertanya, Kristen Menjawab - Part 51
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bba391592523344518b4568/holy-anda-bertanya-kristen-menjawab----part-51
Halaman 251 dari 306
18:1 Kemudian TUHAN menampakkan diri kepada Abraham dekat pohon tarbantin di Mamre, sedang ia duduk di pintu kemahnya waktu hari panas terik.
18:2 Ketika ia mengangkat mukanya, ia melihat tiga orang berdiri di depannya. Sesudah dilihatnya mereka, ia berlari dari pintu kemahnya menyongsong mereka, lalu sujudlah ia sampai ke tanah,
18:3 serta berkata: "Tuanku, jika aku telah mendapat kasih tuanku, janganlah kiranya lampaui hambamu ini.
18:4 Biarlah diambil air sedikit, basuhlah kakimu dan duduklah beristirahat di bawah pohon ini;
18:5 biarlah kuambil sepotong roti, supaya tuan-tuan segar kembali; kemudian bolehlah tuan-tuan meneruskan perjalanannya; sebab tuan-tuan telah datang ke tempat hambamu ini." Jawab mereka: "Perbuatlah seperti yang kaukatakan itu."
18:6 Lalu Abraham segera pergi ke kemah mendapatkan Sara serta berkata: "Segeralah! Ambil tiga sukat tepung yang terbaik! Remaslah itu dan buatlah roti bundar!"
18:7 Lalu berlarilah Abraham kepada lembu sapinya, ia mengambil seekor anak lembu yang empuk dan baik dagingnya dan memberikannya kepada seorang bujangnya, lalu orang ini segera mengolahnya.
18:8 Kemudian diambilnya dadih dan susu serta anak lembu yang telah diolah itu, lalu dihidangkannya di depan orang-orang itu; dan ia berdiri di dekat mereka di bawah pohon itu, sedang mereka makan.
18:9 Lalu kata mereka kepadanya: "Di manakah Sara, isterimu?" Jawabnya: "Di sana, di dalam kemah."
18:10 Dan firman-Nya: "Sesungguhnya Aku akan kembali tahun depan mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara, isterimu, akan mempunyai seorang anak laki-laki." Dan Sara mendengarkan pada pintu kemah yang di belakang-Nya.
18:11 Adapun Abraham dan Sara telah tua dan lanjut umurnya dan Sara telah mati haid.
18:12 Jadi tertawalah Sara dalam hatinya, katanya: "Akan berahikah aku, setelah aku sudah layu, sedangkan tuanku sudah tua?"
18:13 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Abraham: "Mengapakah Sara tertawa dan berkata: Sungguhkah aku akan melahirkan anak, sedangkan aku telah tua?
18:14 Adakah sesuatu apapun yang mustahil untuk TUHAN? Pada waktu yang telah ditetapkan itu, tahun depan, Aku akan kembali mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara mempunyai seorang anak laki-laki."
18:15 Lalu Sara menyangkal, katanya: "Aku tidak tertawa," sebab ia takut; tetapi TUHAN berfirman: "Tidak, memang engkau tertawa!"
18:16 Lalu berangkatlah orang-orang itu dari situ dan memandang ke arah Sodom; dan Abraham berjalan bersama-sama dengan mereka untuk mengantarkan mereka.
18:17 Berpikirlah TUHAN: "Apakah Aku akan menyembunyikan kepada Abraham apa yang hendak Kulakukan ini?
18:18 Bukankah sesungguhnya Abraham akan menjadi bangsa yang besar serta berkuasa, dan oleh dia segala bangsa di atas bumi akan mendapat berkat?
18:19 Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya TUHAN memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya."
18:20 Sesudah itu berfirmanlah TUHAN: "Sesungguhnya banyak keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora dan sesungguhnya sangat berat dosanya.
18:21 Baiklah Aku turun untuk melihat, apakah benar-benar mereka telah berkelakuan seperti keluh kesah orang yang telah sampai kepada-Ku atau tidak; Aku hendak mengetahuinya."
18:22 Lalu berpalinglah orang-orang itu dari situ dan berjalan ke Sodom, tetapi Abraham masih tetap berdiri di hadapan TUHAN.
18:23 Abraham datang mendekat dan berkata: "Apakah Engkau akan melenyapkan orang benar bersama-sama dengan orang fasik?
18:24 Bagaimana sekiranya ada lima puluh orang benar dalam kota itu? Apakah Engkau akan melenyapkan tempat itu dan tidakkah Engkau mengampuninya karena kelima puluh orang benar yang ada di dalamnya itu?
18:25 Jauhlah kiranya dari pada-Mu untuk berbuat demikian, membunuh orang benar bersama-sama dengan orang fasik, sehingga orang benar itu seolah-olah sama dengan orang fasik! Jauhlah kiranya yang demikian dari pada-Mu! Masakan Hakim segenap bumi tidak menghukum dengan adil?"
18:26 TUHAN berfirman: "Jika Kudapati lima puluh orang benar dalam kota Sodom, Aku akan mengampuni seluruh tempat itu karena mereka."
18:27 Abraham menyahut: "Sesungguhnya aku telah memberanikan diri berkata kepada Tuhan, walaupun aku debu dan abu.
18:28 Sekiranya kurang lima orang dari kelima puluh orang benar itu, apakah Engkau akan memusnahkan seluruh kota itu karena yang lima itu?" Firman-Nya: "Aku tidak memusnahkannya, jika Kudapati empat puluh lima di sana."
18:29 Lagi Abraham melanjutkan perkataannya kepada-Nya: "Sekiranya empat puluh didapati di sana?" Firman-Nya: "Aku tidak akan berbuat demikian karena yang empat puluh itu."
18:30 Katanya: "Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata sekali lagi. Sekiranya tiga puluh didapati di sana?" Firman-Nya: "Aku tidak akan berbuat demikian, jika Kudapati tiga puluh di sana."
18:31 Katanya: "Sesungguhnya aku telah memberanikan diri berkata kepada Tuhan. Sekiranya dua puluh didapati di sana?" Firman-Nya: "Aku tidak akan memusnahkannya karena yang dua puluh itu."
18:32 Katanya: "Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata lagi sekali ini saja. Sekiranya sepuluh didapati di sana?" Firman-Nya: "Aku tidak akan memusnahkannya karena yang sepuluh itu."
18:33 Lalu pergilah TUHAN, setelah Ia selesai berfirman kepada Abraham; dan kembalilah Abraham ke tempat tinggalnya.

cuma Allah yang bisa mengampuni dosa,kalo ini masih ditolak ya sutralah emoticon-Big Grin
Quote:

Alkitab disusun oleh para memimpin Kristen pada saat konsili nicea abad ke 4.

Quote:

Yup. Awalnya percaya lalu diimani
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 19 balasan
Quote:

1. Kalau Yesus mengajar kita untuk menyambah Allah, lalu mengakui bahwa dia punya Allah, menurut agan Yesus akan menyembah Allah ga?
Tolong dipikir.
2. Pertanyaan agan menunjukkan bahwa agan tidak bisa membedakan tuhan dan allah. Seharusnya selama di Alkitab tidak ada God Jesus, maka Yesus akan disembah sebagai Lord Jesus. Cuma trinitas yang bikin kacau. Lord dianggap sama dengan God.

Quote:

Maaf jawaban sebelumnya saya edit.
Di ayat roma dikatakan bahwa para pendahulu yesus juga akan menjadi serupa dengan gambaran Yesus.
Kalau mereka juga serupa Yesus, apakah mereka jadi setara juga? Jadi allah seperti Yesus juga?
Jangan argumen kata nya beda lagi lho.. ini pengertian.



Quote:

1. Agan ga pernah punya anak kesayangan? Atau ga pernah punya istru kesayangan?
Kalau engga pasti tidak pernah merasa kehilangan.
2. Yesus lah. Tolong baca ayat2 srbelumnya juga.

Quote:

Pertanyaan saya bukan itu.
Apakah Yesus ketika menjadi manusia lebih rendah dari Bapa, lalu setelah naik sorga menjadi setara?
Jawab tegas saja gan.

Quote:

Banyak di Alkitab.
Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang." (Kejadian 32:28)
(12-5) Ia bergumul dengan Malaikat dan menang; ia menangis dan memohon belas kasihan kepada-Nya. Di Betel ia bertemu dengan Dia, dan di sanalah Dia berfirman kepadanya: (Hosea 12:4)
Kedua ayat di atas menceritakan ttg Yakub. Jelas bahwa Allah di sini bukan Allah, tetapi Malaikat yang memakai nama Allah.

Quote:

Seperti dugaan saya, bahwa nanti kata esa akan jadi tidak esa lagi karena pemikiran trinitas emoticon-Smilie
Padahal echad itu angka, seperti 1 , 2 , 3.


Quote:

Kalau perkataan ahli taurat itu agan anggap benar, jadi penyaliban Yesus karena menghujat Allah pasti agan anggap benar. Padahal Yesus sendiri menyatakan kuasa itu diberikan oleh Allah, bukan dari dirinya sendiri.
Jadi agan mengakui bahwa Yesus adalah malaikat? emoticon-shakehand
Diubah oleh Raelagh
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Bentar gan, lagi donor darah
profile-picture
wise.ly memberi reputasi
Quote:

Menurut agan gimana?
Yesus ketika di dunia sebagai apa?

Quote:


Natur itu apa? Istilah yunani lagi?
Kalau ilahi iya, karena ciptaan Allah yang pertama dan utama.

Kembali ke pertanyaannya, apakah Yesus dan Allah hanya setara ketika Yesus sudah terangkat ke sorga?

Quote:

Sasarannya apa? Bahwa Yesus itu setara allah? Khan sudah dibantah dari terjemahan ASV dan ESV.
Apa agan mau bilang bahwa Alkitab itu awalnya turun dari langit langsung terjemahan LAI ?

Quote:

Memang saya kutip ayat Yesaya untuk membedakan.
Sama2 ciptaan, sama2 punya power,
Yang satu mau menyamai Allah, satunya meskipun bisa menyamai Allah tetapi tidak mau menyamai Allah.
That is my Jesus emoticon-Malu (S)
Kenapa selalu orang yang kritisi trinitas dicurigai sebagai anggota JW ?
Diubah oleh Raelagh
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Wkwkwkwk
Quote:


Wkwkwkwk garam rasa gula emoticon-raining
Quote:


kalo manis berarti bukan garam, indra pengecap lu yang rusak atau otak lu yang gak bisa memproses informasi emoticon-Angkat Beer
emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Cape gan, jadinya berlarut-larut malah esensinya hilang.
Saya ulang dari awal ya..
Pertama saya permasalahkan Filipi 2:6
"yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, (Filipi 2:6)"
Saya unggah versi KJV, lalu versi ASV, dan ESV.
Dari situ terlihat frasa "itu sebagai milik yang harus dipertahankan" tidak ada pada ketiga versi Alkitab berbahasa Inggris tsb.

"yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, (Filipi 2:6)"
Kalau membaca ayat di atas, mau tidak mau pembaca akan mempunyai pandangan bahwa awalnya Yesus sudah setara, tetapi tidak atau enggan mempertahankan kesetaraannya.

Tetapi ketika frasa di atas yang tidak ada di KJV, ASV dan ESV dihilangkan, maka ayatnya akan berbunyi demikian
"yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah"

Arti yang sangat-sangat berbeda.

Dari ayat ini maka pembaca akan berpandangan bahwa Yesus dalam rupa Allah tidak beranggapan setara dengan Allah.
Pengertian ini sesuai dengan KJV, ASV dan ESV.

Sangat jelas terlihat bahwa penambahan frasa itu merubah arti ayat Alkitab dan hanya akan memberikan pembelaan kepada trinitas.

Selanjutnya..
1. Agan menyatakan bahwa kalau serupa dengan Allah , pasti adalah Allah.
Logika itu jelas keliru. Apalagi agan membahas memakai kata morphe yang berarti mengambil rupa.
Contoh gampang adalah,
Agan adalah sambudi, apakah agan harus mengambil rupa sambudi untuk menjadi seorang sambudi.
Sebaliknya, pasti orang selain sambudi harus mengambil rupa sambudi untuk menjadi sambudi.
Itu kalau Allah disini adalah person yaitu Bapa tetapi itu tidak berlaku kalau Allah di sini hanyalah sebuah predikat atau gelar.
Dan inilah yang benar, Yesus sebagai makhluk ilahi memang mempunyai predikat sebagai Allah.

2. Dari Filipi 2:6 tanpa penambahan frasa tersebut, maka orang akan memperbandingkan , bahwa Yesus dan Iblis yang sama-sama malaikat Allah mempunyai karakteristik dan sifat yang berbeda.
Yesus taat, Iblis tidak. Yesus tidak mau menyamai Allah, Iblis sebaliknya.
Sehingga hasil akhirnya Yesus ditinggikan , sedangkan Iblis dijatuhkan

Salam
Diubah oleh Raelagh
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Om budai om budai gue nanya quacker sesat apa ngga kok kagak dibalas, agama kasih kok pilih kasih emoticon-DP
Quote:

Saya bantah dengan ayat saja deh.
Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu." (Yohanes 20:17)

Kalau kata Bapaku dan Bapamu itu bukannya sama dengan Bapa kita?
Allahku dan Allahmu itu juga sama dengan Allah kita?

Fix Yesus punya Allah yang sama dengan Allah kita, yaitu Bapa.


Quote:

Ya di sini jelas ada perbedaan dasar atas pengertian Allah dan Tuhan.
1. Menurut KBBI , Allah artinya yang ilahi, kata Allah berasal dari bahasa Arab, ya bener gan sesembahannya umat muslim.
Diterjemahkan dari bahasa inggris god.
Sebenarnya god itu punya padanan kata dalam bahasa Indonesia yaitu dewa.
Jadi ketika di Alkitab dikatakan para Allah, itu juga sama artinya denga para dewa.
Yesus menyandang predikat Allah karena memang Dia makhluk ilahi.

2. TUHAN dituliskan dalam Alkitab itu terjemahan dari YHWH yang diartikan "Aku adalah Aku" sesembahannya orang Yahudi, yaitu Allahnya orang Yahudi.
Dalam PB Yesus menyebut TUHAN sebagai Bapa. Yesus juga mengakui Bapa sebagai Allahnya, juga menyuruh kita menyembah Bapa.

3. Tu(h)an artinya junjungan atau yang diutamakan. Tuhan ini bisa manusia atau juga bukan manusia. Contoh, manusia ada yang men Tuhankan uang misalnya.

Quote:

Jawabnya tidak.
Para rasul dengan mudah dapat membedakan penyembahan kepada Yesus sebagai Tuhan dan Bapa sebagai Allah.

Rasul Paulus menulis demikian
namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup. (1 Korintus 8:6)

Dia dengan mudah membedakan Yesus sebagai Tuhan dan Bapa sebagai Allah.
Ayat ini sangat jelas.

Quote:

Ini saya bahas di postingan sebelumnya emoticon-Cape d... (S)


Quote:

Agan yang jelas tidak paham.
Dituliskan di Alkitab bahwa Yesus special.
Simple saja, seorang sering kali tidak bisa melupakan cinta pertama.
Kenapa? Karena special.
Yesus juga sama di mata Bapa , Yesus itu special. Kehilangan Yesus berakibat lain dibandingkan kehilangan yang lain.
Karena itu di Yoh 3:16 dikatakan " Karena begitu besar kasih Allah.."
Kalau Kasih Allah ga benar-benar besar, Dia hanya akan mengorbankan yang lain. Bukan Yesus yang di mata Allah adalah special, disebut yang sulung, yang utama, yang terutama dsb.


Quote:

Ok.
Kalau begitu sesuai pemikiran agan maka saya bisa simpulkan, bahwa saat Yesus sudah naik ke sorga , Yesus setara dengan Allah. Dalam bentuk Ilahi Yesus setelah Dia naik ke sorga, tidaklah mungkin Yesus menyembah Bapa atau Allah lagi.
Karena mereka sudah kembali setara.
Benar begitu gan??

Quote:

Tolong dibaca lagi pelan-pelan ayatnya.
Di Kitab Kejadian ditulis oleh penulis Kitab Kejadian bahwa Yakub bergumul dengan Allah dan menang.
Sedangkan di kitab Hosea ditulis bahwa Yakub bergumulnya bukan dengan Allah, tetapi dengan Malaikat.
Apa ini nabi Hosea salah tulis??

Quote:

Ini sangat aneh, kalau kita bilang satu bangsa, itu juga echad, tetapi agan pasti akan berargumen itu satu kesatuan karena bangsa itu banyak.
Kalau begitu satu nusa satu bangsa satu bahasa itu berarti, banyak nusa, banyak bangsa, banyak bahasa, yaitu bangsa, nusa, bahasa a,b,c dst.
Jelas engga lah gan. Kalau itu pengertian dasar agan aja kacau , ga jadi tuh Indonesia.
Satu daging memang terdiri dari dua. Tetapi itu sudah jadi satu, bukan kumpulan.


Quote:


Tetapi Ia tetap diam dan tidak menjawab apa-apa. Imam Besar itu bertanya kepada-Nya sekali lagi, katanya: "Apakah Engkau Mesias, Anak dari Yang Terpuji?" (Markus 14:61)

Enak ya gan menggal ayat.
Imam besar itu tanya, Apakah Engkau Mesias?
Dijawab iya.
Langsung agan berkesimpulan jadi Yesus adalah Allah.
Agan mau menipu siapa?

Quote:


Banyak ayat yang menyatakan yesus adalah malaikat. yang paling gamblang adalah di kitab Maleakhi
Kita tahu bahwa Nabi Maleakhi menubuatkan tentang Mesias.
Mal 3:1  Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku, supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku! Dengan mendadak Tuhan yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! Malaikat Perjanjian yang kamu kehendaki itu, sesungguhnya, Ia datang, firman TUHAN semesta alam. 

Mesias disebut sebagai Malaikat Perjanjian, sesuai pengakuan Petrus bahwa Yesus adalah Mesias, maka,,, isi sendiri gan.

Bukti kedua yang cukup jelas adalah di kitab Ibrani
Heb 1:1  Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, 
Heb 1:2  maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta. 
Heb 1:3  Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi, 
Heb 1:4  jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka. 
Heb 1:5  Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?" 

Pada ayat 3 dinyatakan Yesus duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar (yaitu Bapa).
Pada ayat 5 dinyatakan siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?" 

Simple nya, kalimat di atas bisa di ganti misalnya
siapakah di antara kaskuser yang telah berdebat dengan raelagh di kaskus?
kalau sambudi berdebat dengan raelagh di kaskus, maka dengan otomatis sambudi termasuk kaskuser.

Jadi Yesus dari antara para malaikat Dia, satu-satunya yang diakui Bapa sebagai Anak-Nya. Kesimpulannya Yesus termasuk malaikat.

Jangan terlalu parno karena malak berarti utusan.
Yesus berkali-kali menyatakan Dia diutus Bapa, secara logika Dia adalah malaikat Bapa.
Ga ada yang bertentangan dan sesat di sini.

Salam
Diubah oleh Raelagh
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:


ssdestroyer goblog , so soan atheis masih kangen sama Yesus ya ?

haleluyah emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Michaelwise dan wise.ly memberi reputasi
Quote:


Debat pake argumen om.. kalau ngomong gitu semua juga bisa
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Sorry om, klo cuma ginian males namggepin.. masuk ignore list aja yah..
Tong kosong lu..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


suka suka gue tong dan gak dilarang juga
profile-picture
profile-picture
.kampretoz28 dan wise.ly memberi reputasi
Quote:


Apakah tertulianus seorang lesbiiusius?



Haha
Itu saja dulu
oh yasebelum berdiskusi atau sok menjawab coba pahami dulu topiknya..bukan malah balik nanya hal2 mendasar dr topik tersebut
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Quote:


bold : dan bagaimana elu mengambil kesimpulan itu? sedangkan dia jelas-jelas bilang Arius itu sesat emoticon-Amazed
Diubah oleh ssdestroyer
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 251 dari 306


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di