CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Mengintip Ciri Khas Aceh Yang Mencerminkan Semangat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bb4384ade2cf2d7208b4571/mengintip-ciri-khas-aceh-yang-mencerminkan-semangat

Mengintip Ciri Khas Aceh Yang Mencerminkan Semangat

Apa Yang Paling Agan Inget Dari ‘Aceh’?

Mengintip Ciri Khas Aceh Yang Mencerminkan Semangat

Setiap daerah di Indonesia punya kebudayaan yang terkadang mencerminkan daerah setempat, mulai dari bahasa, tarian,  sampai dengan acara ritual setempat yang dilakukan secara turun-menurun. Ngomongin tentang kebudayaan kali ini Agan  Sista bakal dibawa ke daerah yang punya sebutan "Serambi Mekah". Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang nggak sekedar punya kebudayaan yang sangat menjunjung tinggi nilai religius (agama) Islam, tetapi Aceh juga memiliki ragam budaya yang unik dan mencerminkan 'semangat'.

Nggak cuma urusan budaya dan seni saja sih gan, bahkan untuk urusan wisata kuliner juga cita rasa aceh ini emang bikin semangat. Maknyus di lidah dan bikin nagih! Beberapa hal berikut merupakan menjadi ciri khas kota penyandang ‘Serambi Mekkah’, diantaranya :


Kemah Seniman
Mengintip Ciri Khas Aceh Yang Mencerminkan Semangat

Sumur gambar Seputar Aceh

Ada yang bilang nih gan, hidup di era digital kayak sekarang ini mungkin lebih identik dengan kita bisa kebawa ke kehidupan yang modern. Ini menarik banget yang dilakukan oleh Masyarakat Aceh, dimana mereka mengadakan pertemuan seniman dan seniwati Aceh dalam rangka menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya dari berbagai kota/kabupaten yang berdiam di provinsi tersebut. Acara yang dilakukan di Aceh Besar yang merupakan kabupaten yang menjadi pintu gerbang masuk ke ibu kota provinsi, Banda Aceh. Acara ini disertai dengan dialog budaya menuju semangat dan kebangkitan seni budaya Aceh masa kini.


Semangat Rayakan Hari Besar dalam Bentuk Tarian
Mengintip Ciri Khas Aceh Yang Mencerminkan Semangat

Tari Saman, adalah salah satu budaya dan seni yang terkenal banget dari Aceh, merupakan tari tradisional khas Suku Gayo yang kalo ngelihat gerakannya begitu semangat nan enerjik ini dibawakan oleh para penarinya. Gerakan serentak para penari dengan tepukan dan lengkingan yang biasa dihadirkan oleh para penari Saman pastinya juga bakal bikin kita sebagai penonton nggak bisa berpaling atau berkedip. Biasanya, warga suku Gayo melakukan tarian ‘Tari Saman’ ini pada peristiwa-peristiwa penting adat, misalkan warga hadirkan ‘Tarian Seribu Tangan’ ketika momen peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW.


Ranup, Simbol Kepahlawanan Melayu
Mengintip Ciri Khas Aceh Yang Mencerminkan Semangat

udah ada yang pada tau tentang ini gan? Tradisi makan ranup dalam budaya Aceh merupakan warisan budaya masa silam dan udah lebih dari ratusan tahun. Tradisi mengunyah daun ranup yang di dalamnya beiris biji pinang, gambir dan sedikit kapur ini punya makna loh gan. Bagi masyarakat Aceh, ranup memiliki nilai yang tinggi karena pada masa lalu ranup selalu dikaitkan dengan semangat pada zaman kepahlawanan Melayu. Sehelai ranup bertemu dengan urat yang dimakan bersama pinang, kapur dan gambir dikatakan bisa bikin semangat pahlawan yang akan berjuang. emoticon-2 Jempol.

Indomie Mi Goreng Aceh Kaya Akan Rempah Bikin Penikmatnya Bersemangat!

Mengintip Ciri Khas Aceh Yang Mencerminkan Semangat

Dari kebudayaan dan seni kini ane ajak untuk melipir ke kuliner Aceh nih gan, di mana kuliner Aceh emang terkenal dengan kaya akan bumbu dan rempah-rempah yang menambah lezatnya berbagai kuliner Aceh, termasuk Mie Aceh yang sekarang gampang menikmatinya dinikmati dari manapun dan kapanpun.

Karena Agan Sista penggemar Mie Aceh bisa menikmati Indomie Mi Goreng Aceh yang baru saja diluncurkan. Hadir dengan mi yang lebih tebal, dan kaya rempah. Selain itu juga lengkap disajikan dengan bawang goreng, dan rasa pedesnya pas! Rasanya seperti aslinya, makin semangat gan! Buat agan sista yang penggila citarasa masakan yang kaya akan rempah2, maka lidah kita bakalan dimanjain nih gan dan terpikat sejak pertama kali aromanya mampir dan menggoda hidung kalian! Ayo buruan ikut cobain gan!

Itulah beberapa hal yang mencerminkan akan semangat dari Aceh, ga cuma hal selani dan budaya saja tetapi sampe urusan kulinernya pun bisa bikin kita semangat! Nah, kalau menurut agan sendiri apa lagi yah? Boleh dong tambahin lagi di mari dan postingan yang kece bakalan ane angkut ke pejwan.


Ane Tunggu postingannya Gan...

Diubah oleh activeman
Halaman 1 dari 9
emang mantap dah indomie emoticon-Betty
Pertamax.
Acehh cool abizz
Jadi pengen ke Aceh...
Diubah oleh alank191
mejeng pejwan lah emoticon-Cool
mantappp 👍

semoga lain waktu bisa emoticon-Traveller ke Aceh 🙏
aceh ingat tsunami
aceh ingat masa kecil
saman tuh seru
HT Nih?
Nice inpo gan....
mantap mantap
Gw orang aceh gan..... kangen pulang....
Indomie goreng Aceh? emoticon-Leh Uga malah orang Aceh ya suka Mie Racing, mie aceh goreng dengan bumbu 'spesial' moga besok kedepannya indomie bikin varian mi Aceh bumbu racing emoticon-Leh Uga anak kost jadi rajin nge-fly emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
pngen nyobain...
btw ane pejwan
Diubah oleh fexitos
woghhh mangtabs emang aceh. emoticon-thumbsup
yuk kita makan-makan ke aceh emoticon-Ngacir2
mantap bre
Banyak hal unik di aceh...
Diubah oleh zan2599
Emang ada varian baru lagi dari indomie yah ?
Update abis Bre. emoticon-Metal
Semangat selalu!
tari saman ane suka...
Gembok ya?
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di