TOP 5 Hal Paling Ngeselin Sekaligus Ngangenin Di DOTA 1 (Defense of The Ancients)
TS
ariesurya1988
TOP 5 Hal Paling Ngeselin Sekaligus Ngangenin Di DOTA 1 (Defense of The Ancients)
***
Quote:
#DOTA ADALAH HAK SEGALA BANGSA#
Sebagai pelopor game MOBA(Massive Online Battle Arena) DOTA 1 emang udah ketinggalan banget kalau harus dibandingin dengan game-game sejenis jaman sekarang. Walau harus diakui masih banyak yang juga yang gak bisa move on dari game ini dengan alasan yang beragam. Entah karena kurang cocok dengan grafis game yang sekarang sampai masalah penggunaan tombol skillnya.
Padahal kalau dipikir-pikir game-game MOBA jaman sekarang udah punya konten dan sistem yang jauh lebih baik daripada DOTA 1 ini. Masih ingat kan susahnya dulu baru mau masuk room udah di kick sama orang lain gara-gara komen nyeleneh doang, padahal masih satu party (dulu komen andalan, "bentar-bentar ane sisiran doloo"). Belum lagi kalau ada satu pemain yang DC (disconnect), langsung bubar jalan terus bikin room ulang. Capeek deeh.
Terlepas dari isu kek di atas, ada beberapa alasan yang bikin game DOTA 1 ini bikin kesel tapi sekaligus ngangenin juga sih pengen ngerasain lagi masa-masa jahiliyah tersebut .
Daripada penasaran yuk liat 5 Hal Paling Ngeselin Sekaligus Ngangenin di DOTA 1. Selamat membaca dan semoga berfaedah!
1. Desain Hero Yang Gak Sinkron
Quote:
Permainan DOTA 1 awalnya merupakan adaptasi dari permainan Warcraft IIIyang mapnya di ubah sedemikian rupa agar bisa menyesuaikan mode permainan 5 vs 5 dengan konsep tower defense. Nah selain map yang diubah, Ice Frog selaku desainer game ini juga menyesuaikan Hero-Heronya berdasarkan model karakter game yang sudah ada. Entah itu karakter humannya, Elf, bahkan sampai creep alias monster hutannya juga ikut dilibas selama masih nyambung dengan desain karakternya.
Ujung-ujungnya Hero di DOTA1 jadi banyak yang gak nyambung antar 3D modelnya sama animasi gerak dan penggunaan skillnya. Seperti Hero Barathum a.k.a Spirit Breakeryang dulu model Heronya punya penampakan tangan kanan bawa lampu, tangan kiri bawa kapak (CMIIW), itu kapak bukan di pake buat nyerang malah cuman jadi pajangan doang .
Begitu juga dengan Hero Magnus, punya desain pake tanduk panjang, tapi gak satupun skillnya yang mencerminkan penggunaan tanduk secara estetika. Untung di beberapa update skillnya udah di rework jadi punya skill nanduk.
Spoiler for Penampakan:
2. Skill Heronya Banyak Yang IMBA
Quote:
Entah dulu gimana perasaannya para pemain DOTA1 waktu ngikutin kompetisi jaman dulu, mungkin banyak pilihan Hero yang wajib buat di baned biar gak bisa dimainin.
Mengingat dulu DOTA1 ibarat bayi yang masih belajar jalan, banyak banget bug-bugyang perlu dirapiin termasuk skill-skill heronya yang gak balance terhadap permainan. Bayangin aja ada banyak hero yang kalau make salah satu skillnya langsung auto kill ke musuh. Belum lagi kalau ada tambahan item Aghanim (buat upgrade ulti), beugh jadi tambah 'pedas kabeh' damagenya.
Sebagai pengingat dulu Ogre MagiMulticastnya bisa sampai x 20 loh. Jangankan Hero, Roshan aja bisa lemes kalau kena damage kayak gitu.
3. Make dan Build Item Bebas Pantas!
Quote:
Di game-game MOBA jaman sekarang selain balancingHero, penggunaan item juga gak lepas dari namanya nerf. Karena kalau dibiarin jadinya juga bisa bikin permainan 'domplang' alias gak imbang. Salah satu sistem yang dulu bikin sakit hati itu, gak ada batasan mau pasang berapa dan bikin item apapun itu.
Kedengerannya sih biasa aja, tapi bayangin deh kalau ada Hero kayak Centaur, make Vanguard 3 biji terus bikin Blade Mail pula 3 biji (dulu BM masih item passive) gimana gak wew. Dia tinggal di bawa maju doang sampai ke fountain, darahnya palingan cuman kurang setengah, yang mukulin kasian jadi 'benyek' kena damage return.
4. Ada Quest Di Tengah Pertempuran
Quote:
Bukan gan, bukan lagi hajar Roshan, tapi ini bener-bener nyelesein questdi tengah pertandingan. Baru pada tau kan? Tapi ini beneran ada loh dulu di beberapa versi map DOTA1 yang masih awal, ane lupa versi berapa hehe . Yang jelas di map versi ini menandakan akan adanya Hero baru yang bakalan rilis di versi map selanjutnya.
2 Quest paling terkenal yang ane masih ingat, yaitu questPhoenix sama Invoker. Untuk menyelesaikan quest ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti nyari kodok, ngancurin rune, dll. Keuntungan dari nyelesein ini? Bisa dapat item yang gak kalah IMBA daripada Aegis gan .
Ane belum pernah liat sih, tapi katanya waktu itu kalau si Phoenix berhasil muncul, Hero satu map bisa langsung pada 'modar' semua. Beneran gak ya?
Spoiler for Penampakan:
5. Pilihan Mode Yang Brutal!
Quote:
Ada yang masih ingat ketikan, "-ap -sc -om".
Dulu kode-kode kek gini kudu musti diapalin biar pilihan mode gamenya bisa keluar. Maksud -ap, -sc, -om dan lain-lain itu sendiri maksudnya biar keluar pilihan buat bebas milih Hero apa aja, munculkan creepraksasa, bahkan sampai bikin semua Hero pemain jadi diacak. Pokoknya mau mode apa aja bisaa!
Walaupun sebenernya bikin ribet karena ada kode-kode yang musti diinput sebelum permainan dimulai, tapi justru fitur kek gini yang bikin kita sering begadang nge LAN main DOTA bareng teman-teman. Kadang kesel juga sih kalau lagi main di publik yang bikin room malah ngelamun terus kelupaan masukin kode, akhirnya jadi pada leave berjamaah. Coba deh bayangin di masa itu kita bisa main mode 10 vs 10 yang heronya cuman Pudge terus mainnya di mid lagi, woogh pasti seru banget tuh pada tarik-tarikan .
Demikian thread ane kali ini, berhubung nulisnya dadakan mohan maaf kalau masih banyak yang kurang. Kalau ada masukan dan tambahan lain bisa komen di kolom bawah ya.
Terakhir quote dari ane :
Quote:
DOTA1 emang bukan game MOBA yang sempurna, dan jangan bandingin fiturnya dengan kecanggihan game-game MOBA jaman sekarang. Dulu disayang sekarang dibuang. Daripada main DOTA2 yang begitu doang, mending DOTA1 yang lebih menantang #boom
Sumber
Gambar : Google, Pinterest
Tulisan : Pengalaman TS, Thread Kaskus Terkait, liquiddota.com