Hai... hai Gansis
Selamat datang di thread sederhana ini 
Sesuai dengan tema event coc kali ini yang diselenggarakan oleh forum otomotif, ane mau share tentang motor kesayangan dimana motor ini saksi sejarah perjalanan jatuh bangun dalam karir. Pernah dengar slogan ini "Tiada Tanding"motor yang pertama kali ane beli di tahun 2011 merupakan keluaran si Juki, siapa lagi kalau bukan Titan 110cc (di STNK tertera 113cc). Kesan pertama beli Titan waktu itu "Awesome" model aerodinamic seperti jet tempur membelah angin.
Dokumentasi pribadi
Selama 7 tahun motor ini tidak pernah mogok sekalipun, kok bisa? ngawur nih bipoh?? (ngarang pasti ya atau promoted)Bwahaha bukan karena ngawur atau bagaimana tapi ini kenyataan sebagai pengendara motor Titan. Ane selalu melakukan perawatan mesin servis berkala maupun penggantian oli termasuk busi pengapian, dari awal pertama test reyen selalu minum pakai pertamax (ingat pembakaran sempurna juga bagus buat mesin).
Yuk simak lebih jelasnya Gansis yang mau tahu kenapa motor ane si Juki Titan ini tidak pernah mogok di jalan.
Quote:
1. Rutin Servis
Foto : Google Images
Gansis berapa kali setahun servis motor? Ane servis motor 3 bulan sekali, karena motor bebek yang di servis pembersihan kaburator termasuk pengecekan komponen lainnya.
Quote:
2. Pilih Oli Sesuai Motor
Foto : Google Images
Apa masih ada yang pakai oli bawaan dealer? Untuk yang satu ini tergantung pengendara motor mau pilih bawaan pabrik atau oli yang beredar di pasaran. Ane sendiri pakai oli Enduro 800ml tapi kalau mau ganti filter oli pakai yang enduro 1000ml, biasa ganti oli berada di kisaran 2500/km.
Quote:
3. Jangan Lupa Cek Busi
Dokumentasi pribadi
Pernah motor tidak mau hidup walaupun sudah di engkol starter, buat jaga-jaga Gansis stock busi satu lagi buat di bawa-bawa. Ane sendiri ganti busi setahun sekali, untuk yang motor matic ane pernah 3 tahun tidak ganti masih bisa jalan lancar up 30.000/km.

Quote:
4. Selalu Cek Rantai
Dokumentasi pribadi
Sparepart penting nih buat montor bebek, jangan sampai rantai putus saat berkendara dan untuk perawatan sendiri ane biasa pake chain lube merk kit. Perlu di ingat sebelum menggunakan chain lube di semprotkan ke rantai keteng, lebih baik rantai keteng di bersihkan dulu menggunakan kain tidak terpakai fungsinya menghilangkan bekas kotoran rantai yang menempel.
Satu lagi yang penting jika rantai sudah mentok tidak bisa di geser dalam artian kendor mau di kencengin, lebih baik ganti rantai baru jangan di potong karena akan lebih beresiko.
Quote:
5. Periksa Tekanan Angin Ban
Foto : Google Images
Tekanan angin ban motor normal ban depan 28-30 psi dan belakang 33-34 psi, itupun kalau Gansis punya alat untuk mengukurnya. Jika tidak ada alat, cara mudah cukup di tekan dengan tangan. Untuk yang menggunakan nitrogen bisa langsung menuju pengisian biasanya ada di beberapa SPBU.
Quote:
6. Tahu Kapan Waktu Ganti Ban
Foto : Google Images
Tinggal mengecek dengan melihat kondisi ban apa sudah gundul atau tidak ada ukiran lagi dan ban tidak gundul ukiran masih ada namun umur ban sudah melewati batas biasa pengendara terasa oleng saat berkendara. Pesen ane jangan memaksa ban yang sudah waktunya ganti.
Quote:
7. Cek Kondisi Shockbreaker
Dokumentasi pribadi
Untuk yang satu ini Gansis bisa mengeceknya melewati polisi tidur atau minta temen bonceng, kalau terdengar bunyi yang kurang mengenakkan di area shockbreker motor lebih baik langsung cek ke servis terlebih motor yang sudah berumur. Ane perawatan biasa nambah oli sekaligus ngecek apa per shock masih berfungsi atau tidak.
Quote:
8. Ingat Aki Motor
Foto : Google Images
Jika ada yang masih menggunakan aki basah tinggal mengecek air aki masih sesuai batas minimal harus isi dan jangan sampai lupa ngisi nanti aki jadi soak. Sedangkan motor sekarang yang menggunakan aki batre, cara mengeceknya bagaimana? Bisa menggunakan multimeter atau alat lainnya. Untuk cara gampangnya rasakan tiap menghidupkan motor masih bisa nyala lancar sekali starter pake switch atau justru perlu beberapa di pencet.
Sederhana dan gampang bukan, ehh bipoh kalau buat motor matic bagaimana?Oh untuk motor matic sendiri kurang lebih sama seperti yang ane jelasin tadi tapi kalau motor matic menggunakan vanbelt plus roller. Merawatnya lebih gampang lagi, tinggal ke bengkel resmi minta bersihin CVT blok seperangkatnya itu sudah termasuk paket servis lengkap.
Nah bipoh share dong cara untuk merawat motor biar kinclong mengkilap seperti motor Titan? Pfftt gampang kok merawatnya tapi tergantung bugjet ya Gansis (nanti ane jelasin perawatan yang murah tapi hasil look and good seperti waktu pertama beli) dan harus tahu juga cat yang ada di bodi dilapisi pernis mengkilap atau justru nge-doff.
Simak lagi yuk tips dari ane dengan perawatan murah tapi tidak mengecewakan.
Quote:
Alat Yang Perlu Disiapkan
Dokumentasi pribadi
Alat Tempur :
1. Lap kanebo (sediain dua macam yang kasar sama halus)
2. Busa cuci (bedain yang buat bodi motor sama mesin dan pelek ban)
3. Ember plastik (sediain 2 ember)
4. Kit shampo (kalau tidak ada pakai sunlight jeruk nipis)
5. Kit motor multiguna (buat mengkilap ada dua macam warna hitam dan kuning)
Langkah pengerjaan seperti di bawah ini :
Quote:
Tahap 1
Foto : Google Images
- Cuci motor sendiri dulu (kenapa ane suruh cuci sendiri malah tidak di bawa ke mamang cuci motor, biar Gansis tahu seluk beluk tiap dek bodi motor) dan jangan pakai tekanan air yang tinggi
- Sediakan 2 ember kosong ukuran sedang untuk tempat shampo motor (1 ember buat bodi dek dan 1 ember buat area bawah mesin pelek ban) serta boleh pakai merk Kit atau kalau kepepet biasa ane pakai sunlight
- Ambil busa cuci khusus dek bodi motor masukan ke ember (langsung ke bodi dek secara merata)
- Sesudah itu langsung ganti ember satunya lagi buat bersihkan area bawah motor mesin pelek ban (urutan bersihin pertama dari knalpot dulu ya soalnya motor ane knalpot stainless)
- Langsung guyur pakai air semua bagian motor (ingat jangan terlalu lama guyur bagian semisal di area starter sein, ane pernah kena flasher sein jadi kedip semua waktu nyala)
Quote:
Tahap 2
Foto : Google Images
- Ambil kanebo halus khusus bagian dek bodi motor kemudian keringkan secara menyeluruh (kanebo jangan dipakai buat lap area bawah mesin pelek ban ya nanti bodi motor kena baret halus bisa juga kasar)
- Ganti ke bagian bawah motor ambil kanebo kasar (langsung hajar seluruh bagian pelek)
- Ambil botol Kit hitam kemudian semprot menyeluruh ke semua bagian bodi dek motor serta lap pakai kanebo (eittss ingat lagi pakai kanebo yang halus tadi)
- Jangan lupa juga semprot bagian bawah motor menyeluruh dan lap menggunakan kanebo yang kedua
- Untuk Kit kuning jangan selalu di gunakan (hanya buat baret halus bukan yang terlalu dalam baretnya)
Bagaimana Gansis mudah bukan pengerjaannya

ane cuma mau pesen jangan malas. Ingat lagi jangan malas merawat motor terlebih motor sebagai kendaraan harian utama, tidak mau kan lagi enak-enak riding eh lah malah mogok (rantai putus, aki soak, ban kempes, vanbelt putus dan masih banyak lagi).