- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Kendaraan Roda 2
#AslinyaLo Motor Yang Selalu Setia Menemani Ane Sejak Single Sampai Punya Buntut 2 :)


TS
solehikhsanudin
#AslinyaLo Motor Yang Selalu Setia Menemani Ane Sejak Single Sampai Punya Buntut 2 :)
Assalamu’alaikum, selamat pagi/siang/sore/malam para Kaskuser dimana pun kalian berada gan/sist!
Ketemu lagi dengan ane, “solehikhsanudin”.
Kali ini dalam rangka ikut meramaikan event COC Kaskus di subforum Otomotif bertema #AslinyaLo.
Yup, kali ini ane mau sedikit menceritakan tentang sepeda motor tunggangan ane yang selalu setia menemani semenjak ane single dari tahun 2008 lalu sampe saat ini sudah punya buntut 2 gan/sist.
Secara umum, ane bagi tulisan ane jadi 3 (tiga) bagian, yaitu 1) metode perawatan, 2) modifikasi, dan 3) tips and tricks seputar motor ane yang bermerk H*nda dengan jenis/model Supra X 125 cc.
Cekidot gan/sist...
METODE PERAWATAN
Secara umum, ane bukanlah tipikal orang yang terlalu paham jauh soal dunia otomotif, sehingga metode perawatan yang ane lakuin mayoritas ada dalam taraf moderat saja dan tidak neko-neko.
Soal perawatan rutin, ane lebih mempercayakan penanganannya kepada bengkel resmi Ah*ss sampe saat ini, bahkan setelah habis masa gratis jasa service berkala dengan tetap menggunakan konsep tune up per 2.000 KM dan oli khusus pabrikan.
Akan tetapi, untuk perawatan yang sifatnya peripheral dan tetek-bengek lainnya, ane lebih memilih menggunakan jasa bengkel motor biasa langganan, yang tentunya dengan tetap mempertimbangkan reputasi baiknya.
MODIFIKASI
Untuk modifikasi pun, ane hanya sekedarnya saja untuk menambah aksesoris seperlunya, dan bukan tipikal modifikasi kendaraan yang sifatnya ekstrem.
Beberapa perubahan standar yang pernah ane lakuin di antaranya menyangkut casing nomor polisi, ban tubeless, bagasi spakbor, stiker, hingga mantel.
Secara fungsional, 1) casing nopol hanya berfungsi sebagai pemanis saja agar lebih enak dipandang; 2) ban tubeless sebagai pengganti ban biasa dengan tujuan agar lebih aman dalam menghadapi ban bocor; 3) bagasi spakbor untuk memudahkan penempatan atau penyantolan barang-barang tertentu (terutama barang belanjaan; 4) stiker secara umum mirip dengan poin pertama untuk mempercantik tampilan kendaraan; dan 5) mantel yang selalu ada (biasanya di bagasi dalam) untuk mengantisipasi datangnya hujan.
TIPS AND TRICKS
Sebagaimana yang ane paparkan sebelumnya bahwa ane hanyalah tipe end user kendaraan yang bersifat biasa, maka sejatinya juga tidak memiliki tips-tips khusus dalam mengendarai kendaraan, khususnya dalam menjaga stamina dan kehandalannya.
Secara praktis, motor ane saat ini hanya dipergunakan untuk kepentingan angkutan yang relatif dekat, seperti belanja ke pasar atau mengantar anak sekolah. Memang dulu sempat dikuras cukup intens energinya dengan setiap hari menemani ane pulang-pergi kerja sejauh kurang-lebih 70 KM. Tapi dalam beberapa waktu terakhir, beberapa tips yang terbiasa ane implementasikan sehingga performanya tetap optimal hingga 2 kali pergantian plat nomor, di antaranya pemakaian atapun penggantian spare part yang sesuai standar, penggantian oli secara rutin (meski dinyatakan kuat mencapai 4.000 KM namun ane lebih memilih per 2.000 KM), penggunaan motor dengan tata-cara yang baik termasuk memperhatikan batas beban kendaraan, dan tips-tips ringan standar lainnya.
Walhasil, meskipun sudah tergolong tua dengan usia yang telah lebih dari 10 tahun, namun motor ane ini tetap nyaman dikendarai menemani perjalanan dengan setia, baik secara sendirian maupun seisi keluarga berempat (untuk jarak yang relatif dekat).
Demikian sedikit cerita dari ane tentang motor kesayangan ane, sebenarnya mobil juga ada tetapi usianya menemani ane belum genap setahun.
Semoga dapat menambah wawasan kaskuser sekalian!
Wassalam!!!
Sumber :
Narasi : kisah pribadi.
Ilustrasi : kendaraan pribadi.
Ketemu lagi dengan ane, “solehikhsanudin”.
Kali ini dalam rangka ikut meramaikan event COC Kaskus di subforum Otomotif bertema #AslinyaLo.
Yup, kali ini ane mau sedikit menceritakan tentang sepeda motor tunggangan ane yang selalu setia menemani semenjak ane single dari tahun 2008 lalu sampe saat ini sudah punya buntut 2 gan/sist.
Secara umum, ane bagi tulisan ane jadi 3 (tiga) bagian, yaitu 1) metode perawatan, 2) modifikasi, dan 3) tips and tricks seputar motor ane yang bermerk H*nda dengan jenis/model Supra X 125 cc.
Cekidot gan/sist...
METODE PERAWATAN
Spoiler for :
Secara umum, ane bukanlah tipikal orang yang terlalu paham jauh soal dunia otomotif, sehingga metode perawatan yang ane lakuin mayoritas ada dalam taraf moderat saja dan tidak neko-neko.
Soal perawatan rutin, ane lebih mempercayakan penanganannya kepada bengkel resmi Ah*ss sampe saat ini, bahkan setelah habis masa gratis jasa service berkala dengan tetap menggunakan konsep tune up per 2.000 KM dan oli khusus pabrikan.
Akan tetapi, untuk perawatan yang sifatnya peripheral dan tetek-bengek lainnya, ane lebih memilih menggunakan jasa bengkel motor biasa langganan, yang tentunya dengan tetap mempertimbangkan reputasi baiknya.
MODIFIKASI
Spoiler for :
Untuk modifikasi pun, ane hanya sekedarnya saja untuk menambah aksesoris seperlunya, dan bukan tipikal modifikasi kendaraan yang sifatnya ekstrem.
Beberapa perubahan standar yang pernah ane lakuin di antaranya menyangkut casing nomor polisi, ban tubeless, bagasi spakbor, stiker, hingga mantel.
Secara fungsional, 1) casing nopol hanya berfungsi sebagai pemanis saja agar lebih enak dipandang; 2) ban tubeless sebagai pengganti ban biasa dengan tujuan agar lebih aman dalam menghadapi ban bocor; 3) bagasi spakbor untuk memudahkan penempatan atau penyantolan barang-barang tertentu (terutama barang belanjaan; 4) stiker secara umum mirip dengan poin pertama untuk mempercantik tampilan kendaraan; dan 5) mantel yang selalu ada (biasanya di bagasi dalam) untuk mengantisipasi datangnya hujan.
TIPS AND TRICKS
Spoiler for :
Sebagaimana yang ane paparkan sebelumnya bahwa ane hanyalah tipe end user kendaraan yang bersifat biasa, maka sejatinya juga tidak memiliki tips-tips khusus dalam mengendarai kendaraan, khususnya dalam menjaga stamina dan kehandalannya.
Secara praktis, motor ane saat ini hanya dipergunakan untuk kepentingan angkutan yang relatif dekat, seperti belanja ke pasar atau mengantar anak sekolah. Memang dulu sempat dikuras cukup intens energinya dengan setiap hari menemani ane pulang-pergi kerja sejauh kurang-lebih 70 KM. Tapi dalam beberapa waktu terakhir, beberapa tips yang terbiasa ane implementasikan sehingga performanya tetap optimal hingga 2 kali pergantian plat nomor, di antaranya pemakaian atapun penggantian spare part yang sesuai standar, penggantian oli secara rutin (meski dinyatakan kuat mencapai 4.000 KM namun ane lebih memilih per 2.000 KM), penggunaan motor dengan tata-cara yang baik termasuk memperhatikan batas beban kendaraan, dan tips-tips ringan standar lainnya.
Walhasil, meskipun sudah tergolong tua dengan usia yang telah lebih dari 10 tahun, namun motor ane ini tetap nyaman dikendarai menemani perjalanan dengan setia, baik secara sendirian maupun seisi keluarga berempat (untuk jarak yang relatif dekat).
Demikian sedikit cerita dari ane tentang motor kesayangan ane, sebenarnya mobil juga ada tetapi usianya menemani ane belum genap setahun.
Semoga dapat menambah wawasan kaskuser sekalian!
Wassalam!!!
Sumber :
Narasi : kisah pribadi.
Ilustrasi : kendaraan pribadi.


swiitdebby memberi reputasi
1
868
2


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan