kalo yang ini epic banget failnya bukan karena jelek gans, tapi karena gamenya bahkan gak pernah dirilis
Nintendo selalu berjaya dengan IP household mereka yang terkenal, seperti Link & Zelda, Mario & gank, Donkey Kong, bahkan mereka sekarang semakin kokoh dengan IP baru seperti Splatoon, dan third party exclusives seperti Bayonetta dan Xenoblade.
Sony, gausah ditanya

the undisputed king of 8th gen. dengan game2 legendaris sekelas Uncharted & The Last Of Us, game baru yang langsung mencuat ke strata tertinggi seperti Horizon Zero Dawn, atau game2 lama yang membuat comeback spektakuler seperti God Of War atau Monster Hunter.
Microsoft... mau tetep ngandelin Masterchief terus sampe beliau jenggotan? sebenernya di gen ini ada beberapa percobaan eksklusif yang nggak jelek, seperti Sunset Overdrive, Quantum Break, atau Cuphead

sementara game2 model Forza Horizon dengan setia menjaga Xbox One tetap relevan.
tapi janji terbesar Xbox One pastinya adalah Scalebound. game yang dikembangkan oleh PlatinumGames. sekedar info buat agan2 yg belum tau, PG adalah studio yang mengembangkan (diantaranya aja) Vanquish, Metal Gear Rising: Revengeance, Bayonetta, dan yang terbaru tentu saja Nier: Automata

mereka adalah masternya fast paced action combat, di PG ada om Hideki Kamiya, mastah yg berjasa di development Resident Evil dan Devil May Cry. krunya juga veteran2 yg pernah kerja di development Okami, Viewtiful Joe, dan Phoenix Wright: Ace Attourney. an all-star crew, if you ask me.
Premise dari Scalebound adalah semacam action-RPG dimana kita punya companion seekor naga. saat battle, kita bisa ngasih order si naga harus ngapain aja, kita juga bisa "meminjam" kekuatan si naga untuk ngeluarin dragon skills. untuk character development, player & naga dua2nya fully customizable! maksudnya kita bisa bikin naganya jadi tipe tank, tipe agi, tipe magic, dll. jadi tampilan naganya juga bakalan beda sama naga player lain kalo ketemu di multiplayer! gear player pastinya beda2 & bisa kita custom sesuai gaya kita masing2. you have to know that soy love some character customizations!
menurut keterangan om Kamiya, ini adalah project yang sudah lama dia damba2kan, tapi baru bisa terealisasi di gen ini karena kekuatan konsol jaman dulu belum bisa bikin mechanic sidekick segede naga gitu sehidup sekarang. buat ane sendiri, Scalebound jadi semacam mimpi crossover idaman antara How To Train Your Dragon sama Monster Hunter

hi
sayangnya, pada tahun 2017 kemarin Microsoft menyatakan bahwa mereka tidak akan meneruskan kerjasama dengan PG dan project Scalebound sudah dihentikan

IP Scalebound sendiri sudah menjadi milik MS, jadi walaupun om Kamiya dan PG ingin meneruskan project tersebut, engine & base game yg sudah dibuat tertahan di tangan MS.
pada E3 2018 kemarin, MS terlihat seperti menyadari kesalahan mereka atas kurangnya exclusives di Xbox One, kemudian mengakuisisi beberapa studio berpengalaman untuk mengembangkan game exclusive. tapi mengembangkan game tentu saja butuh waktu bertahun2, dan hasil dari tindakan MS itu mungkin baru akan kita lihat beberapa tahun lagi... mudah2an exclusives di Xbox 9th gen nanti lebih mancap ya gans