alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
[COCooking]RUJAK CINGUR, MAKANAN NUSANTARA YG MEMILIKI SEJARAH DAN FILOSOFI#AslinyaLo
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9cea16d89b0904448b4572/cocookingrujak-cingur-makanan-nusantara-yg-memiliki-sejarah-dan-filosofiaslinyalo

[COCooking]RUJAK CINGUR, MAKANAN NUSANTARA YG MEMILIKI SEJARAH DAN FILOSOFI#AslinyaLo


[COCooking]RUJAK CINGUR, MAKANAN NUSANTARA YG MEMILIKI SEJARAH DAN FILOSOFI#AslinyaLo
[COCooking]RUJAK CINGUR, MAKANAN NUSANTARA YG MEMILIKI SEJARAH DAN FILOSOFI#AslinyaLo
[COCooking]RUJAK CINGUR, MAKANAN NUSANTARA YG MEMILIKI SEJARAH DAN FILOSOFI#AslinyaLo
[COCooking]RUJAK CINGUR, MAKANAN NUSANTARA YG MEMILIKI SEJARAH DAN FILOSOFI#AslinyaLo
[COCooking]RUJAK CINGUR, MAKANAN NUSANTARA YG MEMILIKI SEJARAH DAN FILOSOFI#AslinyaLo


Tema trit kali ini adalah makanan favorit, karena saking favoritnya, ampe lupa kalo mau difoto emoticon-Ngakak (S)


[COCooking]RUJAK CINGUR, MAKANAN NUSANTARA YG MEMILIKI SEJARAH DAN FILOSOFI#AslinyaLo


Becanda ding, ini fotonya emoticon-Embarrassment

[COCooking]RUJAK CINGUR, MAKANAN NUSANTARA YG MEMILIKI SEJARAH DAN FILOSOFI#AslinyaLo
Rujak Cingur


Salah satu makanan khas Surabaya ini sudah tersebar kemana-mana, Jawa Timur khususnya (hidup di Jateng kemarin ga nemu rujak cingur yang ada petisnyaemoticon-Hammer

Rujak yang lezat ini tak hanya sebuah makanan, ia memiliki sejarah (entah ini siapa yang mencetuskanemoticon-Frown)dan filosofi hidup yang bisa diambil hikmahnya emoticon-Embarrassment
Quote:


[COCooking]RUJAK CINGUR, MAKANAN NUSANTARA YG MEMILIKI SEJARAH DAN FILOSOFI#AslinyaLo


Rujak yang ane beli ini harganya cuma Rp 8000, di sudut pasar besar kota ane, untuk kalean dikota besar ini termasuk murah yaemoticon-Ngakak (S).. tak ada yang istimewa dengan tempatnya, hanya emperan rumah yang menggunakan meja untuk bahan-bahan rujak cingur, ada lontong, cingur, pisang muda, kacang sangrai, mentimun, cabai, bawang sangrai, petis, garam, sayuran rebus, tauge, krupuk, tahu tempe goreng, bawang merah goreng dan tak lupa cobek, alat yang memberikan cita rasa tersendiri ini berperan penting dalam pembuatan rujak cingur emoticon-Kiss (S)
[COCooking]RUJAK CINGUR, MAKANAN NUSANTARA YG MEMILIKI SEJARAH DAN FILOSOFI#AslinyaLo


Rasa yang dihasilkan dari campuran berbagai macam bahan ini memang sangatlah enak... apalagi pecinta pedas, rujak cingur bisa menjadi pilihan agan sista di siang hari, tak lupa dinikmati dengan segelas es teh emoticon-Genit

Rujak cingur yang ane pesen ini kurang pedes karena ga bilang 'sumer' atau cabai berapa gitu, cuma bilang ga pedes. mungkin dikasih satu atau dua nih emoticon-Hammer sayur yang dipakai adalah daun kangkung, dengan tahu dan tempe goreng serta tak lupa cingurnya yang menjadikan rujak ini lebih lezat ... rasanya lebih ke seger, karena mentimunnya lumayan banyak, bercampur dengan rasa pedas dan agak asem gimana ya (rasa petis kalau dituangkan dalam kata-kata tuh apa yaemoticon-Hammer kayanya jangan cuma baca, coba gan..cobaa emoticon-Mademoticon-Peace sampai tak tergambarkan bagaimana rasa yang dihasilkanemoticon-Matabelo emoticon-Hammer

Rebusan sayurnya juga pas, ga terlalu lembek dan ga terlalu keras, kekentalan saosnya menurut ane kurang pekat, tidak bisa cespleng (apalagi ini?) kayanya ane harus beli juga di Surabaya untuk original rozak nih.. Pemakaian bungkusnya juga menurut ane enakkan pakai daun pisang, karena ada aroma yang menurut ane sedep emoticon-thumbsup mungkin kelangkaan daun karena hujan sudah lama tak turun di sini mempengaruhi juga.. Rujak cingur menjadi favorit karena selain lezat, sehat juga MURAH emoticon-Cool kalau ga pakai cingur cuma 6000emoticon-Big Grin

Bagi agan sista yang berkunjung terlebih lagi di Surabaya, harus mencoba makanan ala Masiran iniemoticon-Ngakak (S) kapan lagi dong makan makanan berfilosofi mendalam kayak giniemoticon-Embarrassment dihayati dan dinikmati ...lestarikan makanan khas negara kita... aku cinta Indonesiaemoticon-I Love Indonesia (S)

[COCooking]RUJAK CINGUR, MAKANAN NUSANTARA YG MEMILIKI SEJARAH DAN FILOSOFI#AslinyaLo


Spoiler for sumber:
Diubah oleh: ibliss666
Urutan Terlama
Ijin merapat di thread rujak... emoticon-Malu (S)
Mantap nih rujak cihuy emoticon-Leh Uga
Quote:

silakan kakak emoticon-Embarrassment
Quote:

bikin sejarah baru ..cihuy emoticon-Matabelo
huaaa makanan khas arek suroboyo pol,
aku klo pesen rujak cingur ini gak pernah pake cingur nya sih karena kurang suka.
didaerah rumah ku dulu hrganya 15k + nasi (nambah kerupuk kaleng ) jadi nambah cibumalatus.

Quote:


wes larang kui rek...tapi mesti enak yoooemoticon-Ngakak
Balasan Post ibliss666
Quote:

iya enak + kenyang pol, opo meneh nek pedes.
aduh jadi pgn rujak cingur gara2 liak foto dimari emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


Quote:


disana cingur sapi dimasak ndak?emoticon-Bingung
Balasan Post ibliss666
Quote:

nampak nya sih dimasak emoticon-Takut (S)
ane tiap beli rujak cingur cuma pake sayuran sama tahu tempenya doang.
emang ditempat km ndak dimasak dlu?


Quote:


kiranya disana bagian yang aneh-aneh dibuangemoticon-Ngakak macam jeroan
Balasan Post ibliss666
Quote:

ngiler liat yg di cobek rujak cingurnya emoticon-Embarrassment


Quote:


pulang kampung dong seisemoticon-Cendol Gan
Balasan Post ibliss666
Quote:

udah pindah dr sby, nanti kalau kesana lagi pas main wajib nih rujak cingur emoticon-Belo


Quote:

so pasti emoticon-Matabelo makanan sehat ala penjajahan emoticon-Cendol Gan
Balasan Post ibliss666
Quote:

otw sby emoticon-Travellerdemi rujak cingur


dr semua komponen rozak cingur , ane paling doyan bumbu / saosnya gan, cocol pake kerupuk kaleng aja uda bahagia emoticon-Ngakak (S) emoticon-Embarrassment

nganu btw sejarahnya kok agak2 ...... emoticon-Big Grin
Quote:

wih canggihemoticon-Ngakak (S)
Quote:

emang enak bener gann sambelnya ituuu.... emoticon-Genit
ga tau sejarahnya kenapa ada diweb resmi.. dengan penulisan sendiri maka jadilah trit iniemoticon-Hammer
yg enak dr rujak cingur itu sambel kacangnya yg dipadu sama petis udang matep banget pokoknya.
Quote:


Rasanya jadi tak terdefinisikanemoticon-Ngakak


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di