alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Aquaphobia Lewat, Saatnya Belajar Renang Otodidak Gan
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9cc8d7d675d4d33d8b4567/aquaphobia-lewat-saatnya-belajar-renang-otodidak-gan

Aquaphobia Lewat, Saatnya Belajar Renang Otodidak Gan

Halo agan-agan emoticon-Angkat Beer

Jika agan adalah seorang aquaphobia dan pengen banget bisa renang, tapi masih takut air, berarti agan belum baca ini: Lawan Aquaphobia Biar Bisa Renang Bareng.

Kalo agan udah mulai hilang sedikit-sedikit fobianya, berarti udah saatnya agan belajar renang. Dan tips yang ane bakal share bisa buat gambaran sebagai pemula, atau agan-agan yang lagi nyari-nyari dasar buat jadi profesional. Sedikitnya ilmu yang didapat, manfaatnya bisa gede banget..

Perlu diingat juga, tips ini lebih kepada biar agan bisa nikmatin berenang. Disimak ya gan emoticon-Blue Guy Peace

Aquaphobia Lewat, Saatnya Belajar Renang Otodidak Gan


  1. Meskipun agan gak punya pelatih/instruktur renang, selalu latihan di tempat yang emang aman dan lumayan ramai. Setidaknya ada mata-mata yang bisa aware kalo agan ada di situ. Jangan langsung coba di laut pastinya yak, di kolam renang aja, di mana ente bisa ngelihat apa yang ada di dalam air.

  2. Riset soal drill renang. Seenggaknya agan tau basis setiap gerakan yang diperlukan dalam renang. Misal, bagaimana memfungsikan tiap bagian tubuh untuk gaya dada.



  3. Pake kacamata renang. Agan bakal lebih nyaman bisa ngeliat apa yang ada di bawah air daripada kagak sama sekali.

  4. Kalo ada gerakan yang rumit, belah satu-satu dan latih juga tiap gerakan mendetilnya. Progresif hingga agan paham dan hapal keseluruhan gerakan.

  5. Pake alat bantu, dan gak perlu takut dikatain cupu. Kayak flotator, seluncur, tangan katak, seenggaknya buat bantu mengisolasi gerakan untuk melatih bagian tubuh yang lain. Misal ente mau latihan ngayun kaki tapi tenggelem mulu, kan bisa pake alat apa pun buat ngapung.

    Misal dibilang cupu, tunggu sampe ente mahir, ente bisa balik nyupuin dia. Atau lebih baik, ya bantu tuh orang biar bisa berenang bener juga.

    Yang perlu diinget, jangan sampe agan ketergantungan sama alat-alat itu. Cukup anggap sebagai alat bantu latihan, bukan buat berenang. Karena nantinya agan harus bisa berenang tanpa alat.

  6. Latih gerakan yang mau agan praktekin di darat. Gak perlu malu untuk tengkurep di lantai. Lalu bayangin aja agan lagi di kolam renang, dan latih gerakan-gerakannya. Ini cukup efektif kalo agan belum ada akses ke kolam renang, dan mungkin pengen langsung bisa praktek ketika nemu kolam renang.

    Aquaphobia Lewat, Saatnya Belajar Renang Otodidak Gan


  7. Gerakan yang tadi agan lakuin di darat itu bakal terpatri di otak. Sehingga, di kolam nanti ente udah bisa langsung aksi.

  8. Kreatif dalam melatih gerakan-gerakan tekniknya. Ngelakuin gerakan baru mungkin rada aneh, tapi bisa jadi fun gan. Misal, gaya anjing Shinchan seru juga buat dilakuin.

  9. Have fun! Latihan renang gak perlu dibawa stres, kalo kayaknya susah banget ngelakuin gerakan, ketawain aja. Kalo terlihat konyol, ketawain aja. Sambil cari tahu gerakan-gerakan lain.

    Aquaphobia Lewat, Saatnya Belajar Renang Otodidak Gan


  10. Pelajari teknik dan segala hal tentang renang sebanyak yang agan mau. Agan bisa dapet info dari mana aja, termasuk dari trit ane ini. emoticon-Big Grin

  11. Kalo punya atau mampu beli, agan bisa bawa kamera waterproof buat dokumentasi latihan yang agan lakukan. Ini gunanya nanti buat review, kesalahan-kesalahan gerakan apa yang udah dilakukan. Buat masalah kamera yang bagus, itu agan bisa cari tau sendiri juga, tanya-tanya sama yang antusias dengan kamera underwater.

    Atau kalau punya Xperia, S9, juga bisa.

  12. Gunanya temen adalah support dan sebagai cermin keburukan. Benefit ini bisa juga didapatkan ketika agan latihan renang bareng. Tanyakan pada bestie, kira-kira gerakan yang agan lakukan ni salah atau enggak. Diskusi dan share gan. Biasanya pasti mereka bisa lebih ngeh jika agan melakukan kesalahan.

    That's what bestie is made for, bukan begitu bukan?

  13. Kalo nemu pelatih yang bagus, jangan ragu buat ikutan lesson-nya. Permasalahannya cuma ada di apakah instruktur ini beneran jago atau cuma sok-sok an doang. Pentingnya edukasi dini tentang renang, jadi agan bisa nilai orang tersebut emang bisa ngelatih atau enggak.


Itulah, ilmu ala kadar yang ane bisa bantu share biar agan bisa siap untuk nyebur ke air, kolam atau laut, bukan bathtub.
Ane dulu cuma modal yang penting main aja, dan akhirnya sedikit ngerti teknik dada dan punggung. Seenggaknya cukup buat main di air atau berenang di laut. Dan intinya itu gan, fun.

Karena renang, selain sehat jasmani, psikis juga dimanjain. Dan ketika ente bisa renang, ente punya tambahan scene romantis dengan pasangan emoticon-Big Grin

Boleh gan emoticon-Cendol (S) nya
Diubah oleh KaskusKreator
Halaman 1 dari 3
seperti pepatah vietnam pernah mengatakan :

“Việc khó trong đời phải làm từ việc dễ”

:goyang :goyang :goyang

Spoiler for translate:
Diubah oleh Boyz.
ane cuma 3 kali ketempat renang buat belajar sama teman, yg ke 3 kalinya langsung bisa meskipun gerakannya amburadul & banyak cipratan airnyaemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Dalam renang, teori itu cuma ngaruh dikit banget. Karena ane dulu belajar renang les ke instruktur renang dan 2x pertemuan bisa gaya dada walaupun belum lancar ngambangnya. Seengganya les ke instruktur lebih memudahkan untuk tau posisi dan cara renang yang bener itu seperti apa dilapangan. Belum lagi kalau instruktur renang biasanya ngajarin cara mengatasi kaki atau perut keram saat berenang itu kita harus berbuat apa. Emang sih agak mahal biayanya, tapi worth kok kalau nemu instruktur renang yang bener. Ane cuma bisa 3 gaya, dada, bebas, punggung. Kupu-kupu ga sempet belajar karena ane udah males emoticon-Malu
dari dulu ane masih bingung gimana caranya ngambang di air tanpa bantuan alat pengampung
info yg menarik, gan emoticon-thumbsup
kereeeen
Balasan post AngkaHuruf
Quote:


Tinggal goyangkan kaki dan tangan naik ke atas bawah ikuti irama air yang ada.

Ngapung deh
ane bisa renang kecuali gaya punggung emoticon-No Hope
Balasan post AngkaHuruf
Quote:


Sama gan...ane paling sebel...karna ga bisa berenang dari dulu. Pusing cara ngambang nya...emoticon-Malu
kalau cara anak anak di kampung saya itu dulu belajar renangnya ke sungai (dulu sungai masih bersih).
lompat langsung tanpa pengaman, biasanya di arus yang tidak terlalu deras, kalau tenggelam ditolongin anak anak yang lain, sambil bermain jadi bawaannya menyenangkan meskipun sering timbul tenggelam.
kalau sudah terbiasa lanjut ke arus yang cukup deras dan cukup dalam, sambil ada tantangan "kalau kau tak bisa renang juga, mati kau dibawa arus", ini buat motivasi meskipun akhirnya kalau ada yang hanyut ya ditolong juga. emoticon-Ngakak
udah lancar, baru lanjut ke kolam renang buat ngelatih gerakan.
otw dicoba gan, ane bgt ini. pengen renang tapi takut gak bisa renang..heheemoticon-Shakehand2
niceeee. renang asik sih emang efek renang tuh secara gak langsung juga dampak + ke kita bgt. emoticon-thumbsup
Quote:


artinya barang siapa bersungguh2 pasti berhasil emoticon-Big Grin
Cuman bisa gaya katak doank dah emoticon-Big Grin
Balasan post arbib
Quote:


ini nih yang bikin ane kesel. temen ane selalu bilang begitu dan dia bisa tapi ane malah tenggelem mulu. heran bet emoticon-Cape d...
emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool
ane demen renang gan dulu pas sekolah... skrg juga masih demen sih, tp udah jarang berenang, skrgmah.. emoticon-Big Grin
Balasan post AngkaHuruf
Itu karena aga akan mikir tenggelam saja, ga pernah mau mikir mengapung .. emoticon-Blue Guy Bata (L)
gaya batu ane biasanya gan emoticon-Ngakak
gaya kodok
Diubah oleh Embed
jangan panik ketika di air ini penting bangeeet. biarr ga gampang panik teruss tenggelam di air emoticon-Wow
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di