alexa-tracking

Khasiat Istimewa Berjalan Kaki Tanpa Alas

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9bb126925233f50d8b4569/khasiat-istimewa-berjalan-kaki-tanpa-alas
Khasiat Istimewa Berjalan Kaki Tanpa Alas
Khasiat Istimewa Berjalan Kaki Tanpa AlasKhasiat Istimewa Berjalan Kaki Tanpa Alas
Melakukan aktivitas jalan kaki tidak menggunakan sandal atau sepatu sering dilakukan di dalam rumah saja. Namun, sebagian masyarakat juga meyakini bahwa berjalan kaki tanpa alas di luar bisa menambah kesehatan.

Saat bayi yang baru berlatih berjalan pun disarankan untuk tidak memakai alas kaki agar bisa merasakan permukaan bumi secara alami. Tapi tetap untuk memilih lokasi yang aman dari bahaya.

Mengapa bayi tidak disarankan memakai sepatu saat belajar berjalan kaki? Karena sandal atau sepatu bisa berpengaruh pada tulang dan otot kaki si bayi.

Jika si bayi dibiasakan memakai alas kaki sejak kecil, maka peluang besar disaat dewasa akan juga terbiasa memakai sandal atau sepatu dan enggan berjalan tanpa alas. Padahal berjalan kaki tanpa alas baik bagi kesehatan.

Apakah Anda penasaran sejauh mana manfaat berjalan kaki tanpa memakai alas?

Ungkapan dari Dokter bedah ortopedi, Dr. Jonathan Kaplan, "Manfaat paling langsung dari tidak menggunakan alas kaki yaitu mengembalikan "gaya berjalan alami" atau dengan kata lain gaya jalan kita".

Pada umumnya di toko sepatu kita akan tahu bahwa sebagian besar bantalan alas sepatu selalu tebal.

Berdasarkan perkataan Dr. Bruce Pinker, meski sandal atau sepatu berbantal tebal itu enak digunakan, namun sebetulnya dapat menghalangi pemakaian otot-otot tertentu pada kaki yang faktanya bisa memperkuat tubuh.

Sesuai pendapat Pinker, ada sejumlah khasiat dari berjalan tanpa alas kaki:

- Lebih gampang dalam mengendalikan letak kaki ketika menapaki permukaan.

- Membantu meningkatkan keseimbangan dan kesadaran tubuh menjadi lebih baik serta meringankan rasa nyeri.

- Memperbaiki mekanik pada kaki Anda, disamping itu juga dapat memperbaiki mekanik lutut, batang tubuh dan bagian panggul.

- Memelihara jarak gerak kaki dan sendi tumit, yang bisa memperkuat dan menormalkan otot.

- Membuat kaki makin nyaman sesudah memakai sepatu dalam waktu yang cukup lama.

- Menambah kekuatan otot kaki, sehingga bisa membantu kesehatan tulang belakang.

Catatan Penting:

- Bila Anda hendak berjalan kaki tanpa memakai alas maka perlu waspada karena peluang bahaya dan cedera tetap ada. Perhatikan di permukaan apakah ada benda tajam yang bisa melukai atau jalan yang licin dan kasar.

- Khusus bagi orang yang mengalami diabetes, harap berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum berjalan kaki tanpa sandal atau sepatu.

- Membiasakan bertelanjang kaki saat berjalan harus dilakukan pelan-pelan dan sabar.

Anda ingin mencobanya? Selamat mencoba dan semoga tubuh Anda semakin sehat dengan berjalan kaki tanpa alas.
×