alexa-tracking

Mentan Banjir Pujian, Petani Banjir Tangisan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9b8e96d44f9f73278b4567/mentan-banjir-pujian-petani-banjir-tangisan
Mentan Banjir Pujian, Petani Banjir Tangisan
Mentan Banjir Pujian, Petani Banjir Tangisan

Jangan sampe buat petani sedih dong Pak Mentan emoticon-Sorryemoticon-Sorry

Belakangan ini cuaca Jakarta cerah terang benderang. Namun anehnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman dikabarkan kehujanan. Pengusaha Sulawesi Selatan yang ditunjuk Presiden Jokowi sebagai orang nomor satu di bidang pertanian Indonesia itu, diguyur hujan pujian di Senayan. (liputan6.com).

Anggota komisi IV DPRI RI yang membidangi pertanian, memberikan puja-puji bertubi-tubi bagi Amran yang dinilai berhasil memajukan pertanian di Indonesia. ada yang mengaku wilayahnya di Bali merasakan manfaat program pengairan. Adapula yang mengaku konstituennya di Kalimantan Barat terbantu oleh hibah alat mesin pertanian (Alsintan).

Semoga saja Mentan bawa handuk. Bukan untuk mengeringkan dirinya yang dibasahi hujan pujian. Tapi untuk petani lain yang airmatanya sudah membanjir. Bukan lagi sekadar hujan.

Cerita-cerita sukses yang disampaikan oleh para anggota dewan hanya segelintir kecil. Tak lebih dari sebesar upil, dari komunitas petani yang berjumlah sekitar 39,7 juta orang di Indonesia (versi BPS 2017).

Menurut data BPS, 44% angkatan kerja di Indonesia adalah petani. Yang menyedihkannya, hampir setengah dari total angkatan kerja di Indonesia itu, sering diidentifikasi sebagai kelompok yang erat dengan kemiskinan atau ketidaksejahteraan. Stigma ini berkembang membentuk pandangan bahwa pekerjaan di kota lebih menggiurkan ketimbang di desa.

Tak heran bila terjadi konversi lahan pertanian menjadi non pertanian. Dalam jangka panjang, konversi ini mengakibatkan semakin berkurangnya potensi produktivitas komoditas hasil pertanian seperti padi. Wajar bila Indonesia makin jauh dari cita-cita swasembada beras, apalagi kedaulatan pangan.

Sudah hampir lumrah, terjadi penjajahan ekonomi di kawasan pedesaan. Ketika petani menjual tanah yang dimilikinya dahulu. Akibat keterbatasan kemampuan untuk bekerja di bidang lain, petani kemudian turun kelas menjadi buruh tani di lahan yang dulu pernah mereka miliki. Beras yang tadinya dihasilkan di sawah sendiri, kini harus mereka beli.

Dengan kondisi seperti ini, masih senang terima pujian, Pak Menteri?
image-url-apps
Mentan bangcat amran suleman, anjingnya megatron emoticon-fuck
image-url-apps
2019gantipresiden
KASKUS Ads
image-url-apps
banjir opo ne seng banjir ra reti kae pak ku sek utang pupuk bar panen malah ra ke bayar utange
image-url-apps
mentan banjir pujian........ Lebay


Petani banjir tangisan...... Lebay
image-url-apps
klo tetangga saiya yg sekarang nanem jagung banyak yg seneng bray
dapet harga mahal, perbatang ampe 5 ribu.
gag tau itu jual belinya gimana
dijual ama batang2nya tp masi ijo2 gitu
apa buat pakan ternak ya
emoticon-Bingung
Reply to okeoce's post
Quote:


mantap nih
petani udah mulai mulai ngamuk2 di kaskus

eh kaga deng emoticon-Big Grin
Reply to okeoce's post
image-url-apps
Gue petani uang hehehe
Btw lagi denger radio nih impor beras lbh dr 1 juta ton tapi ga kepake, goblog kan impor tapi ga dipake..bayarnya pake dolar tuh mentan anjjng
Reply to okeoce's post
image-url-apps
Quote:



syarat mutlaknya emang mesti goublok bray emoticon-Leh Uga


Reply to okeoce's post
image-url-apps
Asli goblok ni mentan, impor beras ampe surplus dan ga kepake..tolol bin dongo, duet mautnya mentan anjing amran suleman si enggiartod sipit brengsek juga sama bangsadnya, bilang impor ga bisa stop.kalo barangnya ga ada di indo..kalo barangnya cuma utk mewah2an ya bisa dibikin pajak sampe harganya bikin org batal beli, kakek sipit tolol emoticon-fuck
×