alexa-tracking

3 Alasan Mengapa Mobile Esports Menjadi Tren

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b99b80adcd770412c8b456a/3-alasan-mengapa-mobile-esports-menjadi-tren
icon-hot-thread
3 Alasan Mengapa Mobile Esports Menjadi Tren
3 Alasan Mengapa Mobile Esports Menjadi Tren


Profesi ‘atlet esports’ tidak lagi dapat dipandang sebelah mata. Para atlet esports kini tak kalah terkenalnya dan dianggap hebat bak atlet-atlet olahraga lainnya. Megahnya perhelatan dan besarnya hadiah dari pertandingan esports menjadikan industri ini semakin digandrungi oleh seluruh lapisan masyarakat. Tak heran, industri yang dulunya dan masih berkaitan erat dengan komputer ini, kini mulai dikemas lebih sederhana pada platform mobile.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pemain dan partisipan lainnya untuk mengakses esports, yang selama ini tergolong bersifat eksklusif karena tidak semua orang memiliki PC untuk gaming. Mengutip dari laman hitekno.com, saat ini sudah ada 6 turnamen Mobile Esports terbesar di dunia, seperti Mobile Legends Professional League, AOV International Championship, Clash Royale Crown Championship, Vainglory World Championship, Modern Combat Versus Honor International Series dan Summoners War World Arena Championship.

Perkembangan mobile esports disambut baik oleh para penggemar dan pemain esports secara umum. Ada beberapa alasan mengapa tren mobile esports semakin berkembang. Mari kita simak.

1. Perkembangan teknologi perangkat mobile yang pesat

3 Alasan Mengapa Mobile Esports Menjadi Tren


Tentulah perkembangan mobile esports dilatarbelakangi dengan perkembangan perangkat HP yang semakin pesat. Dengan semakin konsumtifnya perilaku masyarakat terhadap smartphone, adalah hal yang wajar jika para pengembang game mulai berpikir untuk berpindah haluan ke media yang lebih mudah dijangkau oleh semua orang, mengingat semua orang pasti memiliki HP khususnya di era informasi ini.

Hal ini dipandang akan lebih menguntungkan dari segi efisiensi bagi para penggemar dan pemain esports. Para penggemar dan pemain esports akan memiliki kemudahan dalam menginvestasikan waktu mereka untuk berlatih dan mengasah kemampuan mereka dalam memenangkan pertandingan esports.

2. Aksesibilitas perangkat mobile

3 Alasan Mengapa Mobile Esports Menjadi Tren


Sifat dasar smartphone dengan akses yang mudah dan cepat menjadi daya tarik terbesar tren mobile esports. Para pemain tidak perlu berada di rumah berada di depan komputer ataupun membawa laptop yang cukup berat ke sana-sini untuk dapat terlibat di ekosistem esports ini.

Selain itu, diciptakannya mobile esports juga bertujuan untuk mengontrol permainan agar lebih mudah. Misalkan gerakan memutar layar smartphone mungkin memberikan pengaruh yang signifikan dalam strategi untuk memenangkan pertandingan, yang dalam hal ini tidak bisa dirasakan manfaatnya jika bermain dengan komputer ataupun laptop.

3. Fleksibilitas perangkat mobile

3 Alasan Mengapa Mobile Esports Menjadi Tren


Beberapa penggemar esports ‘tradisional’ dan hardcore kurang mempedulikan betapa canggihnya perkembangan mobile esports. Mereka mengira mobile esports masih memiliki keterbatasan dalam hal kompleksitas permainan. Padahal, kompleksitas permainan bukanlah hal yang paling krusial jika dibandingkan dengan fleksibilitas yang didapat dari bermain di perangkat mobile.

Jika HP dilengkapi dengan berbagai perlengkapan gaming, misalkan joystick; kompleksitas permainan pada platform mobile pun bisa dirasakan. Dari segi fleksibilitas, mobile phone menjadi media yang paling fleksibel, dimana si pemain dapat bermain, sembari mengerjakan hal lain, seperti tetap terhubung dengan media sosial, yang tidak terlalu dapat kita nikmati jika kita bermain dengan komputer atau laptop.

Perkembangan mobile esports juga disambut baik oleh para produsen mobile phone terutama bagi beberapa negara yang kaya akan populasi gamer seperti Tiongkok dan negara-negara yang memiliki budaya mobile first di Asia Tenggara.

Seperti pernyataan yang dikutip dari seorang kepala riset perusahaan Newzoo, Jurre Panneket yang mengatakan bahwa di Asia Pasifik dan Tiongkok, telepon seluler sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Beliau juga menambahkan bahwa hal ini tentu akan baik untuk perkembangan mobile esports ke depannya.

Tren mobile esports dapat meningkatkan pasar esports suatu negara, khususnya negara yang memiliki perusahaan produsen HP untuk bersaing menciptakan mobile phone dengan fitur yang lebih canggih yang tentunya akan mengundang semakin banyak ketertarikan dari para penggemar dan pemain esports untuk dapat menjajalnya.

Esports pada perangkat komputer telah tersegmentasi pada gamer hardcore, sedangkan esports mobile telah menemukan kesuksesannya di antara gamer hardcore, midcore, dan kasual. Bagi para gamer yang tidak memiliki PC high-end di rumah, jangan berkecil hati karena mobile esports bisa menjadi pilihan.

Sumber : esportnesia.com
karena banyak yang bisa dimainin di hp jadi semua kalangan dapat ikut
image-url-apps
NOTHING LAST FOREVER WE CAN CHANGE THE FUTURE !!
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


dan juga dibarengi jaringan 4g menurut ane
image-url-apps
ya krn udh ada turnamennya + hadiahnya jga lumayan besar
karena Analog emoticon-Cool
image-url-apps
emoticon-Games
image-url-apps
karena moontod kreatip sampe sampe riot copy paste heronya ml emoticon-2 Jempol
image-url-apps
Karena gampang dan simple buat dimainin emoticon-Gotta catch 'em all!
Karena bisa dimainin dimana aja. Tapi siap-siap batre ngedrop kalo ga bawa powerbank. emoticon-Jempol
image-url-apps
gw jadiin hate dulu ya bre
game model begini sih pasti ada masa nya emoticon-Betty

game musiman emoticon-Betty

lg trend ya pada ikut2an semua emoticon-Betty
image-url-apps
All Hail Aov
setuju sama alasan nomor 3, karna flesibilitas.
semua udh pada punya gadget dan siapapun bisa main.
Moba emang addict karena kompleks dan dinamis. Mau main LOL atau DOTA terlalu susah dan tidak ramah lingkungan buat nubi makanya mobile MOBA yang jauh lebih mudah (bila dibandingkan versi PC emoticon-Blue Guy Peace) bisa jadi penyebab mobalog jadi tren. Faktor lain hp mid-high end udah gak semahal dulu. bisa beli siomay atau hp 2nd juga bisa dapat tuh
Reply to lol87's post
Quote:


Counter Strike release tahun 2000

Sekarang masih posisi 2 di steam stats walo bukan CS classic (1.6) tapi Global Offensive.

Ini pelopor e-sports ane rasa. Atau starcraft? Walo bukan yang pertama diadakan turnamen berhadiah atau event internasional.

Dota 2 posisi 1

Dota 1 release date tahun 2005

League of legends masih posisi nomer 1 sebagai game yang paling banyak dimainkan di dunia, release 2009

Musiman? Engga lah. Wong usianya udah itungan dekade emoticon-Toast

Terkesan musiman karena masih banyak clone yang bermunculan dan heboh.

Spoiler for Pejwan:
image-url-apps
Dan juga ga banyak orang yang bisa main moba di PC, Temen ane jago main mobalog . Tapi buta moba pc.
image-url-apps
Kirain ngebahas game nya ?
image-url-apps
gitu ya ccyyyyiiiinnn emoticon-2 Jempol
image-url-apps
Ada saja alasannya ya.
×