alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Perkenalan Ane Dengan Jengkol
4.5 stars - based on 16 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9929bbdc06bd4e468b456c/perkenalan-ane-dengan-jengkol

[COCooking] Perkenalan Ane Dengan Jengkol #AslinyaLo

Perkenalan Ane Dengan Jengkol


Bagi sebagian orang, jengkol itu pastinya bukan makanan yang enak, apalagi jengkol cenderung mengeluarkan bau yang tidak sedap setelah dikonsumsi. Tapi bagi ane, jengkol itu merupakan salah satu makanan yang paling nikmat dengan rasa yang unik.

Perkenalan ane dengan jengkol memang terjadi secara tidak sengaja. Ketika ane masih berumur 7-8 tahun, ane sempat diajak ayah untuk mengunjungi salah satu temannya didaerah Tasikmalaya.

Dari Bandung ke Tasikmalaya kota, ane dan ayah naik bis. Tapi untuk menuju ketempat yang dituju, kami butuh gelebeg, istilah dalam bahasa Sunda yang berarti kereta kuda. Dari pangkalan gelebeg, kami masih harus berjalan melewati jalan setapak yang masih berupa tanah. Bahkan rumah-rumah yang ada pun bentuknya masih panggung dan dindingnya masih terbuat dari bilik bambu.

Singkat cerita, kami sampai dirumah teman ayah yang sering dipanggil "Pak RT". Mungkin karena beliau memang menjabat sebagai RT dikampung tersebut. Dan seperti tamu kebanyakan, kami dijamu Pak RT dengan menu makanan khas kampung. Tempe, tahu, lalapan, sambel, dan jengkol goreng. Makanan yang saat itu ane belum tau itu apa.

Saat ane melihat jengkol untuk yang pertama kali, ane merasa penasaran. Ane sempat bertanya pada ayah tentang rasanya, dan ayah bilang rasanya mirip daging ayam. Kemudian ane memberanikan diri untuk mencicipi, dan ternyata rasanya enak.

Sejak saat itu, ane ketagihan dengan jengkol. Apalagi ibu kemudian membuat olahan lain dari jengkol yaitu dengan cara disemur, yang menurut ane rasanya justru lebih enak daripada hanya digoreng kering. Dan sampai saat ini, ane masih memilih semur jengkol sebagai salah satu makanan ternikmat.

Jadi sepertinya ane harus berterimakasih pada almarhum ayah yang tanpa sengaja mengenalkan ane pada jengkol. Dan tentu saja pada ibu ane yang selama bertahun-tahun membuat semur jengkol terenak yang pernah ane makan, yang merupakan masakan pertama yang ibu ajarkan pada ane.

Dan setelah 9 tahun ane tidak pernah menikmati semur jengkol, hari ini dan untuk yang pertama kalinya, ane membuat semur jengkol sendiri.

Selamat mencoba..

Quote:


Spoiler for :


- Jengkol
- Cabe merah
- Bawang merah
- Bawang putih
- Kemiri
- Gula
- Garam
- Penyedap rasa (opsional)
- Kecap manis (opsional)

Quote:


Pertama, rebus jengkol sampai empuk. Setelah empuk, buang kulit jengkol dan jengkol dicuci bersih. Kemudian rendam jengkol semalaman. Atau jika direndam siang hari, ganti air rendaman jengkol setiap 3-4 jam sekali. Setelah direndam, jengkol digeprek sedikit. Tujuannya agar bumbu lebih menyerap.

Spoiler for :


Ulek bumbu hingga halus. Panaskan minyak, dan tumis bumbu yang sudah diulek hingga wangi. Kemudian masukkan jengkol dan tambahkan air. Masak hingga air berkurang. Terakhir, beri garam, gula, penyedap rasa (opsional), dan kecap manis (opsional). Angkat jengkol setelah matang dan bumbu dirasa cukup.

Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Semur jengkol siap disajikan.

Spoiler for :


Referensi : Tulisan sendiri
Foto : Dokumentasi pribadi

Diubah oleh marywiguna13
Halaman 1 dari 15
Duh.. Lupa ga pake [COCooking] sama #AslinyaLo

emoticon-Cape d...
Diubah oleh marywiguna13
pacar ane orang sunda tapi ga suka jengkol emoticon-Smilie
Quote:


Memang ga semua orang suka jengkol sih
Ya ampun makemoticon-Frown enak banget dah jengkolnya emoticon-Genit
Quote:


Beneran enak itu emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Neng suka jengkol mak. Buatin dong yang jengkol balado level 6 emoticon-Malu (S)emoticon-Ngakak (S)
istri idaman adalah istri yg bisa masak jengkol.
emoticon-Cool
Quote:


Wogh.. Bisa banget. Ane kan pake cabe tanjung tuh, emang ga pedes tapi bagus bwt ke warna masakan. Kalo mau pedes bisa pake cabe merah keriting
Quote:


Ane dong, bang emoticon-Embarrassment
Quote:


Wah mangtabs lah mak .. salken ya mak syantik emoticon-Kiss (S)
Quote:


Salken juga neng manis emoticon-Embarrassment
Balasan post marywiguna13
Quote:


Quote:


rasa jengkol seperti apa kah emoticon-Mewek
Quote:


Ya seperti jengkol, bi.
Cobain deh emoticon-Big Grin
Balasan post marywiguna13
Quote:


belom pernah emoticon-Sorry denger2 bau emoticon-Thinking
Quote:


Ya makanya cobain dulu, baru boleh bilang suka atau engga.

Iya, emang bau. Mulut sama kamar mandi juga udah mulai bau nih emoticon-Ngakak (S)
Balasan post marywiguna13
Quote:


nah kan bener emoticon-Hammer2

rasa jengkol seperti makanan apa neh teh
Quote:


Kayaknya rasanya ga ada duanya, bi.
Kalo swikey kan misalnya, rasanya mirip daging ayam.

KATANYA..

Aku ga berani makan karena tiap pengen nyoba itu pasti inget kulitnya

emoticon-Nohope
Balasan post marywiguna13
Quote:


maksdnya perumpamaan persis sama rasa paan emoticon-Thinking

ohh swikey enak tapi jangan keseringan makan emoticon-Peace
Quote:


Iya, rasanya ga ada duanya, karena ga ada perumpamaan untuk rasa jengkol itu.

Ga berani makan akutu
Balasan post marywiguna13
Quote:


emoticon-Hammer2 kaga bisa dibayangin

enak daging katak seperti ayam
Halaman 1 dari 15


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di