alexa-tracking

Wow, Tiga Spesies Ikan Baru Ditemukan di Kedalaman Laut

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9920d712e257961a8b4588/wow-tiga-spesies-ikan-baru-ditemukan-di-kedalaman-laut
Wow, Tiga Spesies Ikan Baru Ditemukan di Kedalaman Laut
Wow, Tiga Spesies Ikan Baru Ditemukan di Kedalaman Laut

Dari hasil penelitian oleh Newcastle University, baru-baru ini ditemukan tiga spesies ikan pada kedalaman 7.500 meter di Samudra Pasifik. Ketiga ikan itu diyakini sebagai spesies baru dari snailfish. Eksplorasi yang dilakukan di Atacama Trench, ketiga ikan tersebut terlihat berbeda dari yang biasanya ditemui di kedalaman.


1. Ketiga ikan itu adalah bagian dari keluarga Liparidae
Wow, Tiga Spesies Ikan Baru Ditemukan di Kedalaman Laut
Belum ada nama resmi yang diberikan bagi ketiga ikan tersebut sehingga untuk sementara, mereka akan memanggilnya dengan sebutan ikan biru, merah jambu, dan ungu.

Ketiganya digolongkan dalam keluarga Liparidae, yang juga termasuk beberapa spesies penghuni laut yang dalam. Salah satu dari anggota keluarga Liparidae bahkan adalah ikan di laut terdalam yang pernah ditemukan.


2. Ekspedisi oleh Newcastle University
Wow, Tiga Spesies Ikan Baru Ditemukan di Kedalaman Laut
Dilansir dari Science Daily dan Earther, ekspedisi yang dilakukan oleh Newcastle University telah merekam video yang berdurasi lebih dari 100 jam di laut dalam. Dari beberapa spesies yang terekam, ketiga ikan tersebutlah yang paling mencuri perhatian.

Selain video, ekspedisi tersebut juga telah menangkap sekitar 11.468 foto yang diambil di dasar laut. Dari rekaman video, mereka juga menangkap isopoda berkaki panjang yang sangat langka. Isopoda tersebut dikenal sebagai Munnopsids yang mempunyai ukuran seperti tangan orang dewasa.


3. Ketiga ikan tersebut berbeda dari yang biasanya ditemukan di laut dalam
Wow, Tiga Spesies Ikan Baru Ditemukan di Kedalaman Laut
Jika biasanya ikan yang sering ditemukan di laut dalam memiliki ciri-ciri gigi besar dan bentuk yang menakutkan. Namun, ikan-ikan yang menjelajah di bagian terdalam lautan ini malah kecil, tembus cahaya, dan bisa beradaptasi secara baik dengan lingkungan.

Di laut terdalam ini, snailfish bisa dibilang adalah predator teratas. Rekaman video dari Newcastle University menunjukkan ikan-ikan itu sedang memakan spesies sejenis udang.

Penelitian ini akan dibahas pada Konferensi Challenger 2018 di Universitas Newcastle dari tanggal 10 September hingga 14 September.


Sumber : https://www.idntimes.comscience/disc...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Wow, Tiga Spesies Ikan Baru Ditemukan di Kedalaman Laut Peneliti Temukan 3 Spesies Ikan Aneh di Dasar Laut Samudra Pasifik

- Wow, Tiga Spesies Ikan Baru Ditemukan di Kedalaman Laut Ganti Shampo Gak Bahaya Lho Begini Pandangannya Menurut Sains

- Wow, Tiga Spesies Ikan Baru Ditemukan di Kedalaman Laut Penambang Australia Temukan Batuan Emas Seberat 95 Kg

×