alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Mau Bowhunting? Pahami Dulu Regulasi di Tiap Negara Gan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b977ec6dc06bd706f8b4567/mau-bowhunting-pahami-dulu-regulasi-di-tiap-negara-gan

Mau Bowhunting? Pahami Dulu Regulasi di Tiap Negara Gan

Whaddap!?

Kali ini ane mau kembali share info soal bowhunting.

Berhubung di jaman modern akses informasi makin luas dan mudah, isu-isu di seluruh dunia pun jadi lebih gampang ketahuan. Berburu semakin dianggap sebagai sebuah aktivitas yang mengganggu keseimbangan ekosistem makhluk hidup di bumi, khususnya binatang.

Tapi olahraga yang udah ada dari jaman purba ini masih ada aja peminatnya, gak banyak mungkin, tapi eksis. Dan suara perlawanan terhadap mereka juga lumayan besar.

Supaya ada win-win solution-nya, tiap negara yang memperhatikan keseimbangan ekosistem punya ragam ketentuan. Boleh berburu, asal mau diatur. Dan regulasi perburuannya pun berbeda, tergantung metode berburu yang dipakai

Buat agan yang tertarik bowhunting, atau sekedar nyari info. Mungkin bisa disimak sedikit share dari ane gan.

Sebagian negara yang kaya satwa liar, dan regulasinya soal bowhunting:

Mau Bowhunting? Pahami Dulu Regulasi di Tiap Negara Gan


1. Eropa
Denmark, Perancis, Spanyol, Portugal, Hungaria, Finlandia, Itali, Bulgaria dan Slovenia, menggunakan busur dan panah sebagai alat dalam manajemen hewan buru. Mereka mengontrol populasi binatang dengan bowhunting. Jadi, satwa burunya pun dipilih yang berpotensi untuk mengganggu ekosistem.
Istilahnya, membunuh untuk menyelamatkan.

Sebagian negara-negara lain di Eropa, termasuk UK, melarang kegiatan bowhunting. Memang pada era Victoria, panahan dihidupkan kembali, tapi diban lagi pada tahun 1965.

Di Estonia ada kebijakan yang mengijinkan kegiatan bowhunting, tapi targetnya hanya satwa buruan kecil. Nah, kategorinya yang kayak gimana, ane belum riset banget gan.

2. Amerika Serikat dan Kanada
Di dua negara ini, regulasi bowhunting berbeda dengan negara bagian yang satu dengan negara bagian yang lain. Biasanya, isu yang digaris bawahi adalah kawasan berburu, musim, dan jenis kelamin dan spesies buruan apa yang bisa diambil. Di beberapa kasus, bahkan ada aturan yang mengantisipasi gangguan dari rifle hunters. Karena biasanya seorang hunter pasti bisa ketemu hunter lain di kawasan yang sama, dan biasanya mereka nggunain outfit berwarna orange untuk membedakannya. Jika musimnya kebetulan sama-sama menguntungkan buat bowhunter maupun rifle hunter. Sebagai tambahan, kadang ada juga regulasi teknis, seperti beban tarikan minimal, besar kepala anak panah, dan anak panah barbed.

Pada umumnya, bowhunting untuk satwa buru besar bisa pada akhir Agustus atau awal September di negara-negara bagian utara dan propinsi-propinsi Kanada.

Mau Bowhunting? Pahami Dulu Regulasi di Tiap Negara Gan


3. Selandia Baru
Bowhunting terorganisir dimulai Selandia Baru pada tahun 1945. Ada regulasi dari pemerintah. Turnamen panah tahunan diadakan untuk merayakan Haul Ratu pada akhir pekan di sejumlah lokasi yang ditentukan. Bowhunter harus punya izin untuk berburu di tanah milik pribadi, lalu mereka juga gak bisa berburu di tanah-tanah milik departemen konservasi, taman nasional, atau konservasi lainnya, tanpa ijin. Spesies satwa pribumi sangat dilindungi, dan yang boleh diburu juga udah ada daftarnya sendiri.

Gak ada musim khusus buat bowhunter atau rifle hunter.

4. Australia
Bowhunting legal di Australia, dan gak ada hukum yang melarang banget. Cuman spesies non-pribumi aja yang bisa dianggep satwa buru, so, jangan pernah kepikiran buat berburu Kangguru atau Tasmania gan. Tapi, meski misalnya ada spesies pribumi yang termasuk dalam program penyisihan pemerintah, itu mungkin gapapa untuk diburu.

Tapi ada dua negara bagian, Victoria dan New South Wales, yang meregulasi bowhunting. Victoria meregulasi bowhunting melalui DSE (Department of Sustainability and Environment. Kalo New South Wales, regulasinya melalui DPI (Department of Primary Industry. Selain itu, gak ada lagi negara bagian yang meregulasi perburuan secara spesifik.

Juli 2013 lalu, NSW membubarkan 'Game Council', dan sementara menangguhkan ijin berburu di hutan-hutan NSW.

Meski pemerintah Victoria dan NSW punya regulasi umumnya, olahraganya sendiri gak diatur oleh pemerintah. Tiap asosiasi pemburu punya aturannya masing-masing. Jadi regulasi asosiasi yang satu, bisa jadi beda dengan asosiasi yang lain, tapi tetap menghormati kebijakan umum dari pemerintah. Dan biasanya, regulasi dari asosiasi ini gak lantas yang anarkis, bebas bunuh apaan aja. Tapi didesain untuk bisa menjaga keseimbangan alam.

Mau Bowhunting? Pahami Dulu Regulasi di Tiap Negara Gan


5. Zimbabwe
Zimbabwi telah secara legal mengijinkan perburuan dengan menggunakan compound bow sejak 1989, lalu lebih formal sejak 1999. Ada minimum berat anak panah dan tarikan busur, dan itu mandatory. Bowhunting hanya diijinkan dilakukan di tanah pribadi atau tanah suku, tapi tidak di taman nasional. Bowhunter harus ditemenin guide yang berlisensi atau hunter profesional. Perburuan gajah paling sering ditemukan di Zimbabwe.
Namun, sejak terbunuhnya singa Cecil, pada tahun 2015, otoritas Manajemen Satwa Liar dan Taman-taman Nasional melarang semua praktik bowhunting, kecuali diijinkan betul, dan juga larangan-larangan berburu lainnya.

So itu kira-kira beberapa bangsa yang membolehkan dilakukannya kegiatan olahraga bowhunting. Intinya adalah preserving balance gan.
Ane kurang sepakat sama idealnya vegan yang "all animals are friend." Ane gak bisa cuma makan sayuran karena ane punya masalah lambung soalnya gan.

Saat ini manusia berada di paling atas rantai makanan, tapi gak tau sampe kapan, dan kadang perburuan binatang itu perlu. Yang salah adalah yang berlebihan dan anarkis. Kalo semua binatang adalah teman, berarti termasuk tikus got dan serigala.
Tapi sayang, kita gak hidup di Westeros gan, di mana serigala sama naga bisa jadi teman.

Ada perbedaan antara game, ternak, binatang domestik dan pet.

Gitu kira-kira gan pendapat ane.

Monggo emoticon-Cendol (S)
Halaman 1 dari 2
PERTAMAX

emoticon-Traveller
Diubah oleh salrots
Oke sip, tandai dulu baca besokemoticon-Recommended Seller
Diubah oleh panzerkafwagen
ane juga pengen belajar gan panahan, pengen bisa manah... emoticon-Big Grin
Ane sukanya kemping bre.. 🙂
Awas aja ane lagi kemping kena panah
Kalo di game biasanya yang diburu elk yang jantan dewasa emoticon-Big Grin
woooow
bowhunting manusia seru
Joss gan
Itu rusa atau apaan segede gaban kalu kena diapain ya gan...utk dimakan kah
Memahami isi hati aja susah apalagi memahami regulasi emoticon-Big Grin
Napak Dolo kak
oo gitu gan
Kalau Indonesia sendiri aturannya gimana gan ? emoticon-Bingung
Bow hunter selama patuh sama aturan ya oke aja. Kalo di indo masih banyak yang ilegal dan ngerusak alam emoticon-Mewek
awas bau ketek! emoticon-Ngacir
ane ga pernah panahan taunya makan aja bre
emoticon-Leh Uga
Ana mau berburu naga indosiar aja. biar lebih greget
Waa mantap
disini berburu tidak kenal tempat
untuk negara indonesia sendiri ga dicantumin gan ?

lebih afdol kalau dicantumin juga, biar jadi perbandingan gitu
Diubah oleh pepeaimin
berburu ubur-ubur gan.. 😁
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di