alexa-tracking

Tips menulis

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9775c6dcd770db1b8b4567/tips-menulis
icon-hot-thread
Tips menulis #AslinyaLo
Tips menulis


Halo gan/sis, welcome to my thread.

Selama dua hari berturut-turut ini thread ane jadi HT (thanks mod, mimin dan semua staf dan officer Kaskus). Di thread ini ane mau bagi-bagi rahasianya nih. Ane beberin dulu background ane di bidang tulis menulis.
Tips menulis
Tips menulis
Background


Pertama, ane emang dari kecil hobi nulis, cuma sempat terbengkalai. Karena ya waktu itu masih jaman majalah hardcopy yang banyak dijual di toko buku.

"Gebrakan" pertama ane itu waktu review ane soal game masuk di majalah komputer populer. Prosesnya lama dan kalo ga salah waktu itu dihargai 100 ribu per artikel (2 atau 3 halaman). Mungkin 3-4 kali review ane masuk semua.

Waktu itu ane ga gitu mikirin soal kompensasinya, tapi ya termasuk seneng masuk majalah komputer populer gitu kan mane ane masih bocah ingusan.

Diluar itu, ane juga banyak ikutan forum-forum luar kayak kaskus, kasih tips, kasih kritik dan semacamnya, atau minta pendapat orang lain, diskusi ini itu. Sampe sekarang ane ikutan beberapa Facebook group juga karena kayaknya forum-forum bulletin board gini mulai ditinggalkan, atau tergeser sama platform seperti Discord, comment sectionnya YouTube atau chatnya Twitch.

11-09-2018
Tips menulis


Ane paling aktif ikutan forum pengembangan diri, yang namanya mASF (moderated alt.seduction.fast), disitu disuruh praktek, kemudian kasih "field report". Jaman-jaman ini rajin banget nulis field report disana. Sekarang mASF udah ga ada, digantikan dengan nextASF.

Sisanya, ane 2013 memulai blog, namanya blog Laki Tulen. Kalo agan/sista mau liat perkembangan gaya tulisannya bakal keliatan banget, dari awal post (13 April 2013) sampe post terakhir (9 April 2018). Cuma ruang lingkup pembahasannya sangat sempit, dan sebenernya ga ada yang bisa dibahas lebih mendalam lagi, jadi memang sulit cari topiknya.

Sekarang ane udah nulis beberapa buku, dengan cara self publishing, yaitu publish sendiri tanpa bantuan publisher (silakan search di Google Play Books pake nickname ane ini). Memang bisa aja sebenernya bikin hardcopy, tapi distribusi dan penjualannya itu ane sendiri udah ngerasain ribetnya distribusi barang ke toko buku terkenal (walo bukan produk buku). Kalo pake publisher, potongannya banyak banget. Belum biaya percetakannya lagi. Belum bolak-balik ngecek penjualan di toko fisiknya.

Profesi ane saat ini bukan menulis, tapi entah kenapa ane enjoy aja nulis gitu gan/sis. Ya sekedar hobi gitu deh. Jadi ini tips yang pertama.

Tips menulis
Tips menulis
Harus enjoy nulis


Kalo ga enjoy ya tulisan pastinya jadi berantakan. Atau kalo sekedar copy paste dan ngejar view aja, ane yakin ga bakalan bertahan lama.

Kebeneran kantor ane sekarang santai bener, jadi sembari bengong nunggu assignment ya ane nulis di kaskus.

Tips menulis
Tips menulis
Sesuaikan Topik dengan Bidang yang agan/sista Kuasai


Boleh eksperimen dengan topik-topik diluar penguasaan agan/sista. Tapi lebih baik menulis soal topik yang emang benar-benar dikuasai. Misalnya sebagai contoh aja, agan/sista berprofesi sebagai photographer, bisa nulis mengenai tips-tips fotografi, atau jenis-jenis lensa, setting pencahayaan dsb.

Atau agan/sista hobi berkebun, ya tulislah mengenai tanaman, jenis-jenis tanaman, gimana perawatannya, dsb.

Itu beberapa contoh aja. Kalo misalnya agan/sista hobinya berkebun tapi nulis soal gunpla cuma karena gundam kit itu populer sedangkan agan/sista ga pernah megang gundam kit sama sekali kemungkinan besar isinya bakal acak kadut, karena agan/sista ga kuasai topiknya. Yang ada agan/sista bakal dicemooh fans gunpla beneran karena kemungkinan besar bakal banyak isinya yang ngaco.

Tips menulis
Tips menulis
Bayangkan Berdialog dengan Orang Dekat


Nah ini style ane yang ane kembangin sendiri, ga dapet dari mana-mana beneran.

Style tulisan ane yang awal-awal itu banyak yang komen terlalu kaku. Itu karena dulunya masih kepantek pelajaran bahasa Indonesia waktu sekolah. Bahasanya terlalu baku, pake Anda, "penulis" untuk mengacu ke diri sendiri, dsb.

Perlahan ane coba rubah, jadi intinya, bayangin aja ngobrol sama sohib agan/sista yang udah deket banget sama agan/sista. Apa yang ada dikepala dikeluarin aja di keyboard gitu.

Kalo misalnya perlu bahasa baku, cara ane sih keluarin dulu seadanya dengan gaya yang apa adanya. Baru pass ke 2 dibakukan. Misalnya pas awal nulis pake "gue, lo". Ntar pass kedua tinggal dicari kata-kata yang gaul, diganti dengan kata-kata dan susunan kalimat yang baku.

Ada baiknya pelajaran menulis dari sekolah juga diaplikasikan, kayak menulis kerangka dulu. Dimana-mana ya harus dimulai dari kerangka memang. Bikin bangunan aja kan ga bikin atepnya dulu, tapi mulai dari kerangka.

Walo ane kalo ngepost di Kaskus biasanya ane biarin 90% ngeflow aja.

Tips menulis
Tips menulis
Mulai dari Hal Kecil yaitu PENGALAMAN PRIBADI


Kayak yang ane bilang di bagian "background", ane banyaknya dari nulis FR di forum luar. Ini lebih gampang, karena nginget-nginget pengalaman sehari (atau beberapa hari) sebelumnya. Inget juga paling awal waktu bocah ane mulai dari tulisan review.

Kalo ane kasih tipsnya sih, bikin jurnal. Bisa di kaskus (kan ada dear diary tuh kalo ga salah). Atau pake wordpress diset ke private. Atau pake buku tulis biasa + pulpen konvensional, napa engga. Perlahan, dari agan/sista nulis datar, ane yakin lama-lama agan/sista bisa "mengemas" hal-hal simple jadi lebih menarik, misalnya pengalaman naik ojol.

HT-HT yang dari stories, kebanyakan berupa pengalaman pribadi toh. Ini kaskus jadi kayak Wattpad juga, yang mana dulu ane nemu pas bolak-balik cari platform eh jatoh-jatohnya malah ke kaskus juga.

Tips menulis
Tips menulis
Mengarang itu jauh lebih sulit


Agan/sista kalo baru pertama kali nulis, mau langsung bikin epic series kayak Game of Thrones atau Lord of The Rings dan Harry Potter, ga akan bisa. Imajinasi harus terasah dan plot, dunia, karakter, dsb harus konsisten.

Imajinasi itu skill yang berbeda lagi dari menulis, dan mesti diasah lagi. Concept artist aja kebanyakan banyak mengambil referensi dari berbagai sumber, ga bisa langsung duduk dan ngebuat konsep gitu aja. Harus dengan research dan studi yang mendalam.

Ini biasanya kebanyakan dialami orang yang baru memulai; mimpinya ketinggian. Ketika hasilnya berantakan, karena ambisinya kegedean, begitu dikritik orang langsung down dan ga mau nulis lagi.

Tips menulis
Tips menulis
Ditolak? So what gitu loh


Ga semua thread ane lolos review, dan banyak yang ga jadi HT. Kalo ga lolos HT ya udah ane ga meratapi nasib kenapa momod dan mimin kaskus dan dunia ini oh begitu kejamnya sama ane. Ane bikin tulisan lain. Beres.

Kayaknya ga perlu lagi ane beberin soal JK Rowling gimana nasibnya pas waktu awal nulis Harry Potter kan? Udah keseringan diangkat, sampe bosen ane. Kalo mau tau ya googling aja.

Tips menulis
Tips menulis
Use whatever you have on you

PC utama ane itu notebook. Ada PC desktop sih, tapi males maintenancenya. Software sendiri ane ada Microsoft Office 2016 legal, tapi untuk bikin buku ane 100% cuma pake LibreOffice. Ane malah lebih nguasain LibreOffice. Sekarang ini ada epub exportnya.

Untuk platform, udah disebutkan di poin sebelumnya. Kalo masih kurang, bisa juga kan pake social media konvensional seperti Facebook (create a doc) atau Google Doc. Kenapa engga?

Kalo untuk nulis di Kaskus, ya pake BB tag konvensional. Sekarang previenwya bisa real time, tapi masih buggy banget. Kalo kebeneran lagi berulah, ane buka notepad, edit bb tag langsung dari notepad.

Tips menulis
Tips menulis
Banyak-banyak baca buku


Loh kan ane mau nulis, kagak mau baca emoticon-Mad

Iye bray tapi sekarang kalo agan/sista ga ada author yang jadi role model, ya susah juga. Bukan sekedar dari "franchise"nya aja, tapi dari hal-hal yang mendetail seperti gaya penulisan, gaya bahasa, dsb. Ane sendiri ada dua, yaitu Neil Strauss dan Dale Carnegie.

Neil Strauss penulis buku "The Game", sedangkan Dale Carnegie penulis buku "How to Win Friends and Influence People". Iya ane emang lebih prefer nonfiksi. Kenapa? Karena kalo non fiksi bisa ngambil banyak pelajaran dari buku tersebut dan diaplikasikan ke kehidupan ane sendiri.

Dari baca buku sendiri agan/sista bisa tau gimana "norma" menulis yang benar. Misalnya dulu ada yang nitip buku ke ane buat dipublish ke Google Play Books, tapi dia ga ada daftar isinya, ga ada sampulnya, ga ada bibliografi dan semacamnya. Lah udah nitip nyuruh ane ngerapiin bukunya kan entut lah emoticon-Ngacir

Kalo mau nulis buku, ya hal-hal seperti itu semestinya disadarin sendiri dari awal, dimasukin ke bukunya.

Tips menulis
Tips menulis
Do it now


Berangan-angan boleh. Mimpi setinggi-tingginya kalo perlu. agan/sista ngebayangin jadi penulis, tapi ga pernah nulis, ya sama juga boong.

Alat-alat udah ada, ide udah ada. Tunggu apalagi? Kalo ide ada, tapi belon kepikiran gimana menyampaikannya, ada fasiltas "draft". Dicatet dulu biar ga lupa, nanti diliat lagi, tinggal beberapa hari, refreshing dulu. Kalo masih stuck, ya udah emang ga bisa dipaksain kok. Solusi lainnya ya udah buang, buat tulisan baru lagi.

Tips menulis
Tips menulis
Manfaat nulis


Banyak. Bukan cuma biar jadi ngetop di Kaskus doang. Kalo agan/sista banyak berhubungan sama client langsung di job agan/sista, pasti banyak tektokan email. Atau seengganya whatsapp/chat. Emang ada client yang prefer pake call/skype tapi yang jelas email kepake banget.

Yang sederhana aja, ngirim cover letter buat lamar kerjaan atau ngeloby freelance. Kalo penulisan acak kadut ga pake paragraf orang pusing juga bacanya, ditambah lagi kalo kagak jelas penyampaiannya.

Tips menulis
Tulisan dari pengalaman sendiri
Gambar-gambar dan illustrasi dari Google Images

So agan/sista mau nulis apa sekarang?

Buruan ditulis!

Cheers! emoticon-Toast

menulis kok pakai keyboard emoticon-Ngakak
KASKUS Ads
image-url-apps
Tips menulis
image-url-apps
Ane juga paling sering nulis hutang di warung
image-url-apps
Berguru sama suhu..


emoticon-terimakasih
tipsnya adalah harus bisa membaca emoticon-Leh Uga
Quote:


Kagak salah nih sifu? emoticon-Leh Uga

Tips menulis

Hormat sifu emoticon-Imlek

Tips menulis


Pada ikutan aslinya lo semua nih
ane males ikutan, udh beda lg project ane



Skalian mampir ke trit ane ya emoticon-Cendol Gan

Tips menulis
| ++UPDATE | DESAIN GRAFIS EXPERIMENTAL |
image-url-apps
Tips menulis

Ini tampilan apa sih gan, kok di saya gak ada ya?

Quote:


Ikutan dong gan, kan pengen tahu aslinya agan.
emoticon-Betty
Quote:


Ke frontpage dulu, kalo desktop ada di pojok kanan bawah

Kalo versi mobile mesti scroll ngelewatin list HTnya dulu
image-url-apps
Quote:


Oh iya ada, baru sadar, itu tampilan baru atau emang udah dari dulu kali?
Quote:


ga mau ah emoticon-Betty
sudah cukup narsis2 diri emoticon-Ngacir
image-url-apps
wah lagi bagi bagi ilmu nih, numpang belajar ah sapa tau bisa seperti agan emoticon-nulisah
image-url-apps
Quote:


karena Kaskus yg pling rame gan, yg lain sepi emoticon-Big Grin
gw pengen bisa nulis dengan lancar, tapi ga tau kenapa tiap gw mulai nulis selalu ada kekhawatiran
1. orang lain ga mengerti apa yang mau gw sampaikan
2. ada pihak yang tersinggung dengan isi tulisan gw

pada akhirnya gw batal nulis
jadi sekarang gw ga punya pengalaman menulis sama sekali
image-url-apps
Mantap gan emoticon-2 Jempol
image-url-apps
Ane seneng nulis tp ane sukar buat ngasih tau tulisan ane gan.. Kurang pedw😢
Ini baru thread keren, simple dan rapih. Contoh nih, kagak ada typo nya sama sekali, jadi enak bacanya juga.. emoticon-Big Grin
Seharusnya seperti ini thread-thread yang layak untuk HT (walaupun isi pembahasan seperti ini sudah pernah ada yang bahas disini, tapi gapapa deh).. Lanjutkan gan.. emoticon-Keep Posting Gan

Intinya, menulis itu yah "menulis sesuai gaya sendiri saja, dan jadilah diri sendiri"
Suka sama penulis lain boleh, baca-baca referensi lainnya silahkan, tapi ngikutin gaya menulisnya dia buat apa.. Sama aja bohong..

"just be yourself' emoticon-shakehand



Quote:


Tips menulis
Nice tips gan, dri dulu pengen nulis cuman mager nya masih banyak emoticon-Hammer2
×