alexa-tracking

Upaya Para Ahli Buktikan Hewan Tertentu Bisa Memprediksi Gempa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b975c3e1a997513378b4582/upaya-para-ahli-buktikan-hewan-tertentu-bisa-memprediksi-gempa
icon-hot-thread
Upaya Para Ahli Buktikan Hewan Tertentu Bisa Memprediksi Gempa
Upaya Para Ahli Buktikan Hewan Tertentu Bisa Memprediksi Gempa
Puluhan ekor burung elang alap China terlihat terbang dari lengan utara pulau Sulawesi ke arah utara menuju wilayah Filipina.

KOMPAS.com - Selama berabad-abad, banyak anekdot dan kepercayaan yang menunjukkan bahwa hewan-hewan tertentu akan berperilaku aneh sebelum gempa bumi terjadi. Peneliti menjelaskan, perilaku aneh itu disebabkan oleh kemampuan hewan yang dapat merasakan sesuatu sebagai bentuk ancaman.

Sebagai gambaran, bila kita menonton film Spiderman, tokoh dengan kemampuan laba-laba selalu mendapat "perasaan aneh" ketika sebuah serangan atau ancaman datang. Hal seperti itu yang dipercaya peneliti dimiliki oleh hewan-hewan tertentu.

Misalnya, ular dipercaya melarikan diri dari sarang dan menjadi lebih agresif sebelum gempa terjadi. Sementara itu kawanan burung diketahui terbang bermigrasi keluar jalur untuk menyelamatkan diri.

Tim peneliti dari 150 universitas di seluruh dunia, saat ini sedang menyusun rencana secara global untuk melihat apakah perilaku hewan liar dapat membentuk sistem peringatan dini gempa yang efektif.

"Data ilmiah awal tentang gempa bumi menunjukkan bahwa beberapa hewan dapat merasakan peristiwa ini beberapa jam sebelumnya. Jika kita dapat membuktikan hal ini tanpa keraguan, maka akan berpotensi untuk menyelamatkan nyawa ratusan ribu orang di masa depan," kata salah satu peneliti, Martin Wikelski.

"Keterbatasan teknologi penginderaan gempa saat ini adalah, mereka memberi peringatan hanya beberapa detik sebelum gempa terjadi saja," imbuhnya.

Selama empat tahun terakhir, para ilmuwan Icarus telah memasang pemancar radio pada lebih dari 10.000 hewan termasuk burung, kelelawar, sapi, dan rubah terbang. Alat tersebut dipasangkan pada hewan-hewan di wilayah yang rawan gempa di seluruh dunia.

Dari alat tersebut, peneliti akan mendapatkan informasi tentang hewan melalui sinyal yang ditangkap oleh Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Informasi tersebut nantinya akan diteruskan ke laboratorium untuk analisis.

Penelitian yang akan dimulai pada bulan Oktober ini akan diawali dengan langkah mempelajari data untuk melihat apakah hewan memang berperilaku berbeda sebelum gempa.
Jika memang terjadi demikian, maka peneliti akan menentukan apakah perilaku aneh tersebut cukup sebagai andalan untuk membuat sistem peringatan dini yang praktis.

Lebih lanjut, jika memang data tersebut cukup dapat diandalkan, maka kedepannya peneliti dapat menggunakannya sebagai daya aplikasi untuk memperingatkan orang-orang jauh sebelum gempa terjadi. Sehingga, orang-orang akan memiliki cukup waktu untuk menyelamatkan diri, dan berpindah ke tempat yang lebih aman.

Menurut peneliti, sistem tersebut akan sangat berharga di daerah yang banyak mengalami gempa. Menurut catatan peneliti, ada 12.000 hingga 14.000 gempa bumi di seluruh dunia setiap tahun, dan Survei Geologi AS memperkirakan gempa akan membunuh hingga 3,1 juta orang pada abad berikutnya.

Alat yang dimaksudkan peneliti berupa tag radio yang dipasangkan pada kaki atau telinga hewan. Alat tersebut dilengkapi dengan penerima GPS dan sensor yang mampu memberikan informasi tentang lokasi dan kecepatan gerakan hewan.

Bukan hanya itu, alat kecil tersebut bahkan dapat mendeteksi detak jantung hewan. Untuk sumber tenaga, tag tersebut didukung oleh panel surya pada siang hari, dan didukung baterai pada malam hari.

Meskipun banyak peneliti yang optimis dengan keberhasilan penelitian tersebut, sayangnya masih banyak pihak yang mengaku pesimis. Sikap pesimis ini terbentuk karena tidak adanya bukti ilmiah bahwa hewan benar-benar berperilaku berbeda ketika gempa akan segera terjadi.

John Vidale, direktur Pusat Gempa California Selatan di Los Angeles, mengaku bahwa gagasan untuk merekam data dari sejumlah besar hewan adalah hal yang masuk akal. Namun, ia tetap meragukan inisiatif tersebut.

Sama halnya dengan Roland Burgmann, seorang ahli seismologi dari University of California, ia mengaku bahwa ide tersebut sangat membantu untuk melihat perilaku hewan, sayangnya ia juga masih meragukan keberhasilan penelitian tersebut.

Sedangkan dari pihak peneliti, mereka tetap yakin bahwa data yang didapatkan setidaknya bisa berguna untuk memprediksi gempa tertentu.

Mereka menunjuk sebuah penelitian skala kecil di Italia tahun 2016 dimana beberapa lusin kelinci, domba, sapi, ayam dan anjing dilengkapi dengan tag elektronik. Penelitian tersebut menunjukkan adanya sinyal peringatan yang jelas dari para hewan.

"Ada banyak jenis gempa bumi yang berbeda tergantung pada bagaimana lempeng tektonik diselaraskan, dan kita tidak tahu apakah hewan dapat merasakan semua ini.

Namun, orang-orang yang tinggal di wilayah ini menghargai informasi apa pun yang bisa mereka dapatkan, karena ketika sesuatu terjadi, mereka ingin aman," lanjut Wikelski.


SOURCE : SAINS.KOMPAS.COM
image-url-apps
biasanya burung...

image-url-apps
Orang-orang dulu katanya suka ngeliat hewan2 turun gunung beberapa jam/hari sebelum ada bencana kaya letusan atau gempa tektonik.. yang punya hewan peliharaan juga banyak yang cerita katanya hewan mereka jadi agresif sebelum ada bencana alam.. tapi kucing ane di rumah diem-diem bae tiap ada gempa.. emoticon-Leh Uga
KASKUS Ads
image-url-apps
Hewan punya insting tersendiri kan
Btw mejeng akhirnya di pejwan
image-url-apps
Makanya manusia juga harus punya insting hewan, jangan hanya kelakuannya seperti hewan
emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Oke gan, ane sudah upayakan supaya thread ini jadi HT. emoticon-Cool

emoticon-pencet
image-url-apps
emg ngaruh ya emoticon-Bingung (S)
image-url-apps
Semoga berhasil. Untuk keselamatan manusia..
image-url-apps
kemarin sudah ada pulak trit macam ini emoticon-Amazed
image-url-apps
prediksi ya
image-url-apps
semoga bisa terlaksana, apalagi di negara ini terdapat banyak jutaan spesies burung.
image-url-apps
Kalau berhasil akan sangat membantu sekali..
image-url-apps
kok jadi HT sih
image-url-apps
Quote:


Gaya lo emoticon-Betty
image-url-apps
moga segera berhasil
image-url-apps
Ada juga hewan tertentu yg bisa memprediksi hasil sepakbola emoticon-Bola
image-url-apps
insting hewan kadang lbh tajem
image-url-apps
berdoa saja semoga tidak ada gempa lagi,wah ht ni
image-url-apps
Penelitian based
waktu gempa di jakarta kemaren gw lagi maen sama kucing
kucing gw malah santai2 aja guling2an di lantai emoticon-Wakaka
kasih tau kek, mau ada gempa emoticon-Wakaka
×