alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Miris, Siswa MTs di Lebak Belajar Sambil Duduk Beralaskan Tanah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b974b9a12e257eb578b458d/miris-siswa-mts-di-lebak-belajar-sambil-duduk-beralaskan-tanah

Miris, Siswa MTs di Lebak Belajar Sambil Duduk Beralaskan Tanah

Miris, Siswa MTs di Lebak Belajar Sambil Duduk Beralaskan Tanah

Jakarta, IDN Times – Sebuah video beredar di media sosial memperlihatkan potret suram kegiatan belajar mengajar (KBM) di sebuah sekolah. Dalam video tersebut terlihat sejumlah siswa duduk mengampar di tanah tanpa alas apapun. 

Akun Twitter @ApriliaLin mengunggah video memprihatinkan tersebut pada Sabtu (8/9) lalu. Keadaan tersebut menggambarkan betapa mirisnya dunia pendidikan di Indonesia.

Diketahui, sekolah itu berada di Lebak, Banten. Kondisi ini rupanya luput dari perhatian pemerintah daerah setempat.

Seperti apa kondisinya?


1. Berada di pelosok yang jauh dari pusat Kota Banten
Miris, Siswa MTs di Lebak Belajar Sambil Duduk Beralaskan Tanah
Sejumlah siswa terlihat melakukan kegiatan belajar tanpa meja dan kursi, melainkan hanya berlantaikan tanah. Ruangannyapun hanya disekat anyaman bambu, bukan tembok semen yang kokoh. 

Sekolah yang memprihatinkan tersebut adalah MTs Matla’ul Anwar yang berada di Kampung Sariak Tanjung, Desa Pecangsari, Kecamatan, Cigemblong, Lebak, Banten.

Sekolah ini berjarak sekitar 107 km dari pusat kota Banten dan telah didirikan sejak 2012. MTs Matla’ul Anwar merupakan sekolah cabang dari MTs di Cijaku. Keberadaan MTs ini dibuat karena akses jalan yang jelek menuju sekolah pusat, jadilah MTs Matla’ul Anwat didirikan untuk menfasilitasi warga setempat.

“Sekolah ini memang berada di pelosok, bantuan pun datangnya dari para warga sekitar. Sudah berkali-kali mengajukan bantuan ke pemda setempat namun hasilnya nihil,” tulis @ApriliaLin dalam unggahannya.


2. Sudah meluluskan 4 angkatan namun tidak ada fasilitas mumpuni
Miris, Siswa MTs di Lebak Belajar Sambil Duduk Beralaskan Tanah
Walau keadaannya sangat memprihatinkan, MTs Matla’ul Anwar telah meluluskan setidaknya 4 angkatan. Namun belum ada perubahan yang terjadi pada sekolah ini. 

Melalui unggahannya, @ApriliaLin langsung me-mention akun @Kemdikbud_RI berharap ada perhatian lebih dari mereka. 

MTs Matla’ul Anwar memiliki 3 ruangan yakni untuk Kelas I yang diisi 19 siswa, kelas II yang diisi 17 siswa dan kelas III yang disisi sebanyak 9 siswa.


3. Mana perhatian pemerintah?
Miris, Siswa MTs di Lebak Belajar Sambil Duduk Beralaskan Tanah
Keberadaan MTs Matla’ul Anwar telah menujukan bahwa masih ada yang salah dari sistem penyedia fasilitas pendidikan, yang merupakan kewajiban pemerintah dan dinas pendidikan serta hak para siswa dan tenaga pengajar. Standar sarana dan prasarana merupakan kebutuhan utama dari sekolah dan harus sesuai dengan amanat dan hal itu telah tertuang dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003 Bab XII Pasal 45 tentang Sarana dan Prasarana Pendidikan, PP No 19 tahun 2005 dan peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 tahun 2007. 

Lalu apakah langkah pemerintah sudah sesuai dengan undang-undang yang berlaku?

Beri komentarmu di bawah ya, guys!


Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Miris, Siswa MTs di Lebak Belajar Sambil Duduk Beralaskan Tanah Perjuangan Nursaka Siswa SD yang Lintasi 2 Negara untuk Sekolah

- Miris, Siswa MTs di Lebak Belajar Sambil Duduk Beralaskan Tanah UCLG ASPAC Pemda se Asia Pasifik Akan Diajak Naik Becak di Surabaya

- Miris, Siswa MTs di Lebak Belajar Sambil Duduk Beralaskan Tanah 7 Tempat Wisata Menarik Saat Mbolang ke Pandeglang Banten

banten yaa ??

kemana itu "kerajaan" banten ? cuma mikirin makmurin dinastinya sendiri dulu ya..


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di